Desa Budaya Kertalangu, Menyaksikan Lebih Dekat Adat dan Budaya Ciri khas Bali

Desa Budaya Kertalangu, Menyaksikan Lebih Dekat Adat dan Budaya Ciri khas Bali

Diposting pada

Direktori Wisata – Desa Budaya Kertalangu, menyaksikan lebih dekat adat dan budaya ciri khas Bali. Desa Budaya Kertalangu ialah sebuah desa di Bali yang tetap menjaga adat dan tradisi istiadat lokal sampai sekarang ini.

Desa Budaya Kertalangu, Menyaksikan Lebih Dekat Adat dan Budaya Ciri khas Bali

Di dusun ini, pelancong bisa temukan beragam pertunjukan budaya, seperti atraksi tari dan musik Bali tradisionil. Sejumlah tarian yang kerap diperlihatkan yaitu Tari Kecak, Tari Barong, dan Tari Legong.

Disamping itu, desa ini mempunyai lokasi yang tampilkan beragam jenis kerajinan tangan ciri khas Bali, seperti ukir-pahatan kayu, anyaman, dan tenun. Banyak pelancong yang tiba bertandang sehari-harinya. Argumennya bukan karena hanya tetap jaga adat dan budaya secara baik, tetapi panorama alam yang terhidang disekelilingnya.

Pengunjung yang tiba bukan hanya dari pelancong lokal, tetapi pelancong asing. Berkunjung tempat ini cukup hebat dan banyak pengalaman bernilai yang didapat. Tetapi yang sangat menarik ialah mengenali budaya Bali dan sekalian pelajarinya. Apalagi untuk anda yang bukan masyarakat Bali asli, tentu lebih menggembirakan .

Daya Ambil Wisata yang Dipunyai Desa Budaya Kertalangu Bali

Daya Ambil Wisata yang Dipunyai Desa Budaya Kertalangu Bali

Tiap lokasi yang ramai didatangi tentu mempunyai daya magnet, ini berlaku untuk Desa Budaya Kertalangu. Walau disebutkan sebagai desa, tetapi kawasannya jauh atas sesuatu yang anda pikirkan. Desa ini ada tidak jauh dari perkotaan dengan segalanya bagus yang dipunyai di tempat wisata Bali ini.

  • Kekhasan Tradisi dan Budaya
Kekhasan Tradisi dan Budaya

Daya magnet Desa Budaya Kertalangu setelah itu dari kekhasan budaya yang sampai sekarang ini tetap digenggam tegar oleh masyarakatnya. Dusn ini benar-benar menggenggam tegar adat dan kearifan lokal di kehidupan setiap hari. Ini tercermin dari tradisi istiadat yang tetap digerakkan dan dipertahankan, seperti upacara tradisi, tarian, seni ukir, dan kerajinan tangan.

Seperti yang disebut barusan, desa ini sering melangsungkan seni tari yang bisa dilihat pengunjung. Bukan hanya itu saja, desa ini populer dengan seni ukir yang lembut dan detil. Kerajinan ukir dari kayu umumnya dipakai sebagai hiasan pada bangunan tradisionil, seperti rumah tradisi, pura, dan pelinggih.

Sepanjang anda berkunjung Desa Budaya Kertalangu Bali, ada beberapa makanan ciri khas yang diketemukan. Anda juga dapat mencicipinya sekalian melihat pagelaran seni yang diselenggarakan. Makanan tradisionil di sini ditanggung sedap, contohnya lawar, bebek betutu, sate lilit, dan nasi jinggo. Untuk harga sendiri benar-benar bervariatif, umumnya masih juga dalam harga biasa.

  • Panorama Alam yang Cantik
Panorama Alam yang Cantik

Tiap desa mempunyai keelokan yang bisa dilihat siapa pun yang bertandang. Di sini juga begitu, ada beberapa daya tarik keelokan alam sebagai daya magnetnya. Keelokan di sini mungkin pernah anda saksikan pada tempat lain. Akan tetapi, ditanggung anda tidak pernah jemu melihat dan menikmatinya.

Salah satunya panorama cantik yang bisa diketemukan di Desa Budaya Kertalangu ialah sawah yang hijau dan subur. Sawah yang terhampar luas dan dikitari oleh bukit-bukit hijau memberi panorama yang cantik dan menentramkan. Disamping itu, udara di sini terasa sangat sejuk dan beri kesegaran, apalagi saat musim penghujan datang.

  • Tugu Perdamaian Dunia
Tugu Perdamaian Dunia

Daya magnet yang anda dapatkan di sini yaitu ada Tugu Perdamaian Dunia. Tugu ini berbentuk sebuah monumen berwujud lingkaran. Dibikinnya tugu yang berada di wisata hits ini bukanlah tanpa ada alasan. Argumennya ialah jumlahnya negara yang mengidamkan perdamaian dan ketenteraman dari muka bumi hingga dibikin sebagai simbolik.

Ada simbol 6 agama yang ada di tengah lingkaran seperti gong. Tugu ini ditetapkan oleh 9 negara dan sekalian ada bendera di setiap pojok. Bukan hanya itu saja, ada banyak patung yang berdiri setiap undakan tangga. Patung ini warna emas dengan style berdiri membelakangi arah tugu.

Baca juga : Desa Wisata Penglipuran, Menelusuri Keelokan Desa Terbersih Dunia di Bangli

Kegiatan Wisata yang Menarik Dilaksanakan di Desa Budaya Kertalangu

Kegiatan Wisata yang Menarik Dilaksanakan di Desa Budaya Kertalangu

Desa Budaya Kertalangu Bali ini adalah tempat wisata lebih memprioritaskan tradisi dan istiadat di perkampungan. Desa ini benar-benar luas, minimal sekitaran 80 hektar secara beragam sarana yang disiapkan. Dalam soal kegiatan, tentunya banyak yang bisa anda kerjakan dan ditanggung hebat.

✦ Menyaksikan Atraksi Seni

Menyaksikan Atraksi Seni

Kegiatan yang memikat di Desa Budaya Kertalangu seterusnya yakni menyaksikan pergelaran seni. Anda dapat menyaksikan tarian ciri khas Bali yang diadakan pengurus. Beberapa telah kami sebut di atas, yaitu Tari Kecak Tari Barong, dan Tari Legong. Tetapi sayang, atraksi ini tidak diselenggarakan tiap hari, menjadi cuma untuk anda yang untung saja.

✦ Belajar Membuat Kerajinan

Belajar Membuat Kerajinan

Seni ukir adalah yang cukup terkenal di Bali, distribusi nya bahkan juga sampai ke luar negeri. Di sini, anda dapat segera menyaksikan proses pembikinan seni itu. Tidak cuma seni sebetulnya, tetapi warga Bali yakin jika tiap ukir-pahatan bermakna religius. Masyarakat di tempat dengan suka hati mengajarkan tiap pengunjung jika tertarik.

✦ Outbound

Outbound

Seperti yang disebut sebelumnya, desa budaya ini mempunyai sarana outbound yang cukup hebat. Walau tidak demikian komplet, beberapa anak ditanggung sukai saat meng ikutinya. Umumnya permainan yang disiapkan terkait dengan alam dan kecakapan. Sejumlah permainan yang diartikan yaitu tangkap belut dan berkebun.

Baca juga : Desa Jatiluwih Bali, Wisata Air Terjun Sampai Sawah Terasering yang Mengagumkan

Harga Ticket Masuk Wisata dan Jam Operasional Desa Budaya Kertalangu Bali

Harga Ticket Masuk Wisata dan Jam Operasional Desa Budaya Kertalangu Bali

Harga ticket masuk Desa Budaya Kertalangu murah, tidak berbeda jauh dengan wisata Bali umumnya. Seseorang pengunjung cuma ditanggung ongkos sejumlah 10.000 rupiah. Anda bebas nikmati semua keelokan dan pagelaran seni yang diselenggarakan. Wisata budaya di Bali ini sediakan sarana outbound.

Untuk bermain atau manfaatkan sarana itu, anda harus bayar ongkos tambahan. Disamping itu, ada ongkos yang wajib anda persiapkan, yaitu untuk retribusi parkir. Jika anda bawa sepeda motor, persiapkan tambahan ongkos sejumlah 3.000 rupiah. Dan bila anda bawa mobil, retribusi yang wajib dibayarkan yaitu 5.000 rupiah.

Baca juga : Sade Village, Mengenali Desa Tradisionil dan Budaya Suku Sasak di Lombok tengah

Alamat Wisata dan Jalur Ke arah Lokasi Desa Budaya Kertalangu
Alamat Wisata dan Jalur Ke arah Lokasi Desa Budaya Kertalangu

Untuk ke arah desa rekreasi budaya di Bali ini, anda harus ketahui di mana lokasinya ada. Secara administratif, Desa Budaya Kertalangu berada di Kelurahan Kesiman Kertalangu, Keamatan Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali. Sama seperti yang disebut barusan, tempatnya benar-benar vital hingga sangat mudah diketemukan.

Jarak dari pusat Denpasar cuma sekitaran 8 km, yang maknanya anda bisa menempuhnya bersama waktu 20 menit. saat sebelum pergi ke arah tempat wisata, anda harus memastikan untuk ketahui jalan yang mana harus dilewati. Sebetulnya ada beberapa jalur yang bisa diambil jika sekarang ini ada di pusat perkotaan.

Tetapi jalur terbaik ke arah Desa Budaya Kertalangu ialah ambil Jalan Jenderal Sudirman. Seterusnya silakan ke arah Jalan Letnan Made Putra, Jalan Surapati, dan Jalan Angsoka. Perjalanan diteruskan arahkan kendaraan ke Jalan WR Supratman. Terus ikutinya sepanjang lajur ini sampai datang di The Vasini Smart Boutique.

Baca juga : Nepal Van Java, Desa Wisata Hits dengan Pemandangan Alam Mempesona di Magelang

Tidak jauh dari dasar itu, anda akan temukan perempatan, silakan mengambil arah kanan. Teruskan perjalanan sekitaran 400 mtr., selanjutnya belok ke kiri dan ikutinya papan panduan. Agar lebih terang, anda dapat memakai program Google Maps. Saat dekati teritori wisata, janganlah lupa menanyakan pada masyarakat sekitaran agar lebih percaya.

Sarana Wisata yang Ada di Desa Budaya Kertalangu Bali
Sarana Wisata yang Ada di Desa Budaya Kertalangu Bali

Sarana yang berada di Desa Budaya Kertalangu lumayan komplet, baik sarana wajib atau pendukung. Dari yang wajib, ada tempat parkir yang luas dengan keadaan aman. Disamping itu, ada pula toilet dan tempat sampah di sejumlah titik. Untuk sarana pendukung, anda dapat manfaatkan spot photo, taman bermain, dan warung yang sediakan beberapa macam minuman dan makanan.

Baca juga : Desa Wisata Meat, Cicipi Kesan Berlibur ala-ala New Zealand di Dekat Danau Toba

Ada beberapa tempat wisata yang anda dapatkan di Bali, masing-masing mempunyai daya magnet tertentu. Contohnya pantai yang memiliki daya tarik dari air laut, ombak, dan pasir putih yang halus. Untuk lokasi yang kita ulas ini kali, yakni Dusun Budaya Kertalangu, ada beragam hal bagus yang sudah disebut hingga pas jadi tujuan khusus liburan.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *