Goa Tolu Liang, Keelokan Stalaktit dan Stalagmit Alami di Penajam Paser Utara

Goa Tolu Liang, Stalaktit & Stalagmit di Penajam Paser Utara

Diposting pada

Direktori WisataGoa Tolu Liang, keelokan stalaktit dan stalagmit alami di Penajam Paser Utara. Balikpapan sekarang ini banyak memiliki tujuan wisata yang wajib didatangi satu diantaranya ialah Goa Tolu Liang. Goa ini mempunyai daya tarik yang cantik dengan stalaktit dan stalakmit yang menghiasi pada dinding goa.

Goa Tolu Liang, Keelokan Stalaktit dan Stalagmit Alami di Penajam Paser Utara

Bila ingin ke goa penuh daya tarik ini, Anda harus ke lokasi di Dusun Labangka, Penajam Paser Utara. Goa yang berada di Balikpapan ini mempunyai daya tarik yang tidak ada duanya. Bila ke tempat wisata bahari ini, Anda akan temukan sebuah goa yang cantik dengan tangga yang dari kayu ulin.

Bila ingin liburan pada tempat wisata ini, Anda harus jalan kaki dahulu dengan telusuri rimba sepanjang lebih kurang 30 menit. Di sepanjang perjalanan kelak, Anda akan temukan keelokan rimba hujan tropis dan daratan rendah yang dilewati.

Daya Ambil yang Dipunyai Goa Tolu Liang Penajam Paser Utara

Daya Ambil yang Dipunyai Goa Tolu Liang Penajam Paser Utara

* Ada Banyak Tipe Flora dan Fauna

Beberapa pengunjung Tolu Liang bisa menyaksikan tumbuhan dan hewan yang hidup dengan damai di sini. Karena baik hewan atau tumbuhannya diproteksi agar menjaga keberlangsungan hidup dari tumbuhan dan menolong proses pengembangbiakan hewan didalamnya.

Ada beberapa tipe flora atau fauna yang dapat Anda dapatkan di sini. Untuk tipe floranya benar-benar bermacam dimulai dari Ullin, Meranti, Bangeris, Terap, Rotan, Aren, Kaeiwaya dan banyak lagi lainnya. Dan tipe fauna dalam teritori pelestarian banyak juga seperti Elang Brontok, Karangkeng Perut Putih, Srigunting, Kucing Rimba, dan banyak lagi lainnya.

* Saluran Sungainya Cukup Deras

Disamping itu, Anda pun akan temukan saluran sungai yang cukup deras. Tapi karena kejernihannya membuat beberapa orang masih tetap tenang saat telusuri gua. Umumnya pengunjung yang tiba ke arah tempat ini dapat telusuri gua dan melihat-lihat hal unik yang terdapat. Satu diantaranya ialah tangga dan jalan untuk masuk ke lokasi yang dibuat dari kayu ulin.

Sebetulnya benar-benar terang kelihatan bila Goa Tolu Liang yang sarat dengan daya tarik ini mempunyai keelokan yang susah untuk dilalaikan. Goa ini ada dalam teritori pelestarian hingga ada beberapa hal menarik lainnya yang dapat diketemukan oleh pengunjung waktu berekreasi pada tempat wisata ini.

* Keelokan Stalaktit dan Stalagmit

Apa sebagai daya magnet dari Goa Tolu Lubang? Sebetulnya bila diuraikan, ada banyak keelokan dan kekhasan yang dipunyai tempat wisata bahari ini yang membuat beberapa orang berminat untuk mendatanginya. Goa cantik ini mempunyai stalaktit dan stalagmit yang membuat ornament yang demikian cantik.

Terlihat batu-batuan di gua telah mengkristal hingga membuat goa ini terlihat kelihatan unik. Namun, aura mistik gua tetap menyelimutinya karena kehadirannya yang cukup kurang pencahayaan. Karenanya, bila ingin ke tujuan wisata ini, seharusnya mengajak dan rekan dan keluarga untuk bersama telusuri gua.

Baca juga : Daya tarik Danau Barong, Tujuan Wisata Alam Hits di Kutai Barat

Aktivitas Bagus yang Dapat Dilaksanakan di Goa Tolu Liang

Aktivitas Bagus yang Dapat Dilaksanakan di Goa Tolu Liang

Mengetes Adrenalin di Goa Tolu Liang

Kegiatan hebat seterusnya yang dapat dilaksanakan di Tolu Liang ialah mengetes adrenalin. Bila Anda pencinta penjelajahan, Goa Tolu Liang dapat dipakai untuk tempat tes adrenalin. Kerjakan aktivitas apa yang membuat Anda kerasan waktu ada di tempat ini.

Anda bisa juga lakukan pencarian goa dengan ditemani oleh petugas yang ada di lokasi wisata. Tetapi bila tidak ada petugas yang menemani upayakan tidak untuk melancong seorang diri. Karena hal tersebut akan beresiko bila masih tetap dilaksanakan.

Perdalam Pengetahuan Geologi

Disamping itu, jadikanlah perjalanan wisata Anda di Tolu Liang kelak sebagai media untuk perdalam pengetahuan geologi. Bila Anda siswa, pasti hal seperti ini penting dipahami baik. Karena pengetahuan Geologgi lumayan banyak dan beberapa dapat Anda peroleh waktu ada di lokasi wisata ini.

Anda bisa mempelajari batu-batuan yang terdapat dalam goa selanjutnya pelajarinya. Tetapi harus dikenang bila saat lakukan riset, Anda jangan sampai menghancurkannya. Apa lagi di teritori pelestarian kelak ada beberapa tumbuhan dan hewan yang diproteksi . Maka bila ingin lakukan riset seharusnya hati-hatilah.

Ambil Gambar

Beragam kegiatan dapat dilaksanakan waktu ada di lokasi wisata. Dimulai dari ambil gambar sambil nikmati panorama yang unik dari Goa Tolu Liang. Anda dapat ambil gambar stalaktit dan stalagmit dalam goa yang dikenali daya tariknya.

Bila Anda fans photo selfie, tidak ada kelirunya untuk lakukan selfie di lokasi wisata. Silakan mengambil gambar sekitar apapun itu yang Anda gemari . Maka saat sebelum ke lokasi wisata seharusnya membawa alat dokumentasi. Dengan demikian, Anda dapat memperoleh beberapa momen hebat sepanjang ada di Tolu Liang.

Baca juga : Jendela Alam Lembang, Wisata Pembelajaran dengan Daya tarik Alam Cantik Yang Asri di Bandung

Harga Ticket Masuk Wisata Alam Goa Tolu Liang Penajam Paser Utara

Harga Ticket Masuk Wisata Alam Goa Tolu Liang Penajam Paser Utara

Pengunjung yang ingin masuk ke Tolu Liang pasti harus ke teritori pelestarian. Gua pembelajaran dan pelestarian ini tidak membebankan ongkos yang lumayan mahal untuk beberapa pengunjung yang tiba . Maka Anda tidak harus mengeluarkan kantong yang lebih besar bila ingin masuk ke lokasi wisata.

Namun, walau harga ticket masuknya murah, tapi agar dapat ke gua harus tempuh perjalanan yang lumayan jauh. Anda pun harus memperoleh ijin dahulu dari faksi kantor. Karena bila tidak memperoleh ijin, beberapa pengunjung harus pulang. Ini karena Goa Tolu Liang ada dalam teritori pelestarian yang tidak dapat didatangi demikian saja.

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Goa Tolu Liang
Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Goa Tolu Liang

Goa Tolu Liang ada di Api Api atau persisnya 21,75 km dari Penajam Paser Utara. Dan dari Kota Kembali Papan mempunyai jarak lebih kurang 50,98%. Goa ini tetap ada dalam teritori pelestarian PT. Sukses Tani Nusasubur yang tempatnya di Dusun Labangka, Kecamatan Waru, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Untuk yang ingin ke Tolu Lubang seharusnya pakailah transportasi darat seperti motor atau mobil. Karena bila bawa kendaraan individu kelihatannya mobilisasi akan  lebih gampang. Tetapi saat sebelum pergi kelak seharusnya kenali agenda yang pas agar Anda dapat masuk dan melihat-lihat kondisi dalam gua.

Untuk beberapa pengunjung baru goa ini, upayakan untuk minta pengiringan dengan petugas sekitaran di saat telusuri gua. Karena ada beberapa binatang yang lumayan beresiko di sini. Lihat google maps.

Sarana Wisata yang Ada Goa Tolu Liang Penajam Paser Utara
Sarana Wisata yang Ada Goa Tolu Liang Penajam Paser Utara

Pengunjung yang ingin masuk ke Tolu Liang pasti harus ke teritori pelestarian. Gua pembelajaran dan pelestarian ini tidak membebankan ongkos yang lumayan mahal untuk beberapa pengunjung yang tiba . Maka Anda tidak harus mengeluarkan kantong yang lebih besar bila ingin masuk ke lokasi wisata.

Namun, walau harga ticket masuknya murah, tapi agar dapat ke gua harus tempuh perjalanan yang lumayan jauh. Anda pun harus memperoleh ijin dahulu dari faksi kantor. Karena bila tidak memperoleh ijin, beberapa pengunjung harus pulang. Ini karena Goa Tolu Lubang ada dalam teritori pelestarian yang tidak dapat didatangi demikian saja.

Bermacam sarana dapat Anda dapatkan waktu ada di lokasi wisata. Misalkan saja kamar mandi . Maka jika pengunjung ingin membuang air kecil dan besar tidak butuh cemas karena telah disiapkan kamar mandi di dekat lokasi tempat wisata.

Disamping itu, bila ingin membutuhkan sarana pencahayaan, minta ke petugas yang mengantisipasi di lokasi wisata. Karena Tolu Lubang tidak mempunyai pencahayaan yang cukup. Karena itu Anda pasti memerlukan sarana pencahayaan agar bisa nikmati keelokan alam yang terdapat.

Sarana ke-3  ialah warung makan. , bila Anda lapar dapat cari tempat makan secara langsung di dekat lokasi wisata. Tetapi bila ingin semakin aman seharusnya membawa makanan dari rumah. Karena lokasi wisata kelak lumayan jauh dari pusat keramaian.

Baca juga : Goa Garunggang, Goa Alami Terselinap Yang Eksotik di Bogor

Goa Tolu Lubang menjadi satu diantara tujuan wisata pembelajaran dan pelestarian terbaik pada tahun ini. Anda dapat membawa serta keluarga untuk liburan pada tempat ini. Pada harga yang murah, ada beberapa hal hebat dapat Anda peroleh.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *