Bukit Putung, Pemandangan Alam yang Penuh Nilai Sejarah di Karangasem

Bukit Putung, Pemandangan Alam yang Penuh Nilai Sejarah di Karangasem

Diposting pada

Direktori Wisata – Bukit Putung, pemandangan alam yang penuh nilai sejarah di Karangasem. Bukit Putung sebuah tempat wisata yang cukup populer di Bali, khususnya untuk beberapa pelancong yang ingin nikmati keelokan alam.

Bukit Putung, Pemandangan Alam yang Penuh Nilai Sejarah di Karangasem

Bukit Putung ini berada di teritori Karangasem, persisnya di Dusun Duda Timur, Kecamatan Selat, dalam jarak sekitaran 65 km dari Lapangan terbang Ngurah Rai. Seperti yang diketahui, Bali mempunyai berbagai ragam tujuan wisata yang bisa temani waktu berlibur.

Beberapa memang berbentuk pantai, karena Pulau Dewata ini dikenali akan daya tarik pantai yang mempunyai karakter masing-masing. Tetapi anda salah bila memandang Bali cuma mempunyai pantai, karena ada beberapa tempat yang lain bisa dituju.

Tempat wisata yang kita ulas ini kali mempunyai ketinggian sekitaran 1000 mtr. di permukaan laut. Pengunjung bisa nikmati panorama yang mengagumkan di atas bukit. Panorama yang kelihatan disini salah satunya ialah rangkaian bukit eksotik, laut biru, dan panorama perkebunan salak punya masyarakat yang menghijaukan pandangan.

Daya Ambil yang Dipunyai Wisata Bukit Putung Karangasem

Daya Ambil yang Dipunyai Wisata Bukit Putung Karangasem

Untuk capai pucuk Bukit Putung tidak gampang, karena pengunjung harus jalan kaki sekitaran 10-15 menit lewat jalan setapak yang cukup curam. Tetapi kenyataannya, banyak pelancong yang tidak berkeberatan dengan ini. Argumennya pasti karena banyak daya magnet yang hendak diketemukan, berikut salah satunya,

✦ Situasi Alam yang Mempersejuk

Berada di wilayah bukit-bukit, tempat ini tawarkan situasi alam yang menentramkan dan beri kesegaran untuk pengunjungnya. Ini jadi daya magnet Bukit Putung yang tidak bisa diacuhkan, khususnya untuk yang jemu dengan udara panas perkotaan. Khususnya pada pagi hari, udara yang sejuk dan fresh membuat anda merasakan fresh dan siap untuk mengawali kegiatan.

Situasi alam yang sejuk makin berasa dari ada beragam suara alam yang mengagumkan. Sebutlah saja suara angin terhembus, suara air mengucur di sungai, dan suara burung yang berkicau. Semua suara alam ini memberi anda situasi lebih tenang dan damai, jadi tidak bingung bila tempat ini pas jadi media healing.

✦ Sejarah Nama Bukit Putung

Walau tidak begitu penting, tetapi tidak ada kelirunya anda ketahui asal mula dari pemberian nama rekreasi alam ini. Beberapa tentunya bingung, mengapa ada kata Putung yang dengan bahasa Bali bermakna Putus. Nama Bukit Putung diambil sebab ada seorang dukun sakti yang menyumpah semua masyarakat di situ agar tidak mempunyai turunan, alias Putus turunan

Bukan tanpa ada alasan mengapa dukun itu membuat sumpah ini, yakni karena ia merasa dikhianati. Karena kekayaan yang dipunyai, banyak masyarakat yang iri dan ingin mengambilnya. Peristiwa ini menyebabkan si dukun wafat, tetapi awalnya ia sudah membuat sumpah itu. Berkenaan betul atau tidak, yang terang nama ini tetap kedengar unik untuk beberapa orang.

✦ Keelokan Alam Prima

Daya magnet setelah itu mempunyai keelokan alam prima. Umumnya, tempat semacam ini cuma memberi pemandangan bukit-bukit yang hijau, tetapi tidak agar rekreasi ini. Sepanjang anda ada di atas Bukit Putung, panorama yang bisa dilihat salah satunya ialah lautan, bukit-bukit, dan perkebunan masyarakat.

Rangkaian bukit yang berada di sini kelihatan demikian eksotik, siapa pun tentu kagum menyaksikannya. Dari terlalu jauh kelihatan serupa gundukan tanah hijau yang beri kesegaran pandangan. Di lain sisi, lautan dengan warna airnya yang biru menambahkan daya tariknya. Gulungan ombak yang sebetulnya tinggi kelihatan benar-benar kecil dari ketinggian, seperti buih busa yang bergerak ke arah pantai.

Baca juga : Alas Harum Bali, Daya tarik Alam Eksotik Yang Hijau di Gianyar

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Wisata Bukit Putung

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Wisata Bukit Putung

Berkunjung wisata alam seperti Bukit Putung bukan hanya memperoleh pemandangan alam cantik saja. Anda juga dapat memperoleh serunya sepanjang liburan. Ini karena ada beberapa aktivitas yang bisa dilaksanakan, berikut sejumlah salah satunya.

* Nikmati Daya tarik Alam

Tentulah kegiatan menarik seterusnya yakni nikmati semua keelokan yang dipunyai wisata hits ini. Pasti benar-benar sayang jika semua daya tariknya cuma disaksikan sepintas pandang. Udaranya yang sejuk makin menambah aktivitas ini menyenangkan. Nikmati panorama benar-benar baik untuk healing dan beri kesegaran lagi pikiran yang jemu.

* Memburu Spot Photo Panorama Alam

Tidak cuma menikmatinya saja, anda juga harus memburu spot photo sepanjang ada di Bukit Putung. Bagaimana tidak, keelokan yang berada di sini dapat disebutkan prima. Anda dapat memakai rangkaian bukit sebagai background. Juga bisa pilih background birunya air laut atau perkebunan masyarakat, semua ditanggung hasilkan bidikan yang prima.

* Treking Ke arah Pucuk Bukit Putung

Untuk anda yang menyenangi rintangan, kegiatan yang ditanggung menarik ialah treking ke arah rekreasi ini. Pada awal pembukaan barusan disebut jika semua pelancong wajib jalan kaki ke arah pucuk sekitaran 15 menit. Jangan berharap medan yang anda lewati gampang, malah kebalikannya. Selainnya naik, jalan setapak yang perlu dilewati umumnya berbatu.

Tetapi jangan cemas, karena sepanjang perjalanan ke arah Bukit Putung, anda didampingi beragam daya tarik alam. Disamping itu, banyak warung yang jual bermacam minuman dan makanan di tepi jalan. Anda dapat stop sesaat bila haus sekedar untuk cari minum. Untuk yang lapar, tidak ada kelirunya sedikit lama-lama sekalian nikmati sajian yang dibeli.

Baca juga : Lava Tumuli Gunung Batur, Daya tarik Padang Savana yang Penuh Sejarah di Bangli Bali

Harga Ticket Masuk Object Wisata Bukit Putung Karangasem

Harga Ticket Masuk Object Wisata Bukit Putung Karangasem

Walau tawarkan daya tarik alam yang cantik dan komplet, tetapi berkunjung Bukit Putung tidak membutuhkan banyak ongkos. Rekreasi elok ini tidak berlakukan ticket masuk atau cuma-cuma. Namun untuk yang bawa kendaraan motor, persiapkan dana untuk menukar tempat parkir yang disiapkan pengurus dari masyarakat sekitaran.

Retribusi parkir tidak mahal, anda perlu bayar 2.000 rupiah jika bawa sepeda motor. Untuk yang memakai mobil, persiapkan uang sejumlah 5.000 rupiah. Wisata hits ini dibuka tiap hari, silakan tiba kapan pun bila ada waktu luang. Tetapi untuk memperoleh pemandangan alam prima, seharusnya tiba pada pagi hari.

Baca juga : Bali Elephant Camp, Wisata Pembelajaran Favorite untuk Berlibur Keluarga di Badung Bali

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Bukit Putung
Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Bukit Putung

Semua daya magnet yang dipunyai Bukit Putung benar-benar pas jadi tujuan khusus untuk isi berlibur. Untuk temukan tempatwisata di Karangasem ini, anda harus tahu dahulu alamatnya agar lebih gampang menelusurinya. Seperti yang disebut pada pembukaan di atas, tempat ini ada di Dusun Duda Timur, Kecamatan Selat, Kabupaten Karangasem, Bali.

Untuk capai lokasinya, anda dapat mengawali perjalanan dari mana saja. Kira saja sekarang ini anda ada di pusat Karangasem, jalur pertama kali yang harus dituju yakni Pura Penataran Agung Nangka. Seterusnya silakan ke arah Pura Pengungangan Cemara Tebel, lantas ikutinya sepanjang lajur khusus sampai datang di Pasar Dusun Tradisi Komala.

Baca juga : Desa Jatiluwih Bali, Wisata Air Terjun Sampai Sawah Terasering yang Mengagumkan

Mengambil arah kanan dari perempatan, anda sekarang ini ada di Jalan Bhuana Giri. Ikuti jalan khusus sampai datang di Jalan Raya Pakel. Disini, silakan ke arah Jalan Kuncarangiri, lantas ke Jalan Baledan. Jalan yang anda lewati berliku, pastikan masih tetap meng ikuti lajur khusus. Jika anda temukan Pura Taman, karena itu tempat rekreasi telah dekat, ikutinya papan panduan yang ada. Saksikan google maps.

Sarana yang Ada di Teritori Wisata Bukit Putung Karangasem
Sarana yang Ada di Teritori Wisata Bukit Putung Karangasem

Karena tempatnya di pucuk bukit, karena itu sedikit tidak mungkin untuk membuat sarana pendukung. Ditambah, ini bukan tempat wisata sah yang diatur pemerintahan atau faksi tertentu. Salah satu sarana yang berada di pucuk yakni gazebo, itu tidak banyak. Jika anda ingin memakai toilet atau beli makanan, silakan turun di tempat parkir, sarana di situ lumayan komplet.

Baca juga : Krisna Adventure Buleleng, Opsi Tempat Wisata Keluarga Murah Semarak di Bali

Wisata alam tetap jadi opsi untuk beberapa orang untuk isi waktu berlibur. Bukan tanpa argumen, karena ada beberapa faedah ayang didapat, satu diantaranya ialah beri kesegaran pikiran. Bukit Putung adalah lokasi yang bisa anda incar dengan semua daya magnet yang diterangkan di atas. Karena kurang sarana, anda sebaiknya mempersiapkannya sendiri dari rumah.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *