Daya tarik Pasir Timbul Pulau Siburu, Surga Bahari Terselinap Yang Eksotik

Daya tarik Pasir Timbul Pulau Siburu, Surga Bahari Terselinap Yang Eksotik

Diposting pada

Direktori Wisata – Daya tarik Pasir Timbul Pulau Siburu, surga bahari terselinap yang eksotik Daya tarik Pasir Timbul Pulau Siburu, sebuah surga bahari terselinap yang eksotik, tawarkan kekhasan tertentu dengan kehadiran pasir munculnya, menambahkan daya magnet untuk beberapa pengunjung yang ingin menelusuri keelokan alam bawah laut yang mengagumkan.

Daya tarik Pasir Timbul Pulau Siburu, Surga Bahari Terselinap Yang Eksotik

Dari jumlahnya rangkaian pulau yang berada di Kepulauan Mentawai, Pulau Siburu jadi fokus perhatian. Bukan tanpa argumen, keelokan di situ tidak bisa dilukiskan kata-kata.

Ada satu tempat wisata yang mempunyai daya tarik alam cantik dan unik, namanya Pasir Timbul Pulau Siburu. Nama itu diambil karena pasir sebagai kekhasan khusus terkadang kelihatan dan terkadang lenyap hingga dikasih istilah Muncul.

Lokasi Pulau Siburu secara geografis berada di lepas pantai Samudera Hindia dan lumayan dekat dengan Pulau Sumatra, persisnya di samping Barat. Siburu sendiri dengan bahasa di tempat bermakna lama diketemukan.

Ada dua versus tujuan dari kata itu, yang pertama ialah lama telah diketemukan tetapi tidak begitu diacuhkan. Dan yang ke-2  yaitu perlu waktu yang lama untuk temukan pulau itu.

Lepas dari makna nama yang dipakai, kenyataannya object wisata elok ini tawarkan pemandangan alam yang masih belum pasti didapat pada tempat lain.

Keseluruhannya, pulau itu dihias pohon-pohonan tinggi yang umumnya dikuasai oleh pohon kelapa. Disamping itu, ada pula semak ilalang yang menyebar nyaris di tiap titik pulau.

Daya Ambil Wisata yang Dipunyai Pasir Timbul Pulau Siburu

Daya Ambil Wisata yang Dipunyai Pasir Timbul Pulau Siburu

Harus dipahami, Pulau Siburu termasuk salah satunya pulau di Sumatera Barat yang sampai sekarang ini tidak memiliki penghuni. Dengan argumen tersebut pulau ini masih natural serta berkesan eksotik. Memiliki bentuk memanjang dengan pantai agak miring yang ada pasir putih halus sebagai hiasannya wisata pantai Mentawai. Keseluruhannya, berikut sejumlah daya magnet Pasir Timbul Pulau Siburu yang penting anda kenali!

Jernihnya Air Laut

Jernihnya Air Laut

Tidak cuma pasir sebagai argumen jumlahnya pengunjung yang tiba ke Pasir Timbul Pulau Siburu, tetapi karena airnya yang jernih. Bahkan juga karena sangat jernihnya, anda dapat menyaksikan sisi dasar laut yang ditempati oleh bebatuan dan terumbu karang. Cukup banyak ikan yang berenang disekitaran terumbu karang yang kelihatan terang.

Ada dua tipe warna air yang berada di object wisata elok ini. Air jernih yang pertama warna biru tosca, dan yang ke-2  warna biru tua. Ke-2  warna itu mengisyaratkan kedalaman air yang tidak sama, anda harus tahu akan ini. Air laut dengan biru tosca bermakna dangkal, dan untuk biru tua malah kebalikannya.

Salah Satu Pulau yang Masih Alami

Salah Satu Pulau yang Masih Alami

Tidak ada yang menempati Pulau Siburu. Ini malah jadi daya magnet tertentu karena tetap kelihatan alami tanpa ada terlibat manusia. Nyaris tidak ada bangunan di pulau itu, bahkan juga tidak ada telapak kaki yang membekas pada pasir putihnya saat sedang muncul di tempat wisata Mentawai ini.

Kekhasan Pasir Timbul Pulau Siburu

Kekhasan Pasir Timbul Pulau Siburu

Salah satunya argumen pengunjung tiba ke lokasi wisata pantai ini karena ingin menyaksikan kekhasan dari pasir putih yang terkadang ada dan terkadang tidak kelihatan.

Kekhasan itu didapatkan saat kegiatan air laut sedang naik atau turun. Bila air laut pasang, karena itu pasir itu tidak kelihatan. Kebalikannya bila air laut sedang kering, karena itu pasir perlahan-lahan ada dan memperlihatkan keelokannya.

Sinar matahari makin percantik penampilan dari pasir putih halus itu. Bagaimana tidak, saat sinar jelas terpancar, kelihatan kerlap-kerlip terpancar yang serupa dengan glitter. Peristiwa ini muncul karena kandungan garam pada air laut tetap melekat di bagian pasir.

Panorama Cantik di Sekitaran Lokasi

Panorama Cantik di Sekitaran Lokasi

Daya magnet Pasir Timbul Pulau Siburu selanjutnya dari panorama alam yang mempesona. Birunya ai laut dan pasir putih seolah bersatu dengan birunya langit saat cuaca ceria. Sepanjang mata melihat cuma kelihatan lautan lepas, adapun rangkaian pulau kelihatan kecil dan tidak demikian terang.

Disekitaran lokasi tumbuh beragam pohon dan semak ilalang yang jadikan pandangan mata selalu sejuk. Pohon kelapa yang memimpin pohon-pohonan yang berada di lokasi kelihatan makin elok saat tertiup angin. Topography yang berliku tidak teratur membuat makin cantik dan kelihatan eksotik.

Baca juga : Ngarai Sianok, Lembah Elok Dikitari Tebing Terjal di Sumatera Barat

Kegiatan Wisata yang Menarik Dilaksanakan di Pasir Timbul

Kegiatan Wisata yang Menarik Dilaksanakan di Pasir Timbul

Berkenaan kegiatan yang dapat dilaksanakan di Pasir Timbul Pulau Siburu, tentu saja tidak berbeda jauh dengan saat anda berkunjung pantai.

Ini memang pada pokoknya object wisata yang kita ulas ini kali sebuah pantai dengan kekuatan keelokannya. Untuk anda yang tidak pernah bertandang ke pantai, berikut kegiatan yang dapat dilaksanakan.

* Nikmati Keelokan Pulau Siburu

Nikmati Keelokan Pulau Siburu

Tidak ada kelirunya bila anda tiba karena ingin nikmati keelokan dari object wisata bahari ini. Lebih-lebih lagi bila beberapa hal bagus yang disaksikan dan mempersejuk pandangan.

Gabungan di antara air yang jernih, langit biru, dan pasir putih tentunya kelihatan memesona. Tak lupa hijaunya pohon yang melingkari jadikan pulau makin kelihatan cantik.

* Memancing

Memancing

Kegiatan menarik yang lain saat berkunjung Pasir Timbul Pulau Siburu yaitu memancing. Memang tidak banyak ikan besar di lokasi ini di tepian pantai.

Anda dapat temukan ikan besar saat sedikit ke tengah. Namun bila sekedar hanya ingin nikmati situasi sekalian santai, tidak ada kelirunya menambah dengan kegiatan memancing.

* Bermain Pasir

Bermain Pasir

Takut berenang karena tidak dapat atau cemas terbenam? Silakan bermain pasir yang luas menghampar di sepanjang Pasir Timbul Pulau Siburu.

Kegiatan ini umumnya jadi favorite beberapa anak dengan membuat sebuah bangunan atau sekadar menenggelamkan diri ke pasir. Tetapi karena jarang-jarang ada anak kecil yang bertandang, anda menjadi gantinya.

* Berenang

Berenang

Arus dari Pasir Timbul Pulau Siburu tidak terlampau kuat hingga pas jadi tempat untuk berenang. Kegiatan ini seakan wajib dilaksanakan saat berkunjung sebuah tempat wisata berbentuk pantai. Tentu saja berlainan saat anda berenang di kolam renang. Ada kesan sendiri yang didapat saat berenang di laut.

Ombaknya tidak besar dengan angin semilir yang tiba. Meskipun begitu, diharap masih tetap waspada karena di titik tertentu, kedalaman air laut dapat menyebabkan terbenam. Untuk yang tidak mengusai berenang, ada baiknya kalau ada di pinggiran dan tidak begitu ke tengah.

* Snorkeling

Snorkeling

Air yang jernih bukan hanya dapat dicicipi keelokannya, tetapi bisa juga dipakai untuk kegiatan snorkeling. Tidak diperlukan alat tambahan untuk menyaksikan dasar laut karena cukup terang dari kejernihan airnya. Anda perlu kacamata renang agar mata tidak perih saat menyelam.

Memperhatikan cantiknya terumbu karang dengan ikan kecil yang berenang disekelilingnya tentu saja menarik. Nyaris tidak ada bebatuan karang di Pasir Timbul Pulau Siburu, menjadi kegiatan yang anda kerjakan itu aman tanpa masalah. Kalaulah ada, ukuran tidak besar dan umumnya berada di tengah-tengah.

* Kegiatan Photografi

Kegiatan Photografi

Berpose termasuk kegiatan yang jangan ketinggal saat berlibur. Tujuan intinya untuk membaktikan peristiwa, tetapi ada pula sejumlah yang dipakai untuk content di sosial media. Selainnya photo, video pas dilaksanakan dan umumnya jadi pendamping dari photografi.

Sebagian besar titik memberi panorama cantik untuk background photo atau video. Sebutlah saja lepas pantai yang cantik dengan pemandangan air laut biru yang kadangkala terlihat ombak dari terlalu jauh.

Spot photo yang lain perlu diperhitungkan yakni pasir putih yang kadangkala membuat gradasi warna saat terjamah birunya air laut.

Baca juga : Pulau Sirandah, Pulau Cantik di Padang yang Daya tariknya Serupa Maladewa

Harga Ticket Masuk dan Jam Operasional Wisata Pasir Timbul Pulau Siburu

Harga Ticket Masuk dan Jam Operasional Wisata Pasir Timbul Pulau Siburu

Pulau Siburu tidak memiliki penghuni, maknanya tidak ada yang mengurus daerah itu, minimal sampai sekarang ini. Oleh karena itu, tidak ada ticket masuk yang berjalan saat anda ingin nikmati keelokan Pasir Timbul Pulau Siburu. Meskipun begitu, tetap diperlukan ongkos untuk datang di lokasi.

Ongkos itu tidak lain untuk perjalanan memakai kapal sebagai transportasi penyeberangan. Harga berlainan untuk tipe kapal yang anda naiki. Faktor ketidaksamaan harga bergantung dari kelas yang anda tentukan. Untuk harga yang termahal ialah kapal cepat yang cuma memerlukan waktu 3 jam.

Baca juga : Pantai Tanjung Pinggir Batam, Pantai Pasir Cokelat Pemandangan Alam Mempesona

Alamat Wisata dan Jalur Ke arah Lokasi Pasir Timbul
Alamat Wisata dan Jalur Ke arah Lokasi Pasir Timbul

Secara administratif, Pasir Timbul Pulau Siburu berada di Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Karena sebuah pulau yang berada di Samudera Hindia, menjadi anda perlu tiba ke Sipora lebih dulu agar dapat sampai ke object wisata itu.

Dari Sipora, anda harus memakai transportasi laut untuk akses penyeberangan. Ada banyak dermaga dengan kapal yang dapat mengantar anda ke pulau itu. Saksikan google maps.

Bila pergi dari Dermaga Teluk Bungus, waktu yang diperlukan sekitaran 11 jam. Dan bila anda mengawali titik pemberangkatan dari Dermaga Muaro, cuma dalam kurun waktu 3 jam telah tiba ke lokasi karena memakai kapal cepat.

Baca juga : Pantai Duta Wisata, Pantai Cantik dengan Pemandangan Alam Mempesona di Lampung

Sarana Wisata yang Ada di Pasir Timbul Pulau Siburu
Sarana Wisata yang Ada di Pasir Timbul Pulau Siburu

Tidak memiliki penghuni, tidak ada yang mengurus, ke-2  hal itu secara tidak segera jadikan sarana Pasir Timbul Pulau Siburu kurang mencukupi.

Anda tidak dapat temukan masjid atau toilet di lokasi wisata eksotik ini. Warung yang umumnya wajib ada setiap tempat wisata pun tidak dapat diketemukan. Cuma ada perahu yang mengantar anda ke tujuan.

Oleh karena itu, ada baiknya kalau anda mempersiapkan segala hal dari rumah, seperti bekal minuman dan makanan, alat pancing, dan alat untuk menyelam.

Baca juga : Bukit Sibea-Bea, Nikmati Segi Lain Keelokan Danau Toba di Samosir

Meskipun begitu, keelokan yang dijajakan Pasir Timbul Pulau Siburu tidak dapat dilihat mata sebelah dan diremehkan demikian saja karena hanya minimnya sarana yang ideal.[]

1 komentar

  1. Does your website have a contact page? I’m
    having problems locating it but, I’d like to shoot you an email.
    I’ve got some recommendations for your blog you might be interested in hearing.
    Either way, great website and I look forward to seeing
    it improve over time.b

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *