Daya tarik Gua Kristal, Surga Alam Terselinap Yang Eksotik di Kupang

Daya tarik Gua Kristal, Surga Alam Terselinap Yang Eksotik di Kupang

Diposting pada

Direktori Wisata – Daya tarik Gua Kristal, surga alam terselinap yang eksotik di Kupang. Gua Kristal pantas jadi tujuan wisata khusus saat anda ada di kepulauan Nusa Tenggara Timur, khususnya di daerah Kupang.

Daya tarik Gua Kristal, Surga Alam Terselinap Yang Eksotik di Kupang

Keelokan dan pemandangan alam yang dipunyai belum pasti didapat di wilayah lain. Bebatuan stalactite dan stalagmit yang eksotik adalah antara yang dapat anda tonton daya tariknya di tempat wisata Kupang ini.

Object wisata Kupang ini belum ramai didatangi, tetapi tiap hari ada-ada saja pelancong yang tiba. Tidak tutup kemungkinan jika yang akan datang akan makin ramai. Semuanya tidak terlepas dari kehebatan tehnologi digital yang berisi berbagai ragam photo pengunjung lebih dahulu tiba ke lokasi.

Seperti Gua Kristal umumnya, lokasi wisata ini kali juga tidak begitu luas. Cuma sekitaran 30 mtr. persegi saat anda menelusuri didalamnya. Terlihat di luar cuma seperti gumpalan batu yang tidak mempunyai daya magnet, tetapi berlainan saat anda masuk ke dalamnya. Daya tariknya yang cantik ditegaskan pengunjung kerasan lama-lama.

Daya Ambil yang Dipunyai Wisata Gua Kristal Kupang

Daya Ambil yang Dipunyai Wisata Gua Kristal Kupang

Daya magnet Gua Kristal tentu saja dari keelokan yang dipunyai. Beberapa orang mungkin memandang jika dalam gua cuma ada sebuah batu yang tersusun random proses dari pelarutan air. Rupanya bukan itu saja, ada banyak yang lain yang membuat pengunjung kagum, berikut secara lengkap.

✦ Mempunyai Ray of Light Alami yang Menarik

Mempunyai Ray of Light Alami yang Menarik

Sebelumnya pernah memakai tehnik Ray of Light untuk hasilkan photo lebih cantik? Saat ada di Gua Kristal, anda tidak butuh lakukan tehnik itu. Masalahnya ada sebuah sela di atap gua sebagai mengagumkan saat sinar matahari merayap masuk perlahan-lahan menerangi sisi dalam gua.

Bias cahaya samar-samar menyinari sedikit sisi gua hingga terlihat bayang semu. Ada banyak sisi yang tidak terserang sinaran matahari, tetapi malah tersebut yang jadikan ciri-ciri unik dan sekalian keelokan yang masih belum pasti dilihat pada tempat lain. Sayang, tidak setiap saat dijumpai panorama itu, cuma saat matahari naik sama persis di atas kepala.

✦ Kontur Ciri khas Bebatuan Gua

Kontur Ciri khas Bebatuan Gua

Seperti gua, kontur di Gua Kristal Kupang ini mempunyai keelokan sebagai daya magnet tambahannya. Batu stalaktit dan stalagmit menyebar di sejumlah titik tidak teratur yang menjadikan makin eksotik. Beberapa kembali mempunyai atap rata dengan struktur kasar dan sedikit memiliki rongga.

Batu yang terdapat pada dinding gua juga tidak lepas mengambil alih perhatian. Beberapa ada yang mencolok seakan ingin disaksikan, beberapa kembali malah sembunyi seolah malu. Gua elok ini tidak berbeda jauh dengan gua umumnya, jalanan setapak berbentuk batu kadangkala licin . Maka anda harus memastikan untuk waspada saat diperjalanan ke arah kolam.

✦ Jernihnya Air Kolam

Jernihnya Air Kolam

Tidak seluruhnya gua ada sebuah kolam didalamnya, umumnya cuma dipunyai gua yang lokasinya ada dari sisi laut. Lokasi gua elok yang berada di Kupang ini tidak jauh dari laut, persisnya di samping Dermaga Bolok. Tersebut kenapa ada sebuah kolam didalamnya yang menjadi satu diantara daya magnetnya.

Tidak terlalu berlebih rasa-rasanya bila kolam di Gua Kristal itu disebutkan mempesona. Walaupun tidak begitu lebar, cukup dengan panjang 10 mtr. dan lebar 3 mtr., tetapi kejernihan airnya tidak terpungkiri. Di satu titik warna biru ceria dan yang lain sedikit gelap hasilkan gradasi warna yang cantik.

Batu yang berada di dasar kolam terlihat terang kelihatan dan memperlihatkan keelokannya. Ketenangan air yang nyaris tidak mempunyai arus jadikan kolam ini dipakai untuk berenang oleh beberapa pelancong. Menariknya, rasa air tidak asin seperti air laut, tetapi sedikit tawar atau yang dikenali air payau.

Baca juga : Pantai Namosain, Pantai Elok dengan Bentangan Pasir Putih Mempesona di Kupang

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Wisata Gua Kristal

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Wisata Gua Kristal

Sedikit kegiatan yang dapat dilaksanakan di Gua Kristal karena pada intinya bukan tempat wisata sarana. Tetapi tidak berarti tidak ada benar-benar, sejumlah kegiatan berikut tentunya menarik dilaksanakan saat di lokasi.

* Menyelam ke Dasar Kolam

Menyelam ke Dasar Kolam

Jika berenang belum juga memberikan kepuasan, silakan coba menyelam. Tidak ada hewan laut seperti ikan kecil di kolam ini. Semua dikuasai oleh bebatuan beragam ukuran. Kejernihan air membuat semua batu dan benda apapun itu yang berada di dasar kolam terang kelihatan hingga pas jadi kegiatan menyelam.

Sayang, tidak tersedia tempat persewaan alat menyelam di Gua Kristal Kupang. Jika anda ingin beraktivitas itu, silakan membawa sendiri dari rumah. Perlu ditulis, kolam ini tersambung langsung dengan lautan yang tidak jauh dari gua . Maka kemungkinan ada antara sebagai jalan masuk air yang sejauh ini masih tidak ada yang coba menelusuriinya.

* Serunya Cliff Jumping

Serunya Cliff Jumping

Gua Kristal banyak memiliki batu beragam ukuran di tepi kolam. Selainnya jadi tempat duduk rileks, batu itu kerap dipakai untuk kegiatan cliff jumping. Benar-benar gampang meraihnya karena banyak injakan yang dapat digunakan. Namun seharusnya waspada saat melonjak, karena sisi pinggir kolam terdapat batu besar tergenang air dengan tinggi perut orang dewasa.

* Berenang Rileks di Kolam Gua Kristal

Berenang Rileks di Kolam Gua Kristal

Sesudah temukan kolam Gua Kristal, apalagi jika bukan berenang sebagai kegiatan menarik seterusnya. Kejernihan air kolam membuat siapa saja kagum dan ingin rasakan kesan berenang lebih hebat. Bebatuan di dasar kolam seakan menghipnotis dan ajak siapa pun yang menyaksikannya untuk berenang.

Rileks dan mengapung di atas jernihnya air jadi kegiatan khusus sisi pelancong yang bertandang. Untuk yang tidak dapat berenang, lebih bagus bermain air di tepian dengan batu besar sebagai injakan. Walaupun kelihatan jernih, tetapi kedalaman air capai sekitaran 8 mtr., menjadi tidak dianjurkan untuk anda yang kurang mengusai olahraga air ini.

* Memburu Spot Photo Elok

Memburu Spot Photo Elok

Berpose sefie atau swafoto ialah kegiatan yang wajib dilaksanakan sepanjang berlibur. Tidak cuma untuk mendokumentasikan peristiwa, tetapi ditampilkan di sosial media. Keadaan gua yang gelap tentu saja tidak mungkin ambil gambar dengan hasil cantik. Untuk tersebut barusan dianjurkan bawa senter saat berkunjung Gua Kristal.

Waktu photo terbaik ialah saat ada Ray of Light alami. Waktu berikut yang dinanti tiap pelancong yang bertandang. Jika anda ingin memburu spot photo dengan peristiwa sangat jarang itu, silakan tiba pada pukul 11 sampai jam 1 siang. Ketika tersebut matahari naik pas di atas kepala dan sinarnya menjalar masuk ke gua.

* Treking Hebat Ke arah Kolam

Treking Hebat Ke arah Kolam

Sesudah lakukan perjalanan lebih kurang 500 mtr., anda akan disongsong lubang yang tidak besar. Lubang itu ialah mulut gua sama ukuran 2x 1 mtr.. Tidak demikian lebar tentu saja, tetapi disini semua serunya diperjalanan diawali. Tujuan khusus pelancong yang tiba ditegaskan ingin menyaksikan keelokan kolam, namun tidak gampang menempuhnya.

Bukan lantaran lokasinya yang terlampau luas, bahkan juga dapat disebutkan 30 mtr. benar-benar sempit untuk ukuran object wisata alam. Tetapi keadaan gua yang gelap pekat jadikan pelancong kesusahan cari lokasi kolam. Untuk beberapa orang, ini jadi perjalanan yang hebat dan melawan. Kira saja jika anda mencari harta karun terselinap, begitu berbahagia nya saat anda sukses temukannya.

Baca juga : Pantai Manikin, Pantai Pasir Putih dengan View Rimba Mangrove Yang Hijau di Kupang

Harga Ticket Masuk Wisata Gua Kristal Kupang

Harga Ticket Masuk Wisata Gua Kristal Kupang

Dahulunya, pengunjung yang tiba ke Gua Kristal Kupang tidak diambil ongkos sama sekalipun. Tetapi karena makin ramai, pada akhirnya sekarang ini diatur oleh masyarakat di tempat dan mengharuskan sapa yang bertandang beli ticket masuk sejumlah 5.000 rupiah. Harga itu belum termasuk ticket parkir dengan perincian mobil 10.000 dan motor 5.000 rupiah.

Untuk anda yang tiba bertandang, upayakan bawa senter sendiri karena gua eksotik ini kurang sinar. Bila tidak, karena itu silakan sewa senter yang umumnya satu paket dengan jasa pemandu. Cukup mahal untuk ongkos persewaan senter, sekitaran 100.000 dengan durasi waktu sepanjang anda dalam gua.

Baca juga : Goa Kebon, Melihat Surga Wisata Alam Terselinap di Kulon Progo

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Wisata Gua Kristal
Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Wisata Gua Kristal

Nama Gua Kristal diambil karena jernihnya air yang seperti kristal, menjadi bukan lantaran terdapat batu kristal didalamnya. Keelokan dan keindahannya bisa anda tonton dengan ke arah Dusun Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Jaraknya tidak jauh dari pusat Kota Kupang, cuma sekitaran 20 km.

Jarak itu bisa dilakukan cuma degan waktu 30 menit, bergantung dari kecepatan kendaraan. Dasar khusus agar anda tidak kebingungan ialah Kantor Polisi Perairan (Polair) Bolok. Sesampai pada tempat parkir, anda harus lakukan perjalanan kaki dalam jarak sekitaran 500 mtr. sampai ke dalam mulut gua. Saksikan google maps.

Baca juga : Puncak Goa Loyang, Panorama Alam Fantastis di Paser

Sarana yang Ada di Teritori Harga Ticket Masuk Wisata Gua Kupang
Sarana yang Ada di Teritori Harga Ticket Masuk Wisata Gua Kupang

Dahulunya, pengunjung yang tiba ke Gua Kristal Kupang tidak diambil ongkos sama sekalipun. Tetapi karena makin ramai, pada akhirnya sekarang ini diatur oleh masyarakat di tempat dan mengharuskan sapa yang bertandang beli ticket masuk sejumlah 5.000 rupiah. Harga itu belum termasuk ticket parkir dengan perincian mobil 10.000 dan motor 5.000 rupiah.

Untuk anda yang tiba bertandang, upayakan bawa senter sendiri karena gua eksotik ini kurang sinar. Bila tidak, karena itu silakan sewa senter yang umumnya satu paket dengan jasa pemandu. Cukup mahal untuk ongkos persewaan senter, sekitaran 100.000 dengan durasi waktu sepanjang anda dalam gua.

Sarana Gua Kristal tidak terlampau komplet hanya karena diatur swadaya oleh masyarakat di tempat. Di muka mulut gua cuma terdapat satu bedeng yang dijadikan tempat mengganti baju, menjadi silakan sabar berbaris. Belum juga ada warung yang jual makanan disekitaran gua, anda dapat temukannya saat ada di lokasi parkir.

Baca juga : Goa Tolu Liang, Stalaktit & Stalagmit di Penajam Paser Utara

Kurangnya sarana tidak berarti object wisata di Kupang ini tidak pantas didatangi. Daya tarik dan eksotisme nya seakan sanggup lupakan permasalahan itu. Sebagai mengantisipasi, anda harus memastikan untuk bawa semua peralatan dan bekal dari rumah saat berkunjung Gua Kristal Kupang, khususnya untuk makanan dan senter.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *