Pura Tanah Lot, Keelokan Pura yang Terapung di tengah Laut Tabanan

Pura Tanah Lot, Keelokan Pura yang Terapung di tengah Laut Tabanan

Diposting pada

Direktori Wisata – Pura Tanah Lot, keelokan pura yang terapung di tengah-tengah laut Tabanan. Tonton keanggunan Pura Tanah Lot, sebuah tempat suci yang terapung istimewa di tengah-tengah lautan Tabanan, mengundang Anda untuk rasakan fenomena religius.

Pura Tanah Lot, Keelokan Pura yang Terapung di tengah Laut Tabanan

Saat berkunjung Bali, tidak komplet rasanya tanpa berkunjung Pura Tanah Lot yang tawarkan sejuta keelokan. Baik dari luar atau dalam negeri, pengunjung bersama-sama menyempatkan diri untuk rasakan aura keramat tempat beribadah iconic ini.

Pura ini sebelumnya dipakai sebagai salah satunya tempat beribadah untuk warga Bali berbagai ragama Hindu di Tabanan. Namun, seiring waktu berjalan tempat beribadah ini jadi lebih terbuka dan bisa didatangi oleh warga umum.

Keelokan dan kekhasan yang didatangkan oleh tempat wisata di Tabanan ini membuat demikian terkenal. Sampai sekarang ini, siluet Pura Tanah Lot menjadi satu diantara icon pariwisata yang demikian dibanggakan oleh Pulau Dewata.

Daya Ambil Wisata yang Dipunyai Pura Tanah Lot Tabanan

Daya Ambil Wisata yang Dipunyai Pura Tanah Lot Tabanan

Kepopuleran yang dipunyai oleh tempat wisata Pura Tanah Lot ini bukanlah tanpa ada alasan. Ada beberapa daya magnet yang membuat warga dari penjuru dunia berminat untuk mendatanginya dan melihat keelokan tempat beribadah ini langsung.

✦ Pura yang Terapung di Laut

Pura yang Terapung di Laut

Posisi pura yang dibuat dengan vital bisa menjadi panorama yang mengagumkan untuk pengunjung yang baru pertama kalinya bertandang ke Bali. Masalahnya saat air laut sedang pasang, hal tersebut akan membuat pura ini terlihat seolah tengah terapung di tengah-tengah laut.

Saat air laut kering, pengunjung bisa jalan ke arah pura dengan suara ombak sebagai rekan, tanpa perlu cemas karena kedalaman air yang cukup dangkal, pastikan keselamatan mereka sepanjang perjalanan ke arah pura.

✦ Tempat Pura yang Unik

Tempat Pura yang Unik

Daya magnet pertama kali yang dipunyai oleh Pura Tanah Lot Tabanan ini ialah posisi pura yang dibuat di lokasi yang tidak lumrah dan unik. Tempat pura itu ada di atas batu karang yang lumayan besar ada di sekitaran pinggir pantai.

Pura ini diberi nama “Tanah Lot” karena kata ‘tanah’ mengarah pada pulau atau dataran, dan ‘lot’ bermakna laut. Dengan nilai religius yang lebih tinggi sekalian keelokan yang hebat, hal itu menambahkan minat beberapa pengunjung untuk melihat pura ini langsung.

Baca juga : Pantai Yeh Gangga, Pantai Elok dengan Daya tarik Tradisi dan Budaya Lokal di Tabanan

Kegiatan Wisata yang Menarik Dilaksanakan di Pura Tanah Lot

Kegiatan Wisata yang Menarik Dilaksanakan di Pura Tanah Lot

Pengunjung akan merasa benar-benar senang dengan kecantikan yang ditawari oleh wisata religius ini, sekalian nikmati berbagai ragam kegiatan hebat yang bisa dilaksanakan di tujuan rekreasi ini.

* Menyaksikan Upacara Keagamaan

Menyaksikan Upacara Keagamaan

Seperti terkenal, Pura Tanah Lot Tabanan ini masih aktif dipakai oleh warga lokal untuk melaksanakan ibadah, bahkan juga pengunjung dapat melihat secara langsung upacara tradisi seperti Piodalan atau Hari Jadi Pura yang diselenggarakan tiap 6 bulan atau empat hari sesudah Hari Raya Kuningan.

Upacara ini dilaksanakan khusyuk dan penuh nilai religius, memberi pengalaman yang terang untuk pengunjung yang datang.

* Memfoto Matahari Terbenam

Memfoto Matahari Terbenam

Pengalaman tidak akan terlupakan di Pura Tanah Lot ialah matahari tenggelam yang mempesona, tersebut penyebabnya dianjurkan untuk pengunjung untuk berkunjung tempat ini di sore hari.

Keelokan matahari tenggelam ini jadi peristiwa yang cantik untuk didokumentasikan oleh camera. Banyak pelancong bersama-sama berusaha memfoto peristiwa elok ini, membuat sore hari jadi waktu yang ramai pada tempat ini.

* Melihat Ular Lipi-Poleng

Melihat Ular Lipi-Poleng

Kegiatan pertama kali yang kerap dilaksanakan oleh pelancong saat berkunjung Pura Tanah Lot ialah menyaksikan Ular Lipi-Poleng. Ular yang ini dipercayai oleh warga sekitaran sebagai jelmaan selendang pendiri pura yakni Dang Hyang Nirartha.

Saat air laut kering, pengunjung bisa menyaksikan ulat itu langsung di lubang batu karang. Ular suci ini berwujud gepeng seperti ikan dan tidak mengusik beberapa pelancong karena telah jinak.

Baca juga : Sindhu Night Pasar, Tujuan Wisata Menarik Pencinta Berbelanja dan Kulineran di Denpasar

Harga Ticket Masuk Wisata dan Jam Operasional Pura Tanah Lot Tabanan

Harga Ticket Masuk Wisata dan Jam Operasional Pura Tanah Lot Tabanan

Harga ticket yang perlu dikeluarkan untuk berkunjung Pura Tanah Lot Tabanan ini diperbedakan berdasar kelompok umur. Pelancong yang dari dalam negeri akan dikenakan ongkos sejumlah Rp. 20 ribu untuk orang dewasa, dan Rp. 15 ribu untuk beberapa anak.

Dalam pada itu, pelancong luar negeri harus keluarkan ticket sejumlah Rp. 30 ribu untuk beberapa anak dan Rp. 60 ribu untuk orang dewasa.

Bukan hanya ticket masuk, tetapi pengunjung harus juga bayar ongkos ticket parkir baik itu kendaraan individu atau kendaraan seperti bis di area wisata Bali ini.

Baca juga : Chillva Market Phuket, Nikmati Kulineran Ciri khas Thailand dengan Mini Green Garden yang Asri

Alamat Wisata dan Jalur Ke arah Lokasi Pura Tanah Lot
Alamat Wisata dan Jalur Ke arah Lokasi Pura Tanah Lot

Teritori wisata Pura Tanah Lot tidak begitu jauh dari pusat Kota Denpasar hanya karena memiliki jarak sekitaran 25 km. Pengunjung bisa ambil jalur ke arah Jalan Lapangan terbang Ngurah Rai, lantas manfaatkan By Pass Ngurah Rai untuk perjalanan lebih cepat. Saksikan google maps.

Seterusnya, jalan yang perlu dilakukan ialah Jalan Sunset Road dan Jalan Raya Canggu, Bali. Selanjutnya, pengunjung akan sampai di Jalan Raya Tanah Lot yang ada di Beraban, dan lokasi pura ini akan makin dekat.

Baca juga : Savana Tianyar, Daya tarik Padang Rumput Eksotik di Kaki Gunung Agung Karangasem

Sarana Wisata yang Ada di Teritori Pura Tanah Lot Tabanan
Sarana Wisata yang Ada di Teritori Pura Tanah Lot Tabanan

Pengurus tempat wisata memiliki komitmen untuk pastikan pengalaman memberikan kepuasan untuk pengunjung dengan sediakan sarana yang memikat dan komplet.

Sarana termasuk tempat parkir yang lega, pusat informasi, pemondokan, dan yang lain buat penuhi keperluan pengunjung. Mereka jaga kebersihan dengan toilet dengan standar internasional, mengutamakan kenyamanan beberapa pengunjung.

Pura Tanah Lot di Tabanan jadi daya magnet khusus yang memancing ketertarikan beberapa orang untuk mendatanginya. Pengendaliannya mengikutsertakan ketentuan kenakan pakaian yang perlu ditaati oleh pengunjung sama sesuai ketentuan faksi berkuasa agar dapat masuk ke kompleks pura.

Baca juga : Krisna Adventure Buleleng, Opsi Tempat Wisata Keluarga Murah Semarak di Bali

Dengan begitu, mereka pastikan pengalaman bertandang Pura Tanah Lot Tabanan yang menggembirakan sekalian jaga beberapa nilai kebersihan dan keselamatan, dan menghargai peraturan yang terdapat untuk jaga tempat itu.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *