Kuala Kencana, Kota Kekinian di tengah Rimba Mimika Papua

Kuala Kencana, Kota Kekinian di tengah Rimba Mimika Papua

Diposting pada

Direktori Wisata – Kuala Kencana, kota kekinian di tengah-tengah rimba Mimika Papua. Kuala Kencana salah satunya area kekinian yang istimewa di Mimika, Papua.

Kuala Kencana, Kota Kekinian di tengah Rimba Mimika Papua

Kota kecil yang dikenali sebagai pusat administrasi dan permukiman karyawan PT Freeport mempunyai sarana komplet, mekanisme utilitas bawah tanah, alun-alun kota dan termasuk kota ramah pada lingkungan.

Kuala Kencana sebuah kota khusus yang disiapkan oleh Freeport untuk pegawai dan keluarganya. Kota ini mempunyai daya magnet berbentuk tehnologi yang maju dipadankan lingkungan alami dari Papua itu sendiri. Hal itu membuat demikian beberapa pengunjung ingin tahu dan ingin berkunjung tempat ini langsung.

Untuk masuk ke arah tempat ini cukup sedikit sulit. Hal itu karena tempat wisata ini cuma khusus untuk pegawai Freeport dan keluarganya. Tapi pengunjung dapat masuk tempat ini dengan mengurusi hal pemberian izin dulu ke Freeport hingga memperoleh pertanda pengenal. Pertanda pengenal itu dipakai untuk masuk kesini.

Saat telah tiba di sini, karena itu pengunjung akan dipertunjukkan tata kota yang demikian kekinian. Bangunan-bangunan didalamnya membuat tempat ini seperti pada luar negeri. Pengaturan lalu lintasinya benar-benar teratur hingga tidak terjerat macet. Beragam hal itu yang membuat Kuala Kencana memikat buat didatangi.

Daya Ambil yang Dipunyai Kuala Kencana Mimika

Daya Ambil yang Dipunyai Kuala Kencana Mimika

* Tugu Cenderawasih

Selainnya panorama alami, tempat ini mempunyai daya magnet lain berbentuk Tugu Cendrawasih. Tugu ini berada di pusat perkotaan dan dihias air mancur di sekitarnya. Kehadirannya jadi lambang iconic dari area ini. Tugu ini dibikin dengan manual oleh warga di tempat memakai tangan. Ini pasti membuat mempunyai keunikan tertentu dibanding tugu pada tempat lain.

Kehadiran Tugu Cendrawasih yang iconic pasti bisa menjadi daya magnet tertentu dari tempat ini. Pengunjung dapat menyaksikannya dan memerhatikan detil yang terdapat karena pembikinannya memakai tangan secara tradisionil. Disamping itu, pengunjung bisa juga ambil photo atau selfie berdasar tugu ini supaya memperoleh hasil yang menarik dan unik.

* Panorama Alami

Kuala Kencana mempunyai daya magnet khusus berbentuk panoramanya yang alami. Ini karena lokasinya ada di wilayah Papua yang populer akan keelokan panoramanya. Karena itu, tempat ini mempunyai panorama yang cantik dan asri. Tempat ini berada di daratan yang tidak begitu tinggi. Banyak pohon-pohonan teduh yang dapat dijumpai pada tempat ini.

Panorama alami tempat ini akan makin memikat karena dipadankan tatanan letak kota yang kekinian. Tatanan letak kota yang kekinian kelihatan dari mekanisme kelistrikan dengan mekanisme tanam. Ini membuat tempat ini tidak memerlukan tiang listrik hingga kemunculannya  lebih rapi. Disamping itu, kehadiran mekanisme ini membuat panoramanya masih tetap kelihatan alami.

* Kelengkapan Sarana

Sarana yang komplet jadi daya pikat buat tempat ini. Tempat ini mempunyai beragam sarana yang komplet dimulai dari olahraga, pusat pertokoan dan perbelanjaan, perpustakaan, perbankan, dan beragam tipe tempat tinggal . Maka, pengunjung tidak butuh cemas bila bertandang ke arah tempat ini karena beragam sarana yang diperlukan telah ada.

* Tata Tempat yang Kekinian

Tempat ini mempunyai tatanan letak yang kekinian. Ini kelihatan pada pengaturan tempat bangunan dan jalan dengan rapi dan terkonsep. Ada beberapa lokasi parkir sepeda di sepanjangnya jalan hingga membuat keadaannya benar-benar teratur rapi. Lajur orang berjalan kaki tetap disiapkan untuk yang tidak mau memakai kendaraan. Beragam hal itu jadi bukti tempat ini mempunyai tatanan letak seperti pada luar negeri.

* Bangunan dan Gedung yang Unik

Tempat ini mempunyai daya magnet berbentuk bangunan dan gedung yang unik. Bentuknya kekinian dan minimalis hingga menyamakan bentuk bangunan yang berada di Eropa. Pada tempat ini, bangunannya terbagi dalam beragam type yang dapat dijumpai. Bahkan juga, ada kompleks apartemen yang membuat tempat ini mempunyai kelengkapan dalam soal jumlah dan type tempat tinggal.

* Lingkungan Bersih

Salah satunya daya magnet tempat ini ialah lingkungannya yang bersih. Ini karena pengaturan kota yang kekinian. Disamping itu kebersihan lingkungan dijaga baik hingga tidak ada sampah yang dijumpai di tepi jalan. Kehadiran mekanisme tanam untuk sumber listriknya ikut jadi peran kebersihan lingkungan. Bahkan juga tempat ini telah mempunyai mekanisme pemrosesan air kotor supaya lingkungan tidak terkontaminasi.

Baca juga : Maros Highland, Melihat Daya tarik Tujuan Wisata Alam yang Kekinian

Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Kuala Kencana

Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Kuala Kencana

✦ Berjalan-Jalan

Selainnya santai, jalan-jalan jadi aktivitas menarik yang dapat dilaksanakan pada tempat ini. Tempat ini mempunyai tata kota yang kekinian hingga lingkungannya teratur rapi. Lantas lintasi tempat ini pun tidak terlampau ramai. Disamping itu, lajur untuk orang berjalan kaki tetap disiapkan untuk memberikan fasilitas warga atau pengunjung yang ingin jalan-jalan tanpa memakai kendaraan.

✦ Santai

Aktivitas menarik pertama yang dapat dilaksanakan di Kuala Kencana ialah santai. Tempat ini mempunyai panorama yang cantik dan udara sejuk . Maka, santai jadi aktivitas yang menggembirakan dan menarik. Pada tempat ini terdapat beragam pohon-pohonan teduh dan rumput-rumputan hijau yang sudah pasti benar-benar pas dipakai untuk santai sekalian nikmati panoramanya.

✦ Ambil Photo di Kuala Kencana

Ambil photo menjadi satu diantara aktivitas menarik yang dapat dilaksanakan pada tempat ini. Panorama yang cantik dengan tata kota kekinian pasti membuat tempat ini mempunyai bermacam spot photo menarik dan unik. Pengunjung dapat ambil photo dengan latar Tugu Cenderawasih, bangunan unik, panorama alami, atau pusat belanja yang terdapat pada tempat ini.

✦ Berkunjung Perpustakaan dan Beragam Tempat Lain

Aktivitas menarik yang lain yang dapat dilaksanakan di sini yaitu berkunjung perpustakaan. Ini pasti bagus sekali untuk pengunjung yang menyukai membaca buku. Disamping itu, pengunjung bisa juga berkunjung pusat belanja dan pertokoan yang berada di sini. Beragam barang untuk kepentingan dapat diperoleh dari tempat ini dengan gampang.

✦ Nikmati Kulineran

Nikmati bermacam kulineran menjadi satu diantara aktivitas menarik yang dapat dilaksanakan. Tempat ini mempunyai pusat belanja dengan spot khusus untuk kulineran. Disamping itu, ada pula beragam restaurant yang ada di situ. Beragam tipe sajian telah ada pada tempat itu hingga pengunjung dapat pesan seperti keinginan masing-masing.

✦ Olahraga

Olahraga jadi aktivitas menarik yang dapat dilaksanakan pada tempat ini. Terdapat beragam sarana untuk olahraga seperti lapangan golf dan basket. Yang menyukai olahraga renang, ada kolam renang dengan standard dan kualitas terbaik. Ada beragam sarana itu membuat tempat ini benar-benar pas untuk warga atau pengunjung yang ingin olahraga secara nyaman.

Baca juga : Daya tarik Danau Barong, Tujuan Wisata Alam di Kutai Barat

Alamat, Jalur Lokasi dan Ticket Masuk Kuala Kencana

Alamat, Jalur Lokasi dan Ticket Masuk Kuala Kencana

Kuala Kencana adalah sesuatu area yang termasuk di wilayah Mimika, Papua. Wilayah ini termasuk ke pengendalian Freeport Indonesia. Untuk ke arah tempat ini benar-benar gampang karena telah ada papan panduan. Walaupun demikian, upayakan mengurusi hal pemberian izin ke Freeport dulu supaya bisa masuk tempat ini secara lancar tidak ada kendala.

Untuk capai tempat ini, dari ibu-kota Kabupaten Mimika dibutuhkan jarak sekitaran 20 km. Jarak ini lumayan jauh hingga memerlukan waktu lumayan lama dan tenaga lebih buat meraihnya. Disamping itu bahan bakar yang dibutuhkan sudah pasti lumayan banyak . Maka, siapkan lebih dulu seperti keuangan, tenaga, dan bahan bakar untuk kendaraan bila ingin ke tempat ini.

Pada intinya Kuala Kencana di Mimika bukan tujuan wisata, tapi area khusus yang dibuat Freeport . Maka, untuk masuk ke arah tempat ini memerlukan hal pemberian izin lebih dulu ke Freeport. Tempat ini cuma dapat dimasuki apabila sudah mempunyai pertanda pengenal dan ijin dari Freeport . Maka, pengunjung harus mengurusi hal pemberian izin itu bila ingin masuk kesini.

Baca juga : Umbul Sidomukti, Wisata Alam Sejuk dan Mempesona di Bandungan Semarang

Bila ingin ke sini, pastikan telah bawa uang lebih. Ini untuk mengantisipasi bila sarana yang dipakai rupanya memerlukan ongkos lebih banyak dibanding prediksi. Sarana itu seperti pusat belanja dan kulineran akan membuat uang yang dikeluarkan semakin lebih besar bila pembeliannya banyak. Karena itu, targetkan dulu keuangan saat sebelum pergi ke arah tempat ini. Saksikan google maps.

Sarana Wisata yang Ada di Kuala Kencana Mimika
Sarana Wisata yang Ada di Kuala Kencana Mimika

Kuala Kencana mempunyai beragam sarana yang komplet seperti kota umumnya. Tempat ini sediakan lapangan golf, basket, dan kolam renang dengan kualitas terbaik untuk pengunjung yang suka olahraga. Disamping itu, ada sarana klinis yang membuat pengunjung nyaman saat ada di sini.

Tempat ini sediakan tempat beribadah seperti mushola dan gereja hingga mempermudah umat beragama dalam soal beribadah. Ada pusat belanja dan tempat kulineran yang membuat tempat ini makin memikat . Maka, sarana yang terdapat pada tempat ini telah komplet hingga pengunjung tidak butuh cemas bila tiba ke situ.

Baca juga : Pantai Batu Hoda, Wisata Bahari dengan Keelokan Alam Mempesona di Samosir

Tersebut beragam keterangan berkenaan daya magnet, alami, harga ticket, aktivitas, dan sarana yang berada di Kuala Kencana, Mimika. Tempat ini mempunyai design tata kota yang kekinian dan rapi hingga jadi keunikan tertentu. Design kekinian tempat ini dipadankan panorama alami dari Papua yang cantik. Hal itu membuat tempat ini bagus sekali perhatian pengunjung dari beragam tempat.[]

1 komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *