Benteng Rotterdam, Saksi Sejarah Perjuangan Kerajaan Gowa Tallo di Makassar

Benteng Rotterdam, Saksi Sejarah Perjuangan Kerajaan Gowa Tallo di Makassar

Diposting pada

Direktori Wisata – Benteng Rotterdam, saksi sejarah perjuangan kerajaan Gowa Tallo di Makassar. Benteng Rotterdam di Makassar, monumen monumental yang membuat bertambah cerita perjuangan kerajaan Gowa Tallo menantang penjajah, menyuguhkan keelokan alam dan peninggalan budaya yang memikat di eksplore.

Benteng Rotterdam, Saksi Sejarah Perjuangan Kerajaan Gowa Tallo di Makassar

Benteng Rotterdam jadi tujuan wisata yang tidak dapat Anda acuhkan waktu bertandang ke Makassar. Benteng yang mempunyai luas yang mempesona ini rupanya penuh dengan cerita sejarah.

Ini karena benteng itu adalah peninggalan dari kerajaan Gowa Tallo yang sudah berdiri semenjak era ke-16. Raja yang ke-9, I Manrigau Daeng Bonto Karaeng Lakiung Kallonna, ialah figur dibalik pembangunan benteng ini.

Tidak cuma untuk tempat evaluasi sejarah, pengunjung yang tiba kesini bisa juga nikmati panorama alam sekitaran yang cantik menarik. Berikut pembahasan mengenai Benteng Rotterdam di Makassar.

Daya Ambil yang Dipunyai Wisata Benteng Rotterdam Makassar

Daya Ambil yang Dipunyai Wisata Benteng Rotterdam Makassar

Berada di tengah-tengah teritori perkotaan, benteng ini gampang dijangkau oleh pelancong. Awalannya, benteng ini berperan sebagai pusat perdagangan rempah-rempah di Sulawesi Selatan, karena lokasinya yang vital.

Makassar adalah kota yang unik dan cantik di Indonesia, yang kaya kebudayaan. Salah satunya tujuan khusus yang perlu didatangi ialah Fort Rotterdam. Benteng ini bukanlah cuma penuh dengan sejarah, tapi juga mempunyai daya magnet yang membandingkannya, salah satunya.

✦ Ada Beberapa Festival

Pada tempat ini kerap diselenggarakan aktivitas moment atau festival di saat tertentu. Sejumlah festival seperti Lipa Sabbe, pameran Live Sketch sampai acara teater La Galigo yang memikat.

✦ Sejarah yang Menarik Wisata Benteng Rotterdam

Sejarah yang Menarik Wisata Benteng Rotterdam

Sejarah berkenaan Benteng Rotterdam Makassar ini rupanya bagus sekali untuk dibahas karena adalah bangunan monumental sudah sejak lama. Meskipun memiliki nama seperti benteng warisan Belanda, tapi memiliki bentuk berbeda jauh.

Karena rupanya, benteng ini adalah warisan dari Kerajaan Gowa Tallo semenjak 1541 lalu. Di saat itu, benteng dikenali panggilan Benteng Ujung Pandang atau Jum Pandang.

Di awal pembikinannya, pembangunan dari benteng tetap memakai tanah liat, baru saat pemerintah raja ke 14, memakai batu padas. Perannya beralih-alih dari hari ke hari.

✦ Museum La Galigo

Daya magnet yang lain dari tempat wisata monumental ini ialah ada Museum La Galigo. Museumnya sudah ada semenjak 1 Mei 1970 dan jadi lokasi yang jangan dilewati oleh pelancong.

Disini ada sekitaran 4000 lebih artefak yang dari saat prasejarah, Tana Toraja. DI samping itu, ada koleksi keramik asing, catatan dokumen monumental sampai etnografi yang ada pada kotak etalase.

✦ Memiliki Arsitektur yang Unik

Memiliki Arsitektur yang Unik

Tidak misalnya dengan umumnya benteng warisan saat Belanda, bentuk dari Benteng Rotterdam ini sangat unik. Hal itu mungkin dikarenakan oleh benteng ini adalah warisan dari Kerajaan Gowa Tallo, tidak dari Belanda.

Sebelumnya, benteng memiliki enam bastion hingga membuat penampilan di atas seperti penyu. Tapi bastion itu remuk karena gempuran dari Belanda dan harus diperbaiki memakai style ciri khas eropa.

Selainnya bastion ada parit sedalam dua mtr. yang melingkari tembok benteng dan sisi sumurnya. Dan pada bagian dalam, tetap berdiri 11 bangunan asli semenjak era ke 17 dan 2 bangunan dari Zaman Jepang.

Baca juga : Wisata Mangambang, Tempat Favorite Habiskan Waktu Bersama Keluarga di Maros

Kegiatan Wisata yang Menarik Dilaksanakan di Benteng Rotterdam

Kegiatan Wisata yang Menarik Dilaksanakan di Benteng Rotterdam

Saat tiba ke museum ini, karena itu ada beberapa hal yang bisa dilaksanakan oleh beberapa pelancong yang tiba ke sini. Berikut beberapa kegiatan bagus yang jangan Anda terlewat:

* Berkeliling-keliling Benteng Sekalian Nikmati Keelokannya

Karena tempat benteng lumayan luas, karena itu jangan menyia-nyiakan peluang untuk berkeliling-keliling di tempat Betang sekalian nikmati keelokannya. Janganlah lupa untuk mendokumentasikan photo karena banyak spot bagus yang ada di sini.

* Belajar Berkenaan Sejarah Benteng

Belajar Berkenaan Sejarah Benteng

Kegiatan paling penting pasti ialah belajar berkenaan sejarah dari tempat Benteng Rotterdam ini. Termasuk belajar berkenaan pertama kali pendirian, pemakaian benteng sampai figur warga atau pahlawan yang terturut dalam benteng.

* Masuk ke dalam Dalam Museum d Sekitaran Benteng Rotterdam

Jika ingin temukan informasi lebih komplet, beberapa pelancong dapat masuk ke museum dengan bayar ticket sejumlah Rp5000. Dalam museum memiliki banyak rekomendasi sejarah mengenai kebesaran dari Kerajaan Gowa Tallo.

Baca juga : Sunset Hills Malino, Habiskan Malam di Gowa dengan Nyaman dan Tenang

Harga Ticket Masuk dan Jam Operasional Wisata Benteng Rotterdam Makassar

Harga Ticket Masuk dan Jam Operasional Wisata Benteng Rotterdam Makassar

Tempat wisata terkenal di Makassar ini tawarkan ongkos ticket masuk yang cukup dapat dijangkau yaitu dimulai dari Rp5000. Untuk memperjelasnya, berikut perincian ongkos ticket masuk dan parkir kendaraan:

✦ Beberapa anak : Rp3000

✦ Dewasa : Rp5000

✦ Ticket Museum La Galigo : Rp5000

✦ Parkir Mobil : Rp5000

✦ Parkir Motor : Rp3000

Adapun ongkos dari ticket masuk dan parkir kendaraan kemungkinan berbeda setiap saat dan tanya ke petugas bila sangsi. Benteng ini dibuka tiap hari dimulai dari pagi sampai sore atau sampai malam hari saat akhir minggu.

Baca juga : Rimba Pinus Bulu Tanah, Spot Camping Hebat dengan View Alam yang Mempesona di Bone

Alamat Wisata dan Jalur Ke arah Lokasi Benteng Rotterdam
Alamat Wisata dan Jalur Ke arah Lokasi Benteng Rotterdam

Teritori wisata Benteng Rotterdam ini ada di Jalan Ujung Pandang, Bulo Gading, Ujung Pandang di kota Makassar, Sulawesi Selatan. Karena ada di dekat tempat perkotaan, karena itu pelancong tidak butuh kebingungan untuk temukan tempat wisata itu.

Baca juga : Maros Highland, Melihat Daya tarik Tujuan Wisata Alam yang Kekinian

Bila Anda memakai angkutan umum, karena itu dari Lapangan terbang Sultan Hasanuddin dapat naik bus Damri jalur Lapangan terbang Hasuddin – Karebosi dan turun di Fort Rotterdam. Dan bila dari dermaga Soekarno Hatta, Anda bisa naiki angkot code B ke jalur Pasar Butung – Malengkeri. Saksikan google maps.

Sarana Wisata yang Ada di Benteng Rotterdam Makassar
Sarana Wisata yang Ada di Benteng Rotterdam Makassar

Untuk memberi kenyamanan ke beberapa pengunjung yang tiba ke sini, Benteng Ford Rotterdam rupanya telah sediakan beberapa sarana, Adapun salah satunya ialah:

– Taman spot untuk photo

– Taman bermain beberapa anak

– Pusat oleh-olehan ciri khas Makassar

– Museum

– Toilet umum

– Tempat parkir yang lumayan luas

– Masjid

Baca juga : Kampung Pinisi Balikpapan, Melihat Daya tarik Perakitan Perahu Tradisionil

Makassar memiliki beberapa tujuan wisata yang cukup unik, menarik dan kaya sejarah seperti Benteng ini. Selekasnya persiapkan berlibur Anda untuk tiba ke wisata Benteng Rotterdam bersama rekan atau keluarga.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *