Raja Ampat, Surga Terselinap yang Go-international di Ujung Papua

Raja Ampat, Surga Terselinap yang Go-international di Ujung Papua

Diposting pada

Direktori Wisata – Raja Ampat, surga terselinap yang go-international di Ujung Papua. Raja Ampat salah satunya wisata bahari terkenal di Papua yang tawarkan panorama yang mempesona seperti surga.

Raja Ampat, Surga Terselinap yang Go-international di Ujung Papua

Object wisata mimpi di ujung barat laut Papua menyuguhkan keelokan alam yang telah dianggap dunia.Papua bukan hanya dikenali surga tambangnya tetapi rekreasi bahari yang mengagumkan.

Raja Ampat adalah salah satunya tujuan yang terkenal baik dalam negeri atau dunia. Wisata bahari ini mempunyai berjuta-juta keelokan yang hendak menghipnotis siapa saja yang bertandang.

Tujuan wisata bahari ini terbagi dalam beberapa pulau karang yang menyebar luas di tempat itu. Sebetulnya ada beberapa ribu rangkaian pulau kecil di Raja Ampat, tetapi pulau khusus yang lumayan besar yaitu pulau Misool, Salawati, Waigeo dan Batanta.

Bertandang ke arah tempat ini, Anda akan memperoleh banyak pengalaman baru. Alamnya dan panorama bak surga membuat tempat ini ramai dicari oleh pelancong, terutama mereka yang kagum pada keelokan bawah laut.

Daya Ambil yang Dipunyai Raja Ampat Papua

Daya Ambil yang Dipunyai Raja Ampat Papua

✦ Alam yang Mengagumkan

Siapakah yang tidak tertarik secara cantiknya alam Raja Ampat. Rangkaian pulau yang membubung tinggi dan air laut yang biru jernih jadi panorama yang hendak menyongsong pelancong waktu ada di tempat ini. Bentang luas perairan dan langit seolah bersatu hingga pas untuk Anda yang ingin memperoleh situasi baru.

Disamping itu, Raja Ampat mempunyai keelokan alam darat yang hebat, seperti beberapa tebing karst, rimba bakau, dan beberapa pantai yang natural serta eksotik. Karena itu, tiba ke arah tempat ini benar-benar direferensikan untuk Anda yang ingin mendapat penjelajahan berlibur baru.

✦ Air Laut yang Jernih dan Pasir Putih Bersih

Daya tarik Raja Ampat seolah tidak ada habisnya. Selainnya alamnya yang cakap, air di teritori itu sangat jernih. Hal itu bisa ditunjukkan berwarna yang biru, bahkan juga terumbu karang dan air yang hilir mudik dapat disaksikan terang jika di perairan yang tidak begitu dalam.

Tak lupa dengan pasir yang bersih bebas dari sampah. Sebagai tujuan wisata dunia, tempat ini memiliki pasir halus yang menganakemaskan pelancong. Pemandangan menarik dari pasir putih akan hasilkan gradasi yang elok di antara pasir dan air laut terutama saat cuaca sedang ceria.

✦ Panorama Bawah Laut

Raja Ampat dikenali biota lautnya yang bermacam dan sangat jarang. Nyaris sekitaran 75% dari beragam tipe terumbu karang yang berada di dunia terkumpul di bawah perairan object wisata ini, persisnya sekitaran 603 tipe.

Dan yang membuat beberapa pelancong banyak yang datang yaitu untuk melihat dengan segera berbagai macam tipe ikan. Terdaftar ada sekitaran 1397 spesies, 700 lebih moluska yang hidup di laut Papua ini, hingga tidaklah aneh bila banyak yang menyebutkan tempat cantik ini sebagai surganya bahari di dunia riil.

Dibalik jumlahnya kehidupan di bawah lautnya, daerah Raja Ampat benar-benar luas yakni 9,delapan juta hektar. Daerah itu telah meliputi keseluruhnya perairan dan dataran. Ada banyak juga tempat penyelaman yang mempesona, seperti Cape Kri, Blue Magis, dan Manta Poin.

✦ Rangkaian Pulau

Daya magnet yang tidak dipunyai lain tempat tetapi berada di wisata bahari ini yaitu rangkaian pulau yang menyebar di semua perairan. Minimal ada lebih dari beberapa ribu rangkaian pulau kecil yang terbagi dalam tebing karang dan tumbuhan hijau

Deretan pulau yang membubung tinggi dan benar-benar populer dan wajib didatangi jika berpeluang tiba ke arah tempat cantik ini. Bukan hanya pulau kecil saja, beberapa pulau besar dan rimba tropis menghias tempat menarik ini. Bahkan juga beberapa pulau itu masuk ke kelompok 10 pulau dan perairan paling indah di dunia.

✦ Tempatnya yang Terselinap

Raja ampat termasuk object wisata yang terselinap. untuk ke arah tempat itu saja tidak gampang karena perlu seberangi pulau. Tetapi jangan salah karena tempat ini menyuguhkan pemandangan yang tidak ada duanya.

Disamping itu, untuk Anda yang ingin menentramkan pikiran dari jemunya hingar-bingar kota tempat ini ialah tujuan yang akurat. Karena pada tempat ini bebas pencemaran dan  lebih tenang karena di sedikit orang berakhir lalang.

✦ Budaya dan Tradisi Istiadat

Raja Ampat mempunyai kebudayaan yang unik dan tradisi istiadat yang tetap terus terbangun sampai sekarang ini. Pelancong bisa berkunjung desa-desa tradisionil dan menyaksikan secara langsung bagaimana warga lokal jaga lingkungan dan keberagaman hayati disekelilingnya.

Misalkan Anda dapat bertandang ke Dusun Wisata Sauwandarek yang mempunyai ketrampilan membuat kerajinan tangan berbentuk topi dan tas, dan bentuk bangunan tempat tinggalnya yang unik yang dibuat dari kayu dan beratap jerami.

Baca juga : Bukit Jokowi, Nikmati Keelokan Kota Jayapura dari Ketinggian

Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Raja Ampat

Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Raja Ampat

* Keliling Pulau-Pulau Raja Ampat

Selainnya menyelam, kegiatan yang memikat buat dilaksanakan yaitu berkeliling-keliling ke beberapa pulau disekelilingnya. Anda dapat nikmati keelokan rangkaian pulau yang menyebar  lebih dekat. Referensi lokasi yang pantas didatangi saat berkeliling-keliling yakni Wayag, Teluk Kabui sampai Piaynemo

Agar dapat berkeliling-keliling, Anda dapat sewa perahu yang umumnya banyak dijajakan, atau berperan serta dalam tour penyelaman atau snorkeling untuk menelusuri keelokan alam dan beberapa pulau disekelilingnya. Sekalian berkeliling-keliling juga bisa berkunjung hutan-hutan tropis yang fresh dan teduh.

* Snorkeling dan Diving

Snorkeling dan diving jadi aktivitas wajib dilaksanakan saat ada di Raja Ampat Papua. Keelokan alam bawah laut yang menarik benar-benar malas untuk dilewati, ditambah di daerah itu terdapat beragam tipe spesies biota laut yang unik dan jarang-jarang dijumpai.

Tidak harus ke lokasi yang dalam, di perairan yang dangkal sekalinya Anda bisa nikmati bahari Raja Ampat. Tetapi bila tertarik ke sisi lebih dalam Anda bisa berenang dengan pemantauan pakar.

Farondi adalah titik selam yang pantas didatangi, karena keelokan bawah lautnya yang bermacam dan mengagumkan. Sebutlah saja sea penggemar atau terumbu karang yang dikitari banyak ikan unik dan goa yang tidak kalah cantik. Anda perlu turun minimal 30 mtr. agar dapat menyaksikan keelokan goa itu.

* Berkunjung Dusun Di tempat

Waktu bertandang, luangkan berkunjung dusun di tempat dan melebur dengan masyarakat sekitaran. Aktivitas itu bisa menjadi pengalaman sangat jarang dan memikat buat dilaksanakan.

Anda dapat pelajari kehidupan setiap hari masyarakat dan belajar kesenian ciri khas Papua. Salah satunya lokasi yang pas untuk belajar kesenian yakni di Arborek. Dusun itu menyajikan banyak kesenian seperti tarian tradisionil sampai mencicip sajian uniknya yaitu sagu.

Tidak itu saja, di dusun itu Anda bisa beli oleh-olehan yang dipasarkan warga di tempat. Bermacam tipe oleh-oleh dimulai dari tas, topi dan rupa-rupa ciri khas Papua ini wajib jadi oleh-oleh karena bentuk dan bahan asli dari tanah Papua.

* Melihat Burung Sangat jarang

Waktu bertandang di Raja Ampat, kicauan burung akan selalu menemani. Ada beberapa pohon-pohonan dan rimba tropis penuhi teritori itu yang mana jadi tempat bernaung burung-burung.

Bukan hanya burung biasa, Anda dapat melihat burung etnik dan sangat jarang ciri khas Papua yaitu burung cendrawasih. Unggas sebagai keunikan Papua itu dapat disaksikan di rimba tropis dan dusun di tempat seperti dusun Saporkren dan Sawinggrai.

* Memburu Photo Kece

Berpose adalah aktivitas wajib waktu bertandang ke arah tempat eksotik Raja Ampat ini. Ada spot bagus yang pas didokumentasikan dalam camera bagus untuk koleksi atau dipampang di media sosial.

Selainnya mendokumentasikan pemandangan yang menarik, Anda bisa juga berpose dengan background perairan Raja Ampat. Warna laut yang cantik dan rangkaian pulau dari ketinggian semakin lebih terkesan bila foto.

* Jalan-Jalan Rileks

Raja Ampat mempunyai keelokan alam yang tidak disangsikan kembali, tidak cuma di bawah lautnya tapi juga di darat. Pelancong bisa jalan-jalan di sepanjang pantai, rimba bakau, atau mencari rimba tropis.

Sekalian jalan rileks Anda dapat rasakan situasi yang tenang dan panorama elok. Disamping itu dapat rasakan halusnya pasir yang dapat menjadi alternative untuk rileksasi kaki.

* Trackking

Bila ingin panorama yang hebat seperti di web atau gambar yang tersebar di media sosial, dapat dengan menaiki tebing pada rangkaian pulau. Untuk memperoleh pemandangan yang menganakemaskan mata memerlukan perjuangan.

Lokasi-lokasi trackking yang terkenal di sini ialah sekitaran Gunung Pindito atau trackking ke Arborek, sebuah dusun kecil yang populer dengan keelokan pantainya.

Minimal Anda harus menaiki sekitaran 30 menit supaya bisa nikmati keelokan Raja Ampat dari ketinggian. Supaya lebih gampang Anda dapat menaiki dengan berombongan sebab bisa sama-sama menolong. Saat menaiki pastikan memprioritaskan keselamatan dengan menggunakan sandal gunung dan pakaian panjang karena cemas tergelincir.

* Nikmati Keelokan Sunset

Nikmati sunset pada tempat ini akan memberi pengalaman yang bernilai. Melihat sunset dan langit warna jingga menjadi langkah yang pas untuk menentramkan jiwa. Peristiwa matahari tenggelam benar-benar pas dengan situasi Raja Ampat yang asri sekalian cantik.

Ada beberapa spot bagus yang dapat menjadi tempat untuk menyaksikan sunrise. Tetapi yang paling juara yakni melihat di atas ketinggian atau sekalian santai di pemondokan yang tersambung langsung dengan tempat pantai.

Baca juga : Kuala Kencana, Kota Kekinian di tengah Rimba Mimika Papua

Ongkos Rekreasi ke Raja Ampat Papua

Ongkos Rekreasi ke Raja Ampat Papua

Untuk Anda yang tertarik untuk berpelesir ke Raja Ampat yang memesona ini, perlu ongkos lebih buat sampai ke lokasi rekreasi. Berikut prediksi ongkos untuk perjalanan rekreasi ke Raja Ampat, yang terbagi dalam:

Transportasi – Ongkos ticket pesawat bergantung dari kota pemberangkatan, maskapal dan tanggal pemesanan pengunjung. Tetapi, prediksi harga ticket pesawat dari Jakarta ke Sorong (lapangan terbang paling dekat Raja Ampat) ialah sekitaran Rp 1,lima juta sampai Rp empat juta.

Fasilitas – Raja Ampat sediakan beragam opsi terbaik, dimulai dari pemondokan simpel sampai resor eksklusif. Harga per malam dimulai dari Rp 200 ribu sampai lebih dari Rp 10 juta per malam, bergantung dari type fasilitas dan sarana yang disiapkan.

Kegiatan – Ongkos untuk diving dan snorkeling di sini sekitar di antara Rp 300 ribu sampai Rp 1,lima juta setiap hari. Pelancong bisa sewa kapal untuk menelusuri kepulauan sekitaran dengan ongkos sekitaran Rp dua juta sampai Rp lima juta setiap hari.

Makanan – Harga makanan di Raja Ampat bervariatif bergantung dari tipe makanan dan tempat makan yang diputuskan. Ongkos makanan setiap hari dapat capai Rp 100 ribu sampai Rp 500 ribu.

Keseluruhannya, prediksi ongkos perjalanan rekreasi yang diperlukan ke Raja Ampat sekitaran Rp lima juta – Rp 20 juta, bergantung dari lama perjalanan, tipe fasilitas, dan kegiatan yang sudah dilakukan. Tetapi, harus diingat jika ongkos di atas cuma untuk prediksi dan bisa bervariatif bergantung dari keperluan dan opsi masing-masing pengunjung.

Baca juga : Pantai Teluk Asmara, Pantai Cantik dengan View Alam yang Mempesona di Malang

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi ke Raja Ampat
Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi ke Raja Ampat

Raja Ampat adalah kepulauan yang terbagi dalam banyak rangkaian pulau, dan sebuah kabupaten yang ada di Papua Barat. Bila disaksikan di atas atau peta kepulauan ini termasuk dalam barisan vogelkoop atau kepala burung yang membuat pulau Papua.

Untuk nikmati keelokan surga bahari ini, pelancong lebih dulu ke arah kota Sorong di Papua Barat. Ada cara-cara untuk capai Sorong, diantaranya:

* Lewat Penerbangan: Sorong mempunyai lapangan terbang internasional, yaitu Lapangan terbang Domine Eduard Osok. Pelancong bisa langsung terbang dari Jakarta, Surabaya, Makassar, Manado, Ambon, atau Jayapura ke Sorong. Waktu penerbangan Jakarta – Sorong lebih kurang 4 jam.

* Lewat Kapal: Pelancong bisa ke arah Sorong lewat lajur laut. Beberapa kapal ferry dari Pelni, seperti KM Ciremai, layani jalur dari Surabaya atau Makassar ke arah Sorong.

Sesudah datang di Kota Sorong, pelancong bisa meneruskan perjalanan ke Raja Ampat dengan memakai kapal feri atau speedboat. Ada banyak dermaga yang layani jalur ke Raja Ampat, seperti Dermaga Masyarakat Sorong, Dermaga Sorong Lama, dan Dermaga Sorong Baru. Perlu waktu sekitaran 2-4 jam, bergantung pada tipe kapal dan jalur yang diputuskan pelancong.

Baca juga : Pantai Batu Hoda, Wisata Bahari dengan Keelokan Alam Mempesona di Samosir

Pelancong bisa memakai jasa tour untuk perjalanan ke Raja Ampat. Banyak operator tour yang tawarkan paket wisata yang telah meliputi transportasi, fasilitas, dan aktivitas yang lain. Saksikan google maps.

Referensi Pemondokan Murah di Raja Ampat
Referensi Pemondokan Murah di Raja Ampat

Walaupun populer dengan resort eksklusif dan terbatas, ada pula beberapa hotel murah yang tawarkan pengalaman bermalam yang tidak kalah eksklusif. Berikut referensi pemondokan murah di Raja Ampat yang dapat jadi opsi bermalam.

✦ Raja Ampat Biodiversity Eco Resor

Berada di Pulau Gam, Raja Ampat Biodiversity Eco Resor tawarkan pengalaman bermalam yang ramah pada lingkungan pada harga yang dapat dijangkau. Resort ini tawarkan kamar-kamar dengan kipas angin, kamar mandi individu, dan teras dengan panorama laut. Disamping itu, resort ini tawarkan paket rekreasi snorkeling dan diving.

✦ Raja Ampat Dive Lodge

Berada di pinggir pantai Mansuar, Raja Ampat Dive Lodge tawarkan pengalaman bermalam yang sangat nyaman pada harga dapat dijangkau. Dikitari oleh rimba tropis dan laut yang jernih, lodge ini tawarkan kamar-kamar yang diperlengkapi AC, kamar mandi individu, dan teras dengan panorama laut.

✦ Koranu Fyak Bungalows

Koranu Fyak Bungalows berada di Pulau Waigeo dan tawarkan pengalaman bermalam yang dekat sama alam. Bungalow-bungalow yang dijajakan mempunyai atap rumbia dan lantai kayu, diperlengkapi kipas angin dan kamar mandi individu.

✦ Waiwo Dive Resor

Resor ini berada di Pulau Waigeo dan tawarkan beragam tipe kamar, dimulai dari kamar standard sampai cottage pantai. Sarana yang dijajakan mencakup restaurant, persewaan perlengkapan snorkeling dan diving, dan service penjemputan lapangan terbang.

✦ Yenkoranu Homestay

Yenkoranu ialah fasilitas simpel yang berada di Pulau Kri. Homestay ini tawarkan pengalaman bermalam lebih lokal dan orisinal dengan kamar-kamar yang diperlengkapi kipas angin dan kamar mandi bersama-sama.

Baca juga : Pantai Duta Wisata, Pantai Cantik dengan Pemandangan Alam Mempesona di Lampung

Sarana Wisata yang Ada di Raja Ampat Papua
Sarana Wisata yang Ada di Raja Ampat Papua

Pembangunan fasilitas dan prasarana di Raja Ampat terus dilaksanakan untuk menarik pelancong. Beberapa sarana seperti pemondokan baik resor eksklusif secara beragam sarana untuk menganakemaskan diri.

Tidak cuma resor eksklusif, di situ ada pula motel yang harga ramah kantong menjadi opsi untuk pelancong untuk habiskan malam. Pemondokan itu benar-benar pas untuk Anda yang kurang bujet.

Untuk Anda yang tertarik untuk berkeliling-keliling sekitaran tempat wisata, dapat sewa kapal cepat atau speed boat . Maka tidak ada argumen tidak untuk tiba ke lokasi yang cantik ini.

Disamping itu, ada beragam sarana rekreasi seperti restaurant, pusat persewaan perlengkapan snorkeling dan menyelam, dan service transportasi yang gampang dijangkau.

Baca juga : Pantai Lhoknga, Pantai Eksotik dan Spot Surfing Favorite di Aceh Besar

Tersebut banyak hal menarik mengenai Raja Ampat, surga terselinap yang ada di Papua Barat. Object wisata yang go-international itu benar-benar pas untuk didatangi baik bersama keluarga atau dengan teman dekat karena di situ Anda akan memperoleh pengalaman berlibur yang tidak akan terlupakan.[]

1 komentar

  1. Wow, superb blog layout! How lengthy have you been running
    a blog for? you made blogging look easy. The entire look
    of your web site is excellent, as well as the content!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *