Monumen Bom Bali, Tujuan Wisata Monumental di Kuta

Monumen Bom Bali, Tujuan Wisata Monumental di Kuta

Diposting pada

Direktori Wisata – Monumen Bom Bali, tujuan wisata monumental di Kuta. Monumen Bom Bali di Kuta perkuat kedatangan sejarah yang istimewa, mengingati akan kegetiran ironis sekalian tawarkan refleksi mengenai perlawanan dan ketahanan.

Monumen Bom Bali, Tujuan Wisata Monumental di Kuta

Salah satunya kejadian menyedihkan yang berada di Kabupaten Badung ialah bencana bom Bali. Kejadian itu hilangkan 202 nyawa tidak berdosa melayang-layang saat itu juga.

Tidaklah aneh bila pemerintahan di tempat pada akhirnya membangun sebuah bangunan yang dikenali Monumen Bom Bali. Maksudnya tidak lain untuk kenang kembali korban yang wafat dari beragam negara.

Selainnya korban wafat, cerita pilu itu menyebabkan beberapa ratus orang cedera dan sejumlah bangunan yang terdapat disekelilingnya remuk luluh amburadul. Tentu saja pantas direnungkan bagaimana awalnya dari sebuah pertimbangan bisa menyebabkan kerusakan yang fatal. Bahkan juga makan korban jiwa seperti musibah alam.

Lepas dari peristiwa itu, monumen yang dibuat untuk kenang kembali korban dan sekalian mengingati tanggal peristiwa ini rupanya memikat buat dibahas.

Sekarang ini, bangunan itu bahkan juga menjadi satu diantara tujuan wisata untuk wisatawan yang tiba, khususnya wisatawan luar negeri.

Daya Ambil Wisata yang Dipunyai Monumen Bom Bali

Daya Ambil Wisata yang Dipunyai Monumen Bom Bali

Dikenali bernama Monumen Bom Bali, rupanya bangunan itu mempunyai nama asli Monumen Panca Benua. Beda hal wisatawan asing lebih mengenalinya dengan Monumen Ground Zero. Apapun itu namanya, kenyataannya banyak daya magnet yang membuat pelancong selalu singgah.

✦ Tempatnya Vital

Tempatnya Vital

Daya magnet Monumen Ground Zero selanjutnya ada pada lokasinya yang vital. Berada di persilangan jalan yang selalu padat kendaraan, pasti tidak susah temukannya. Ada juga pengunjung yang awalannya sekedar hanya melalui, tetapi singgah karena menyaksikan panorama yang tidak biasa ini.

Banyak sarana umum yang ada disekitaran monumen, salah satunya swalayan, café, bar, dan restoran. Ini jadikan pelancong lebih gampang mendatanginya, walaupun tidak ada niat sama sekalipun. Apalagi tempatnya tidak jauh dari Pantai Kuta, cuma 5 menit perjalanan memakai kendaraan motor.

✦ Bangunan Istimewa Monumen Bom Bali

Bangunan Istimewa Monumen Bom Bali

Terlihat dari terlalu jauh bangunan monumen istimewa ini kelihatan terang. Dengan design ciri khas Bali, monumen itu dihias miniatur supertree di sisi kiri dan kanannya. Ada pula air mancur kecil yang melengkapi dari segi keelokan. Lingkaran kecil sebagai batasan monumen diperlengkapi tanaman hijau dalam pot.

Susunan keramik dengan wara bervariatif jadi latar belakang khusus yang berdiri di ke-2  segi bangunan. Sepintas terlihat seperti sebuah buku yang terbuka, tetapi pasti ada pemahaman lain dari yang menyaksikannya. Bangunan istimewa itu kelihatan selalu rapi dan tidak ada peralihan sedikit juga semenjak pertama kalinya disahkan di tempat wisata Bali ini.

✦ Ada Daftar Nama Korban Bencana Bom Bali

Ada Daftar Nama Korban Bencana Bom Bali

Monumen Bom Bali diperuntukkan untuk kenang kembali korban bencana yang terjadi pada 12 Oktober 2002 . Maka seharusnya bila ada daftar nama korban yang berada di monumen itu. Dengan background hitam yang dibuat dari marmer, beberapa nama korban dicatat memakai tinta emas.

Menariknya, tiap nama korban diperlengkapi negara aslinya . Maka pengunjung dapat menyaksikan secara jelas berapakah jumlah korban dari setiap negara. Cukup banyak pelancong asing yang berlomba capai garis depan agar semakin terang menyaksikan nama yang terpajang di plakat itu.

Baca juga : Pantai Sanur, Pantai Menarik dan Spot Memburu Sunrise di Denpasar Bali

Kegiatan Wisata yang Menarik Dilaksanakan di Monumen Bom Bali

Kegiatan Wisata yang Menarik Dilaksanakan di Monumen Bom Bali

Cuma perlu waktu setahun membuat Monumen Bom Bali, persisnya awal tahun 2003 dan usai di tahun 2004. Pengesahan dilaksanakan oleh Bupati Badung yang waktu itu sedang memegang. Walaupun kelihatan bukan sebuah tujuan wisata, tetapi banyak kegiatan yang dapat dilaksanakan.

* Jalan-Jalan di Sekitaran Monumen

Jalan-Jalan di Sekitaran Monumen

Lokasi Monumen Bom Bali yang vital memungkinkannya banyak kegiatan yang lain bisa dilaksanakan, tujuannya yang tidak ada hubungan dengan bangunan yang simpan sejarah itu.

Dari sisi kanan dan kiri adalah jalan raya yang ramai kendaraan. Di samping jalan ada beberapa toko yang jual beragam jenis souvenir ciri khas Bali.

* Berdoa untuk Korban Bom Bali

Berdoa untuk Korban Bom Bali

Sesudah usai nikmati kekhasan dan keelokan Monumen Bom Bali, silakan berdoa untuk korban wafat karena bencana bom Bali.

Kegiatan ini tidak wajib, tetapi tidak ada kelirunya bila doakan korban sesuai agama dan keyakinan masing-masing. Kira saja sebagai kebersamaan antara sama-sama umat manusia.

Apalagi saat anda tiba ke lokasi dan membaca daftar nama korban, kemungkinan rasa duka dan empati mendadak ada. Bukan tanpa argumen, bila kenang kembali bencana menyedihkan itu, situasi menakutkan dan menakutkan pasti tidak dapat dipikirkan.

* Nikmati Megahnya Bangunan Monumen Bom Bali

Nikmati Megahnya Bangunan Monumen Bom Bali

Bangunan yang dari jarak jauh kelihatan istimewa ini sayang untuk dilewati. Pengunjung yang tiba tidak berhenti-hentinya melingkari lokasi untuk nikmati keelokan setiap seginya. Beberapa jalan melingkari monumen, beberapa kembali melihat daftar nama korban dari beragam negara.

Walaupun bangunannya tidak begitu luas, namun masih tetap menarik karena design nya yang termasuk unik. Di muka monumen, persisnya di muka plakat daftar nama korban, ada sebuah air mancur mini berwujud lingkaran.

Ada di belakang air mancur ada batas tembok dengan tinggi lutut orang dewasa yang dikitari tanaman yang tumbuh dalam pot.

* Wisata Kulineran

Wisata Kulineran

Tidak cuma berbelanja souvenir atau oleh-olehan saja yang dapat dilaksanakan di Monumen Bom Bali. Banyak juga warung atau restoran yang sediakan beragam jenis kulineran nikmat. Untuk kaum muslim semestinya lebih selective dan menanyakan dahulu berkenaan bahan yang dipakai untuk membikin masakan yang diartikan.

Masalahnya beberapa rumah makan yang membuat makanan berbahan non halal. Lumrah saja sebetulnya, karena tiap wilayah di Bali dikuasai oleh non-muslim. Umumnya, ada rumah makan yang khusus untuk tipe makanan halal. Umumnya ada papan yang tertulis halal di dalam rumah makan yang diartikan.

* Photo untuk Mendokumentasikan Peristiwa

 Photo untuk Mendokumentasikan Peristiwa

Apapun itu tujuan tujuan wisata anda, kegiatan yang wajib dilaksanakan ialah mendokumentasikan nya. Memanglah tidak ada keelokan alam disekelilingnya, tetapi anda dapat jadikan Monumen Bom Bali sebagai latar belakang khusus. Juga bisa berfoto di samping air terjun mini dengan masih tetap jadikan monumen sebagai background.

Bila belum senang, silakan mendokumentasikan peristiwa di lokasi sekelilingnya. Lantas lalang kendaraan dan bangunan pub dan bar mungkin dapat menjadi content untuk sosial media.

Banyak wisatawan asing dan masyarakat sekitaran yang jalan kaki, anda dapat menunjukkan ke dunia jika monumen itu selalu ramai dan bisa jadi object wisata alternative di Bali.

* Berbelanja Oleh-olehan

Berbelanja Oleh-olehan

Sama seperti yang disebutkan awalnya, kegiatan yang dapat dilaksanakan di Monumen Bom Bali tidak cuma yang terkait dengan bangunan itu. Berbelanja oleh-olehan adalah misalnya. Jumlahnya toko souvenir dan makanan ciri khas yang terdapat disekitaran lokasi membuat semua pelancong selalu ingin bawa oleh-oleh.

Umumnya, tipe oleh-olehan yang diputuskan beberapa berbentuk souvenir. Agak banyak diketemukan kerajinan tangan di dekat lokasi wisata ini.

Ada pula pakaian ciri khas pantai yang sering jadi sasaran khusus pelancong, khususnya pelancong asing. Harga memang cukup, menjadi persiapkan bujet lebih bila anda punya niat bawa pulang oleh-olehan.

Baca juga : Museum Subak, Melihat Koleksi dan Belajar Irigasi Tradisionil Bali di Tabanan

Harga Ticket Masuk Wisata dan Jam Operasional Monumen Bom Bali

Harga Ticket Masuk Wisata dan Jam Operasional Monumen Bom Bali

Lokasinya yang ada di jalan raya tidak mewajibkan pengunjung yang tiba bayar ticket masuk. Kira saja Monumen Bom Bali gratis tanpa ada ticket masuk.

Meskipun begitu, anda harus parkir kendaraan dan memerlukan ongkos untuk hal tersebut. Harga bergantung dari di mana anda parkir kendaraan, tetapi rerata untuk motor dikenai 5.000, dan mobil sejumlah 10.000 rupiah.

Object wisata di Bali ini dibuka tiap hari sepanjang 24 jam, menjadi silakan tiba kapan saja anda ingin. Kalaulah tidak ada gagasan bertandang, tetapi anda lagi ada di dekat lokasi, tidak ada kelirunya singgah sesaat kenang kembali bencana yang sekarang ini tetap menyedihkan.

Baca juga : Istana Tampaksiring, Tujuan Wisata yang Penuh Nilai Sejarah di Gianyar Bali

Alamat Wisata dan Jalur Ke arah Lokasi Monumen Bom Bali
Alamat Wisata dan Jalur Ke arah Lokasi Monumen Bom Bali

Walaupun tidak susah temukannya, minimal anda ketahui di mana lokasi sama persis Monumen Bom Bali. Sebetulnya bangunan ini tempati alamat bangunan awalnya, yaitu Paddy’s Pub yang menjadi satu diantara korban bangunan paling kronis.

Paddy’s Pub berada di Jalan Legian Kaja Nomor 38, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Bali, di sanalah lokasi monumen ada. Atau dapat saksikan google maps.

Jarak menempuh bila anda tiba dari Lapangan terbang Internasional I Gusti Ngurah Rai sekitaran 15 km. Jarak itu rerata habiskan waktu sekitaran 30 menit perjalanan memakai kendaraan motor. Dan bila tiba dari Denpasar, waktu yang diperlukan sedikit semakin lama, sekitaran 45 menit lama waktunya.

Baca juga : Taman Nusa Bali, Museum dengan Tiruan Rumah Tradisi dari Beragam Suku Indonesia

Sarana Wisata yang Ada di Monumen Bom Bali
Sarana Wisata yang Ada di Monumen Bom Bali

Monumen Bom Bali berada di lokasi yang vital hingga banyak sarana umum yang dijumpai, walaupun sebetulnya bukan sarana asli dari monumen itu.

Warung atau rumah makan yang terdapat disekitaran lokasi jadi sarana pertama kali yang gampang anda jumpai. Ada pula beragam toko souvenir atau oleh-olehan ciri khas Bali yang terdapat di sisi kiri, kanan, dan depan bangunan.

Untuk yang ingin terlihat sedikit eksklusif dan berkualitas, ada jejeran café yang dapat diputuskan seperti keinginan. Pub atau bar ada juga, umumnya dibuka mendekati malam hari.

Untuk toilet, silakan pakai sarana yang berada di warung atau toko di sepanjang lokasi rekreasi. Kurang jumlah pemondokan yang menyebar di sejumlah titik, silakan tentukan bila anda ingin menginap.

Baca juga : Bali Countryside Sidemen, Nikmati Pemandangan dengan Bentangan Sawah Yang Hijau

Walaupun simpan sejarah gelap, kenyataannya Monumen Bom Bali jadi tujuan wisata yang alternative yang pantas didatangi. Bukan karena hanya keelokan bangunan, tetapi membuat rasa ingin tahu untuk pelancong yang tidak pernah bertandang. Sedikit tambahan informasi, Monumen Ground Zero sudah tercatat sebagai object wisata di web sah kabupaten Badung.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *