Air Terjun Yeh Hoo, Air Terjun Menarik dengan Budaya dan Adat Subak di Tabanan

Air Terjun Yeh Hoo, Air Terjun Menarik dengan Budaya dan Adat Subak di Tabanan

Diposting pada

Direktori Wisata – Air Terjun Yeh Hoo, air terjun menarik dengan budaya dan adat subak di Tabanan. Air Terjun Yeh Hoo di Tabanan ialah air terjun menarik yang populer dengan keelokan alamnya dan kaya budaya dan adat Subak yang disebut mekanisme irigasi tradisionil Bali.

Air Terjun Yeh Hoo, Air Terjun Menarik dengan Budaya dan Adat Subak di Tabanan

Air Terjun Yeh Hoo yang ada di Tabanan benar-benar pas didatangi untuk yang hoby berpetualang. Karena dikitari oleh fenomena alam yang menarik, seakan menyihir tiap pengunjung dengan daya tariknya yang tidak ada tara. Hingga tempat ini sebelumnya tidak pernah sepi pengunjung, walau ada saatnya tidak begitu ramai. Pelancong yang tiba cukup berbagai ragam, dimulai dari dewasa sampai beberapa anak.

Wisata hits di Tabanan ini pas didatangi semua kelompok karena aksesnya yang gampang. Tidak sama air terjun yang lain umumnya mempunyai medan susah. Di sini, tiap jalan yang dilewati nyaris semua beraspal atau dicor. Disamping itu, jarak dari tempat parkir ke arah wisata juga tidak begitu jauh. Tidak memerlukan begitu banyak waktu, dan usaha tentu saja.

Situasi yang asri dan alami adalah salah satunya daya magnetnya. Di tengah-tengah jumlahnya wisata alam yang terdapat terlibat manusia, di sini malah kebalikannya. Tempatnya ada di tengah rimba yang nyaris tidak tersentuh manusia. Meskipun begitu, sebetulnya masyarakat sekitaran telah manfaatkan kehadiran air terjun ini lumayan lama.

Daya Ambil yang Dipunyai Wisata Air Terjun Yeh Hoo Tabanan

Daya Ambil yang Dipunyai Wisata Air Terjun Yeh Hoo Tabanan

Wisata alam tetap jadi favorite pelancong yang ingin habiskan waktu berliburnya. Air Terjun Yeh Hoo ialah satu diantaranya, yang mana lumayan banyak pecintanya walau Bali lebih dikenali akan pantainya. Bukan tanpa ada alasan, ini karena sejumlah daya magnet yang dipunyai, berikut pembahasan secara lengkap.

✦ Budaya dan Adat Subak

Budaya dan Adat Subak

Adat Subak jadi daya magnet Air Terjun Yeh Hoo di Tabanan ini seterusnya yang tidak bisa diacuhkan. Subak ialah sebuah mekanisme irigasi tradisionil yang utama di Bali. Lebih dari sekedar mekanisme pertanian, Subak mempunyai nilai budaya dan adat yang dalam untuk warga di tempat. Ini bukan hanya mengenai pengendalian air untuk kepentingan pertanian.

Disamping itu, ada pula mengenai filosofi, keyakinan, dan kebersama-samaan yang dimasukkan di kehidupan setiap hari. Filosofinya didasari pada ide Tri Hita Karana yang memvisualisasikan kesetimbangan dan serasi di antara tiga elemen. Ke-3  elemen yang diartikan yaitu manusia, alam, dan Tuhan.

Bahkan juga karena sangat antiknya, UNESCO mengaku adat ini sebagai peninggalan budaya Bali. Sebagai pelancong, anda memanglah tidak bisa langsung menyaksikan adatnya. Masalahnya cuma di saat tertentu saja adat ini diadakan. Tetapi jika anda untung, karena itu dapat menjadi bisa melihat kekhasan dan bagaimana mekanisme pengairan yang unik itu.

✦ Situasi Asri dan Alami

Situasi Asri dan Alami

Daya magnet Air Terjun Yeh Hoo selanjutnya yaitu dari situasi yang asri dan alami. Terselinap di jantung rimba yang hijau dan asri, wisata alam ini janjikan kenyamanan dan kesegaran alam yang hebat. Walau tidak begitu ramai, tetapi rupanya ini jadi hal yang memikat untuk beberapa pelancong. Mereka yang ingin rasakan kenyamanan lebih pilihnya.

Bukan hanya saat di teritori khusus, keasrian alam bisa dirasa semenjak pertama kalinya memijakkan kaki di tempat parkir. Banyak pohon-pohonan perdu yang tumbuh subur disekitaran wisata. Akses jalan yang anda lewati juga tidak lepas dari keteduhan karena dipayungi pohon-pohonan. Udaranya demikian sejuk, benar-benar sehatkan untuk siapa pun yang tiba.

✦ Keelokan Air Terjun Yeh Hoo

Keelokan Air Terjun Yeh Hoo

Tidak begitu tinggi seperti air terjun umumnya. Air terjun ini cuma memilki ketinggian sekitaran 8 mtr.. Tetapi masalah keelokan mungkin belum pasti diketemukan di tempat lain. Airnya mengucur benar-benar deras, usai dalam suatu kolam yang luas dan menarik, prima untuk berenang dan bermain air.

Air Terjun Yeh Hoo Tabanan dihias bebatuan dari beragam ukuran, hingga membuat panorama makin eksotik. Batu ini ibarat sebuah bendungan alami, batasi di antara kolam dengan saluran air. Pengunjung bisa menjadikan sebagai injakan untuk santai. Seringkali mereka memakai batu itu untuk berfoto dan ambil gambar atau foto.

Airnya demikian jernih, membuat siapa pun ingin bermain dan rasakan kesegarannya. Kejernihan airnya membuat pengunjung kagum dan mengundang untuk mandi atau berenang. Batu tebing sebagai batas saluran air mempunyai goresan alami yang menjadikan makin eksotik. Beberapa tertutup oleh rimbunnya semak di wisata Tabanan ini.

Baca juga : Desa Jatiluwih Bali, Wisata Air Terjun Sampai Sawah Terasering yang Mengagumkan

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Wisata Air Terjun Yeh Hoo

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Wisata Air Terjun Yeh Hoo

Wisata alam tetap jadi opsi, termasuk berbentuk air terjun. Argumennya simpel, karena banyak daya magnet yang dijajakan. Disamping itu, ada pula sejumlah kegiatan bagus yang bisa dilaksanakan. Sepanjang ada di wisata alam ini, berikut daftar aktivitas yang bisa anda kerjakan.

* Berenang di Kolam Air Terjun Yeh Hoo

Berenang di Kolam Air Terjun Yeh Hoo

Bila nikmati keelokan alam masih tidak cukup hebat, tidak ada kelirunya coba berenang atau bermain air. Airnya yang jernih memikat siapa pun untuk coba kesegarannya. Tetapi ingat, anda harus memastikan untuk jaga norma sepanjang melakukan aktivitas. Masalahnya air terjun cantik ini termasuk salah satunya yang keramat menurut masyarakat di tempat.

* Memburu Spot Photo

Memburu Spot Photo

Kegiatan di Air Terjun Yeh Hoo Tabanan seterusnya yaitu memburu spot photo. Sebetulnya bukan hanya di sini saja, tetapi aktivitas ini wajib dilaksanakan saat berkunjung object wisata. Ditambah ini kali, karena banyak spot yang bisa jadi object photo. Contohnya keelokan dan eksotisme air terjun tersebut, yang mana berhias tumbuhan dan bebatuan alami.

* Melihat Daya tarik Air Terjun

Melihat Daya tarik Air Terjun

Keelokan Air Terjun Yeh Hoo Tabanan ini belum pasti didapat pada tempat lain, walau mempunyai ide wisata yang masih sama. Kondisi ini jangan diacuhkan demikian saja, maknanya benar-benar pantas dicicipi. Anda bisa santai di pinggir kolam atau di tempat lega sekalian nikmati semua keelokannya. Situasinya juga demikian tenang, dan benar-benar asri.

Baca juga : Air Terjun Leke-Leke, Daya tarik Air Terjun Eksotik Yang Cantik di Tabanan

Harga Ticket Masuk dan Jam Operasional Wisata Air Terjun Yeh Hoo Tabanan

Harga Ticket Masuk dan Jam Operasional Wisata Air Terjun Yeh Hoo Tabanan

Untuk nikmati semua keelokan, kekhasan, dan daya magnet air terjun elok di Bali ini, anda perlu mempersiapkan ongkos. Tetapi tenang, tidak begitu mahal bila dibanding apa yang didapat. Satu pelancong cuma ditanggung biaya sejumlah 15.000 rupiah untuk masuk Desa Wisata Jatiluwih, selanjutnya ditambah dengan biaya yang lain.

Adapun tambahan harga ticket masuk Air Terjun Yeh Hoo di Tabanan ini sejumlah 5.000 rupiah untuk dewasa, dan beberapa anak sejumlah 4.000 rupiah. Rekreasi alam ini bebas didatangi siapa pun, termasuk pelancong asing. Mereka wajib bayar ticket sejumlah 10.000 rupiah untuk dewasa. Dan untuk beberapa anak tambah murah, yaitu 5.000 rupiah.

Baca juga : Air Terjun Singsing Buleleng, Datangkan Wisata Alam Cantik yang Beri kesegaran

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Wisata Air Terjun Yeh Hoo
Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Wisata Air Terjun Yeh Hoo

Air Terjun Yeh Hoo ada di lereng Gunung Batukaru dengan ketinggian sekitaran 1000 Mdpl. Walau kelihatan susah untuk mencapainya, tetapi sebetulnya tidak begitu. Akses jalan telah baik sekali, dibuat dari aspal dan beton. Bahkan juga saat lewat jalan terjal, ada tangga yang diperlengkapi pegangan agar semakin aman.

Jika pergi dari pusat perkotaan, waktu yang diperlukan sekitaran 1 jam lebih. Ini karena jarak yang perlu dilakukan sepanjang 40 km. Object wisata alam di Bali cuma dapat diraih kendaraan individu atau lewat perjalanan travel, menambah sentuhan eksklusivitas pada penjelajahan Anda. Untuk transportasi umum, sejumlah titik tidak ada, namun ada ojek disekitaran rekreasi. Saksikan google maps.

Air Terjun Yeh Hoo, sebuah permata terselinap, berada di Dusun Senganan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali. Dari pusat perkotaan, silakan ke arah Jalan Manikyang, selanjutnya ke Jalan Meliling, dan Jalan Raya Jegu Penebel. Teruskan perjalanan ke arah Jalan Raya Buruan, Jalan Raya Babahan, dan Jalan Raya Senganan sampai datang pada tempat parkir.

Sarana yang Ada di Teritori Wisata Air Terjun Yeh Hoo Tabanan
Sarana yang Ada di Teritori Wisata Air Terjun Yeh Hoo Tabanan

Memanglah tidak ada sarana apapun itu saat anda ada di air terjun. Sarana cuma didapat saat di permukiman masyarakat, termasuk tempat parkir. Toilet dan kamar tukar ada juga di sini, keadaannya cukup terurus. Jika lapar, silakan tiba ke warung yang jual bermacam minuman dan makanan.

Baca juga : Museum Subak, Melihat Koleksi dan Belajar Irigasi Tradisionil Bali di Tabanan

Keelokan alamnya yang mengagumkan, angin segar rimba yang mempersejuk, dan kegiatan yang dapat dilaksanakan membuat tempat ini menjadi satu diantara tujuan favorite di Bali. Air Terjun Yeh Hoo ialah tujuan wisata alam yang tawarkan pengalaman yang tidak akan terlupakan untuk tiap pengunjung yang tiba.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *