Taman Nasional Wakatobi, Daya tarik Bawah Laut Kece di Sulawesi Tenggara

Taman Nasional Wakatobi, Daya tarik Bawah Laut Kece di Sulawesi Tenggara

Diposting pada

Direktori Wisata – Taman Nasional Wakatobi, daya tarik bawah laut kece di Sulawesi Tenggara. Taman Nasional Wakatobi menawarkan keelokan alam dan bagusnya kehidupan bawah laut. Rekreasi bahari yang mempesona jadi referensi wajib untuk maksud berlibur Anda.

Taman Nasional Wakatobi, Daya tarik Bawah Laut Kece di Sulawesi Tenggara

Anda tentu tidak asing saat dengar nama Taman Nasional Wakatobi. Tujuan rekreasi yang berada di Sulawesi Tenggara ini menyuguhkan keelokan alam bawah laut seperti surga terselinap yang mengagumkan.

Keelokan teritori rekreasi TN Wakatobi ini tidak butuh disangsikan kembali, karena sudah dianggap di semua negeri bahkan juga sampai luar negeri. Tempat ini semakin terkenal sesudah terpampang ekspedisi asal Inggris yaitu Ekspedisi Wallacea di tahun 1995. Dalam ekspedisi itu disebut jika teritori yang berada di Sulawesi Tenggara ini kaya berbagai ragam spesies koral.

Bertandang ke Taman Nasional Wakatobi pas untuk Anda yang ingin melepaskan capek atau beri kesegaran lagi pikiran. Anda akan disuguhi beragam jenis keelokan yang tidak tersangka dan tidak akan terlupakan. Untuk memperjelasnya, Anda bisa menyaksikan pembahasan mengenai TN Wakatobi di bawah ini.

Keelokan Bawah Laut Taman Nasional Wakatobi Sulawesi Tenggara

Keelokan Bawah Laut Taman Nasional Wakatobi Sulawesi Tenggara

Teritori TN Wakatobi berada di Propinsi Sulawesi Tenggara, persisnya di Kabupaten Wakatobi. Di Kabupaten Wakatobi terdapat empat pulau khusus yakni Harum-wangi, Kalidupa, Tomia dan Binongko, yang mana bila ke-4 nama pulau itu dipersingkat jadi Wakatobi. Selainnya ke-4 pulau khusus itu, teritori ini ada pulau mempesona yang lain yakni pulau Hoga, Anano, Rundumana dan Kapota.

Diputuskan di tahun 2002, Taman Nasional Wakatobi ini mempunyai keseluruhan tempat sekitaran 1,39 juta hektar. Keberagaman hayati laut, keadaan dan rasio karang yang ada pada tempat ini tempati salah satunya posisi dengan fokus paling tinggi pelestarian laut di Indonesia. Karena itu, tempat ini menjadi satu diantara tujuan rekreasi favorite waktu berkunjung Sulawesi.

Untuk Anda fans keberagaman biota laut terutama koral, di Taman Nasional Wakatobi ini ada 750 koral dari keseluruhan 850 spesies yang berada di dunia. Karena itu bisa disebutkan jika, nyaris 90 % spesies koral ada di teritori Taman Nasional ini. Rangkaian berbagai ragam bentuk koral yang bagus jadi unggulan rekreasi di TN Wakatobi.

Minimal ada 112 macam terumbu karang menyebar di 25 titik yang dari 13 kerabat berlainan. Disamping itu, kedalaman air yang ada di taman nasional ini bervariatif. Terdapat sisi datar menerpai, sisi berbentuk tebing terjal dan sisi paling dalam perairan bisa capai 1.044 mtr.. Karena itu, bila Anda berpeluang menyelam harus terus berhati-hati.

Hal menarik yang lain yang bisa Anda jumpai pada tempat ini yakni berbagai ragam spesies ikan unik. Minimal ada 93 spesies ikan yang menempati perairan Wakatobi ini. Disamping itu, di Taman Nasional Wakatobi ada beberapa macam burung laut, penyu, dugong dan spesies sangat jarang yang lain. Bila untung, Anda bisa menyaksikannya langsung.

Taman Nasional Wakatobi mempunyai pengunjung masih tetap yang jadikan perairan Wakatobi jadi spesial. Pengunjung masih tetap itu yaitu satu ekor Paus Sperma (Physeter Macrocephalus). Di bulan November, saat belahan bumi lain membeku paus sperma akan ada di perairan Wakatobi untuk cari lokasi yang lebih hangat dan makanan yang banyak.

Tidak cuma paus sperma, pengunjung masih tetap yang lain yakni satu ekor Pari Manta (Manta Ray). Ikan memiliki tubuh lebar bak raksasa itu adalah ikan sangat jarang hanya karena berada di perairan laut tropis. Hewan unik itu tentu saja adalah suatu hal yang sering dicari untuk pelancong.

Baca juga : Pantai Perancak, Pantai Cantik dengan Tempat Terbaik Nikmati Sunset di Jembrana

Ticket dan Sarana yang Ada di Wisata Taman Nasional Wakatobi

Ticket dan Sarana yang Ada di Wisata Taman Nasional Wakatobi

Untuk Anda yang tertarik berkunjung Taman Nasional Wakatobi, dikenai biaya sekitar Rp. 160.000 per-orang. Harga yang itu sesuai dengan keelokan alam yang dihidangkan oleh taman nasional ini, hingga Anda tidak sedih.

Sebagai salah satunya tujuan rekreasi bahari internasional, TN Wakatobi sediakan beragam sarana komplet untuk menganakemaskan pengunjung. Anda tidak butuh cemas tidak temukan angkutan umum, di taman nasional ini ada taksi untuk mempermudah Anda yang banyaknya telah agak banyak.

Senang berpelesir di pantai, Anda bisa nikmati sajian-hidangan menganakemaskan lidah pada tempat makan disekitaran teritori Taman Laut Wakatobi. menu yang dijajakan adalah sajian ciri khas Wakatobi dan sajian laut. Nikmati makanan dengan keelokan pemandangan alam Wakatobi ditanggung menambahkan nafsu makan Anda.

Bila Anda ingin semakin lama kagum pada keelokan Wakatobi, ada pemondokan dan resort-resort pada harga yang bervariatif sesuai keadaan kantong Anda. Selainnya bermalam pada tempat baru, Anda akan disuguhi pemadangan alam dan matahari tenggelam yang cantik di perairan Wakatobi.

Daya magnet khusus Taman Nasional Wakatobi adalah daya tarik biota bawah lautnya, karena itu tidak komplet rasa-rasanya bila Anda ke arah tempat ini tanpa menyelam. Pada tempat ini Anda dapat diving, snorkeling atau nikmati pemandangan laut Wakatobi di atas kapal. Untuk Anda yang tertarik bisa sewa perlengkapan menyelam atau kapal yang sudah disiapkan.

Baca juga : Pantai Yeh Gangga, Pantai Elok dengan Daya tarik Tradisi dan Budaya Lokal di Tabanan

Jalur Ke arah Teritori Wisata Taman Nasional Wakatobi

Jalur Ke arah Teritori Wisata Taman Nasional Wakatobi

Untuk Anda yang akan ke arah Taman Nasional Wakatobi terdapat dua opsi untuk ke arah sana. Anda bisa menyeberang dengan memakai kapal laut atau pesawat. Masing-masing opsi transportasi ke arah Teritori taman nasional tentu saja mempunyai kekurangan dan keunggulan berlainan.

Sesudah tentukan transportasi yang hendak dipakai, Anda perlu ketahui jalur mana yang harus Anda lalui. Dusun Wanci yang berada di Pulau Harum-wangi adalah pintu khusus masuk teritori Taman Nasional Wakatobi.

Jika Anda pergi dari Kendari memakai pesawat, sekarang telah ada maskapal yang layani penerbangan secara langsung ke arah Taman Laut Wakatobi. Waktu pintas yang diperlukan sekitaran satu jam perjalanan. Pilih pesawat ialah opsi yang pas untuk efektivitas waktu. Lihat google maps.

Bila Anda pilih menumpangi kapal karena itu jalur seterusnya yakni ke arah Bau-Bau waktu pintas sekitaran lima jam. Tetapi, Anda tidak merasa jemu, karena sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi cantiknya lepas pantai Sulawesi. Sampai di Bau-bau perjalanan akan diteruskan ke arah Wanci yang disebut pintu masuk Taman Rekreasi Wakatobi. Anda membutuhkan minimal sekitaran tiga jam ke arah Wanci.

Berlainan dengan lajur Kendari, bila Anda pergi dari Makassar dengan menumpangi pesawat Anda memerlukan waktu sekitaran empat jam. Anda harus transit lebih dulu di Kendari selanjutnya diteruskan ke arah Wanci. Bila Anda pilih kapal laut, waktu yang diperlukan sekitaran sepuluh jam ke arah Wanci. Anda bisa pilih salah satunya transportasi itu sama sesuai keperluan ke arah taman mempesona ini.

Baca juga : Pantai Plengkung, Pantai Eksotik dan Spot Surfing Favorite di Banyuwangi

Daya tarik Wisata Taman Nasional Wakatobi Sulawesi Tenggara
Daya tarik Wisata Taman Nasional Wakatobi Sulawesi Tenggara

Populer dengan keelokan alam bawah lautnya yang berbagai ragam, dimulai dari terumbu karang, spesies ikan yang bervariatif sampai makhluk laut yang lain. Bertandang ke Taman Nasional Wakatobi adalah lokasi yang pas untuk menganakemaskan mata Anda. Selainnya menyaksikan rindangnya pohon-pohonan di beberapa pulau, birunya lautan sampai keelokan bawah lautnya, akan membuat Anda kagum berulang-kali akan tempat ini.

Daya tarik bawah laut yang tidak ada habisnya seolah menghipnotis siapa saja penyelam perairan Wakatobi. Dari demikian luasnya perairan itu, Roma (Roma’s Reef) di Tomia dan Onemohute di Harum-wangi adalah spot favorite untuk beberapa penyelam dan fans snorkeling. Beragam tipe terumbu karang dan ikan unik bisa Anda jumpai di perairan itu.

Untuk Anda yang ingin nikmati perairan Wakatobi di atas kapal, Anda dapat ke arah Dermaga Mola Raya. Di situ Anda dapat menyaksikan langsung lumba-lumba ada di atas. Peristiwa sangat jarang itu bisa Anda dokumentasikan dalam beberapa foto yang cantik.

Salah satunya dari 4 pulau khusus Taman Nasional Wakatobi yang memiliki pemandangan yang mengagumkan yakni Pulau Tomia. Pucuk Kayangan berada di pulau Tomia ini memiliki bukit rumput luas yang bisa memberi Anda masa lalu. Pucuk ini adalah lokasi yang pas untuk melihat sunset dan spot photo favorite untuk beberapa pengunjung.

Pulau Hoga, salah satunya pulau di teritori Taman Laut Wakatobi ini pas untuk Anda yang ingin cari ketenangan. Pulau ini mempunyai pasir putih yang halus dan air laut yang jernih. Bila dibanding empat pulau khusus yang lain, Pulau Hoga  lebih tenang.

Listrik di pulau ini cuma berpijar jam 18.00 sampai larut malam. Tetapi hal itu bukan permasalahan, karena Anda bisa melihat cantiknya langit malam di Pualu Hoga bak pulau sendiri.

Tertarik menyaksikan penyu-penyu bertelur? Bila iya, karena itu Anda wajib ke Pulau Seribu Penyu atau Pulau Anano. Sesuai Namanya, pulau ini adalah pulau tidak memiliki penghuni dan tempat di mana beberapa penyu-penyu bertelur. Pengalaman sangat jarang ini bisa Anda peroleh jika bertandang ke Pulau Seribu Penyu ini.

Pulau yang tidak saat unik yang lain yakni Pulau Binongko. Sama dengan pulau cantik yang lain di teritori Taman Nasional Wakatobi, tetapi yang membandingkan ialah beberapa warganya. Beberapa warga di Pulau Binongko yang pakar dalam pintar besi dan membuat perlengkapan besi berkualitas.

Baca juga : Pantai Tablolong, Pantai Cantik dengan View Sunset Memesona di Kupang

Tersebut sejumlah pembahasan yang penting Anda kenali berkenaan teritori Taman Nasional Wakatobi. Untuk Anda yang bertandang ke TN Wakatobi janganlah lupa untuk bertandang ke beberapa tempat di atas. Mendatanginya bersama keluarga dan teman dekat tentu saja akan menggembirakan.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *