Ketep Pass, Nikmati Keelokan Alam Gunung Kembar di Magelang

Ketep Pass, Nikmati Keelokan Alam Gunung Kembar di Magelang

Diposting pada

Direktori Wisata – Ketep Pass, nikmati keelokan alam gunung kembar di Magelang. Ketep Pass adalah salah satunya tempat wisata alam terkenal di Magelang yang sebelumnya tidak pernah sepi pengunjung.

Daya tarik keelokan 5 pucuk gunung, yakni Merapi, Sindoro, Sumbing, Slamet dan Gunung Merbabu. Tempat wisata alam jadi tujuan yang banyak dicari saat berlibur datang.

Pasalnya secara bertandang ke alam, semua capek dari kegiatan setiap hari dapat dilalaikan sesaat. Di Magelang, terdapat tempat rekreasi alam kece yang pantas Anda datangi yakni Ketep Pass.

Ingin tahu dengan keunggulan dan daya magnet dari rekreasi alam Magelang ini? Yok baca penjelasannya ini.

Daya Ambil yang Dipunyai Ketep Pass Magelang

Ketep Pass ialah sebuah tempat wisata alam di wilayah Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa tengah. Tempat wisata itu sudah disahkan semenjak tanggal 17 Oktober 2002, dan diputuskan sebagai tujuan rekreasi lajur SSB atau Solo-Selo-Borobudur. Di saat itu, yang resmikan Ketep Pass ialah Presiden RI yang ke 5, yakni Megawati Soekarnoputri.

Dikitari oleh gunung gunung, memang membuat Kabupaten Magelang memiliki lumayan banyak rekreasi alam mengagumkan termasuk dengan Ketep Pass ini. Dari tempat rekreasi ini dengan ketinggian 1.200 mdpl, Anda bisa menyaksikan Kabupaten dan kota Magelang. Di sini Anda pun bisa menyaksikan secara jelas panorama cantik dari gunung gunung yang menghampar.

Tempat wisata ini berada di atas pucuk Bukit Sawangan, menjadi di atas sini Anda dapat menyaksikan keelokan Gunung Merapi dan Merbabu yang membubung tinggi melawan langit biru. Hijaunya deskripsi Gunung Merbabu, dan cantiknya asap yang mengepul keluar dari Gunung Merapi ialah panorama mahal yang tidak dapat selalu Anda peroleh tiap hari.

Karena jumlahnya pengunjung yang menyengaja tiba untuk menyaksikan keelokan ke-2  gunung itu, di sini bahkan juga Anda dapat temukan penyewaan teropong. Sewa teropong cuma dibandrol harga sejumlah rupiah saja, benar-benar murah dan meriah. Anda dapat memakainya untuk kagum pada keelokan alam di tempat sepanjang lebih kurang 1 jam.

Bahkan juga Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Magelang sebelumnya sempat mengatakan jika Ketep Pass adalah panorama terbaik yang berada di Magelang. Tidaklah aneh, jika tempat satu ini terdaftar sanggup bawa jumlah pengunjung capai 340 ribu orang /tahunnya.

Baca juga : Silancur Highland, Tujuan Wisata Alam yang Hits di Magelang

Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Ketep Pass

Ketep Pass dapat disebut tempat wisata terintegrasi, karena banyak kegiatan menarik yang dapat Anda kerjakan di sini bersama kelompok. Tempat rekreasi alam yang cantik ini benar-benar pas sekali didatangi bersama beberapa anak, karena banyak aktivitas pembelajaran didalamnya. Berikut sejumlah aktivitas yang dapat Anda kerjakan waktu bertandang.

✦ Menyaksikan Keelokan Sekitaran secara Teropong

Salah satunya aktivitas bagus yang ditawari oleh Ketep Pass, yakni menyaksikan keelokan alam sekitaran lebih dekat sama memakai teropong. Di mana teropong yang berada di wilayah ini banyaknya ada 2 buah. Dan masing-masing ditempatkan di pucuk Panca Arga dan Gardu Pandang. Sama seperti yang telah disebut, Anda perlu bayar cukup 5 ribu rupiah untuk menikmatinya.

Dengan teropong beberapa pengunjung dapat memakainya untuk menyaksikan secara jelas keelokan pemandangan dari Gunung Merbabu, Gunung Merapi, dan gunung gunung yang lain yang mengelilingi Ketep Pass. Gardu Pandang yang terdapat pada tempat ini berbentuk 2 buah gazebo, yang masing-masing mempunyai bentuk segi panjang dan bangunan sisi delapan.

Sementara itu pucuk Panca Arga adalah lokasi paling tinggi yang berada di tempat wisata ini. Panca Arga itu memiliki makna yakni lima gunung, karena dari pucuk ini beberapa pengunjung dapat menyaksikan 5 gunung tinggi yang elok yakni Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Sumbing, Gunung Slamet, dan Gunung Sindoro.

✦ Melihat Sejarah Merapi

Tidak stop di situ, sesudah senang nikmati keelokan alam yang terdapat disekitaran. Anda dapat menambahkan wacana secara bertandang ke Museum Vulkanologi yang berada di Ketep Pass itu. Museum ini memiliki luas lebih kurang 550 mtr. persegi. Dalam Museum Vulkanologi, berdiri secara gagah miniatur Gunung Merapi yang serupa dengan aslinya.

Museum itu memang bisa disebut rumah dari Gunung Merapi, yang simpan sejarah dan sejuta keelokan. Gunung Merapi memang mempunyai sejarah dan narasi mistik yang hebat untuk didalami. Banyak gambar gambar sejarah dari Gunung Merapi yang dapat Anda saksikan bergantung elok pada dinding dinding museum Vulkanologi ini.

✦ Menyaksikan Mini Bioskop

Bahkan juga bukan hanya dari Museum Vulkanologi saja, ada pula bioskop mini di Ketep Volcano Theatre dengan kemampuan tempat duduk yang sanggup memuat sekitar 78 orang. Pada bioskop itu, Anda dapat temukan film berbentuk sejarah Gunung Merapi, yang telah dibarengi kejadian terciptanya gunung itu, lajur pendakiannya, dan ada banyak yang lain.

Ada pula riset yang sudah dilakukan di pucuk garuda, beragam letusan hebat yang dulu pernah terjadi dari Gunung Merapi, dan beragam kejadian penting yang lain dari gunung itu yang disimpulkan dalam film dengan durasi waktu lebih kurang 25 menit. Ini benar-benar pas dipakai sebagai media pembelajaran yang interaktif untuk beberapa anak.

✦ Nikmati Kulineran Sedap

Jika sudah berputar-putar putar di lokasi rekreasi, sambil menanti matahari tenggelam Anda dapat bertandang ke restaurantnya. Tawarkan menu lebih komplet dari sekedar jagung bakar, di restaurant Ketep Pass Anda dapat temukan banyak makanan sedap pada harga dapat dijangkau yang mengunggah hasrat. Restaurant itu ada di atas ketep volcano theater.

Restaurant yang terdapat dibuat dinding kaca, hingga benar-benar pas untuk melahap sajian sambil nikmati cantiknya pemandangan kaki Gunung Merbabu dan Gunung Merapi. Sesudah rasa lapar lenyap, Anda dapat menunggu matahari tenggelam di tempat wisata ini. Pasalnya panorama sunset di Ketep Pass menjadi satu diantara daya magnet yang banyak dicari oleh pengunjung.

✦ Nikmati Jagung Bakar

Sambil nikmati panorama alam yang asri yang berada di Ketep Pass, Anda dapat sekalian nikmati kulineran jagung bakar. Jagung bakar ini menjadi satu diantara kulineran khusus yang banyak ditawarkan di tempat rekreasi. Harga yang dijajakan pasti benar-benar dapat dijangkau, Anda bisa nikmati jagung bakar dan satu gelas kopi hangat di gubuk simpel.

Baca juga : Svargabumi Borobudur, Spot Photo Modern Berdasar Candi Borobudur di Magelang

Harga Ticket Masuk Rekreasi Ketep Pass Magelang

Bertandang ke arah tempat ini menjadi berlibur yang semarak, karena tempat wisata ini tawarkan harga ticket masuk yang relatif dapat dijangkau. Untuk ticket masuk untuk masyarakat di tempat atau pelancong lokal, akan dikenai ongkos lebih kurang 10.500 rupiah di hari senin sampai sabtu. Sementara hari minggu dan liburan nasional akan dikenai biaya sekitaran 12.500 per-orang.

Biaya itu tidak berlaku agar pelancong luar negeri, sebab ada ongkos tertentu. Agar pelancong yang di luar negeri, masuk ke dalam Ketep Pass harus mengambil kantong sebesar lebih kurang 50 ribu per-orangnya di hari senin sampai sabtu. Dan hari minggu dan liburan nasional dibandrol harga 60 ribu, yang telah termasuk semua sarana dan free softdrink.

Biaya dengan harga 10.500 atau 12.500 agar pelancong lokal sendiri, belum termasuk dengan ongkos masuk ke Ketep Volcano Theatre dan sarana teropong. Untuk ticket masuk Ketep Volcano Theatre dibandrol dengan harga 9 ribu rupiah per-orangnya. Dan ticket sarana teropong cuma dijajakan harga 5 ribu rupiah saja.

Ongkos ongkos itu dapat mendapatkan pengurangan, jika Anda bertandang dengan kelompok minimum 30 orang. Adapun potongan harga yang didapatkan umumnya sekitaran 10 %, dan berlaku untuk yang ingin masuk ke dalam tempat Ketep Volcano Theatre dan tempat museum. Dan ongkos parkirnya sendiri bergantung tipe kendaraan yang Anda membawa.

Baca juga : Nepal Van Java, Desa Wisata Hits dengan Pemandangan Alam Mempesona di Magelang

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Rekreasi Ketep Pass

Tempat wisata alam ini berada di lajur khusus Solo-Selo-Borobudur. Jaraknya dari Borobudur sendiri yakni sekitaran 30 km, dan kurang lebih dari 35 km dari pusat perkotaan Magelang dan 30 km jika dari Boyolali. Langkah ke arah tujuan itu tidak susah dan gampang, karena tempatnya yang ada di lajur khusus.

Lebih persisnya, tempat wisata Ketep Pass berada di Jalan Ketep, Ketep Cocok, Ketep, Sawangan, Magelang, Jawa tengah. Tempat rekreasi alam itu ada di tengah tengah di antara Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Anda dapat meraih lokasi itu dari sejumlah diantaranya Kecamatan Mungkid, Dusun Blabak, Kecamatan Pakis, Boyolali, Salatiga, Jogja, dan Getasan.

Baca juga : Desa Wisata Candirejo, Tujuan Unik Memiliki nuansa Tradisionil dan Alamnya Menarik di Magelang

Cukup dengan meng ikuti peta digital, dan memperhatikan papan pertanda di kanan dan kiri jalan. Karena itu Anda bisa temukan lokasi dari tempat rekreasi itu. Tempat ini pun tidak jauh dari Jogja, Anda cuma memakan waktu sekitaran 60 menit perjalanan saja jika berkendaraan dari Wilayah Spesial Yogyakarta. Saksikan google maps.

Pemondokan Murah di Sekitaran Lokasi Ketep Pass

Untuk Anda yang di luar wilayah Magelang tidak butuh cemas, karena disekitaran teritori rekreasi ada lumayan banyak pemondokan dengan ongkos dapat dijangkau yang tawarkan sarana mencukupi. Sejumlah salah satunya yakni Oyo 908 Taman Rekreasi Kopeng, yang memiliki jarak lebih kurang 11,6 km dari Ketep Pass dan Hotel Kayu Manis yang memiliki jarak 12,7 km.

Ada pula D’Kaliurang Resor dan Convention, Satriafi Hotel, HS Pensions Kaliurang, dan Hotel Wijaya 2 yang memiliki jarak tidak lebih dari 15 km dari tempat wisata alam ini. Dengan demikian Anda dapat nikmati sunrise yang berada di Ketep Pass on time, dan bisa juga senang bermain sepanjang hari di situ tanpa perlu cemas kemalaman.

Baca juga : 10 Hotel Murah Dekat Candi Borobudur Magelang yang Nyaman

Sarana Wisata yang Ada di Ketep Pass Magelang

Sarana komplet disiapkan oleh Ketep Pass untuk menganakemaskan beberapa pengunjung yang tiba. Dimulai dari toilet yang bersih, di mana telah ada di beberapa pelosok tempat rekreasi. Hingga Anda tidak butuh berbaris di satu tempat jika ingin ke kamar kecil. Tempat sampah juga ada di beberapa pelosok, menjadi Anda dapat sekalian jaga kelestarian alam.

Ada juga masjid yang siap siaga untuk dipakai untuk tempat sholat, untuk Anda yang beragama muslim. Warung warung kecil yang menawarkan jagung bakar dan cemilan yang lain ada juga, jika Anda tidak mau konsumsi makanan berat yang dijajakan restaurant di lokasi rekreasi alam. Tak lupa tempat parkir mencukupi, yang sanggup memuat lumayan banyak kendaraan.

Baca juga : Air Terjun Sumuran, Daya tarik Alam Terselinap Yang Eksotik di Magelang

Dengan beragam keunggulan dan sarana yang ditawari oleh Ketep Pass, patut saja rekreasi ini disukai oleh beberapa orang. Siswa dari beragam wilayah dan warga umum banyak juga yang tiba kesini, untuk studi tur atau lawatan karena jumlahnya wacana yang dapat didapatkan.[]