Candi Borobudur, Candi Buddha Paling besar di Dunia Favorite Pelancong

Candi Borobudur, Candi Buddha Paling besar di Dunia Favorite Pelancong

Diposting pada

Direktori Wisata – Candi Borobudur, candi Buddha paling besar di dunia favorite pelancong. Candi Borobudur adalah candi Buddha paling besar dan termasuk peninggalan budaya dunia dianggap UNESCO. Wisata candi terkenal yang sanggup menarik perhatian pelancong luar negeri.

Candi Borobudur adalah salah satunya tujuan bertaraf internasional yang berada di Indonesia. Tiap tahun, wisata Magelang ini sanggup menarik sampai juta-an orang. Pengunjungnya tidak cuma pelancong yang dari daerah Indonesia, tetapi pelancong luar negeri yang dari beragam penjuru dunia.

Candi yang dibuat bada era kesembilan ini, dibuat 2 juta balok yang tersusun secara rapi dan kuat. Mempunyai relief yang panjangnya capai 6 km yang terbagi dalam 2672 panel relief. Relief ini bercerita 4 buah cerita khusus dan merekam kondisi warga Jawa pada periode tersebut.

Borobudur adalah candi paling besar di dunia sekalian salah satunya monumen paling besar di dunia. Candi ini mempunyai 72 buah stupa dengan bentuk lonceng yang berada di atas bangunannya. Stupa-stupa ini melingkari sebuah stupa paling besar yang berada di pucuk candi.

Daya Ambil Wisata yang Dipunyai Candi Borobudur Magelang

✦ Pusat Beribadah Umat Buddha di Indonesia

Borobudur adalah pusat beribadah untuk pengikut Buddha di Indonesia. Karena itu, pengunjung yang tiba di hari hari beribadah umat Buddha bisa menyaksikan ritus yang sudah dilakukan di candi ini. Candi akan ramai di hari besar terutama pada tiap perayaan waisak.

Waisak jatuh pada tiap bulan Mei atau Juni bila tahun kabisat. Waisak adalah peringatan kelahiran, kematian dan saat Siddharta Gautama memperleh kebijakan paling tinggi jadi Buddha Shakyamuni.

Upacara dilaksanakan saat bulan purnama penuh secara terpusat pada 3 buah candi yakni Mendut, Pawon dan Borobudur. Hari waisak jadi peristiwa berkumpulnya pengikut Buddha dari semua Indonesia.

✦ Narasi di Relief Candi Borobudur

Relief pada dinding candi Borobudur rupanya sebuah cerita. Relief ini terdiri jadi empat cerita khusus yang disebut perjalanan dari si Buddha. Bila Anda ingin ketahui ceritanya dapat meng ikuti relief sama sesuai arah jarum jam.

Pembacaan relief dengan sama arah jarum jam akan membuat pelancong mengawali dan akhiri pada bagian timur candi. Ini memperlihatkan jika gerbang khusus menghadap ke arah timur seperti candi Buddha umumnya.

✦ Arsitektur yang Istimewa dan Kaya Arti

Borobudur mempunyai terbagi dalam 10 tingkat. Jenjang ini terdiri dari 6 tingkat yang berwujud bujur sangkar, bentuk lingkaran sekitar 3 tingkat dan sebuah pucuk dengan stupa khusus. Setiap ada banyak stupa.

Sepuluh tingkat di candi ini bermakna perjalanan lewat sepuluh tingkat Bodhisattva yang perlu dilewati untuk capai kesempurnaan jadi Buddha. Sebuah kepercayaan yang ada pada filsafat Buddha. Stupa khusus di pucuk candi menyimbolkan kesempurnaan.

Bila disaksikan di atas, susunan yang berada di candi Borobudur membuat mandala yang memvisualisasikan kosmologi Buddha dan langkah manusia berpikir.

Terdapat empat pintu gerbang di empat segi candi dan tangga yang bertingkat yang kesemuaannya membuat piramida. Dalam filosofi Buddha, ini memvisualisasikan semua kehidupan yang dari batu sampai alami reinkarnasi dan usai dengan kembalinya jiwa ke nirwana. Tiap proses ini berada di relief yang terdapat pada dinding.

Candi ini mempunyai ketinggian keseluruhan 42 mtr.. Batu-batuan yang diatur jadi bangunan yang utuh ini terhubung tanpa memakai perekat atau semen. Batu-batuan ini terhubung sesuai skema yang ditumpuk.

✦ Kebun Binatang

Di teritori candi ada safari gajah. Pelancong yang tiba bisa nikmati pertunjukan gajah yang diselenggarakan khusus untuk melipur pengunjung. Lokasi pertunjukan tidak jauh dari teritori khusus candi hingga tidak susah untuk diketemukan.

✦ Raih Banyak Penghargaan

Keelokan dan kekhasan candi elok ini membuat beberapa faksi tertarik. Salah satunya gelar yang dipunyai dan banyak diketahui warga ialah Peninggalan Budaya Dunia (World Heritage Site) dari UNESCO.

Selainnya dikenali sebagai candi paling besar di dunia, Candi Borobudur kenyataannya raih banyak penghargaan seperti penghargaan teritori wisata bebas rokok dari SEATCA di tahu 2018, penghargaan sebagai candi paling besar di dunia menurut Guinnes World Record pada tahun 2012. Dan PATA Gold Awards pada tahun 2011 untuk kelompok Heritage.

Baca juga : Svargabumi Borobudur, Spot Photo Modern Berdasar Candi Borobudur di Magelang

Kegiatan Wisata yang Menarik Dilaksanakan di Candi Borobudur

  • Melingkari Kompleks Candi

Tempat candi Borobudur benar-benar luas. Dengan tinggi keseluruhan 42 mtr., Anda memakan waktu untuk menyaksikan keseluruhnya sisi dengan detil. Anda bisa berputar-putar melingkari teritori candi sekalian menyaksikan stupa yang terdapat.

  • Nikmati Sunrise

Nikmati sunrise dari candi Borobudur akan mendatangkan pengalaman baru yang hebat. Sinar matahari pagi disaksikan dari ketinggian candi dengan latar kehijauan dari pohon-pohonan dan bukit bukit, dan kabut-kabut tipis yang menghiasi udara, adalah kombinasi keren yang jangan dilewati demikian saja.

Kesempatan kali ini sudah diambil oleh beberapa orang. Pengurus Borobudur memang buka peluang untuk pengunjung yang ingin nikmati matahari keluar dari daerah candi. Dengan ticket dengan harga Rp 325.000 untuk orng dewasa dan Rp 162.500 untuk beberapa anak, pelancong telah bisa masuk teritori candi start pukul 04.30.

Tidak itu saja, Anda akan memperoleh makanan ringan dan air minum. Ticket untuk menyaksikan sunrise ini dapat didapat di Manohara Hotel . Maka bagus sekali untuk Anda peroleh.

  • Menyaksikan Relief Dari Dekat

Relief yang penuhi dinding-dinding candi menjadi hal yang jangan dilewati. Tidak cuma untuk disaksikan sepintas tetapi diketahui cerita dibaliknya dan arti dari tiap guratan yang terdapat. Relief ini adalah pahatan cerita yang terjadi pada periode saat sebelum Anda terlahir di dunia, karena itu akan menggembirakan bila dipelajari.

Anda sudah pasti akan memerlukan tur guide untuk menerangkan arti dari tiap-tiap pahatan yang terdapat pada dinding candi. Mustahil Anda cuma memercayakan naluri untuk ketahui sejarah yang terpatri bagus itu.

  • Jogging di Tempat Candi

Pada sebuah jadwal tahunan, teritori candi Borobudur masuk jadi daerah yang dilalui pelari marathon. Bila Anda, belum mempunyai peluang untuk meng ikuti jadwal itu, mungkin Anda bisa melakukan saat bertandang dengan individu ke website ini.

Anda harus memastikan untuk sudah kantongi ijin dan menanyakan lebih dulu berkenaan jalur yang ingin Anda lewati. Mungkin ada banyak lokasi yang harus terbangun karena masuk daerah pelestarian.

  • Berpose Riang

Berpose menjadi aktivitas yang jangan dilewati. Apalagi peluang mengs mempersiapkan alat diunjung teritori yang disebut salah satunya fenomena dunia sebagai kebanggaan bangsa. Pasti, Anda harukumentasi terbaik supaya gambar yang diambil jadi prima.

Situasi candi ini juga benar-benar memberikan dukungan untuk ambil gambar. Banyak lokasi yang bisa Anda gunakan untuk spot photo. Lingkungan yang hijau jadi daya magnet tertentu untuk ambil gambar. Lebih-lebih lagi bila Anda berpeluang untuk tiba saat matahari keluar di candi istimewa ini.

  • Safari Gajah

Pengurus sediakan safari gajah dan pertunjukan gajah sebagai selingan untuk pengunjung. Bila di candi Prambanan pengunjung akan menyaksikan rusa-rusa yang berkeliaran, di Borobudur pelancong akan berjumpa dengan gajah-gajah yang aktif dan menarik.

  • Naik sepeda

Teritori candi yang luas bisa Anda gunakan untuk lakukan aktivitas naik sepeda. Anda bisa naik sepeda melingkari taman dengan sepeda yang disiapkan oleh pengurus. Saat sebelum lakukan aktivitas ini, Anda harus pastikan daerah mana yang bisa dan jangan untuk dilalui.

  • Terlibat perbincangan Dengan Native Speaker

Pengunjung Candi Borobudur bukan hanya pelancong lokal, tetapi pelancong luar negeri. Peluang berjumpa sama orang luar negeri bisa Anda gunakan bila Anda sedang belajar bahasa asing.

Dengan berjumpa pengucap asli, Anda dapat belajar lebih detil berkenaan logat dan langkah berbicara. Selainnya menambahkan kemampuan menggunakan bahasa, Anda sekalian mendapatkan kenalan baru untuk memperluas rekanan di wisata Magelang ini.

Baca juga : Candi Prambanan, Candi Istimewa dan Paling besar di Asia Tenggara yang Menjadi legenda

Alamat, Jalur Lokasi dan Ticket Masuk Wisata Candi Borobudur

Borobudur berada di Kabupaten Magelang, Jawa tengah. Memiliki jarak sekitaran 40 km dari kota Yogyakarta. Beralamat di Jalan Badrawati, Kecamatan Borobudur.

Bila Anda memakai pesawat dan turun di lapangan terbang Adi Sutjipto Yogyakarta, setelah tiba dari lapangan terbang Anda bisa memakai shuttle bis ke arah Candi Borobudur. Bis akan mengantar Anda sampai depan pintu masuk tanpa turun naik atau cari kendaraan lain kembali.

Ongkos untuk memakai shuttle bis Joglo Semar dengan jalur Yogyakarta-Magelang ini sekitaran 85 ribu rupiah. Lama perjalanan yang dilakukan untuk sampai ke Magelang ialah satu jam.

Untuk Anda yang memakai kereta api sebagai model transportasi, Anda dapat turun dari stasiun Tugu, Yogyakarta. Sesudahnya Anda perlu memakai shuttle bis ke arah Candi Borobudur.

Bila memakai bis, pelancong bisa segera turun di Terminal Borobudur yang berada di Magelang. Tetapi, tidak seluruhnya tipe bis stop di terminal ini. Saksikan google maps.

Harga ticket yang perlu dibayarkan tiap orang yang ingin masuk teritori candi ialah Rp 50.000 untuk dewasa dan Rp 25.000 untuk beberapa anak berumur 3-10 tahun. Untuk kelompok siswa atau mahasiswa yang tiba dengan minimum 20 orang, akan mendapat potongan harga sekitar 50 %.

Ada juga paket Borobudur Sunrise yang tawarkan pelancong agar bisa nikmati sunrise dari lokasi ini, ongkosnya ialah Rp 350.000 per-orang. Pengunjung yang beli paket ini segera dapat masuk daerah candi dari jam 04.30 pagi lewat Manohara. Sementara, waktu bekerja Candi Borobudur ialah 06.00 sampai jam 5 sore.

Baca juga : 10 Hotel Murah Dekat Candi Borobudur Magelang yang Nyaman

Sarana yang Ada di Wisata Candi Borobudur Magelang

Sebagai tujuan yang mempunyai pengunjung lokal dan luar negeri dalam jumlah juta-an /tahun, sarana di Borobudur bisa disebutkan menolong keperluan pelancong. Sarana umum yang ada salah satunya masjid yang berada di sejumlah titik dengan peralatan untuk sholat. Ada toilet yang menyebar di teritori candi ini.

Tidak harus takut kelaparan di lokasi ini karena ada warung tempat makan secara berbagai ragam menu dan panorama Borobudur di muka mata. Ada juga pusat oleh-olehan yang ada disekitaran candi. Pedagang akan menawarkan souvenir miniatur candi yang elok.

Anda dapat mendapatkan selingan dengan pertunjukan gajah yang berada tidak jauh dari teritori khusus candi dan bersafari dengannya. Disamping itu, pengurus sediakan sepeda yang bisa dipakai untuk melingkari tempat taman. Anda dapat sewa sepeda bersama rekan atau orang tersayang.

Baca juga : Bukit Barede, Tempat Terbaik Melihat Keelokan Candi Borobudur di Magelang

Candi Borobudur yang disebut salah satunya fenomena dunia jadi tujuan yang wajib didatangi minimum 1x dalam kehidupan. Selain keelokan arsitektur dan keelokan relief pada dinding yang mempunyai narasi, candi adalah realisasi dari kepandaian bangsa yang sudah sukses membuat bangunan yang membesarkan hati.[]