Pantai Yeh Gangga, Pantai Elok dengan Daya tarik Tradisi dan Budaya Lokal di Tabanan

Pantai Yeh Gangga, Pantai Elok dengan Daya tarik Tradisi dan Budaya Lokal di Tabanan

Diposting pada

Direktori Wisata – Pantai Yeh Gangga, pantai elok dengan daya tarik tradisi dan budaya lokal di Tabanan. Pulau Bali di Indonesia populer dengan keelokan alamnya yang mempesona, dan salah satunya lokasi yang pantas didatangi ialah Pantai Yeh Gangga.

Pantai Yeh Gangga, Pantai Elok dengan Daya tarik Tradisi dan Budaya Lokal di Tabanan

Pantai Yeh Gangga berada di dusun Sudimara, kecamatan Tabanan, pantai ini tawarkan panorama yang memesona dengan kombinasi di antara pasir hitam, ombak bergulung, dan panorama alam mengagumkan.

Pantai ini populer karena ombaknya yang tidak begitu tinggi, tetapi pas untuk beberapa fans olahraga selancar. Beberapa peselancar dari beragam wilayah kerap tiba untuk cari kehebohan menyelam antara ombak yang melawan. Cukup banyak juga yang tiba sekedar hanya untuk nikmati situasi alam yang cantik.

Tidak sama pantai di Bali umumnya yang ramai, situasi di sini malah benar-benar sepi. Tidak beberapa pengunjung yang tiba, argumennya mungkin kurang terkenal. Tetapi kenyataannya, ini malah menjadi satu diantara daya magnet yang dipunyai. Dengan situasi yang sepi, anda juga memperoleh ketenangan sepanjang bertandang.

Daya Ambil yang Dipunyai Wisata Pantai Yeh Gangga Tabanan

Daya Ambil yang Dipunyai Wisata Pantai Yeh Gangga Tabanan

Walau sepi, tetapi Pantai Yeh Gangga sebetulnya banyak memiliki daya magnet. Perihal ini pula yang membuat pantas didatangi, walau anda kerap ada di pantai lain. Karena tiap pantai mempunyai karakter tertentu, baik dari pasir, warna air laut, dan situasi disekitaran wisata Tabanan ini.

* Pura Batu Berlubang

Pura Batu Berlubang

Daya magnet yang lain ditanggung tidak anda dapatkan di pantai lain yaitu ada sebuah bangunan tempat beribadah, yaitu pura. Dari sisi bangunan memang biasa-biasa saja, tapi tempat berdirinya bangunan berikut sebagai unik. Diberi nama Pura Batu Berlubang karena tempat beribadah ini ada di atas setumpukan batu karang besar.

Ada dua batu tempat di mana berdirinya pura di Pantai Yeh Gangga ini, yang satu mendatar dan satunya kembali sedikit berdiri. Batu yang berdiri berikut ada lubang pada bagian tengahnya, ukuran lumayan besar. Karena sangat besarnya, anda juga dapat melalui lubang itu. Tempatnya sedikit ke tengah laut, menjadi anda dapat bertandang bila air kering.

* Tradisi dan Budaya Masyarakat Sekitaran

Tradisi dan Budaya Masyarakat Sekitaran

Bila disaksikan dari keadaan alam dan geografis, umumnya masyarakat disekitaran pantai bekerja sebagai nelayan. Hal ini berlaku untuk warga pantai di Tabanan ini. Tetapi rupanya tidak banyak sekali, cuma sejumlah kecil yang profesinya sebagai nelayan. Anda bisa menyaksikannya dari jejeran perahu yang terdapat di pinggir pantai di tempat wisata Bali yang ini.

Perahu ini sekalian jadi panorama unik tertentu yang mungkin tidak anda dapatkan selainnya di Pantai Yeh Gangga. Selainnya jadi nelayan, warga di sini bekerja sebagai petani. Ini bisa disaksikan dari jumlahnya sawah dan kebun yang tidak jauh dari pantai. Panorama juga makin prima, warna hijau sejuk didapat.

* Situasi Sepi dan Damai

Situasi Sepi dan Damai

Walau pantai ini tidak begitu ramai, tetapi beberapa pengunjung menganggap sebagai daya magnet. Pada hari biasa, pantai ini didatangi beberapa puluh pelancong, dan pada hari liburan sedikit ramai. Situasinya sepi, pas jadi fasilitas untuk beri kesegaran pikiran. Apalagi situasi hijau didapat dari persawahan dan bukit-bukit.

Pelancong Pantai Yeh Gangga umumnya santai di bawah pohon teduh sekalian nikmati situasi alam. Ombak yang tiba tidak begitu tinggi, namun masih tetap memunculkan suara alam. Bisikan-bisikan angin juga kadangkala kedengar bila sedang terhembus. Belum juga disekitaran pantai umumnya ada burung camar yang mencari makan.

* Keelokan Pantai Yeh Gangga

Keelokan Pantai Yeh Gangga

Salah satunya daya magnet khusus pantai di Bali ini ialah pemandangan alamnya yang mengagumkan. Dikitari oleh bukit-bukit hijau dan pohon-pohonan yang rimbun, pantai ini memberi nuansa hijau. Pelancong bisa nikmati beragam panorama yang cantik, seperti ombak yang berkejaran di pinggir pantai, atau bebatuan karang eksotik.

Pantai Yeh Gangga mempunyai pasir yang warna hitam, sedikit berlainan dengan pantai di Bali umumnya yang warna putih. Tetapi ini tetap menambahkan keelokannya, khususnya saat siang hari. Pasir hitam ini mengkilau saat terserang sinaran matahari, membuat seperti permata kecil bersebaran di pantai.

Baca juga : Museum Subak, Melihat Koleksi dan Belajar Irigasi Tradisionil Bali di Tabanan

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Wisata Pantai Yeh Gangga

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Wisata Pantai Yeh Gangga

Setelah tiba di wisata, anda dapat lakukan apa seperti keinginan. Tetapi pastikan mematuhi etika dan ketentuan yang berjalan. Ada beberapa kegiatan yang bisa anda kerjakan, seperti saat berkunjung pantai umumnya di tempat wisata Tabanan ini.

✦ Bertandang ke Pura Batu Berlubang

Bertandang ke Pura Batu Berlubang

Pura Batu Berlubang yang berada di Pantai Yeh Gangga bukan cuma untuk hiasan. Pura ini masih aktif dan jadi tempat beribadah umat Hindu. Anda juga bisa bertandang jika sudi, walau sekedar hanya menyaksikan kekhasan nya. Bila memang waktu itu air sedang pasang, karena itu anda dapat seberang memakai perahu.

✦ Nikmati Panorama Alam

Nikmati Panorama Alam

Pantai Yeh Gangga mempunyai panorama alam yang cukup cantik, tidak berbeda jauh dengan pantai umumnya. Anda dapat nikmati keelokan alam ini sekalian santai di pinggir pantai. Ombak yang tiba menambahkan situasi syahdu dengan suaranya yang unik. Sementara panorama lain didapat dari bukit-bukit dan sedikit bebatuan karang.

✦ Snorkeling

Snorkeling

Pelancong yang tiba memang tidak demikian ramai, namun masih tetap ada sehari-harinya. Beberapa beraktivitas yang disebut sebelumnya, beberapa kembali mempunyai tujuan untuk menyelam. Ada spot khusus untuk kegiatan ini, yang jelas cukuplah aman. Beragam biota laut bisa anda dapatkan, mulai ikan kecil, terumbu karang, dan lain-lain.

✦ Bermain Air dan Pasir

Bermain Air dan Pasir

Karena kurang pas untuk berenang, walau ombak yang tiba tidak begitu tinggi, seharusnya cuma bermain air saja di pinggir pantai. Kegiatan ini kurang demikian menggembirakan bila dibanding berenang. Tetapi ada pasir hitam yang bisa jadi bermainan makin melengkapi dan membuat kegiatan ini menarik.

Baca juga : Alas Harum Bali, Daya tarik Alam Eksotik Yang Hijau di Gianyar

Harga Ticket Masuk dan Jam Operasional Wisata Pantai Yeh Gangga Tabanan
Harga Ticket Masuk dan Jam Operasional Wisata Pantai Yeh Gangga Tabanan

Tidak ada harga ticket masuk Pantai Yeh Gangga yang wajib anda bayar, maknanya gratis. Siapa pun bisa berkunjung wisata bahari ini tanpa kecuali. Salah satu ongkos yang wajib dikeluarkan yaitu untuk parkir kendaraan. Untuk anda yang bawa sepeda motor, persiapkan dana 2.000 rupiah, dan mobil 5.000 rupiah.

Baca juga : Bali Elephant Camp, Wisata Pembelajaran Favorite untuk Berlibur Keluarga di Badung Bali

Alamat, Jalur Lokasi dan Ticket Masuk Wisata Pantai Yeh Gangga
Alamat, Jalur Lokasi dan Ticket Masuk Wisata Pantai Yeh Gangga

Berkunjung wisata bahari berbentuk pantai ini tidak begitu susah. Walau kawasannya cukup terasing, namun masih tetap gampang dicapai. Alamatnya sendiri ada di Dusun Sudimara, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali. Bila anda tiba dari pusat perkotaan, karena itu jarak yang perlu dilakukan sekitaran 10 km.

Jarak Pantai Yeh Gangga ini umumnya bisa dilakukan lebih kurang 20 menit memakai kendaraan individu. Tetapi bila anda naik kendaraan umum, waktu pintas mungkin semakin lama . Ada beberapa jalur yang bisa anda pakai, bergantung dari kehadiran. Jika dari pusat perkotaan, seharusnya melalui Jalan Pulau Menjangan.

Perjalanan diteruskan melalui Jalan Nias, selanjutnya ke Jalan Yeh Gangga I. Tujuan selanjutnya yaitu ke Dusun Sudimara dengan melalui sepanjang lajur khusus. Disini, anda dapat bertanya secara langsung pada masyarakat sekitaran. Juga bisa memakai program Google Maps agar lebih gampang memperoleh jalur terbaik.

Baca juga : Pantai Padang Padang, Pantai Cantik dengan Panorama Alam Eksotik di Bali

Sarana yang Ada di Teritori Wisata Pantai Yeh Gangga Tabanan
Sarana yang Ada di Teritori Wisata Pantai Yeh Gangga Tabanan

Harga ticket masuk Pantai Yeh Gangga gratis, menjadi masalah sarana tidak begitu komplet. Tetapi untuk sarana penting masih tetap ada, seperti tempat parkir yang cukup luas. Disamping itu, ada pula warung yang sediakan beragam menu minuman dan makanan. Untuk toilet ada juga, walau tidak banyak dengan keadaan apa yang ada.

Baca juga : Taman Nasional Bunaken, Pemandangan Alam Bawah Laut yang Mengagumkan di Manado

Salah satunya pemikiran penting saat sebelum berkunjung object wisata yaitu daya magnet. Demikian juga pada harga ticket, anda harus pertimbangkan apa dipandang mahal atau murah. Bila disaksikan dari pembahasan di atas, Pantai Yeh Gangga masih pantas didatangi. Masalahnya tidak ada ongkos yang wajib anda mengeluarkan, tetapi memilki banyak daya magnet.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *