Air Terjun Sumuran, Daya tarik Alam Terselinap Yang Eksotik di Magelang

Air Terjun Sumuran, Daya tarik Alam Terselinap Yang Eksotik di Magelang

Diposting pada

Direktori Wisata – Air Terjun Sumuran, daya tarik alam terselinap yang eksotik di Magelang. Tempat wisata yang berada di Indonesia menyebar di beberapa daerah.

Tiap tempat wisata mempunyai daya magnet tertentu hingga pelancong lokal sampai luar negeri ingin tahu untuk mendatanginya. Magelang memiliki tempat wisata alam yang cantik dan mempesona yaitu Air Terjun Sumuran.

Tempat wisata terpopuler di Magelang memang Candi Borobudur. Tetapi sebetulnya ada banyak tempat wisata yang lain di Magelang yang sangat menarik dari candi itu dan recommended untuk didatangi, satu diantaranya ialah air terjun yang diberi nama Sumuran ini.

Daya tarik air terjun disitu tidak kalah cantiknya sama air terjun yang lain yang ada di beberapa daerah. Perbedaannya hanya lokasi air terjun yang berkesan terselinap hingga sedikit pelancong yang mengenali nama air terjun di wilayah Magelang itu. Walau demikian, daya tarik keelokan air terjun tidak menyebalkan tiap pengunjung.

Daya Ambil yang Dipunyai Air Terjun Sumuran Magelang

✦ Karakter yang Berlainan dengan Air Terjun Yang lain

Bila disaksikan sepintas, sebagian besar air terjun terlihat sama keduanya. Walau sebenarnya, realitanya tiap air terjun memiliki karakter masing-masing. Seperti Air Terjun Sumuran dengan tinggi 40 mtr. dan berada pada ketinggian lebih kurang 1.100 mdpl. Tempatnya pas pada bagian lereng dari Gunung Telomoyo.

Di tempat bawah lokasi air terjun terdapat dua buah kolam yang bisa digunakan pelancong untuk berenang. Tepian kolamnya ada patung yang bisa pancarkan air dimulai dari kolam atas ke kolam bawah. Kolam atas dapat dipakai untuk kelompok orang dewasa dan kolam bawah dipakai untuk kelompok beberapa anak.

✦ Saluran Air Terjun Bukan Mengambil sumber dari Sungai

Bila umumnya saluran air terjun sumbernya ialah dari sungai, karena itu air terjun ini sumbernya ialah dari mata air memiliki ukuran besar yang lokasinya berada di atas kehadiran air terjun. Mata air itu memiliki bentuk bundar dan terlihat seperti sumur yang memiliki kedalaman lebih kurang 20 mtr..

Keadaan air di Air Terjun Sumuran demikian jernih hingga warga di tempat memakainya untuk beragam keperluan dalam setiap hari. Disamping itu, airnya dipakai untuk sumber pengairan untuk sawah. Menariknya, mata airnya sebelumnya tidak pernah habis karena selalu mengucur di selama setahun dan selalu jernih di tempat wisata Magelang ini.

✦ Asal Saran Nama yang Menarik

Pada awalnya, nama air terjun yang berada di Magelang ini tambah dikenali ‘Air Terjun Seloprojo’. Pada tahun 1987, Bapak Solikhin yang di saat itu adalah seorang Bupati Magelang, merencanakan ingin membuat air terjun itu sebagai salah satunya tujuan wisata Magelang ini.

Nama air terjun Seloprojo selanjutnya ditukar oleh Bapak Solikhin jadi air terjun Sumuran. Selanjutnya nama baru yang dibikin oleh Bapak Solikhin disepakati oleh seluruh pihak. Sampai pada akhirnya dibuatlah beberapa sarana. Sampai tahun 2022 ini telah dilaksanakan 2x pembangunan dan perbaikan supaya teritori wisata makin elok.

Baca juga : Svargabumi Borobudur, Spot Photo Modern Berdasar Candi Borobudur di Magelang

Aktivitas Wisata yang Menarik Dilaksanakan di Air Terjun Sumuran

* Menuai Sayur atau Beli Sayur

Yang memikat pada Air Terjun hits ini ialah pelancong dapat menuai sayur sendiri atau beli sayur dari beberapa petani saat arah jalan pulang. Sayur tersebut fresh karena petani memetiknya sendiri langsung. Sayur yang diartikan ialah tanaman palawija yang terbentang di sepanjangnya jalan arah pulang.

* Hiking Ke arah Air Terjun Sumuran

Lokasi air terjun ada di desa yang cukup terselinap dan cukup tinggi di teritori dusun Seloprojo hingga pelancong diwajibkan hiking ke arah air terjun. Walaupun berasa meletihkan, tetapi panorama sepanjang hiking lebih kurang 10 menit ke arah Air Terjun Sumuran tidak menjemukan.

* Hunting Photo

Saat hiking ke arah lokasi air terjun atau sampai di teritori air terjun, panorama alamnya menjadi latar belakang photo yang memikat. Apalagi di bawah air terjun ada lubang sedalam 30 mtr. yang memiliki bentuk serupa sumur dan jadi asal mula pemberian nama air terjun itu.

Baca juga : Coban Sewu, Daya tarik Air Terjun Cantik yang Penuh Dogma di Jawa Timur

Harga Ticket Masuk Air Terjun Sumuran Magelang

Agar dapat nikmati panorama air terjun yang berada di Magelang itu, pelancong perlu mempersiapkan bujet Rp 5.000 untuk ticket masuk per-orang. Tempat lokasi pemasaran ticket masuk ada di tempat tempat parkir, 10 menit saat sebelum sampai di lokasi air terjun. Untuk pengendara motor yang boncengan dua orang bayar Rp 10.000, Rp 2.000 untuk parkir.

Air Terjun Sumuran membuka untuk umum tiap hari start pukul 06.30 s/d jam 17.00 WIB. Harga ticket masuk bisa jadi berbeda setiap saat khususnya saat hari liburan nasional hingga seharusnya pelancong cari tahu harga ticket masuk terkini secara up-date lewat internet atau mengontak CS yang tercantum pada internet.

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Air Terjun Sumuran

Lokasi Air Terjun Sumuran ada di Kabupaten Magelang persisnya di Kecamatan Ngablak, Jawa tengah. Pelancong yang ingin bertandang ke lokasi dapat memakai kendaraan beroda 2 atau beroda 4. Karena jalur jalannya yang turun naik, karena itu dianjurkan agar pelancong yang memakai kendaraan beroda 2 supaya tidak memakai kendaraan tipe matic.

Pelancong yang pergi dari Magelang dapat belok ke kanan saat telah tiba di pertigaan Grabag. Kemudian, bila sudah ada di Dusun Pagergunung dapat mengikuti papan panduan ke arah lokasi yang ada di kiri jalan. Sepanjang perjalanan pelancong akan dimanja panorama gunung, rimba pinus, dan sawah.

Dalam pada itu, pelancong yang pergi dari Salatiga atau Kopeng dapat meng ikuti panduan jalan ke arah Magelang. Selanjutnya meng ikuti panduan jalan ke Desa Dalangan. Dari desa itu dapat meneruskan perjalanan ke Grabag dan meng ikuti papan panduan jalan ke arah lokasi kehadiran air terjun.

Baca juga : 10 Hotel Murah Dekat Candi Borobudur Magelang yang Nyaman

Setelah tiba pada tempat parkir Air Terjun Sumuran, pelancong harus jalan kaki lebih kurang 10 menit melalui jalanan setapak. Walaupun meletihkan, tetapi sepanjangnya jalan ke air terjun, panorama disekelilingnya seakan membuat rasa capek pelancong berasa lenyap. Perjalanan yang dilakukan akan melalui perkebunan hortikultura dan rimba pinus. Saksikan google maps.

Sarana Wisata yang Ada di Teritori Air Terjun Sumuran Magelang

Berkaitan sarana, telah ada sejumlah papan panduan jalan ke arah lokasi hingga pelancong tidak butuh takut akan tersesat. Sesampai di lokasi, terdapat tempat pemasaran ticket masuk yang ada tidak jauh dari tempat parkir.

Di teritori Air Terjun Sumuran ada banyak gazebo yang dapat dipakai untuk istirahat sesudah hiking sepanjang 10 menit. Selainnya gazebo, ada juga kolam yang dibuat di bawah lokasi air terjun agar pelancong yang ingin berenang.

Pelancong yang merasa lapar dan haus tidak butuh cemas karena disitu ada banyak warung makanan yang menyajikan olahan ikan dan beragam macam minuman atau makanan. Masjid dan toilet ada disitu.

Baca juga : Nepal Van Java, Desa Wisata Hits dengan Pemandangan Alam Mempesona di Magelang

Air Terjun Sumuran dapat menjadi satu diantara tujuan rekreasi opsi untuk pelancong yang ingin nikmati panorama alam di tempat Magelang. Yang penting disiapkan ialah keadaan kendaraan dan badan yang bugar saat sebelum pergi ke arah lokasi.[]