Masjid Atta'awun Puncak, Tujuan Wisata Religius di Bogor

Masjid Atta’awun Puncak, Tujuan Wisata Religius di Bogor

Diposting pada

Direktori Wisata – Masjid Atta’awun Puncak, tujuan wisata religius di Bogor. Masjid Atta’awun Puncak, untuk anda yang kerap melewati Jalan Raya Puncak Gadog di Bogor tentu sebelumnya pernah menyaksikan keelokan bangunan dari tempat beribadah ini.

Masjid Atta'awun Puncak, Tujuan Wisata Religius di Bogor

Keelokannya demikian menonjol dari bangunan yang lain, bahkan juga dapat disebutkan benar-benar cantik. Disamping itu, ada beberapa kekhasan yang dipunyai hingga pandangan Masjid Atta’awun Puncak siapa pun tentu tertuju kepadanya.

Seperti mushola umumnya, peranan khusus bangunan ini tidak lain untuk tempat beribadah. Tetapi karena keelokan dan lokasinya yang vital, cukup banyak masyarakat yang lewat singgah dan masuk ke dalam dalamnya Masjid Atta’awun ini.

Selainnya untuk melaksanakan ibadah Masjid Atta’awun Pucuk Bogor ini ada yang sekadar istirahat saat sedang diperjalanan.

Ada yang meluangkan ke-2 nya, yaitu istirahat sesudah lakukan sholat wajib di Masjid Atta’wun Puncak Bogor ini sama sesuai waktunya. Keelokan alam disekitaran lokasi jadi daya magnet tambahan, situasi sejuk dan damai ditanggung secara langsung berasa.

Masjid Atta’awun Puncak ini dikitari oleh hijaunya panorama dari persawahan dan perkebunan masyarakat, lokasi pandangnya benar-benar terang dan demikian cantik.

Daya Ambil Wisata Masjid Atta’awun Puncak Bogor

Daya Ambil Wisata Masjid Atta'awun Puncak Bogor

Walaupun cuma sebuah masjid umum yang bisa dikunjungi siapa pun, tetapi Masjid Atta’awun mempunyai daya magnet. Tidaklah aneh bila tempat beribadah ini selalu penuh oleh pengunjung, baik yang mempunyai tujuan untuk melaksanakan ibadah, santai, atau kegiatan yang lain tetap terkait.

✦ Arsitektur Masjid Atta’awun yang Unik

Arsitektur Masjid Atta'awun yang Unik

Arsitektur Masjid Atta’awun kelihatan benar-benar unik karena tidak sama tempat beribadah umat Islam umumnya. Masjid ini mempunyai kombinasi bangunan Timur tengah dan Jawa yang nyaris dekati prima. Bila beberapa mushola sama dengan kubah, untuk ini kali anda tidak temukannya di tempat wisata religius ini.

Sisi atap dari masjid ini berwujud serupa jamur, banyaknya lumayan banyak. Tiap ruang atau sisi bangunan mempunyai bentuk serupa jamur dengan besar yang tidak sama. Kubah jamur yang terbesar ada pada bangunan khusus, dan disekelilingnya dikitari kubah jamur yang ukuran lebih kecil.

Sama dengan mushola pada tempat lain, Masjid Atta’awun Puncak diperlengkapi menara yang tinggi. Bangunan yang lebih tinggi membubung ini tidak dibikin serupa jamur. Sementara ide bangunan Jawa kelihatan dari kolam kecil yang melingkari masjid. Ada kolam ini mempunyai tujuan untuk membersihkan kaki dengan arti filosofi yang dalam di tempat wisata Bogor ini.

Arti yang diartikan tidak lain siapa pun yang masuk ke masjid harus pada kondisi bersih. Kolamnya dangkal, karena perannya cuma untuk membersihkan kaki. Air yang ada di kolam ini didapatkan dari sungai kecil yang mengucur disekitaran masjid. Antiknya, air ini sebelumnya tidak pernah kering dan selalu mengucur walau pada musim kemarau.

✦ Sejarah Masjid Atta’awun

Sejarah Masjid Atta'awun

Kurang komplet rasa-rasanya bila tidak mengulas sejarah dari sebuah bangunan yang banyak memiliki faedah. Tempat beribadah ini dahulunya namanya masjid Al-Muttawien dan adalah bangunan punya PT Gunung Mas. Tujuan awalnya pembangunannya yaitu sebagai fasilitas beribadah untuk karyawan dan pegawai yang bekerja di pabrik itu.

Dibuat di tahun 1987, masjid ini memiliki tempat yang tidak demikian luas. Persoalan umum terjadi saat hari Jumat, di mana tempatnya tidak muat untuk mengadakan beribadah sholat Jumat. Ini karena tidak cuma pegawai PT Gunung Mas yang sholat di mushola ini, tetapi masyarakat sekitaran.

Persisnya di tahun 1990, peluasan tempat juga diawali dan usai sembilan tahun selanjutnya atau di tahun 1999. Di saat itu, nama juga ganti jadi Masjid Atta’awun Puncak dengan semua kekhasan dan keelokan arsitektur. Karena ongkos pembangunan tidak cuma dari PT Gunung Mas, karena itu perusahaan itu mewakafkan ke pemda.

Keseluruhan ongkos perbaikan dan peluasan tempat mushola ini capai 36 miliar rupiah. Selainnya memperoleh bantuan dari PT Gunung Mas, pemerintahan dawarga dan erah sekitaran juga ikut menyumbangkan dan cari dana. Nama Masjid Atta’awun diambil dari keadaan pembangunan yang diartikan, yang bermakna bertakwa dan bekerja sama di dalam kebaikan.

✦ Panorama Alam yang Cantik

Panorama Alam yang Cantik

Daya magnet seterusnya dari keelokan alam disekelilingnya, dari cantiknya taman bikinan di serambi masjid. Tidak jauh dari lokasi, pengunjung bisa secara gampang menyaksikan keelokan alam dari hijaunya perkebunan masyarakat. Undakan seperti terasering juga benar-benar terang yang disebut persawahan aktif punya masyarakat.

Sementara keelokan yang lain dari bukit-bukit yang melingkari lokasi Masjid Atta’awun Puncak. Sebagian besar keelokan alam terhidang dengan warna hijau yang mempersejuk pandangan. Dengan ketinggian sekitaran 2.000 Mdpl, cuaca di sini benar-benar mempersejuk serta dipandang dingin oleh beberapa pengunjung tempat wisata Bogor ini.

Saat cuaca ceria, semua keelokan yang dipunyai terlihat demikian terang. Walau saat mendung atau cuaca tidak memberikan dukungan, keelokan sekitaran masih tetap kelihatan dari rangkaian awan yang terlihat demikian eksotik. Disamping itu, cantiknya taman bikinan yang terdapat disekitaran mushola sangat menarik, beberapa pengunjung yang meluangkan diri untuk mendokumentasikan peristiwa.

Baca juga : Masjid Walima Emas, Tujuan Wisata Religius Memiliki nuansa Alam di Gorontalo

Kegiatan yang Menarik di Masjid Atta’awun Puncak

Kegiatan yang Menarik di Masjid Atta'awun Puncak

Walaupun bukan object wisata, tetapi ada beberapa aktivitas yang bisa dilaksanakan saat di Masjid Atta’awun Puncak. Kegiatan khusus memang untuk melaksanakan ibadah, tetapi tetap banyak kegiatan yang lain umumnya dilaksanakan pengunjung sepanjang ada di sini.

* Santai Sekalian Istirahat

Santai Sekalian Istirahat

Untuk yang diperjalanan ke arah tempat khusus, mushola ini siap memberi kenyamanan. Maknanya, anda dapat istirahat rileks pada tempat umum dan terbuka ini. Ada beberapa tempat yang dapat dituju, yang jelas tidak di dalam mushola. Di serambi mushola, di sanalah umumnya pengunjung pilih waktu untuk istirahat sekalian santai.

* Beribadah Sholat

Beribadah Sholat

Benar-benar dianjurkan jika anda ada di mushola, baik yang kita ulas ini kali atau di mushola lain, upayakan dengan niat beribadah. Adapun beribadah yang diartikan tidak lain ialah sholat, anda dapat sholat berjemaah bila tiba waktunya. Jika ketinggal, tidak jadi masalah bila anda sholat sendiri atau cari pengunjung lain dengan niat yang masih sama untuk berjemaah.

* Wisata Kulineran

Wisata Kulineran

Lokasi majid ini benar-benar vital karena ada di sekitaran object wisata di Bogor. Karena itu jangan bingung jika di sepanjangnya jalan ada beberapa warung atau rumah makan yang sediakan beragam menu unggulan masing-masing. Tidak butuh jauh, disekitaran mushola banyak juga yang berjualan, anda tinggal pilih sesuai dengan selera.

* Nikmati Panorama Alam

Nikmati Panorama Alam

Sesudah anda sholat atau lakukan beribadah khusus, baru dapat beraktivitas lain seperti keinginan. Antara jumlahnya aktivitas, yang terbanyak ditunggu pengunjung sepanjang ada di Masjid Atta’awun Puncak yaitu nikmati panorama alam. sawah, kebun, dan sungai jadi panorama khusus di tempat wisata Bogor sini.

Baca juga : Kampung Arab Al Munawar, Object Wisata Religius yang Penuh Nilai Sejarah di Palembang

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Wisata Mushola Atta’awun Puncak

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Wisata Mushola Atta'awun Puncak

Sebetulnya tidak susah temukan lokasi Masjid Atta’awun Puncak karena lokasinya benar-benar vital. Alamatnya juga terang, yaitu ada di Jalan Raya Pucuk Gadog No.90, Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Namun untuk masyarakat luar Bogor tentunya kesusahan karena tidak familier dengan akses jalan atau jalur nya.

Mushola ini satu arah dengan Puncak Pass, percaya tempat wisata dan sekalian tempat pemondokan yang sebelumnya tidak pernah sepi . Maka anda dapat menjadikan sebagai dasar khusus saat berkunjung masjid ini. Dari Alun-alun Bogor, jarak menempuh yang diperlukan sekitaran 30 km, rerata perlu waktu 1 jam.

Silakan pakai Tol Jagorawi karena gampang diketemukan, disamping itu bisa lebih cepat. Sesudah keluar gerbang tol, teruskan perjalanan ke arah Jalan Labuhan. Dari titik ini, Masjid Atta’awun Puncak tidak jauh , anda perlu ke arah Jalan Raya Puncak dan meng ikuti lajur khusus.

Ikuti sepanjangnya jalan khusus sekalian menyaksikan sekitaran, karena ada banyak papan panduan yang dapat anda pakai sebagai tutorial. Jangan terkejut jika perjalanan dapat berjalan lama dari prediksi, karena dekati lokasi makin macet. Tetapi jangan cemas, karena keelokan alam disekitaran siap menganakemaskan anda sepanjang perjalanan.

Janganlah lupa membuka jendela mobil untuk rasakan kesejukan udara alami yang tidak didapat di perkotaan. Jika tidak ada kendaraan motor, teritori pucuk ini ditanggung bebas pencemaran. Masalahnya nyaris sepanjangnya jalan warna hijau dari beragam vegetasi didapat demikian cantiknya. Saksikan google maps.

Sama dengan tempat beribadah pada tempat lain, Masjid Atta’awun Puncak dibuka tiap hari tanpa sebelumnya pernah tutup. Lokasinya yang vital untuk tempat hilir mudik pengendara makin memberikan dukungan jam operasinya. Anda dapat tiba kapan pun untuk melaksanakan ibadah dan istirahat saat di sini.

Baca juga : Lembah Karmel, Tujuan Wisata Religius yang Penuh Nilai Sejarah di Cianjur

Tidak butuh keluarkan dana, karena mushola ini sebetulnya bukan object wisata. Namun untuk yang bawa kendaraan motor, persiapkan uang recehan untuk menukar tempat parkir. Disamping itu, ongkos diperlukan untuk nikmati macam kulineran yang terdapat disekitaran mushola. Ini berlaku untuk anda yang kekurangan perbekalan atau memang menyengaja tidak bawa dari rumah.

Sarana Wisata yang Ada di Teritori Masjid Atta’awun Puncak Bogor
Sarana Wisata yang Ada di Teritori Masjid Atta'awun Puncak Bogor

Masjid Atta’awun mempunyai sarana yang ideal, bahkan juga lebih komplet dibanding mushola umumnya. Pertama ialah toilet yang ada dari sisi tempat wudhu. Disamping itu ada pula tempat parkir luas untuk yang tiba bawa kendaraan motor. Sama seperti yang diulas di atas, banyak pula warung makan disekitaran lokasi.

Baca juga : Rain Forest, Tempat Hang Out Baru di Taman Safari Bogor untuk Menikmati Keindahan Alam

Masjid memang sebenarnya dipakai untuk tempat beribadah kaum muslim. Tetapi karena keelokan dan arsitektur bangunan yang dipunyai, cukup banyak pengunjung yang jadikan Masjid Atta’awun Puncak sebagai alternative wisata. Walau bukan yang khusus, tetapi tempat ini sebelumnya tidak pernah sepi pengunjung, khususnya mereka yang diperjalanan.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *