Taman Kertha Gosa, Wisata Pembelajaran Sejarah dan Hukum Tradisi Bali di Klungkung

Taman Kertha Gosa, Wisata Pembelajaran Sejarah dan Hukum Tradisi Bali di Klungkung

Diposting pada

Direktori Wisata – Taman Kertha Gosa, wisata pembelajaran sejarah dan hukum tradisi Bali di Klungkung. Telusuri Taman Kertha Gosa di Klungkung Bali, adalah tujuan wisata pembelajaran yang membuat bertambah pengetahuan mengenai sejarah dan hukum tradisi Bali dengan arsitektur yang mempesona.

Taman Kertha Gosa, Wisata Pembelajaran Sejarah dan Hukum Tradisi Bali di Klungkung

Daya tarik Bali bukan hanya berada pada keelokan pantai, gua, dan air terjun saja. Lebih dari itu, ada banyak yang perlu dijelajahi untuk wisatawan sejati. Kebudayaan yang kaya pantas dikeduk karena selalu menarik.

Taman Kertha Gosa ialah lokasi yang pas bila anda ingin lebih mengenali kebudayaan, hukum, dan tradisi istiadat di Bali. Taman ini termasuk salah satunya cagar budaya dari keraton kerajaan Klungkung, yang mana sekarang ini dijadikan tempat wisata.

Situasi cukup mempersejuk, dengan keadaan teratur rapi. Didalamnya terdapat beragam bangunan yang penuh akan arti. Nilai seni tinggi, ukir-pahatan, dan kemewahan adalah elemen bangunan yang diartikan.

Ida I Dewa Agung Jambe, beliau ialah pemegang kekuasaan pertama dan sekalian jadi inspirator dari pembangunan taman ini.

Berdasar Candra Sengkala berbentuk Cakra, Yuyu, dan Paksi-paksi, taman cantik ini dibuat 1622 tahun Saka atau 1700 Masehi. Walau berkesan individu, tetapi tempat wisata ini dibuka untuk umum tanpa kecuali.

Daya Ambil yang Dipunyai Wisata Taman Kertha Gosa Klungkung

Daya Ambil yang Dipunyai Wisata Taman Kertha Gosa Klungkung

Taman ini mempunyai daya magnet yang tidak anda temui pada object wisata di Bali umumnya. Tempat ini tetap digunakan saat jaman penjajahan penjajahan Belanda. Ada Bale Kambang, Taman Gili, dan Gapura Keraton didalamnya.

✦ Koleksi Prasejarah di Museum Semarapura

Koleksi Prasejarah di Museum Semarapura

Daya magnet Taman Kertha Gosa seterusnya yaitu ada museum yang simpan sejumlah warisan prasejarah. Namanya Museum Semarapura, dibuat di tahun 1942.

Anda bisa menyaksikan koleksi Kerajaan Klungkung, termasuk yang dipakai untuk pengadilan. Bahan batu dan alat tenun ialah sejumlah yang lain yang bisa dilihat.

Bukan hanya itu saja, pelancong bisa menyaksikan warisan senjata yang dipakai Raja Klungkung dan prajuritnya. Anda bisa menyaksikan keris, tombak, pedang, dan tandu yang tetap terbangun secara baik.

Masih di tempat yang masih sama, pengunjung bisa menyaksikan koleksi alat seni seperti gamelan, gong, gendang, dan ada banyak yang lain.

✦ Sebagai Wisata Pembelajaran dan Sejarah

Sebagai Wisata Pembelajaran dan Sejarah

Peranan khusus Taman Kertha Gosa pada periodenya tidak lain sebagai pengadilan Kerajaan Klungkung. Di sini, piranti kerajaan lakukan rapat untuk mengulas keamanan, keadilan, dan kemakmuran masyarakat Klungkung, Bali.

Bangunan dan mebel didalamnya juga tetap terbangun dan terurus secara baik sampai sekarang ini. Di Bale Kertha Gosa, pengunjung bisa menyaksikan 6 bangku yang dipakai untuk pengadilan sama sesuai tradisi masa silam.

Bangku ini dipakai oleh hakim, raja, pendeta, juru tulis, dan sejumlah yang berkaitan. Semuanya bisa anda tonton untuk menambahkan wacana dan pelajari hukum tradisi istiadat masa silam.

✦ Keelokan Arsitektur Penuh Arti

Keelokan Arsitektur Penuh Arti

Tidak bisa di sangkal jika daya magnet khusus wisata ini ialah dari bangunan arsitektur yang cantik. Bukan hanya cantik tentu saja, tetapi penuh akan arti.

Di sini, anda bisa melihat bagaimana susunan Bale Kertha Gosa dan Bale Kambang sebagai bangunan intinya.

Ke-2 nya mempunyai ciri-ciri unik dan kental dengan arsitektur ciri khas Bali. Bale Kertha Gosa contohnya, yang mana adalah bangunan khusus di Taman Kertha Gosa Klungkung. Bangunan ini bisa digolongkan sebagai paviliun terbuka yang sisi atapnya dihias alang-alang.

Didalamnya ada lukisan Wayang Suci atau Wayang Puncak. Lukisan ini mengambarkan hukum dan tradisi istiadat yang sekarang ini tetap digenggam masyarakat sekitaran.

Lukisan itu dibikin benar-benar cantik, memakai style ciri khas Bali dengan warna ceria. Masing-masing bermakna filosofi yang dalam.

Sejumlah lukisan bercerita cerita epik mitologi Hindu yang mengajari kehidupan. Untuk Bale kambang, bangunan ini berdiri di atas sungai yang tenang dan dihias bunga teratai.

✦ Susana Asri dan Alami

Susana Asri dan Alami

Susana tenang dan asri adalah daya magnet wisata Taman Kertha Gosa seterusnya yang penting anda kenali. Di sini masih terdapat banyak pohon-pohonan perdu yang melingkari tiap pojok lokasi.

Warna hijau juga didapat, tidak cuma dari pohon-pohonan, tetapi dari tanaman hias yang berbunga elok bermekaran. Bale Kambang yang termasuk sisi dari taman ini berdiri di atas danau yang lumayan luas.

Airnya yang tenang tanpa arus benar-benar memberikan kesan-kesan makin alam. Keasrian makin berasa, yang mana permukaan air kelihatan hijau beri kesegaran. Danau ini dihias tanaman teratai dengan bunga ciri khas warna ungu yang elok.

Baca juga : Museum Subak, Melihat Koleksi dan Belajar Irigasi Tradisionil Bali di Tabanan

Kegiatan Wisata yang Menarik Dilaksanakan di Taman Kertha Gosa

Kegiatan Wisata yang Menarik Dilaksanakan di Taman Kertha Gosa

Taman Kertha Gosa ialah object wisata yang tawarkan keelokan dan nilai sejarah masa silam. Tentunya ada beragam kegiatan bagus yang bisa dilaksanakan di sini. Apa yang diartikan? Berikut pembahasan komplet yang bisa kami berikan, silakan dibaca.

* Koleksi Photo dan Video

Koleksi Photo dan Video

Keelokan alam dan beragam arsitektur unik tidak cuma hiasannya tentu saja. Anda bisa memakainya sebagai lokasi untuk koleksi video dan foto.

Taman Kertha Gosa Klungkung ini pas jadi background untuk hasilkan bidikan terbaik. Danau yang luas misalnya, atau juga bisa bangunan khusus berbentuk Bale Kertha Gosa dan Bale Kambang.

* Berkeliling-keliling Taman Nikmati Situasi Asri

Berkeliling-keliling Taman Nikmati Situasi Asri

Walau bukan object wisata alam, tetapi keelokan di Taman Kertha Gosa bisa disamakan pantai atau pegunungan. Alamnya yang cantik dan asri pas jadi media healing untuk melepaskan capek.

Anda bisa berkeliling-keliling taman nikmati angin segar dan asri. Juga bisa sekalian duduk rileks di bale atau kursi yang disiapkan, ditanggung sangat menarik.

* Belajar Sejarah dan Hukum Tradisi Bali di Taman Kertha Gosa

Belajar Sejarah dan Hukum Tradisi Bali di Taman Kertha Gosa

Karena termasuk wisata pembelajaran dan sejarah, Taman Kertha Gosa di Klungkung ini bisa jadi fasilitas evaluasi. Anda bisa pelajari bagaimana hukum tradisi yang berjalan pada periodenya.

Semuanya bisa didalami lewat lukisan dan pahatan yang berada di Bale Kertha Gosa. Juga bisa menanyakan secara langsung pada petugas agar lebih terang gampang pahaminya.

Baca juga : Istana Tampaksiring, Tujuan Wisata yang Penuh Nilai Sejarah di Gianyar Bali

Harga Ticket Masuk dan Jam Operasional Wisata Taman Kertha Gosa Klungkung

Harga Ticket Masuk dan Jam Operasional Wisata Taman Kertha Gosa Klungkung

Sebagai object wisata alternative, Taman Kertha Gosa Klungkung tidak menetapkan harga tinggi agar pelancong yang ingin bertandang. Cukup siapkan 15.000 rupiah untuk pelancong lokal dewasa, dan beberapa anak 10.000 rupiah.

Wisatawan asing sedikit tambah mahal, harga ticket masuknya sejumlah 50.000 untuk dewasa dan 25.000 untuk beberapa anak. Beda hal bila anda ingin memakai taman ini sebagai lokasi pre wedding atau pembikinan film.

Untuk photo saat sebelum pernikahan itu, pengunjung lokal harus bayar 300.000, dan wisatawan asing 500.000 rupiah. Pemutaran film 2.000.000, selanjutnya untuk kebutuhan pendidikan sejumlah 250.000 rupiah.

Baca juga : Bali Countryside Sidemen, Nikmati Pemandangan dengan Bentangan Sawah Yang Hijau

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Wisata Taman Kertha Gosa
Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Wisata Taman Kertha Gosa

Teritori wisata Taman Kertha Gosa dibuat di lokasi yang vital karena termasuk pusat pemerintah Kerajaan Klungkung, Bali. Bila anda pergi dari Denpasar memang lumayan jauh, jaraknya sekitaran 40 km.

Dengan kecepatan kendaraan normal, waktu itu bisa dilakukan sepanjang 1 jam 15 menit bila keadaan jalan lancar. Tetapi bila pergi dari pusat perkotaan Klungkung atau Alun-alun Ida I Dewa Agung Jambe, waktu yang diperlukan cuma beberapa saat saja. Saksikan google maps.

Ini karena jarak yang perlu dilakukan sekitaran 200 mtr.. Lokasinya tidak jauh dari kantor Kabupaten Klungkung. Alamat selengkapnya di Jalan Kenanga Semarapura Kelod, Klungkung, Klungkung, Bali.

Baca juga : Bali Elephant Camp, Wisata Pembelajaran Favorite untuk Berlibur Keluarga di Badung Bali

Sarana yang Ada di Teritori Wisata Taman Kertha Gosa Klungkung
Sarana yang Ada di Teritori Wisata Taman Kertha Gosa Klungkung

Agar pelancong semakin nyaman waktu bertandang, wisata Taman Kertha Gosa diperlengkapi beragam sarana pendukung. Anda bisa memakai tempat parkir yang lega, toilet yang sangat nyaman, dan warung yang jual minuman dan makanan.

Di tempat taman terdapat banyak pendopo dan bale kecil yang bisa dipakai untuk santai atau rekreasi enteng.

Sampai disini apa yang bisa kami berikan berkenaan salah satunya object wisata di Bali. Bukan hanya simpan pantai elok yang eksotik, Pulau Dewata ini tetap simpan beragam wisata yang pantas didatangi.

Baca juga : T Garden (Little Bali), Taman Wisata Memiliki nuansa Pulau Dewata di Deli Serdang

Taman Kertha Gosa misalnya, anda bisa nikmati alam cantik, belajar sejarah, dan kagum pada arsitekturnya.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *