Lembah Karmel, Tujuan Wisata Religius yang Penuh Nilai Sejarah di Cianjur

Lembah Karmel, Tujuan Wisata Religius yang Penuh Nilai Sejarah di Cianjur

Diposting pada

Direktori Wisata – Lembah Karmel, tujuan wisata religius yang penuh nilai sejarah di Cianjur. Lembah Karmel adalah rumah beribadah umat Katolik dan sekalian jadi object wisata alam di Cianjur.

Lembah Karmel, Tujuan Wisata Religius yang Penuh Nilai Sejarah di Cianjur

Mungkin anda bingung mengapa sebuah tempat beribadah jadi tujuan wisata yang pantas didatangi. Pasti semua berargumen, apalagi jika tidak dari daya magnet yang dipunyai. Lokasinya yang ada di ketinggian membuat situasinya asri dan sejuk.

Sudah diketahui, Katolik termasuk agama yang banyak memiliki Ordo. Lebih dari beberapa puluh Ordo yang diketemukan di Indonesia, satu diantaranya ialah Ordo Karmel. Tiap daerah mempunyai rumah beribadah masing-masing, tetapi tidak bisa di sangkal jika di Cianjur berikut yang terbanyak didatangi umat Katolik.

Selainnya situasinya yang sejuk, lokasi Lembah Karmel jauh dari hingar-bingar perkotaan. Ini menjadikan sebagai lokasi yang sunyi, benar-benar pas jadi retret atau mengucilkan diri. Kalaulah ada suara, paling cuma suara hewan menyanyi dan bisikan-bisikan pohon yang tertiup angin. Suara ini malah jadikan kegiatan beribadah lebih konsentrasi atau khusyuk.

Daya Ambil Wisata yang Dipunyai Lembah Karmel Cianjur

Daya Ambil Wisata yang Dipunyai Lembah Karmel Cianjur

20 tahun telah tempat beribadah dan sekalian object wisata ini berdiri. Sepanjang itu juga tempat ini jadi tujuan khusus untuk umat Katolik. Tidak cuma dari Cianjur, tetapi di daerah Jakarta dan sekelilingnya. Semuanya tidak terlepas dari daya magnetnya, berikut beberapa salah satunya.

✦ Situasi Sunyi dan Sunyi

Situasi Sunyi dan Sunyi

Keseluruhannya, Lembah Karmel mempunyai situasi sunyi dan sunyi. Dengan argumen ini juga banyak yang tertarik dan ingin mendatanginya. Rumah beribadah yang berdiri semenjak tahun 1988 ini pertama kalinya dibuat oleh Romo Yohanes Indrakusuma. Beliau adalah figur penting dari Ordo Karmel.

Pemilihan lokasi di Kabupaten Cianjur bukan tanpa argumen, ini karena alamnya masih asri dan udaranya sejuk. Apalagi tempat ketinggiannya diprediksi capai 900 Mdpl, tentu saja anda dapat memikirkan bagaimana cuaca nya. Sepanjang mata melihat, warna hijau selalu didapat, terkecuali bangunan yang berdiri kuat tentu saja.

✦ Ada Paket Retret

Ada Paket Retret

Tujuan khusus dibuatnya Lembah Karmel memang untuk tempat melaksanakan ibadah. Tetapi ada argumen mengapa pilih lokasi yang sunyi, yaitu tidak lain untuk tempat retret. Arti simpel dari retret sendiri ialah aktivitas atau kegiatan mengucilkan diri. Masing-masing mempunyai tujuan yang tidak sama, satu diantaranya ialah menghindari diri dari dunia.

Disamping itu, tujuan lain yang biasa yaitu untuk memperoleh ketenangan batin. Walau tempat ini bukan salah satu rumah beribadah yang berada di Cianjur, tetapi ada keunggulan lain sebagai daya magnetnya. Anda yang ingin semakin tenang dalam melaksanakan ibadah dapat pilih paket retret yang disiapkan panitia.

✦ Toko Rohani

Toko Rohani

Untuk beberapa orang, daya magnet Lembah Karmel yang berbentuk Toko Rohani mungkin tidak begitu penting. Tapi untuk yang ingin memperoleh benda rohani tentu saja berlainan. Toko ini sediakan beragam perlengkapan beribadah atau barang yang lain tetap terkait. Contohnya saja salib dan patung sebagai benda wajib untuk umat Katolik.

Disamping itu, anda juga dapat memperoleh benda yang pas sebagai oleh-olehan. Pada tempat ini jua ada buku bacaan rohani dan kaset lagu rohani. Lokasinya yang ada di bangunan khusus membuat pengunjung tidak susah mencapainya. Lebih persisnya ada disamping kantin, silakan singgah bila kebenaran lapar.

✦ Goa Maria di Lembah Karmel

Goa Maria di Lembah Karmel

Daya magnet Lembah Karmel yang pertama yaitu ada Goa Maria. Peranan intinya sebagai tempat mengucilkan diri. Karena lokasinya tidak jauh dari tempat beribadah khusus, anda juga tidak susah saat mencapainya. Tidak seperti gua umumnya, tempat ini ada di alam terbuka dan mempunyai lubang kecil.

Di lubang itu ada patung bunda Maria yang diperlengkapi air suci. Selainnya untuk tempat mengucilkan diri, Goa Maria kerap didatangi untuk pelancong yang ingin memperoleh ketenangan atau untuk sekedar memperoleh air minum di sebelahnya. Pelancong yang ingin mencapainya harus melalui tangga, tetapi tidak begitu tinggi di tempat wisata Cianjur.

Argumen mengapa lokasi ini jadi favorite untuk retret yaitu karena situasinya yang damai. Di sebelahnya ada pohon perdu yang seakan menjaga dari cahaya matahari. Disamping itu, tanaman berbunga elok ikut menghias. Kicauan burung dan suara angin terhembus menegur dedaunan menambahkan situasi jadi lebih damai.

Baca juga : Cianjur City Park, Taman Wisata Keluarga secara Berbagai ragam Sarana Menarik

Kegiatan Wisata yang Menarik Dilaksanakan di Lembah Karmel

Kegiatan Wisata yang Menarik Dilaksanakan di Lembah Karmel

Aktivitas yang umum dilaksanakan saat ada di tempat beribadah ialah melaksanakan ibadah. Ini berlaku untuk Lembah Karmel, tetapi tentu saja tidak cuma itu saja. Ada macam kegiatan lain yang dapat dilaksanakan di sini, berikut beberapa salah satunya.

* Berkunjung Gua Maria

Berkunjung Gua Maria

Kegiatan setelah itu berkunjung Gua Maria. Kegiatan ini jangan ketinggal saat anda bertandang kesini. Untuk umat Katolik, Bunda Maria ialah figur anutan yang wajib diikuti. Walau sekedar hanya menyaksikan patungnya, tetapi anda dapat berdoa dan mengucilkan diri pada tempat ini. Situasi yang sepi makin memberikan dukungan beribadah supaya masih tetap khusyuk.

* Mendatangi Misa

Mendatangi Misa

Seperti tempat beribadah umat kristiani umumnya, kegiatan yang baisanya dijumpai yaitu saat misa. Lembah Karmel masih tetap teratur melangsungkan kegiatan beribadah ini. Bila tujuan anda cuma untuk melaksanakan ibadah, karena itu pastikan tiba pada hari Minggu. Disamping itu, bisanya ada acara kerohanian yang lain yang dapat anda ikutinya di hari tertentu.

* Berbelanja Cenderamata dan Makanan

Berbelanja Cenderamata dan Makanan

Saat sebelum bergerak pulang dari Lembah Karmel, janganlah lupa meluangkan diri ke arah Toko Rohani. Sama sesuai informasi yang diberi awalnya, anda dapat memperoleh beragam jenis keperluan untuk memberikan dukungan kegiatan religius di dalam rumah. Salib dari beragam ukuran diketemukan di toko ini, demikian dengan patung yang mungkin membuat anda tertarik.

Apabila sudah memperoleh barang yang diharapkan, singgah ke kantin yang berada di sampingnya perlu. Tersedia banyak tipe makanan nikmat yang hendak menganakemaskan lidah anda. Tidak cuma makanan lokal atau makanan ciri khas Cianjur, ada pula hidangan kulineran western yang tidak kalah enaknya.

* Retret atau Mengucilkan Diri

Retret atau Mengucilkan Diri

Kegiatan pertama ayang bisa anda kerjakan di sini yakni retret atau mengucilkan diri. Situasi yang sangat nyaman dan asri ditanggung membuat kegiatan ini makin khusyuk. Ademnya situasi karena payung alami dari pohon-pohonan membuat hati turut sejuk dan damai. Anda cukup hanya fokus dan konsentrasi pada tujuan mengucilkan diri.

Beberapa pilihan tempat yang dapat dipakai untuk aktivitas retret ini. Bahkan juga sebagian besar titik lokasinya dapat dipakai. Contohnya dari sisi gedung khusus, ada sebuah rimba kecil yang ada sarana untuk retret. Disamping itu, tidak juga lokasi yang dikenali Gua Maria, tentunya pas karena situasi nya juga tenang.

Baca juga : Kebun Raya Cibodas, Tujuan Wisata Favorite Berlibur Keluarga di Cianjur

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Wisata Lembah Karmel

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Wisata Lembah Karmel

Lembah Karmel ada jauh dari pusat perkotaan, untuk menempuhnya perlu perjalanan yang cukup. Lokasinya jauh termasuk kurang warga, persisnya di Dusun Cikanyere, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Jarak dari Alun-alun Cianjur sekitaran 2q5 km. Dalam jarak itu, minimal perlu waktu 45 menit untuk datang di lokasi.

Jalur terbaik bila anda tiba dari pusat perkotaan yaitu ke arah Jalan Raya Ciawi – Cianjur lebih dulu. Seterusnya ke arah SMP ZAD IQBS dan meneruskan perjalanan ke teritori Ciherang. Arah yang termudah yaitu melalui jalan khusus atau jalan raya karena banyak dasar yang bisa anda pakai.

Tujuan selanjutnya yakni ke Jalan Hanjawar, persisnya sesudah anda temukan pertigaan dekat depot Sate Maranggi Sari Asih. Terus ikutinya sepanjangnya jalan ini, perjalanan ke Lembah Karmel masih panjang dan penuh tikungan. Selalu waspada sebab ada beberapa jalan yang keadaannya buruk.

Selang beberapa saat, anda akan datang di Jalan Mariwati, pakai SMAIT Individu Berdikari Arrahman sebagai dasar khusus. Dari titik ini nyaris tidak ada dasar yang bisa anda pakai, silakan menanyakan pada warga di tempat bila masih bimbang. Saat dekati lokasi baru ada papan panduan, ikutinya sampai anda datang di lokasi. Saksikan google maps.

Saat anda temukan patung Yesus di gerbang yang serupa dengan taman, maknanya anda telah datang di Lembah Karmel. Silakan mencari lokasi parkir yang sangat nyaman, karena tempat nya benar-benar luas. Berkunjung tempat ini tidak memerlukan banyak ongkos karena ticket masuknya gratis.

Ongkos cuma diperlukan untuk parkir kendaraan motor. Kira saja sebagai mengganti tempat parkir dan jasa jaga kendaraan agar semakin aman. Karena termasuk tempat beribadah umum, anda dapat tiba kapan pun. Tetapi telah selayaknya bila pada hari Minggu dan perayaan tertentu semakin lebih ramai.

Baca juga : The John’s Aquatic Resort, Macam Wisata Alam Favorite di Cianjur

Sarana Wisata yang Ada di Teritori Lembah Cianjur
Sarana Wisata yang Ada di Teritori Lembah Cianjur

Sarana Lembah Karmel tidak berbeda jauh dengan tempat beribadah umat Katolik umumnya. Di sini, anda dapat temukan tempat parkir yang lega, toilet yang bersih, dan kantin untuk isi perut yang lapar. Karena untuk tempat beribadah, sarana untuk mengasinkan diri juga banyak dijumpai, silakan disamakan keadaan yang diharapkan.

Baca juga : Kampung Arab Al Munawar, Object Wisata Religius yang Penuh Nilai Sejarah di Palembang

Macam object wisata yang berada di Indonesia tidak bisa terhitung banyaknya. Ada yang berbentuk wisata alam, pembelajaran, permainan, sejarah, dan ada banyak yang lain. Lembah Karmel adalah misalnya yang disebut wisata religius untuk umat Katolik. Beragam daya magnet membuat banyak didatangi pelancong dari beragam wilayah.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *