Wat Traimit Withayaram, Rumah Untuk Patung Buddha Emas Paling besar di Dunia

Wat Traimit Withayaram, Rumah Untuk Patung Buddha Emas Paling besar di Dunia

Diposting pada

Direktori Wisata – Wat Traimit Withayaram, rumah untuk patung Buddha emas paling besar di dunia. Wat Traimit Withayaram, yang berada di Bangkok, ialah rumah untuk Patung Buddha Emas paling besar di dunia, adalah lambang dari peninggalan budaya dan kekayaan religius Thailand.

Wat Traimit Withayaram, Rumah Untuk Patung Buddha Emas Paling besar di Dunia

Mencari tempat tujuan yang memikat di Thailand? Wat Traimit Withayaram jawabnya di mana anda akan menemui Patung Emas Buddha. Bukan sembarangan Buddha, patung ini telah dikenali sebagai Patung Buddha paling besar yang dibuat dari emas. Tidaklah aneh bila beberapa pengunjung yang tidak sabar melihat keelokannya.

Aktivitas berlibur di Thailand akan makin hebat bila dilaksanakan pelajari budaya Thailand dan agama Buddha. Tetapi, saat sebelum mendatanginya, anda harus memastikan untuk kenakan pakaian baik dan santun. Untuk ketahui apa beberapa hal menarik dari patung emas paling besar di Wat Traimit Withayaram, baca keterangan berikut ini.

Mengenai Patung Golden Buddha

Mengenai Patung Golden Buddha

Golden Buddha sekarang dengan cara resmi sudah ganti nama jadi Phra Phuttha Maha Suwanna Patimakon. Di Thailand, pantung ini dikenali sebagai Phra Sukhothai Traimit. Buddha ini dibuat dari emas secara berat 5.5 ton atau 5.500 kg. Berdasar sejarahnya, patung ini diketemukan keadaan tertutup dengan susunan plesteran dan kaca warna untuk sembunyikan nilai sebetulnya.

Disamping itu, patung ini tetap pada keadaan ini sepanjang nyaris 200 tahun. Tetapi, usai sebagai pagoda. Saat patung direlokasi di tahun 1955, plesternya jadi terkupas dan emasnya kelihatan. Benar-benar bagus sekali asal mula ditemukan Golden Buddha ini.

Daya Ambil Wisata yang Dipunyai Wat Traimit Withayaram Bangkok

Daya Ambil Wisata yang Dipunyai Wat Traimit Withayaram Bangkok
  • Sebagai wakil Gaya Bhumisparsha Mudra

Menariknya, Patung Buddha memvisualisasikan gaya tradisionil Bhumisparsa Mudra yang sentuh bumi dengan tangan kanan. Ini dilaksanakan untuk melihat pencerahan dari Si Buddha yang ada di Bodh Daya dan kemenangannya pada Mara. Patung asli Sukhothai duduk di atas alas umumnya.

Api berpijar yang memahkotai ushnisa adalah invoasi Sukhothai yang menyimbolkan keelokan energi religius. Lantas, garis tata rambut yang membuat huruf V pada akar rambutnya ditonjolkan oleh lekukan alis yang bersatu di atas hidung. Tiga keriput di leher, cupin telinganya yang memanjang, dada membusung dan pundak lebar adalah pertanda statusnya saat sebelum jadi pengeran.

  • Terbagi dalam 9 Sisi

Patung buddha ini mempunyai tinggi sampai 3 mtr. dan berat 5,5 ton. Tetapi, ada yang menjelaskan jika patung ini mempunyai ketinggian 3,91 mtr. dari bawah ke atas dan lebar 3,10 mtr. dari lutut ke lutut. Menariknya, patung ini dapat dibedah sampai jadi 9 sisi.

  • Harga yang Fenomenal

Bila harga per troy ons nya sejumlah Rp 21. 520.000, bisa diprediksi jika harga emas patung itu dapat capai Rp 3.841.750.000. Ini karena tubuh patungnya mempunyai 40% emas murni, volume emas dari dagu sampai dahi 80% dan rambut dan jambul seberat 45 kg adalah 99% emas murni.

  • Asal Patung yang Belum Ditegaskan
Asal Patung yang Belum Ditegaskan

Menariknya, asal mula pembikinan patung ini masih belum sempat diyakinkan kebenarannya. Patung ini dibuat di periode Dinasti Sukhothai di antara era ke-13 sampai ke-14 atau sekitaran waktu itu. kepala patungnya seperti telur seolah-olah memvisualisasikan seni Sukhothai yang terpengaruhi India.

Figur besi dari Buddha yang dibikin di India biasa diaplikasikan di beberapa negara. Sesaat, patung diprediksi sebelumnya pernah dipindahkan dari Sukhothai ke Ayutthaya sekitaran tahun 1403. Sejumlah pakar sarjana yakini jika patung itu sebelumnya pernah disebut di Ram Khamhaeng stele.

Kabarnya, patung itu pada akhirnya diplester untuk menghindar dari ada perampokan saat dipindahkan. Sesudah Bangkok jadi ibu-kota baru, patung dipindahkan kembali ke Wat Chotanaram, Bangkok. Patung Buddha emas dipindahkan derek hingga mengakibatkan patung jatuh dan masuk ke lumpur.

Karena susunan plesternya terkupas, nilai jati dirinya juga pada akhirnya tersingkap jika patung ini dibuat dari emas. Di tahun 2008, Phra Maha Mondop atau sebuah bangunan tingkat tiga dibuat untuk memuat patung Buddha emas itu. Sampai sekarang, patung itu dapat didatangi siapa saja.

Baca juga : Wat Arun, Daya tarik Candi Buddha dengan Style Arsitektur Istimewa di Thailand

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Wisata Wat Traimit Withayaram

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Wisata Wat Traimit Withayaram

Melihat Keelokan Wat Traimit Withayaram

Tidak komplet rasanya berkunjung Wat Traimit Withayaram tanpe nikmati keelokannya. Di sini, anda dapat menyempatkan diri sesaat untuk menyaksikan keelokan tiap arsitektur bangunan, Buddha Emas, miniatur dan beberapa hal menarik yang lain yang gampang dijumpai di sepanjang perjalanan demikian memasukinya.

Melahap Jajan Lokal

Sesudah lakukan beragam aktivitas hebat, anda tentunya perlu energi. Anda dapat isi perut kosong dengan jajan lokal disekitaran rekreasi menarik ini. Ada beragam penjual makanan yang menawarkan jajan lokal di jalanan dekat Wat Traimit Withayaram. Anda juga dapat pilih salah satunya yang sesuai selera lidah anda di tempat wisata Bangkok ini.

Masuk Tempat Beribadah

Masuk Tempat Beribadah

Perlu ditulis jika saat sebelum pergi, anda harus memastikan untuk menggunakan alas kaki yang gampang dilepaskan dan digunakan. Karena, anda akan kerap buka sepatu demikian masuk ruangan ibadahnya di mana jangan asal-asalan. Kebersihan dan kesuciannya wajib dijaga bersama-sama.

Di Wat Traimit Withayaram, anda akan hadapi ruangan beribadah yang tidak begitu luas. Namun, panorama cantik akan terpajang terang demikian anda mendangakkan kepala sekalian melihat langit-langitnya. Ada warna kuning emas dipadankan nuansa coklat yang cantik percantik hiasan pada tiap bagiannya. Tidaklah aneh bila detil ornamen uniknya memperjelas kesan-kesan eksklusif.

Berpose Sepuas hati

Berpose Sepuas hati

Pasti, rasanya tidak komplet bila berlibur dilaksanakan tanpa berpose bersama-sama. Tidak butuh cemas karena anda dapat berpose bersama beragam patung Buddha sepuas hati di sini. Ada beberapa spot photo bagus yang bisa dijadikan background atau object photo anda. Oleh karena itu, cukup banyak photografer yang habiskan waktunya di tempat wisata Bangkok ini.

Baca juga : Chillva Market Phuket, Nikmati Kulineran Ciri khas Thailand dengan Mini Green Garden yang Asri

Harga Ticket Masuk dan Jam Operasional Wisata Wat Traimit Withayaram Bangkok
Harga Ticket Masuk dan Jam Operasional Wisata Wat Traimit Withayaram Bangkok

Melihat keelokan Patung Buddha Emas Raksasa tidak butuh kuras dompet. Harga ticket masuk Wat Traimit Withayaram yaitu 100 Baht tiap orang untuk masuk museumnya. Untuk melihat Buddha, anda perlu keluarkan dana sejumlah 40 Baht saja. Tujuan wisata ini membuka tiap hari start pukul 08.00-17.00. Di hari Selasa-Minggu, museumnya membuka dari 08.00-17.00 dan tutup pada hari Senin.

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Wisata Wat Traimit Withayaram

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Wisata Wat Traimit Withayaram

Wat Traimit Withayaram ada di Thanon Mittraphap Thai-China atau sisi timur Thanon Yaowarat di Chinatown, Thailand. Akses ke arah rekreasi juga gampang karena anda dapat memakai beragam tipe kendaraan. Anda juga bisa juga mendatanginya memakai kendaraan individu baik motor atau mobil. Tetapi, bila lokasinya dekat, anda dapat pilih jalan kaki.

Selainnya kendaraan individu, anda bisa juga manfaatkan service kendaraan umum, seperti MRT Subway, tuk tuk atau taxi. Tetapi, di tempat ini, tidak ada stasiun kereta BTS Skytrain. Dengan MRT Subway, anda dapat naik dari The Blue Line dan turun di stasiun Hua Lamphong. Disini, anda dapat jalan kaki ke arah wisata cuma dalam beberapa saat. Saksikan google maps.

Sarana yang Ada di Teritori Wisata Wat Traimit Withayaram Bangkok
Sarana yang Ada di Teritori Wisata Wat Traimit Withayaram Bangkok

Bicara masalah sarana, Wat Traimit Withayaram pasti tidak butuh disangsikan kembali. Karena, faksi pengurusnya sediakan beragam fasilitas dan prasarana untuk mendukung keperluan pengunjung. Satu diantaranya yaitu toilet yang bersih dan gampang dijumpai pada tempat wisata hingga anda tidak butuh ketidaktahuan kembali menelusurinya.

Baca juga : Taman Neraka Haw Par Villa di Singapore

Tersebut keterangan berkenaan Wat Traimit yang terpenting didalami saat sebelum mendatanginya. Informasi di atas dapat dipakai sebagai pembekalan anda pelajari lebih dalam berkenaan tujuan wisata di Thailand itu. Dapat diambil kesimpulan jika Wat Traimit Withayaram adalah rumah dari Patung Buddha Emas.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *