Tongkonan Lempe, Tujuan Wisata Alam di Toraja yang Berjulukan Negeri di Atas Awan

Tongkonan Lempe, Tujuan Wisata Alam di Toraja yang Berjulukan Negeri di Atas Awan

Diposting pada

Direktori Wisata – Tongkonan Lempe, tujuan wisata alam di Toraja yang berjulukan negeri di awan. Tongkonan Lempe di Toraja adalah wisata alam yang dikenali sebagai ‘Negeri di Atas Awan’, tawarkan panorama rumah tradisi ciri khas Toraja yang berdiri istimewa di tengah-tengah keelokan pegunungan.

Tongkonan Lempe, Tujuan Wisata Alam di Toraja yang Berjulukan Negeri di Atas Awan

Tongkonan Lempe dikatakan sebagai negeri di awan di Toraja oleh Presiden Joko Widodo. Ini dikatakan pada pembukaan Lapangan terbang Toraja di Mengkendek, Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

Menariknya, wisata negeri fiksi ini sempat juga didatangi oleh mendiang ibunda Jokowi yang namanya Sujiatmi Notomiharjo di tahun 2016. Untuk ketahui beberapa hal bagus yang menarik hati beberapa orang di Toraja, baca keterangan berikut ini.

Daya Ambil Wisata yang Dipunyai Tongkonan Lempe Toraja

Daya Ambil Wisata yang Dipunyai Tongkonan Lempe Toraja

✦ Asal mula Pemberian nama

Yunus Payung Allo, seorang pengurus di Lempe Lolai menjelaskan jika bukitnya dinamakan Lempe karena kata Lempe bermakna menyaksikan ke bawah. Kabarnya, ada orang sakti yang namanya Polo Padang.

Dia terbang sampai di atas pucuk Lolai atau Tongkonan Lempe. Pas di atas pucuk, dia stop dan menyaksikan ke bawah. Ada daratan rata di bawah dan dia punya niat membuat pasar yang sekarang dikenali sebagai Pasar Polo pAdang.

Selanjutnya, dia melihat arah ke kiri dan kanan sekalian berbicara dalam batinnya “Bukit ini saya akan berikan nama Lempe”. Beratus-ratus tahun kemarin, nenek moyang dari keluarga besar Yunus menikah dan menempati di atas bukit ini.

Hasil dari pernikahannya tersebut, dia mempunyai 6 anak. Tetapi, sesudah dewasa, ke-5 anak itu beralih tempat karena telah memiliki keluarga.

✦ Sejarah Pengembangaan Wisata

Sejarah Pengembangaan Wisata

Harus dipahami jika teritori wisata Tongkonan Lempe sebuah bukit yang berada pada ketinggian 1.300 mdpl. Wisata ini termasuk teritori Lembang Kapala Pitu, Toraja Utara, Sulawesi Selatan yang sekarang dikenali sebagai Negeri di Atas Awan.

Wisata ini telah populer semenjak tahun 2015 lalu sebab ada kelompok photografer yang berkunjung teritori tanpa direncanakan. Sebelumnya, mereka akan pergi ke Pangala, Kecamatan Rindingallo yang sekitaran 1 jam dari Lolai.

Namun, karena hari telah malam, mereka memilih untuk bermalam di dalam rumah Antoni Toba yang disebut salah satunya masyarakat di tempat. Demikian mentari memperlihatkan ternyata, bumi yang menyinari bukit membuat mereka terpana.

Karena ada pemandangan cantik yang hebat mengagumkan, mereka pada akhirnya bergerak ke lokasi itu. Setelah tiba di wisata, ada beberapa hal menarik di sini seperti proses pemangkasan tiang rumah tradisi ini jadi 12 m lebih pendek.

✦ Teritori Rumah Masyarakat

Teritori Rumah Masyarakat

Sebelumnya, Tongkonan Lempe Toraja ialah rumah tradisi masyarakat di tempat. Sesudah dijelajahi lebih dalam, teritori ini rupanya berpotensi sebagai object wisata hingga masyarakat sekitaran bekerja sama dengan faksi pengurus untuk melengkapi wisata dengan beberapa sarana.

Sekarang, telah ada 100 kamar di hotel, homestay, guest house dan villa yang sediakan dua type kamar. Tipe kamarnya yaitu rumah tradisi Minahasa dengan bahan kayu dan kamar dengan design eropa dengan bahan beton.

Panoramanya juga tidak butuh ditanyakan kembali karena ada panorama langit dan pohon-pohonan yang cantik. Harus dipahami jika wisata ini diatur oleh Yayasan Lempe Lolai.

✦ Berbagai ragam Spot Photo

Berbagai ragam Spot Photo

Masalah spot photo, Tongkonan Lempe memang pemenangnya. Pengunjung dapat menemui object bagus yang pas dijadikan background photo. Dimulai dari rumah tradisi, pohon-pohonan, gapura, sampai sayap.

Baca juga : To’ Tombi, Spot Camping Hebat dengan Pemandangan Alam yang Mempesona di Toraja

Alamat Wisata, Jalur Lokasi dan Ticket Masuk Tongkonan Lempe

Alamat Wisata, Jalur Lokasi dan Ticket Masuk Tongkonan Lempe

Ingin habiskan waktu berlibur di Negeri di Atas Awan? Anda dapat berkunjung Benteng Mamullu, Kec. Kapala Pitu, Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan. Dari pusat Kota Rantepao, jarak perjalanan yang diperlukan sekitaran 11 km.

Dengan kendaraan bermotor, anda perlu tempuh perjalanan sepanjang lebih kurang 20 menit saja. Tetapi bila dengan mobil, waktu perjalanan yang diperlukan sekitaran 40 menit. Harus dipahami jika kadangkala arah GPS dari Google Maps kurang tepat.

Bila dari Makassar, anda dapat memakai pesawat ke arah Lapangan terbang Toraja. Kemudian, dengan kendaraan Damri, anda dapat ke arah Art Center. Sesampai di Art Center, naik ojek atau angkot untuk ke arah teritori wisata Tongkonan Lempe ini.

Nikmati pemandangan Negeri di Atas Awan tidak butuh keluarkan banyak ongkos hanya karena tiketnya benar-benar dapat dijangkau. Cukup dengan Rp 15.000,- per-orang, anda dapat membidik banyak photo dan nikmati waktu berlibur di bukit.

Baca juga : Narwastu Hills, Tempat Wisata Alam yang Menyuguhkan Beragam Kulineran di Tomohon

Aktivitas Wisata yang Menarik Dilaksanakan di Tongkonan Lempe
Aktivitas Wisata yang Menarik Dilaksanakan di Tongkonan Lempe

* Menyeruput Kopi Toraja di Sekitaran Tongkonan Lempe

Di tengah-tengah udara sejuk dan dingin, akan berasa nikmat bila nikmati satu gelas kopi panas Toraja. Ini biasa dilaksanakan untuk nikmati panorama dari Tongkonan Lempe. Anda dapat berkunjung warung makanan yang menyajikan kopi toraja.

Harga juga murah yaitu Rp 5.000 dan anda dapat rasakan kehangatan di tenggorokan. Anda pun bisa mengombinasikannya dengan makanan berat yang disuguhi.

* Kemping

Kemping

Bila anda ingin hemat dan menginap di sini, camping adalah opsi yang prima. Anda perlu bawa peralatan tenda sendiri dan mendirikannya di camping ground yang ada  dengan gratis.

Tetapi, bila tidak membawa, anda dapat sewanya di masyarakat sekitaran pada harga dimulai dari Rp 80 ribu s/d Rp 150 ribu sama sesuai tipe dan ukuran tenda. Saat lakukan aktivitas hebat, jangan terlewat waktu anda secara berpose sepuas hati.

* Staycation

Staycation

Ingin nikmati situasi Tongkonan Lempe Toraja sepanjang hari penuh? Staycation adalah jawabnya. Ini pas dilaksanakan kelompok rekreasi rekan dan keluarga. Harga pemondokannya juga berbagai ragam sama sesuai kapasitas tampung dan sarana.

Anda dapat pilih salah satunya sama sesuai keperluan, kekuatan dan kenyamanan. Adapun resort kayu yaitu Rp 250.000 per malam dan ada yang dengan harga Rp 350.000 per malam. Lokasinya ada di bawah tempat pemasaran ticket masuk.

Bila anda ingin ada di resort tetap, harga yang dikenai yaitu Rp 500.000 dan Rp 1.000.000. kawasannya yang ada di atas hingga anda bisa melihat pemandangan alam dari ketinggian secara langsung.

* Nikmati Keelokan Alam

Nikmati Keelokan Alam

Sesampai di Tongkonan Lempe Toraja ini, anda akan dibikin takjub dengan keelokan alam lewat pemandangan gunung dan pohon-pohonan yang dilapis awan putih tebal. Apalagi, bila matahari keluar dari ufuk timur, anda bakal jadi ada di negeri dongeng.

Disamping itu, ada pula banyak pohon-pohonan yang penuhi teritori ini. Ketinggian yang lebih kurang 1.300 mdpl membuat situasi jadi dingin dan sejuk. Oleh karena itu, rekreasi alam mengagumkan ini pas didatangi untuk melepaskan capek dari hingar-bingar perkotaan.

Baca juga : Wisata Mangambang, Tempat Favorite Habiskan Waktu Bersama Keluarga di Maros

Sarana Wisata yang Ada di Tongkonan Lempe Toraja
Sarana Wisata yang Ada di Tongkonan Lempe Toraja

Sama seperti yang diketahui jika teritori wisata Tongkonan Lempe sudah diperlengkapi beberapa sarana hingga pengunjung terasa nyaman waktu liburan. Satu diantaranya yaitu tempat parkir yang lumayan luas hingga sanggup memuat banyak kendaraan sekalian.

Ongkos parkir motornya sejumlah Rp 5.000 dan Rp 10.000 untuk mobil. Masjid bisa juga ditemui di sini hingga anda tidak butuh kebingungan kembali untuk melaksanakan ibadah sholat.

Beragam tipe pemondokan siap dipakai dan ada dalam harga yang variasi dimulai dari Rp 250 ribu sampai Rp 1 juta.

Camping ground benar-benar berguna supaya beberapa pengunjung yang kemping tidak butuh cari tempat membangun tenda. Anda bisa juga berkunjung restaurant dan warung makanan untuk mengenyangkan perut.

Baja juga : Benteng Rotterdam, Saksi Sejarah Perjuangan Kerajaan Gowa Tallo di Makassar

Tongkonan Lempe Toraja menyuguhkan berbagai ragam keelokan dimulai dari pemandangan alam, rumah tradisionil, hidangan kulineran, sampai ceritanya yang memikat didalami. Tidaklah aneh bila bapak Presiden Indonesia benar-benar mengaguminya.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *