Desa Wisata Penglipuran, Menelusuri Keelokan Desa Terbersih Dunia di Bangli

Desa Wisata Penglipuran, Menelusuri Keelokan Desa Terbersih Dunia di Bangli

Diposting pada

Direktori Wisata – Desa Wisata Penglipuran, menelusuri keelokan desa terbersih dunia di Bangli. Desa Wisata Penglipuran di Bangli, dikenali sebagai desa terbersih di dunia, mempesona pengunjung dengan keelokan alaminya dan kelestarian budaya lokal yang terbangun prima.

Desa Wisata Penglipuran, Menelusuri Keelokan Desa Terbersih Dunia di Bangli

Desa Wisata Penglipuran terdaftar sebagai dusun paling bersih, bukan hanya di Indonesia tapi di dunia. Desa tradisi ini telah ada bahkan juga semenjak jaman kerajaan Bangli. Persisnya berumur sekitaran 700 tahun dan masih tahan lama sampai sekarang ini.

Sebuah dusun dengan daya tarik hebat yang sanggup menarik pelancong yang liburan lagi ke arah tempat wisata Bangli ini. Baik dari sisi daya tarik bawah laut, keserasian warga, panorama alam yang cantik, kulineran ciri khas yang sedap.

Memiliki predikat dusun terbersih, teritori ini tawarkan udara bersih dan panorama cantik sepanjang mata melihat. Pelancong pun tidak dibolehkan memakai sepeda motor untuk jaga lingkungan dari pencemaran udara.

Daya Ambil Wisata yang Dipunyai Desa Wisata Penglipuran Bangli

Daya Ambil Wisata yang Dipunyai Desa Wisata Penglipuran Bangli

Tawarkan beragam jenis daya tarik. Itu jadi bukti jika desa rekreasi ini selalu ramai didatangi pelancong, baik lokal atau luar negeri. Berikut atraksi-atraksi yang tidak sama:

✦ Mengangkat Ide Tri Mandala

Mengangkat Ide Tri Mandala

Desa Wisata Penglipuran masih tetap setia pada beberapa nilai tradisi dan adat nenek moyangnya. Ini ditunjukkan komposisi ruangan teritori yang membawa juga etika-etika tradisi yang diturunkan dengan temurun. Yaitu, pembangunannya berdasar ide Tri Mandala.

Ide ini dipisah jadi tiga sektor tertentu. Terbagi dalam Mandala khusus yang disebut tempat peribadahan suci. Selanjutnya Madya Mandala yang disebut teritori permukiman dan Tercela Mandala sebagai tempat penyemayaman masyarakat.

✦ Festival Desa Penglipuran

Festival Desa Penglipuran

Pertunjukan yang lain jadi favorite beberapa pengunjung ialah Festival Dusun Penglipuran. Tujuannya festival budaya ciri khas wilayah yang biasanya berjalan di akhir tahun secara beragam aktivitas menarik.

Seperti parade budaya dan seni, lomba, Barong Nglawang dan parade baju tradisionil Bali. Saat sebuah festival berjalan, umumnya jumlah pelancong melonjak untuk mendatangi aktivitas itu.

✦ Desa Terbersih di dunia

Desa Terbersih di dunia

Desa Wisata Penglipuran Bangli ini dipandang seperti dusun terbersih di dunia karena kebersihan dan keteraturan daerahnya. Dusun yang berada di Kabupaten Bangli ini sudah raih penghargaan baik secara nasional atau internasional.

Waktu masuk wisata, Anda akan disongsong panorama hijau yang cantik dan fresh. Tak lupa kandangnya banyak tanaman yang lebat dan beri kesegaran. Sebuah tempat pembuangan sampah diperkirakan tiap 30 mtr. di teritori dusun ini.

Baca juga : Desa Jatiluwih Bali, Wisata Air Terjun Sampai Sawah Terasering yang Mengagumkan

Kegiatan Wisata yang Menarik Dilaksanakan di Desa Wisata Penglipuran

Kegiatan Wisata yang Menarik Dilaksanakan di Desa Wisata Penglipuran

Mengenali Desa Penglipuran pasti kurang pas bila belum ketahui kegiatan menarik apa yang dapat dilaksanakan. Apalagi daya tarik adat tradisionil di tempat masih kental.Berikut detilnya:

  • Membuat Kerajinan Tangan di Desa Wisata Penglipuran
Membuat Kerajinan Tangan di Desa Wisata Penglipuran

Dusun wisata ini banyak memiliki kreasi seni yang bisa dibeli oleh pelancong. Tetapi, Anda terang tidak senang bila membeli. Masalahnya pelancong juga dapat pelajari langkah membuat kerajinan ini.

Disamping itu, Desa Penglipuran banyak memiliki pengrajin lokal yang selalu siap mengajarkan langkah membuat produk kerajinan bambu tradisionil. Sudah pasti menjadi sebuah kebanggaan bila sukses meraihnya.

  • Telusuri Rumah Bambu
Telusuri Rumah Bambu

Walaupun tidak seluruhnya rumah tradisi di Desa Wisata Penglipuran Bangli dibikin dari bambu, beberapa rumah bambu masih tetap jadi favorite di kelompok pengunjung. Rumah tradisi ini dapat Anda dapatkan dengan situasi ciri khas desa Bali.

Warga di tempat sendiri memakai bambu dari rimba asli sebagai material dasar pembikinan rumah tradisi itu. Apalagi rimba bambu pada tempat ini diyakinkan telah ada semenjak era kesebelas.

Baca juga : Bukit Trunyan, Spot Favorite untuk Nikmati Sunset dan Sunrise di Bangli

Harga Ticket Masuk Wisata dan Jam Operasional Desa Wisata Penglipuran Bangli

Harga Ticket Masuk Wisata dan Jam Operasional Desa Wisata Penglipuran Bangli

Untuk berkunjung Desa Wisata Penglipuran di Bangli ini, Anda harus menyiapkan lebih dulu harga ticket masuknya. Dibanding tujuan lain, harga sebetulnya cukup dapat dijangkau. Ini bagus sekali perhatian beberapa pelancong lokal.

Masalahnya harga ticket agar pelancong lokal dewasa cuma Rp 25.000. Ongkos masuk untuk beberapa anak ialah sekitaran Rp 15.000 per-orang. Berlainan pada harga ticket pelancong asing dewasa yang capai Rp50.000 dan beberapa anak Rp30.000 per-orang.

Setelah tiba di tujuan, ada service parkir untuk keringanan pengunjung. Baik itu kendaraan beroda 2, mobil atau bis. Disamping itu, sampai 45 bangku bis masih bisa dimuat di teritori rekreasi terkenal ini.

Baca juga : Bukit Putung, Pemandangan Alam yang Penuh Nilai Sejarah di Karangasem

Alamat Wisata dan Jalur Ke arah Lokasi Desa Wisata Penglipuran
Alamat Wisata dan Jalur Ke arah Lokasi Desa Wisata Penglipuran

Desa Wisata Penglipuran ini berada di kabupaten Bangli, Kab.Bangli, Propinsi Bali. Desa ini berada sekitaran 60 km dari Lapangan terbang Internasional I Gusti Ngurah Rai. Tentu saja Anda tidak dapat capai tempat itu secara cepat karena memerlukan waktu sekitaran 1 jam 30 menit.

Selanjutnya dari tempat lapangan terbang dapat ke arah Jalan By Pass Ngurah Rai lantas masuk ke dalam Jalan By Pass Ida Bagus Mantra sampai perempatan Jalan Pantai Siyut. Selanjutnya Anda dapat belok ke kiri ke arah Jl.Raya Tulikup. Saksikan google maps.

Seterusnya lewat Jl.Dari Bali Park ke arah Kota Bangli. Apabila sudah sampai cari Jl.Nusantara, lantas pada pertigaan belok ke kiri dan dapatkan lokasi “Object Wisata Desa Tradisi Penglipuran”.Ongkos Masuk Desa Penglipuran

Baca juga : Bali Countryside Sidemen, Nikmati Pemandangan dengan Bentangan Sawah Yang Hijau

Sarana Wisata yang Ada di Desa Wisata Penglipuran Bangli
Sarana Wisata yang Ada di Desa Wisata Penglipuran Bangli

Untuk berkunjung Desa Wisata Penglipuran di Bangli ini, Anda harus menyiapkan lebih dulu harga ticket masuknya. Dibanding tujuan lain, harga sebetulnya cukup dapat dijangkau. Ini bagus sekali perhatian beberapa pelancong lokal.

Masalahnya harga ticket agar pelancong lokal dewasa cuma Rp 25.000. Ongkos masuk untuk beberapa anak ialah sekitaran Rp 15.000 per-orang. Berlainan pada harga ticket pelancong asing dewasa yang capai Rp 50.000 dan beberapa anak Rp 30.000 per-orang.

Setelah tiba di tujuan, ada service parkir untuk keringanan pengunjung. Baik itu kendaraan beroda 2, mobil atau bis. Disamping itu, sampai 45 bangku bis masih bisa dimuat di teritori wisata terkenal ini.

Walau tidak mempunyai pantai, tetapi dusun rekreasi ini mempunyai servis yang komplet. Jadi tujuan wisata terkenal, teritori ini mempunyai sarana kesehatan, warung makanan yang menyebar disekitaran dusun, dan balai seni serbaguna.

Desa Penglipuran akan menganakemaskan pengunjungnya dengan kios-kios yang jual kerajinan tangan yang dapat menjadi oleh-olehan. Ada pula pusat informasi, toilet, dan pura. Semua sarana itu tentu saja akan makin menganakemaskan pelancong di masa datang.

Pengunjung akan temukan tempat parkir, ATM, kafe, keluar zona, spot photo menarik, Wifi zona dan ada banyak yang lain. Dapat disebutkan wisata ini adalah tujuan budaya favorit yang wajib Anda masukan ke tujuan berlibur keluarga Anda.

Baca juga : Lahangan Sweet, Spot Favorite Nikmati Keelokan Sunrise dan Sunset di Karangasem

Saat ini Anda sudah mengetahui semakin banyak mengenai Desa Wisata Penglipuran Bangli ini. Selainnya kaya keelokan desa, budaya dan tradisi istiadatnya jadi daya magnet tertentu. Pelancong dapat terasa nyaman waktu bertandang ke arah tempat ini di Bali.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *