Menara Pandang Tele, Nikmati Segi Lain Keelokan Danau Toba di Samosir

Menara Pandang Tele, Nikmati Segi Lain Keelokan Danau Toba di Samosir

Diposting pada

Direktori Wisata – Menara Pandang Tele, nikmati bagian lain keelokan Danau Toba di Samosir. Menara Pandang Tele di Samosir mendatangkan pengalaman nikmati bagian lain keelokan Danau Toba sekalian menelusuri sejarah bagus yang berkaitan dengan menara itu.

Menara Pandang Tele, Nikmati Segi Lain Keelokan Danau Toba di Samosir

Spot yang paling baik untuk nikmati keelokan alam Danau Toba ialah Menara Pandang Tele. Bukan tanpa argumen, bangunan itu adalah yang tertinggi di Samosir.

Terbagi dalam 4 lantai, bangunan ini mempunyai keseluruhan ketinggian sekitaran 25 mtr.. Ketinggian itu telah lebih dari cukup dipakai untuk nikmati keelokan alam sekitaran.

Tidak cuma Danau Toba sebetulnya yang dapat disaksikan pemandangan alam dari bangunan tinggi itu. Pegunungan, rimba asri, dan bukit-bukit yang melingkari Pulau Samosir.

Pelancong yang tiba bertandang beberapa mempunyai tujuan yang masih sama. Memperoleh ketenangan dan memburu photo ialah tujuan-tujuan yang diartikan.

Ada kekhasan tertentu untuk Pulau Samosir, yaitu ada di tengah danau sama air jernih dan tenang. Di sekitarnya terdapat beragam pohon-pohonan hingga menjadikan terlihat hijau alami. Untuk object wisata di Samosir ini kali ada di atas bukit-bukit hingga jadikan udaranya sejuk dan beri kesegaran.

Daya Ambil Wisata yang Dipunyai Menara Pandang Tele Samosir

Daya Ambil Wisata yang Dipunyai Menara Pandang Tele Samosir

Object wisata yang pantas didatangi tentu saja yang memberi daya magnet, hal ini berlaku untuk Menara Pandang Tele. Mungkin beberapa ada yang memandang jika daya magnetnya cuma dari peranan. Beberapa memang betul, tetapi ada sesuatu hal yang lain harus tahu, seperti pembahasan ini.

✦ Bangunan Paling tinggi di Pulau Samosir

Bangunan Paling tinggi di Pulau Samosir

Termasuk bangunan paling tinggi di Pulau Samosir, tersebut daya magnet lain dari Menara Pandang Tele. Sebetulnya tidak begitu tinggi bila dibanding gedung yang berada di wilayah lain, cuma 25 mtr. membubung. Namun lokasi wisata ini kali berada di bukit-bukit hingga panorama alam makin terang kelihatan.

Disamping itu, tidak ada bangunan tinggi seperti hotel di lokasi rekreasi ini. Cuma ada bangunan tempat tinggal dan tempat umum yang lain yang ketinggiannya normal seperti bangunan umumnya.

Maknanya, tidak ada bangunan yang lain jadi kompetitor dalam soal kepentingan untuk menyaksikan panorama Danau Toba keseluruhannya hingga menjadikan untuk tempat paling tinggi.

✦ Empat Lantai dengan Panorama yang Berbeda

Empat Lantai dengan Panorama yang Berbeda

Ada 4 lantai yang tawarkan panorama alam yang tidak sama. Berikut sebagai kekhasan dan daya magnet dari bangunan menara ini. Dari ke-4 lantai itu, sebagai favorite ialah bangunan teratas yang diperlengkapi dinding kaca sebagai pemisah dan pengaman.

Di titik berikut anda dapat melihat keelokan Danau Toba secara detail. Di lain sisi didapat pemandangan Gunung Pusuk Buhit.

Dan di lain sisi ada panorama yang tidak kalah cantik, yaitu Air Terjun Sampuran Efrata. Landscape daratan Pulau Samosir dan persawahan hijau punya masyarakat pun tidak ketinggal dapat dilihat oleh pengunjung yang tiba di tempat wisata Samosir ini.

✦ Kekhasan Bangunan

Kekhasan Bangunan

Daya magnet selanjutnya dari kekhasan bangunan yang dari jarak jauh telah kelihatan. Bangunan dengan tinggi 25 mtr. ini mempunyai arsitektur ciri khas Rumah Padang dengan bentuk lancip pada bagian atapnya. Dikuasai warna putih pada bagian temboknya. Dan sisi lain mempunyai warna cokelat.

Tidak begitu luas memang, karena peranan intinya untuk nikmati panorama alam sekelilingnya. Dengan ketinggian 25 itu, pengunjung cuma dikasih sarana tangga agar dapat sampai ke pucuk Menara Pandang Tele.

Tetapi ada banyak sisi bangunan yang dapat dipakai untuk tempat istirahat dan untuk nikmati panorama alam yang tidak sama.

✦ Sejarah Menara Pandang Tele

Sejarah Menara Pandang Tele

Untuk masyarakat lokal tentu saja sudah tahu sejarah dibuatnya menara ini. Pas di tahun 1988, menara ini mulai dibuat dan disahkan sesudah usai oleh Bupati yang memegang waktu itu. Pulau Samosir waktu itu tetap ada dalam daerah Kabupaten Tapanuli.

Sesudah pemekaran Tapanuli Utara jadi 3 sisi, Samosir sekarang jadi pemerintah Kabupaten sendiri. Salah satunya tujuan khusus pembangunan Menara Pandang Tele memang sebagai tempat wisata. Ini dapat disaksikan dari sarana dan akses vital untuk kepentingan yang diartikan.

Baca juga : Pantai Cermin, Pantai Elok dengan Pelabuhan Batu yang Estetik di Serdang Bedagai

Kegiatan Wisata yang Menarik Dilaksanakan di Menara Pandang Tele

Kegiatan Wisata yang Menarik Dilaksanakan di Menara Pandang Tele

Object wisata cantik ini tawarkan sebagai pengamalan unik dan menarik dibanding lokasi lain. Walaupun cuma sebuah bangunan, tetapi banyak macam kegiatan yang dapat dilaksanakan. Pengunjung yang tiba umumnya lakukan beragam aktivitas ini.

* Menelusuri Kekhasan Bangunan

Menelusuri Kekhasan Bangunan

Tidak cuma keelokan alam yang dihidangkan, tetapi kekhasan dari bangunan Menara Pandang Tele sayang untuk dilewati. Anda dapat menjelejahi bangunan yang tidak demikian luas itu cuma bersama waktu beberapa saat untuk tiap lantainya. Memiliki bentuk yang kotak membuat penelusuran makin gampang.

Tidak rugi saat anda beraktivitas ini karena tiap lantainya tawarkan pemandangan yang tidak sama. Sebutlah saja di lantai dua dengan hidangan persawahan masyarakat dan rimbunnya pohon sekitaran. Dan di lantai tiga sedikit memperlihatkan daya tarik Danau Toba, tetapi cuma di sejumlah segi saja.

* Wisata Kulineran

Wisata Kulineran

Kegiatan selanjutnya yang dapat dilaksanakan saat bertandang ke Menara Pandang Tele yakni wisata kulineran. Anda dapat nikmati beragam hidangan makanan dari sarana yang disebutkan rest tempat. Bangunan ini lumayan luas, sekitaran 240 mtr. dan dapat memuat lebih dari 40 orang.

Termasuk bangunan yang unik karena sebagian besar dinding dibuat dari kaca tebal. Maksudnya ialah agar pengunjung dapat nikmati cantiknya beberapa titik Danau Toba sekalian nikmati kulineran yang dihidangkan. Beragam menu makanan ada, khususnya makanan ciri khas Batak.

* Memburu Spot Photo di Menara Pandang Tele

Memburu Spot Photo di Menara Pandang Tele

Karena wisata alam yang cantik dan komplet itu, beberapa pengunjung yang tidak ikhlas melewatinya demikian saja. Memburu spot photo kegiatan unggulan saat ada di Menara Pandang Tele. Tiap panorama dari semua segi membuat hasil photo selalu mengagumkan.

Tidak butuh pakar saat melakukan karena tiap bidikan ditegaskan memberi hasil terbaik. Sebagai anjuran, pakai camera DSL untuk hasil lebih bagus. Masalahnya jarak dari tiap-tiap daya tarik alamnya lumayan jauh bila harus ditempatkan di dalam produk digital berbentuk photo.

Salah satunya object yang terindah dan jadi sasaran pelancong ialah Danau Toba. Cuma ada banyak titik yang hasilkan bidikan photo jadi cantik. Seringkali titik itu disanggupi pelancong dengan tujuan yang masih sama, menjadi mungkin perlu berbaris.

* Nikmati Panorama Alam Sekitaran

Nikmati Panorama Alam Sekitaran

Panorama alam disekitaran Menara Pandang Tele belum pasti dapat didapat pada tempat lain. Oleh karena itu, gunakan peristiwa terbaik ini untuk menikmatinya.

Sekalian santai atau terlibat perbincangan dengan kelompok dapat dilaksanakan bersama kegiatan ini. Setiap segi memberi panorama yang tidak sama dengan pemandangan masing-masing.

Tentu saja kegiatan ini dapat dilaksanakan saat anda ada di lantai teratas. Salah satunya segi yang paling dicari pelancong yaitu yang memberi panorama Danau Toba dari seluruh penjuru. Dasi titik itu menyuguhkan daya tarik Air Terjun Sampuran Efrata dan beberapa panorama dari persawahan dan rumah masyarakat.

Sementara saat anda berubah ke samping kiri, gagahnya Gunung Pusuk Buhit kelihatan terang dan berdiri tanpa malu. Memiliki bentuk yang serupa tumpeng dengan kontur ciri khas pegunungan menjadikan makin cantik. Jarak pandangnya tidak begitu jauh, menjadi dapat disebutkan cukup terang walaupun dengan mata telanjang.

Baca juga : Bukit Sibea-Bea, Nikmati Segi Lain Keelokan Danau Toba di Samosir

Harga Ticket Masuk dan Jam Operasional Wisata Menara Pandang Tele Samosir

Harga Ticket Masuk dan Jam Operasional Wisata Menara Pandang Tele Samosir

Setelah tiba anda di lokasi, janganlah lupa mempersiapkan uang sebagai ticket masuk. Tidak ada ketidaksamaan di antara beberapa anak dan dewasa, semua pengunjung yang tiba dikenai biaya masuk sejumlah Rp 7.000. Ticket itu belum termasuk sewa tempat parkir dengan perincian sepeda motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000.

Menara Pandang Tele dibuka tiap hari pada jam 06.00 – 00.00. Meskipun begitu, beberapa pelancong mengakhiri berliburnya saat sebelum petang hari.

Ini karena tidak lagi ada panorama cantik yang dapat dicicipi, terkecuali landscape daratan Pulau Samosir yang dihias lampu pencahayaan. Waktu terbaik berkunjung object wisata ini yaitu di sore dan pagi hari.

Baca juga : The Kaldera Toba Nomadic Escape, Daya tarik Alam dan Glamping Eksklusif di Danau Toba

Alamat Wisata dan Jalur Ke arah Lokasi Menara Pandang Tele
Alamat Wisata dan Jalur Ke arah Lokasi Menara Pandang Tele

Menara Pandang Tele ada di Dusun Turpuk Limbong, Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir, Sumatra Utara. Teritori ini adalah salah satu akses jalan ke arah pulau Samosir yang dilakukan kendaraan darat. Dibutuhkan waktu sekitaran 5 jam bila anda tiba dari Kota Medan.

Untuk jalur nya dapat ambil arah Kabupaten Karo dan melalui Sidikalang. Selanjutnya meneruskan perjalanan sampai datang di Humbang Hasundutan, pastikan awalnya melalui teritori Dairi. Tidak lebih dari 10 menit, anda telah ada di tepian Pulau Samosir dengan pemandangan cantik sebagai perkataan selamat tiba. Saksikan google maps.

Agar dapat sampai ke Menara Pandang Tele dari titik paling akhir itu, diperlukan waktu lebih kurang 20 menit. Diharap waspada saat tempuh jalan ini karena banyak tikungan tajam dengan luas jalan cuma 3 mtr.. Ditambah saat musim penghujan, jalanan sebagai akses khusus itu riskan longsor.

Baca juga : Lembah Pelangi Batam, Tujuan Wisata Alam secara Berbagai ragam Sarana Menarik

Sarana Wisata yang Ada di Menara Pandang Tele Samosir
Sarana Wisata yang Ada di Menara Pandang Tele Samosir

Ketertarikan masyarakat berkunjung Menara Pandang Tele membuat faksi pengurus, yaitu dari pemerintahan sediakan beragam sarana pendukung.

Tempat parkir ialah sarana yang dapat dan jumpai, toilet untuk kepentingan bersih diri. Ada pula Masjid yang diutamakan untuk pengunjung yang ingin menjalankan beribadah wajib mereka.

Sarana lain yang dapat diketemukan yaitu ada podium setiap lantai. Anda dapat memakai sarana itu untuk istirahat sesaat atau ambil photo bila dirasakan memperoleh pojok yang akurat.

Baca juga : Pantai Marina Dumai, Daya tarik Pantai Elok dan Pemandangan Sunset yang Mempesona

Beberapa sarana Menara Pandang Tele itu ada di rest tempat, termasuk warung yang sediakan beragam menu makanan.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *