Wat Chalong, Melihat Daya tarik Permata Religius Thailand Berbentuk Patung Buddha Berlapis Emas

Wat Chalong, Melihat Daya tarik Permata Religius Thailand Berbentuk Patung Buddha Berlapis Emas

Diposting pada

Direktori Wisata – Wat Chalong, melihat daya tarik permata religius Thailand berbentuk patung Buddha berlapis emas. Datangi Wat Chalong di Thailand yang simpan permata religius berbentuk patung Buddha berlapis emas yang menarik dan bangunan dengan arsitektur menakjubkan.

Wat Chalong, Melihat Daya tarik Permata Religius Thailand Berbentuk Patung Buddha Berlapis Emas

Phuket populer sebagai tujuan wisata kelas atas di Thailand. Kawasannya simpan jejeran pantai cantik, pasar malam, cafe dan restaurant, sampai beragam lokasi hiburan. Apalagi ada Bandar Udara Internasional Phuket pada bagian utara pulau yang memudahkan pelancong luar negeri untuk bertandang.

Waktu liburan ke Phuket, Wat Chalong jadi tujuan yang jangan anda terlewat. Karena kuil Buddha paling besar di pulau ini punyai peranan penting pada sejarah Phuket tersebut. Hingga anda dapat belajar semakin banyak mengenai sejarah agama Buddha di Phuket sampai langkah hidup di tempat. Tertarik ? Yok lihat lebih dulu sekitar infonya.

Sejarah Wat Chalong Thailand

Sejarah Wat Chalong Thailand

Di wilayah Phuket ada sekitaran 29 wat atau kuil menyebar dan jadi saksi bisu dari perubahan teritori itu. Wat Chalong atau dikenali sebagai Wat Chaiyatharam adalah yang paling besar. Telah dibuat semenjak tahun 1837, warga di tempat hampir tiap hari sepanjang beratus-ratus tahun tiba untuk berdoa.

Bahkan juga salah satunya kepala kuil, yaitu Senggang Por Chaem, diberitakan mempunyai peranan penting untuk Phuket. Karena selama saat pertambangan timah, dia gerakkan masyarakat untuk menantang warga rahasia China (Ang-Yi). Di daerah kuil, ada tempat khusus untuk simpan relik-relik Buddha.

Warga juga yakin jika candi sering banyak fenomena. Tidaklah aneh bila beberapa orang yang tiba untuk berdoa sehari-harinya. Pengunjung tidak cuma dari warga lokal, tetapi banyak juga wisatawan luar negeri yang tiba sepanjang berlibur mereka untuk belajar mengenai agama Buddha orang Thailand.

Baca juga : Wat Arun, Daya tarik Candi Buddha dengan Style Arsitektur Istimewa di Thailand

Daya Ambil Wisata yang Dipunyai Wat Chalong Thailand

Daya Ambil Wisata yang Dipunyai Wat Chalong Thailand

✦ Patung Buddha Berlapis Emas

Beberapa masyarakat yang tiba ke kuil khusus umumnya menyembahkan bunga teratai ke patung Buddha untuk cari karunia. Disamping itu mereka akan tempelkan kertas-kertas emas ke patung hingga patung Buddha jadi berlapis emas. Selainnya patung Buddha berlapis emas, ada pula patung Senggang Poh Chuang dan Senggang Poh Gleum yang disebut kepala biara kuil.

Saat anda melihat-lihat di bangunan khusus yang terdapat patungnya ini, anda tentu bisa temukan pengunjung yang lain lakukan beragam ritus. Seperti menyembahkan lilin, melempar Ciamsi atau Siem-Si yang disebut stik ramalan nasib, dan ada banyak yang lain.

✦ Ornament yang Cantik

Ornament yang Cantik

Selainnya tampilkan bangunan dengan susunan yang menakjubkan, Wat Chalong di Thailand ini dihias oleh ornament yang cantik pada dinding dan langit-langitnya. Bermacam lukisan yang memvisualisasikan peristiwa penting perjalanan kehidupan Buddha dapat anda tonton di situ. Terutama di The Grand Pagoda dengan topik cerita hidup Buddha.

Waktu ada di tempat itu, tidak butuh cemas jika dengar ledakan petasan yang keras. Karena kadang-kadang petasan akan kedengar dari tempat seperti oven yang ada tidak jauh dari The Grand Pagoda. Masyarakat sekitaran lakukan rutinitas itu sebagai bentuk rasa terima kasih atas permintaan mereka yang diwujudkan.

✦ Bangunan dengan Susunan Menakjubkan

Bangunan dengan Susunan Menakjubkan

Wat Chalong Thailand adalah kompleks kuil dengan beberapa bangunan yang mempunyai susunan menakjubkan. Di situ ada candi atau stupa dengan tinggi 60 mtr. yang dibuat membuat perlindungan sisi tulang Buddha. Sepotong tulang itu dibawa dari Sri Lanka, selanjutnya diselenggarakan upacara kehormatan yang dipegang oleh Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn untuk menyimpan.

Stupa di tempat kuil ini jadi area untuk menyimpan beragam barang warisan jasa si Buddha. Ada tiga lantai yang bisa anda telusuri di situ untuk menyaksikan semua stupa itu. Dari lantai tiga, panorama kompleks Wat Chaiyatharam akan kelihatan lebih terang hingga janganlah lupa untuk nikmati keelokan susunannya di atas.

Baca juga : Wat Traimit Withayaram, Rumah Untuk Patung Buddha Emas Paling besar di Dunia

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Wisata Wat Chalong

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Wisata Wat Chalong
  • Memburu Photo

Dengan semua keelokan kuil di muka mata, pasti kurang afdol rasa-rasanya bila tidak sekalian memburu photo. Anda dapat kumpulkan banyak photo berlibur estetik waktu bertandang kesini. Tetapi harus dipahami jika bagian-bagian dari kuil dilarang dipotret, seperti bangunan tempat simpan mayat karena adalah bangunan keramat.

  • Menelusuri Kompleks Kuil
Menelusuri Kompleks Kuil

Banyak memiliki bangunan dengan susunan yang menakjubkan, pasti anda wajib menelusuri kompleks Wat Chalong Thailand ini. Apalagi sejumlah bangunan bisa dimasuki oleh pengunjung umum, menjadi janganlah sampai melewati kesempatan kali ini. Saat masuk ruangan ceramah dan candi, anda harus memastikan untuk melepas alas kaki.

Jadi seharusnya tidak menggunakan sepatu mahal untuk mengantisipasi jika seseorang salah ambilnya. Disamping itu anda harus memastikan untuk kenakan pakaian yang santun waktu masuk kompleks Wat Chalong. Ini dilaksanakan untuk menghargai beberapa orang yang sembahyang di situ.

  • Menyaksikan Bangunan Wat Chalong dari Ketinggian
Menyaksikan Bangunan Wat Chalong dari Ketinggian

Bangunan kuil Buddha paling besar ini akan terlihat makin cantik dan terang jika disaksikan di atas ketinggian . Maka janganlah lupa untuk naik sampai lantai paling tinggi di lantai tiga untuk melihat panorama itu. Saat naik ke arah lantai tiga, anda juga dapat sekalian menelusuri semua stupa sampai menyaksikan langit-langit dengan lukisan fresko yang bercerita cerita si Buddha.

Waktu terbaik untuk bertandang ialah saat Imlek, karena umumnya ada Festival Wat Chalong yang diadakan. Festival diadakan sepanjang delapan hari beruntun dan tawarkan situasi yang semarak. Hingga kompleks kuil akan makin elok pada peristiwa itu di wisata Thailand ini.

Baca juga : Phuket 3D Museum, Museum Kekinian dengan Koleksi Lukisan 3D dan Virtual yang Estetik di Tahiland

Harga Ticket Masuk dan Jam Operasional Wisata Wat Chalong

Harga Ticket Masuk dan Jam Operasional Wisata Wat Chalong

Untuk yang ingin bertandang ke Wat Chalong di Thaliand, kuil ini bisa didatangi dengan gratis atau cuma-cuma. Anda tidak diambil ongkos untuk masuk ke dalam dalamnya. Tetapi tidak seluruhnya sisi kuil terbuka untuk umum, sejumlah bangunan dipakai untuk sembahyang untuk anggota kerajaan hingga tidak dibuka untuk pengunjung umum.

Dianjurkan tidak untuk kenakan sepatu yang terlampau mahal waktu bertandang untuk menghindar dari kehilangan karena terganti dengan pengunjung lain. Karena cuacanya tidak begitu terik dan pengunjung juga tidak begitu penuh pada pukul itu.

Baca juga : Chillva Market Phuket, Nikmati Kulineran Ciri khas Thailand dengan Mini Green Garden yang Asri

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Wisata Wat Chalong Thailand
Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Wisata Wat Chalong Thailand

Wat Chalong berada di 70 Dusun No. 6, Jalan Chao Fah Tawan Tok, Chalong, Area Mueang Phuket, Phuket, Thailand. Lokasinya memiliki jarak sekitaran 8 km dari pusat perkotaan atau sekitaran 6 km dari Big Buddha, yang disebut landmark terkenal yang lain di Phuket. Anda dapat temukannya disebelah kiri jalan saat telusuri sepanjang Jalan Chao Fah Nok dari Central Phuket Floresta Shopping Mall.

Untuk ke arah kuil, anda dapat memakai taxi atau tuk-tuk sebagai model transportasi. Tuk-tuk ialah opsi pas jika ingin tambah murah, apalagi anda bisa menawar harga untuk memperoleh persetujuan terbaik. Dan tidak ada kelirunya jika ingin minta supir menanti, agar tidak susah cari transportasi untuk kembali lagi ke pusat perkotaan. Saksikan google maps.

Sarana yang Ada di Teritori Rekreasi Wat Chalong
Sarana yang Ada di Teritori Rekreasi Wat Chalong

Masih aktif dipakai untuk tempat melaksanakan ibadah untuk umat di tempat, Wat Chalong Thailand punyai sarana seperti kuil umumnya. Anda dapat temukan lilin untuk persembahan, stik ramalan nasib, kertas ramalan masa datang, dan ada banyak yang lain.

Jadi bukan sarana wisata, tetapi umumnya ialah sarana untuk umat yang ingin lakukan beribadah di kuil. Karena pada intinya Kuil Chalong atau Wat Chaiyatharam memanglah bukan diperuntukkan untuk wisata, walaupun pengunjung umum bisa masuk untuk melihat-lihat.

Baca juga : Candi Borobudur, Candi Buddha Paling besar di Dunia Favorite Pelancong

Selainnya banyak memiliki wisata hebat dan cantik, Phuket simpan sejarah panjang dengan jejeran kuil berumur lebih dari 100 tahun sebagai saksi bisu. Termasuk salah satunya Wat Chalong sebagai kuil paling besar di Phuket. Kuil ini masih aktif dipakai untuk tempat beribadah sekalian tujuan wisata . Maka janganlah lupa masukan ke daftar lawatan saat berlibur ke Phuket.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *