Pantai Plengkung, Pantai Eksotik dan Spot Surfing Favorite di Banyuwangi

Pantai Plengkung, Pantai Eksotik dan Spot Surfing Favorite di Banyuwangi

Diposting pada

Direktori Wisata – Pantai Plengkung, pantai eksotik dan spot surfing favorite di Banyuwangi. Nama Pantai Plengkung diambil oleh masyarakat lokal Banyuwangi dari bentuk pantai yang meliuk.

Pantai Plengkung, Pantai Eksotik dan Spot Surfing Favorite di Banyuwangi

Bila disaksikan dari satelit, pantai ini mempunyai bentuk seperti huruf G yang kebalik. Posisi berikut yang membuat ombak di pantai ini tinggi sekali, bahkan juga sampai hingga 8 mtr.. Malah dengan kondisi ombak yang lebih tinggi membuat pantai ini populer untuk tempat terbaik untuk aktivitas surfing.

Pantai ini kerap disebutkan nama G-land. Argumennya ada banyak versus, bukan karena hanya memiliki bentuk yang seperti huruf G kebalik saja. Ada yang menyebutkan G-land asal dari nama teluk, yakni Grajagan. Ada yang memandang G-land asal dari kata Green karena pantai ini dikitari rimba tropis. Ada juga yang menyebutkan G-land dari kata great karena ombaknya yang lebih tinggi.

Pantai Plengkung sendiri sudah diatur oleh PT. Plengkung Cantik Wisata semenjak tahun 1990. Dengan diperlengkapi oleh sarana yang komplet. Karena pantai ini telah populer sampai luar negeri, sejumlah sarana seperti pemondokan, bar, dan yang lain memakai dollar amerika sebagai alat pembayaran.

Daya Ambil yang Dipunyai Wisata Pantai Plengkung Banyuwangi

Daya Ambil yang Dipunyai Wisata Pantai Plengkung Banyuwangi

Pantai Plengkung adalah salah satunya pantai yang populer di kelompok peselancar dunia. Jadi tempat diselenggarakannya lomba surfing tingkat internasional, tentu daya magnet di pantai ini pantas untuk didatangi keelokannya. Berikut sejumlah daya magnet yang membuat pantai ini jadi bintang baik lokal atau luar negeri.

✦ Keelokan Pantai

Keelokan Pantai

Pantai ini mempunyai keelokan yang menarik. Dengan pasir putih, pengunjung yang tidak dapat berseluncur, dapat duduk di tepi pantai untuk nikmati keelokan yang terdapat. Panorama ini  lebih cantik saat sunset. Dengan matahari yang kekuningan mulai terbenam antara lautan, panorama ini benar-benar memesona untuk pengunjung.

✦ Asri

Asri

Pantai ini ada di teritori Taman Nasional Alas Purwo hingga banyak pohon-pohonan yang membuat teritori ini jadi asri. Bila tidak memakai transportasi yang telah disiapkan oleh pengurus Taman Nasional, pengunjung bisa lakukan treking. Perjalanan akan berasa lebih melawan dan sekalian dapat rasakan situasi rimba sepanjang perjalanan ke arah lokasi.

✦ Ombak

Ombak

Daya magnet khusus Pantai Plengkung ialah ombaknya yang pas untuk tempat surfing. Bahkan juga ombak di pantai ini adalah spot surfing terbaik di Asia Tenggara dan termasuk dari 7 yang terbaik di dunia. Ombak di pantai ini besar dan stabil, tingginya bahkan 4 sampai 8 mtr. dengan panjang sepanjang 2 km.

Ada tiga jenjang ombak di pantai ini. Pertama ialah Kong Waves, tinggi ombak capai 6 sampai 8 mtr.. Tingkat ke-2  ialah Speedis Waves yang mempunyai ombak dengan tinggi 5 sampai 6 mtr.. Tingkat paling akhir ialah Many Trek dengan ketinggian 3 sampai 4 mtr.. Tingkat paling akhir ini biasa dipakai untuk yang baru memulai untuk mempertajam kemampuan berseluncur.

Baca juga : Pantai Pulau Merah, Pantai Elok di Banyuwangi Dengan Bukit Hijau dan Tanah Merah

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Wisata Pantai Plengkung

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Wisata Pantai Plengkung

Habiskan waktu di pantai memang menggembirakan, lebih-lebih lagi bila bisa lakukan beragam kegiatan yang menggembirakan. Bila Anda bertandang ke Pantai Plengkung, Anda tidak merasa jemu karena akan ada banyak beberapa kegiatan yang memikat buat dilaksanakan. Berikut sejumlah aktivitas hebat yang banyak dilaksanakan.

* Menyaksikan Panorama

Menyaksikan Panorama

Keelokan pantai ini sayang sekali untuk dilewati. Anda dapat tiba untuk nikmati keelokan pantai. Bahkan juga pengurus sudah sediakan menara hingga pengunjung bisa nikmati pemandangan dari ketinggian. Bukan hanya pantai saja, dari menara ini pengunjung bisa menyaksikan panorama rimba Alas Purwo.

Matahari keluar memanglah tidak kelihatan bagus bila disaksikan dari Pantai Plengkung karena tertutup oleh gunung. Panorama menarik akan kelihatan start pukul 9 pagi. Pada jam-jam ini, pantai mulai akan berombak hingga Anda bisa menyaksikan beberapa peselancar mulai berlaga di wisata Banyuwangi ini.

* Naik sepeda

Naik sepeda

Pantai ini jadi lokasi yang menggembirakan untuk lakukan aktivitas naik sepeda. Dengan berkeliling-keliling pantai memakai sepeda, Anda bukan hanya bisa olahraga tetapi dapat rasakan keelokan pantai dan segarnya udara. Dengan dekatnya pantai ini dengan rimba membuat pantai ini berasa fresh hingga pas dipakai untuk lakukan olahraga seperti naik sepeda.

* Surfing

Surfing

Surfing menjadi satu diantara aktivitas yang membuat beberapa pengunjung, khususnya dari luar negeri untuk berkunjung pantai elok ini. Bila Anda menyenangi aktivitas satu ini atau ingin belajar melakukan, karena itu Anda dapat tiba dan mencoba. Peralatan berseluncur sendiri telah ada hingga Anda tidak butuh kebingungan untuk bawa perlengkapan surfing.

Ombak di pantai ini tidak selamanya pas untuk aktivitas surfing. Ombak terbaik cuma bisa ditemui pada bulan-bulan tertentu. Umumnya ombak akan meninggi di bulan April sampai Oktober, khususnya di bulan Agustus. Karenanya, bila ingin memperoleh ombak terbaik untuk surfing, Anda dapat tiba pada bulan-bulan ini.

* Memancing

Memancing

Aktivitas ini tentu menggembirakan, lebih-lebih lagi bila Anda memang hoby melakukan. Anda bisa bawa peralatan memancing dan cari beberapa spot untuk lakukan aktivitas ini. Ikan hasil tangkapan Anda akan cukup berbagai ragam, tetapi sudah tentu akan memberikan kepuasan hoby Anda saat lakukan aktivitas menggembirakan satu ini.

Baca juga : Pantai Cemara, Pantai Cantik dengan Pemandangan Sunset yang Eksotik di Banyuwangi

Harga Ticket Masuk Object Wisata Pantai Plengkung Banyuwangi

Harga Ticket Masuk Object Wisata Pantai Plengkung Banyuwangi

Harga ticket masuk teritori rekreasi Pantai Plengkung Rp25.000 per-orang agar pelancong lokal, sedangkan agar pelancong luar negeri di gunakan ticket Rp150.000 per-orang

Ticket masuk nikmati keelokan Pantai Plengkung murah. Pengunjung perlu bayar Rp 5.000 saja per-orang. Namun, Anda harus menyiapkan dana naik mobil pick up ke arah lokasi. Mobil pick up ini bisa diisi 10 sampai 12 orang. Biayanya Rp 250.000 untuk pulang pergi. Harga ini dihitung per trip, hingga makin banyak penumpang akan  lebih murah.

Baca juga : Wisata Kawah Ijen, Tujuan Alam dengan Keelokan Blue Fire di Banyuwangi

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Wisata Pantai Plengkung
Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Wisata Pantai Plengkung

Pantai Plengkung Banyuwangi ada dalam teritori Taman Nasional Alas Purwo yang ada di ujung timur Pulau Jawa. Untuk capai lokasi, Anda bisa memakai dua lajur yakni lajur darat dan lajur laut. Untuk lajur darat, Anda bisa memakai kendaraan individu baik motor atau mobil. Disamping itu, ada angkutan umum berbentuk bis.

Bila Anda dari Banyuwangi, Jawa Timur, Anda bisa ke arah Kalipahit yang jaraknya lebih kurang 60 km. Tujuan setelah itu Pasar Baru sepanjang lebih kurang 4 km. Dari Pasar Pancar, Anda bisa ke arah Pos Pancur yang jaraknya lebih kurang 15 km. Pos ini adalah penghentian paling akhir untuk kendaraan individu atau angkutan umum.

Seterusnya Anda bisa pilih perjalanan ke arah lokasi dengan 2 opsi, yakni jalan kaki sepanjang lebih kurang 9 km atau mungkin dengan memakai kendaraan khusus yang telah disiapkan oleh faksi pengurus dari Taman Nasional Alas Purwo. Kendaraan ini berbentuk mobil pick up yang telah diubah untuk penumpang yang disebut salah satunya usaha pendayagunaan warga sekitaran. Saksikan google maps.

Sementara untuk lajur laut, Anda bisa memakai speedboat sepanjang 1 jam perjalanan atau perahu nelayan sepanjang 2 jam perjalanan dari Grajagan. Pantai Plengkung bisa dijangkau dari Bali memakai speedboad. Umumnya beberapa wisatawan asing yang memakai lajur laut dari Bali ini.

Baca juga : Pantai Malalayang, Tujuan Wisata Pantai Favorite di Kota Manado

Pemondokan Murah Dekat Pantai Plengkung
Pemondokan Murah Dekat Pantai Plengkung

– Joyo’s Surf Camp

Adalah salah satunya alternative untuk bermalam dan benar-benar dekat sama lokasi pantai, cuma lebih kurang 100 mtr. saja. Ada beberapa macam kamar yang bisa diputuskan, semua mempunyai sarana yang mencukupi untuk pengunjung. Selainnya berbentuk kamar-kamar, pemondokan ini mempunyai bungalow yang lumayan luas dengan sejumlah kamar didalamnya.

– Bobby’s Surf Camp

Pemondokan ini sedikit tambah mahal bila dibanding pemondokan lain di G-land. Namun sarana yang dijajakan benar-benar komplet dengan pemondokan yang bersih dan pelayan yang sangat ramah. Pemondokan ini sediakan sejumlah sarana selingan seperti sufing dan trip ke rimba di Taman Nasional Alas Purwo.

– G-Land Jungle Surf Camp

Bangunan dari pemondokan ini terlihat simpel, tetapi kamar didalamnya nyaman dan bersih. Dekat sama alam hingga berasa sejuk dan asri. Sarana yang dijajakan juga komplet pada harga yang lebih murah dibanding pemondokan lainnya.

Baca juga : Pantai Batu Hoda, Wisata Bahari dengan Keelokan Alam Mempesona di Samosir

Sarana yang Ada di Teritori Wisata Pantai Plengkung Banyuwangi
Sarana yang Ada di Teritori Wisata Pantai Plengkung Banyuwangi

Sebagai pantai yang sudah dikenali sampai luar negeri, Pantai Plengkung sediakan sarana yang komplet dan mencukupi untuk pengunjung. Apalagi pantai ini sudah diatur baik semenjak tahun 90-an. Sarana umum seperti pos menjaga untuk kendaraan individu, dan fasilitas kendaraan khusus ke arah lokasi pantai sudah ada.

Disamping itu ada pemondokan, restaurant, bar, dan lain-lain. Sarana-fasilitas ini memakai pembayaran dollar amerika karena biasanya dipakai oleh turis-turis asing. Ada perlengkapan surfing yang bisa dicarter oleh pengunjung.

Sedikit wisatawan lokal yang bermalam di teritori ini karena mahal. Mereka cenderung lebih memilih untuk pulang. Namun ada sarana yang bisa dipakai, seperti bangku-bangku untuk istirahat di bawah beberapa pohon teduh. pantai yang terbangun kebersihannya hingga nyaman untuk dilihat.

Baca juga : Pantai Namosain, Pantai Elok dengan Bentangan Pasir Putih Mempesona di Kupang

Pantai Plengkung di Banyuwangi atau yang umum disebutkan G-land adalah pantai yang telah populer di mata dunia karena ombaknya. Pantai ini jadi tempat lomba selancar tingkat internasional hingga bukan hanya pengunjung lokal, tetapi banyak juga turis-turis dari luar negeri.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *