Bukit Barede, Tempat Terbaik Melihat Keelokan Candi Borobudur di Magelang

Bukit Barede, Tempat Terbaik Melihat Keelokan Candi Borobudur di Magelang

Diposting pada

Direktori Wisata – Bukit Barede, tempat terbaik melihat keelokan Candi Borobudur di Magelang. Bukit Barede Magelang, adalah tujuan wisata alam yang tawarkan panorama mengagumkan Candi Borobudur dari jarak dekat dengan situasi yang menentramkan.

Menyaksikan keagungan Candi Borobudur dari ketinggian bisa dilaksanakan ada di pucuk Bukit Barede. Bukit itu berada di Pegunungan Menoreh dan kabarnya dipakai untuk tempat tatap muka pasukan sepanjang Perang Jawa yang dipegang oleh Pangeran Diponegoro.

Nama Barede adalah kependekan dari Bubare Perang Gedhe, yang mengarah pada akhirnya perang besar. Semenjak waktu itu, bukit ini dikenali nama Barede. Wisata alam ini tampilkan pemandangan ciri khas pegunungan dengan background pohon-pohonan hijau yang lebat, membuat skema bukit yang tidak begitu tinggi.

Dalam jarak lebih kurang 2 km dari Candi Borobudur, wisata hits ini mempunyai keelokan tertentu. Panorama mencakup tempat pegunungan dan daratan rendah yang mempesona. Disamping itu, wisata alam ini jadi tempat memikat buat melihat peristiwa matahari keluar di Magelang.

Daya Ambil yang Dipunyai Bukit Barede Magelang

Tujuan rekresi di Magelang ini terkenal karena film AADC 2 yang memakai latar beberapa spot photo wisata di situ. Mengenal keutamaan peristiwa yang bernilai itu, pengurus tempat wisata ini selanjutnya membuat dengan cermat hingga jadi tujuan wisata yang memikat buat berswafoto dan nikmati keelokan alam.

* Panorama Candi Borobudur

Kelebihan Bukit Barede Magelang berada pada panorama mengagumkan yang menunjukkan keagungan Candi Borobudur dari terlalu jauh. Dengan kawasannya yang bersisihan dengan candi, bukit ini jadi lokasi yang memikat buat nikmati pemandangan candi Buddha paling besar di dunia itu.

Ada beragam rumah pentas atau gazebo, dan beberapa kursi kayu yang bisa dipakai untuk duduk rileks nikmati panorama alam. Untuk capai pucuk bukit di teritori taman wisata Borobudur ini, dibutuhkan perjalanan trackking sepanjang sekitaran 15 menit lewat jalan setapak yang sudah baik dan gampang dilewati.

* Gardu Pandang

Pengurus object wisata menyengaja membuat gardu pandang sebagai sarana untuk pengunjung yang ingin nikmati panorama alam yang menentramkan. Ide rekreasi karena ada gardu pandang sekarang ini cukup terkenal di beberapa tempat.

Dari gardu pandang, umumnya beberapa pelancong bisa dengan bebas memperhatikan keelokan alam sekitaran dari ketinggian tidak ada rintangan. Disamping itu, gardu pandang bisa dipakai untuk tempat berpose atau lakukan swafoto supaya pengunjung bisa mendokumentasikan masa lalu mereka di wisata alam itu.

* Panorama Sunrise yang Cantik

Untuk nikmati panorama matahari keluar yang mempesona, sering dibutuhkan perjalanan pendakian gunung sepanjang beberapa jam dan bermalam pada udara pegunungan yang dingin. Penyiapan mental dan fisik yang masak jadi kunci penting pada kondisi semacam ini.

Tetapi, pengalaman nikmati keelokan matahari keluar di Bukit Barede Kabupaten Magelang Jawa tengah berlainan. Wisata alam ini populer di penjuru dunia karena keelokannya, khususnya saat matahari keluar. Bukan sesuatu hal yang mengejutkan jika banyak pelancong luar negeri atau lokal yang berkunjung teritori ini.

Untuk melihat matahari keluar yang populer ini dengan prima, pengunjung perlu ada di titik pandang di atas bukit cantik ini saat sebelum jam 04.00 WIB, saat sebelum matahari keluar. Pilih spot yang vital untuk mendokumentasikan keelokan matahari keluar di atas bukit yang menarik ini.

Baca juga : Silancur Highland, Tujuan Wisata Alam yang Hits di Magelang

Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Bukit Barede

Di Bukit Barede Magelang, terdapat bermacam kegiatan bagus yang bisa dicicipi. Selainnya aktivitas yang biasa dilaksanakan di atas bukit yang lain, di sini pengunjung dapat rasakan kesenangan yang tidak ada tara.

✦ Melihat Keelokan Candi Borobudur

Bukit Barede bukan hanya tawarkan pengalaman nikmati sunrise yang fantastis, tapi juga tawarkan pengalaman fantastis dengan panorama mengagumkan Candi Borobudur dari terlalu jauh. Dalam jarak yang cuma 2 km, wisata menarik ini jadi lokasi yang benar-benar direferensikan untuk nikmati keelokan candi itu dari ketinggian.

Dengan duduk rileks di gazebo atau tempat duduk kayu yang disiapkan, pengunjung bisa ambil waktu untuk menyerap keelokan dan daya tarik Candi Borobudur yang terbentang di muka mata. Situasi yang tenang dan alam yang memesona jadikan pengalaman ini makin spesial dan mengagumkan untuk tiap pengunjung yang tiba ke wisata alam ini.

✦ Melihat Pelepasan Lampion

Perayaan Waisak di Indonesia fokus di Candi Borobudur. Acara ini jadi atraksi yang ditunggukan oleh pelancong tiap tahunnya. Pengunjung yang datang sering menunggu peristiwa pelepasan lampion pada larut malam dan padati tempat sekitaran Candi Borobudur.

Bila pengunjung tidak memperoleh tempat duduk karena keramaian, pengunjung dapat ke Bukit Barede. Walaupun bukan acara khusus, menyaksikan lentera terbang di langit malam dengan background Candi Borobudur yang istimewa memberi pengalaman magic dan berasa seakan ada pada dunia angan-angan yang cantik.

✦ Memburu Spot Photo

Cari spot photo di wisata alam ini jadi aktivitas terkenal antara pengunjung. Bukit yang hits di Magelang ini pas sebagai background photo yang cantik. Dengan background pegunungan yang hijau dan skema bukit yang memikat, pengunjung bisa menelusuri tempat ini untuk temukan spot photo yang memikat.

Baca juga : Svargabumi Borobudur, Spot Photo Modern Berdasar Candi Borobudur di Magelang

✦ Nikmati Kopi

Di wisata hits ini, pengunjung akan temukan warung kopi yang sudah dibangun oleh warga lokal. Ada warung kopi dengan pemandangan pegunungan ini diharap pengunjung dapat nikmati kopi di bukit sekalian nikmati panorama yang mengagumkan.

Harga Ticket Masuk Wisata Alam Bukit Barede Magelang

Ada biaya administrasi yang berjalan untuk pengunjung yang ingin nikmati keelokan tempat ini. Untuk wisatawan lokal, biaya administrasi yang perlu dikeluarkan ialah sejumlah Rp5.000. Dan untuk wisatawan asing, biaya administrasi yang dikenai sedikit semakin tinggi, yakni sejumlah Rp30.000.

Selainnya biaya administrasi, ada juga biaya parkir yang perlu dibayar oleh pengunjung yang bawa kendaraan. Untuk kendaraan motor, ongkos parkir yang dikenai sejumlah Rp2.000. Dalam pada itu, kendaraan beroda 4 dikenakan biaya parkir sejumlah Rp5.000.

Baca juga : Desa Wisata Candirejo, Tujuan Unik Memiliki nuansa Tradisionil dan Alamnya Menarik di Magelang

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Bukit Barede

Bukit cantik ini berada di Desa Sendaren Dua, Dusun Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa tengah. Cuma memiliki jarak sekitaran 2 km dari Candi Borobudur. Dalam pada itu, jarak wisata alam ini dari Air Terjun Kedung Kayang Magelang ialah sekitaran 33 km yang bisa dilakukan dalam kurun waktu sekitaran 58 menit.

Karena tempatnya yang dekat sama Candi Borobudur dan cuma memiliki jarak 2 km, pengunjung bisa arahkan perjalanan dari pusat perkotaan ke arah barat ke arah Purworejo. Setelah tiba di persilangan Bangsongan, tujukan kendaraan ke kiri ke arah SD Ringin Putih. Selanjutnya, mengambil jalan arah ke kanan dan terus meng ikuti jalan itu.

Baca juga : 10 Hotel Murah Dekat Candi Borobudur Magelang yang Nyaman

Sesudah capai Gardu Selamat Tiba di Dusun Karangrejo, terus lempeng meng ikuti jalan yang terdapat sampai capai persilangan dan mengambil tikungan ke kiri. Setelah tiba di situ, pengunjung akan temukan tempat parkir untuk wisata alam ini. Saksikan google maps.

Sarana Wisata yang Ada di Bukit Barede Magelang

Pengunjung yang ingin berkunjung tempat wisata alam di Magelang ini tidak butuh merasa cemas mengenai sarana yang disiapkan. Pengurus sudah mempersiapkan beragam sarana pendukung yang meliputi tempat parkir, gazebo, warung makan, gardu pandang, kamar mandi, spot photo, dan tempat duduk.

Baca juga : Nepal Van Java, Desa Wisata Hits dengan Pemandangan Alam Mempesona di Magelang

Bukit Barede adalah tujuan wisata keluarga yang perlu didatangi saat ada di teritori Magelang atau Borobudur. Disamping itu, benar-benar dianjurkan untuk beberapa pelancong yang ingin hilangkan kepenatan dari kehidupan perkotaan dan kegiatan rutin tugas untuk berkunjung wisata alam ini.[]