Pantai Manikin, Pantai Pasir Putih dengan View Rimba Mangrove Yang Hijau di Kupang

Pantai Manikin, Pantai Pasir Putih dengan View Rimba Mangrove Yang Hijau di Kupang

Diposting pada

Direktori Wisata – Pantai Manikin, pantai pasir putih dengan view rimba mangrove yang hijau di Kupang. Pantai Manikin adalah pantai yang berada di Kupang, Nusa Tenggara Timur, dengan semua keelokan yang dipunyai.

Pantai Manikin, Pantai Pasir Putih dengan View Rimba Mangrove Yang Hijau di Kupang

Pantai Manikin ini populer akan alamnya yang asli dan belum kebanyakan terusik oleh kegiatan manusia. Ada bentangan pasir putih yang luas, air laut yang jernih dengan warna biru kehijauan, dan batu-batuan karang yang menambahkan keelokan alamnya.

Disamping itu, disekitaran Pantai Manikin ada rimba mangrove yang alami. Masyarakat di tempat ditolong instansi warga menanam beragam tipe pohon untuk menambahkan daya tariknya. Pohon yang tumbuh subur di pinggir pantai ini bukan hanya meredam abrasi, tetapi membuat tempat disekelilingnya teduh dan mempersejuk.

Ombaknya yang relatif tenang membuat pantai elok ini ditempati beragam tipe ikan dan biota laut. Pemandangan nya makin eksotik saat bebatuan karang menyebar rata di bibir pantai. Bebatuan ini jadi tempat hidup, cari makan, dan berlindung untuk biota laut kecil. Ada beberapa kegiatan yang dapa dilaksanakan di Pantai Manikin, mulai santai, telusuri pantai, atau bermain pasir.

Daya Ambil yang Dipunyai Wisata Pantai Manikin Kupang

Daya Ambil yang Dipunyai Wisata Pantai Manikin Kupang

Daya magnet Pantai Manikin umumnya sama dengan pantai umumnya, yaitu mempunyai panorama yang cantik dan nyaris prima. Perbedaannya, ada sesuatu hal yang lain jadi daya pikat untuk pelancong. Secara lengkap, kami sudah meringkas beberapa point berikut ini.

* Bentangan Pasir Putih Luas

Bentangan Pasir Putih Luas

Seperti pantai eksotik di Kupang umumnya, di sini ada bentangan pasir putih yang luas. Watak pantai ini agak miring, di semua bibirnya disanggupi pasir yang teksturnya halus. Menariknya, ada pasir ini bersatu dengan batu koral yang cukup besar. Banyak pelancong yang jalan di atas nya dengan tujuan agar peredaran darah makin lancar.

Pantai Manikin Kupang mempunyai kekhasan yang tidak dipunyai pantai lain walau tempatnya bersisihan. Kekhasan yang diartikan yaitu ada batu akik yang menyebar di sepanjang garis pantai. Batu akik ini bersatu dengan pasir dan batu koral hingga memberi situasi pinggir pantai yang demikian ramai.

* Tempat Hidup Biota Laut

Tempat Hidup Biota Laut

Daya magnet seterusnya yang membuat pantai elok ini makin memikat didatangi yaitu untuk tempat hidup beragam biota laut. Airnya yang jernih membuat berbagai ragam binatang air asin gampang dijumpai. Umumnya mereka sembunyi antara celah batu-batuan untuk cari makan. Sejumlah hewan yang diartikan yaitu bulu babi, udang, dan ikan kecil.

Jika anda untung, Pantai Manikin seringkali didatangi mamalia air yang dikenali sebagai paus. Walau tidak tiap hari dijumpai, tetapi kehadiran hewan besar ini jadi daya magnet tambahan untuk pelancong. Tidak beresiko tentu saja, karena ikan paus cuma makan ikan kecil dan malah menghindar dari contact sama manusia.

* Panorama Pantai Manikin yang Cantik

Panorama Pantai Manikin yang Cantik

Panorama alam cantik jadi daya magnet khusus dari pantai di Kupang ini. Daya tarik yang cantik ini didapat dari bukit-bukit yang kelihatan demikian eksotik, walau jaraknya benar-benar jauh. Walau terlihat kabur, tetapi warna hijau jejeran bukit ini cukup terang kelihatan. Belum juga kontur atau memiliki bentuk yang unik, pemandangan alam makin kelihatan prima.

Ombak Pantai Manikin tidak besar hingga dikenali ramah untuk beberapa pelancong. Hadirnya ombak juga tidak demikian kerap, cuma berbentuk gulungan kecil yang berlomba ke pinggir pantai. Air lautnya biru dan cukup jernih, saat cuaca ceria memantulkan awan di langit yang menjadikan terlihat demikian memesona.

* Rimba Mangrove yang Hijau

Rimba Mangrove yang Hijau

Bukan hanya panorama cantik dari bukit-bukit, air biru, dan ombak yang berkejaran di pinggir pantai. Disamping itu, anda juga memperoleh panorama hijau dari ada rimba mangrove yang tidak jauh dari bibir pantai. Rimba ini menyengaja ditanamkan oleh masyarakat sekitaran ditolong instansi warga dengan tujuan meredam abrasi.

Ada rimba mangrove di Pantai Manikin memberi situasi demikian sejuk, tidak sama pantai ada biasanya yang berkesan kering. Tanaman yang lain diketemukan di sepanjang pinggir pantai salah satunya yaitu pohon palem, kayu ulin, pohon asam, dan pohon turi. Semua tumbuhan ini memberi kesan-kesan pantai yang hijau dan demikian asri.

Baca juga : Pulau Kalong, Daya tarik Pantai Eksotik dan Spot Diving Terbaik di Labuan Bajo

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Wisata Pantai Manikin

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Wisata Pantai Manikin

Berkunjung Pantai Manikin bukan hanya menarik karena mempunyai beragam daya magnet yang diulas di atas. Disamping itu, anda juga dapat lakukan banyak aktivitas di sini. Tidak harus terkait sama air, ada kegiatan yang lain pas dilaksanakan dan ditanggung hebat.

✦ Santai di Pinggir Pantai

Santai di Pinggir Pantai

Walau jarang-jarang ombak besar tiba, tetapi sayang Pantai Manikin tidak pas jadi kegiatan berenang. Sebagai penggantinya, anda dapat santai di pinggir pantai sekalian nikmati panorama cantik disekitaran pantai. Ada beberapa pemandangan alam yang bisa dilihat di sini, salah satunya yaitu air laut biru, jejeran bukit eksotik, pohon hijau yang berjejer rapi.

✦ Jalanan di Sepanjang Garis Pantai

Jalanan di Sepanjang Garis Pantai

Hal pertama kali yang wajib anda kerjakan saat ada di pantai cantik ini ialah jalanan di sepanjang garis pantai. Bukan tanpa ada alasan mengapa kami referensikan kegiatan ini, karena ditanggung benar-benar hebat. Apalagi saat ombak tiba dari tengah, anda juga memperoleh kesan yang tidak biasa seakan dikejar gulungan ombak.

✦ Memburu Spot Photo

Memburu Spot Photo

Kurang komplet rasanya jika anda tidak beraktivitas photografi sepanjang berlibur. Lebih-lebih lagi bila anda bertandang di rekreasi yang tawarkan banyak daya tarik alam. Sejumlah spot yang pas untuk menghias background photo yakni bentang laut luas dengan airnya yang biru. Disamping itu, anda dapat memakai rimba mangrove untuk memperoleh latar belakang hijau alami.

Baca juga : Pantai Batu Payung, Pantai Elok dengan Spot Photo Menarik di Lombok

Harga Ticket Masuk dan Jam Operasional Wisata Pantai Manikin Kupang

Harga Ticket Masuk dan Jam Operasional Wisata Pantai Manikin Kupang

Pantai Manikin diatur baik walau sekarang ini tidak begitu penuh oleh pengunjung. Jika anda ingin ke arah tempat rekreasi ini, janganlah lupa mempersiapkan uang untuk ticket masuk. Tidak begitu mahal bila dibanding daya tarik dan apakah yang anda peroleh nanti. Seseorang pengunjung cuma dikenai ongkos sejumlah 15.000 rupiah.

Tambahan ongkos dibutuhkan jika anda tiba bawa kendaraan individu, baik sepeda motor atau mobil. Bila anda bawa sepeda motor, dana tambahan yang diperlukan cuma 3.000 rupiah. Sedikit tambah mahal saat anda bawa mobil, retribusi parkir yang berjalan sejumlah 5.000 rupiah.

Baca juga : Bontang Mangrove Park, Tujuan Wisata Pembelajaran di Kalimantan Timur

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Wisata Pantai Manikin
Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Wisata Pantai Manikin

Rekreasi pantai di Kupang ini lokasinya benar-benar vital karena tidak jauh dari pusat perkotaan. Hal ini menjadi satu diantara argumen mengapa anda sebagai pelancong harus singgah. Secara administratif, alamatnya ada di Dusun Tarus, Kecamatan Kupang tengah, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Jarak Pantai Manikin dengan pusat Kupang diprediksi cuma 15 km, anda juga bisa menempuhnya bersama waktu sekitaran 30 menit. Tempat sama persis nya tidak jauh dari Pantai Lasiana yang populer di Kupang, menjadi anda dapat ke arah yang masih sama. Jika anda tiba dari pusat perkotaan, silakan ambil arah ke Jalan WJ Lalamentik lebih dulu.Saksikan google maps.

Dari titik ini, silakan ke arah Jalan Frans Seda, lantas ke Jalan Piet A Tallo. Ikuti sepanjang jalur ini sampai anda datang di Jalan Prof Dr Herman Johanes. Silakan memakai terminal Type A Bimoku sebagai dasar selanjutnya. Sekitaran 300 mtr. dari terminal ini, belok ke kanan jika temukan pertigaan dan ikutinya papan panduan yang ada.

Baca juga : Pantai Malalayang, Tujuan Wisata Pantai Favorite di Kota Manado

Sarana yang Ada di Wisata Pantai Manikin Kupang
Sarana yang Ada di Wisata Pantai Manikin Kupang

Sarana di Pantai Manikin lumayan komplet, walau beberapa berkesan apa yang ada. Tempat parkir cukup luas, keadaannya juga teduh karena diperlengkapi atap. Ada warung makan yang sediakan beragam menu lokal, tentu saja diperlengkapi minuman ciri khas pantai. Sarana yang lain diketemukan yaitu toilet, tempat sampah, dan tempat istirahat yang diperlengkapi kursi.

Baca juga : Sunset Hills Malino, Habiskan Malam di Gowa dengan Nyaman dan Tenang

Keelokan alam yang mempesona dan beragam kegiatan yang bisa dilaksanakan membuat rekreasi pantai ini pantas didatangi. Tetapi janganlah lupa untuk selalu jaga kebersihan sepanjang bertandang ke Pantai Manikin. Ini diperuntukkan untuk saat mendatang, di mana anak cucu kita nanti memperoleh keelokan yang masih sama.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *