Candi Prambanan, Candi Istimewa dan Paling besar di Asia Tenggara yang Menjadi legenda

Candi Prambanan, Candi Istimewa dan Paling besar di Asia Tenggara yang Menjadi legenda

Diposting pada

Direktori Wisata – Candi Prambanan, candi istimewa dan paling besar di asia tenggara yang menjadi legenda. Candi Prambanan, candi hindu yang menjadi legenda dengan cerita cinta Kekal. Warisan sejarah termegah dan paling besar di Asia Tenggara, kekayaan budaya Indonesia dianggap UNESCO.

Candi Prambanan adalah salah satunya warisan pada jaman hindu. Bangunan itu juga cantik serta beberapa orang yang mengatakan sebagai salah satunya candi paling indah di Sleman. Disamping itu, candi ini simpan narasi sejarah yang bagus sekali.

Sekarang ini, candi ini dijadikan tujuan wisata di Sleman. Tidaklah aneh jika warga ingin liburan di bangunan itu karena panoramanya yang cantik dan mempunyai nilai sejarah yang bisa didalami. Pemerintah di tempat memberikan dukungan tempat ini untuk jadi tempat wisata dan selalu memerhatikan keadaan dari bangunan itu.

Banyak informasi yang bisa dikeduk dari salah satunya warisan sejarah yang tidak ternilai ini. Berikut sejumlah informasi yang perlu Anda kenali mengenai Candi Prambanan.

Daya Ambil yang Dipunyai Wisata Candi Prambanan Yogyakarta

Sebagai tujuan rekresi yang dikenali oleh beberapa orang, tempat wisata ini sudah pasti banyak memiliki keunggulan. Berikut sejumlah daya magnet yang dipunyai oleh Candi Termegah ini.

✦ Panorama yang Benar-benar Cantik

Panorama dari tempat rekreasi ini tidak dapat disangsikan kembali. Anda akan dipertunjukkan seribu candi yang istimewa yang mempunyai daya tarik keelokannya yang berbeda. Tempat rekreasi ini lumayan luas hingga Anda mungkin memerlukan waktu sepanjang hari untuk menelusuri tempat ini.

✦ Pagelaran Menarik

Banyak acara yang diselenggarakan di tempat rekreasi ini. Di hari tertentu Anda bisa menyaksikan pagelaran tari yang dimainkan oleh penari tradisionil yang telah mempunyai sepak-terjang yang lebih tinggi. Disamping itu, Anda bisa juga menyaksikan acara Prambanan Jazz Festival yang selalu diselenggarakan setiap tahunnya. Acara ini benar-benar berprestise di kelompok anak muda.

✦ Mempunyai Nilai Sejarah yang Benar-benar Kental

Candi ini mempunyai narasi sejarah yang menarik. Candi ini dibikin atas dasar keinginan Rara Jonggrang yang ingin dibuatkan seribu candi bersama waktu yang lumayan singkat yakni satu malam. Keinginan ini diperuntukkan ke Bandung Bandawasa yang ingin melamar Rara Jonggrang.

Bandung Bandawasa rupanya sanggup menuntaskan keinginan lamaran itu. Tetapi upayanya dihentikan oleh Rara Jonggrang. Ketahui hal itu Bandung Bandawasa geram dan menyumpah wanita itu jadi arca paling akhir candi itu. Selanjutnya nampaklah arca itu yang ternyata seperti figur wanita.

Cerita itu bagus sekali dan beberapa orang yang ingin ketahui langsung bukti fisik dari narasi itu. Karena itu, cukup banyak orang yang ingin liburan ke arah tempat ini. Cerita cinta Rara Jonggrang dan Bandung Bandawasa benar-benar menjadi legenda dan dikenali sampai sekarang ini.

Baca juga : Museum Benteng Vredeburg, Wisata Pembelajaran Favorite di Yogyakarta

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Wisata Candi Prambanan

  • Mengenali Sejarah Candi Prambanan

Pasti Anda dapat memperoleh beragam pengetahuan sekitar sejarah mengenai candi itu saat liburan ke arah tempat ini. Anda bisa menyaksikan langsung semua warisan dari candi itu. Bahkan juga Anda bisa juga menyaksikan langsung warisan yang bercerita cerita cinta Roro jonggrang dan Bandung Bandawasa.

  • Melihat Pagelaran Tari

Bila Anda liburan pada musim kemarau karena itu Anda bisa menyaksikan sebuah pagelaran tari yang bagus sekali. Nama dari pagelaran itu ialah Sendratari Ramayana. Umumnya acara ini bisa Anda dapatkan di saat malam hari sekitaran jam 20.00-22.00 WIB. Pertunjukan ini diselenggarakan di atas pentas terbuka trimurti jika tidak hujan.

Dengan melihat pagelaran ini karena itu Anda pun bisa menolong memberikan dukungan kelestarian dari budaya ini ingat seniman-seniman Indonesia yang bawa budaya wilayah telah susah untuk diketemukan. Anda pun bisa ajak beberapa anak Anda untuk memperkenalkan budaya itu supaya bisa dilanjutkan oleh kelompok muda.

  • Berkunjung Taman Bermain

Ada taman bermain yang bisa Anda datangi saat merasa jemu. Umumnya tempat ini dipakai untuk keluarga. Banyak beberapa anak kecil yang suka bermain pada tempat ini. Ada banyak sarana umum seperti ayunan, jungkat-jungkit, gazebo, dan sebagainya. Meskipun tempat ini tidak begitu khusus, ada banyak pelancong yang kerasan di taman itu.

  • Beli Souvenir

Anda bisa temukan banyak toko oleh-olehan di tempat Candi Prambanan. Beragam souvenir ciri khas wilayah itu bisa Anda membeli di sini. Harga relatif murah hingga Anda bisa beli barang sebanyak-banyaknya untuk jadi cindera mata. Souvenir yang bisa Anda dapatkan seperti gantungan kunci, kaos, miniatur candi, gelang, dan sebagainya.

Anda dapat ke beberapa toko selainnya souvenir yang bisa secara gampang diketemukan di tempat ini. Anda bisa berkunjung warung makan atau pedagang yang menawarkan bermacam minuman dan makanan ciri khas wilayah itu yang sedap.

  • Belajar dalam Museum

Tidak jauh dari lokasi candi karena itu Anda bisa temukan sebuah museum yang bangunannya tetap kental dengan tradisi jawa. Pada tempat itu, Anda bisa pelajari sejarah Candi Prambanan selanjutnya dari beberapa buku yang sudah disiapkan. Anda pun bisa menanyakan ke beberapa tetua yang sudah lama mengenali narasi candi itu.

  • Naik sepeda

Tempat candi yang sangat luas membuat jalan pada tempat itu benar-benar cukup buat berisi beberapa orang untuk berakhir lalang. Karena itu, beberapa orang yang manfaatkan keringanan ini untuk naik sepeda. Jika Anda tidak bawa sepeda karena itu bisa sewanya pada harga sekitaran Rp 20.000,00.

  • Memanah

Salah satunya olahraga yang memikat buat dicoba ialah panahan. Anda pun bisa lakukan olahraga itu di candi elok ini. Anda cukup bayar Rp 20.000 untuk 12 kali memanah. Harga yang murah untuk rasakan pengalaman memanah di lokasi yang monumental ini. Anda pun akan dibantu jika masih tidak dapat melakukan.

  • Hunting Photo

Aktivitas ini telah sepantasnya harus Anda kerjakan saat liburan pada tempat wisata monumental ini. Banyak spot yang bisa Diambil dan dokumentasikan pada sebuah photo. Karena itu, beberapa pengunjung yang kerap memfoto pada tempat ini bagus untuk keperluan profesional atau untuk keperluan individu.

  • Nikmati Sunset

Peristiwa matahari terbenam menjadi sebuah hal yang paling dicari-cari oleh beberapa pelancong. Akan bagus sekali jika menyaksikan sunset di salah satunya candi paling indah di bumi ini. Karena itu, banyak pelancong yang menanti peristiwa ini untuk melihat langsung keelokan sunset dari Candi Prambanan.

  • Rasakan Pengalaman Menyaksikan Film 4D

Meskipun dikenali untuk tempat wisata yang kental dengan nilai sejarahnya, Anda bisa temukan sarana dengan tehnologi hebat seperti film 4D ini. Anda cukup bayar sekitaran Rp 35.000,00 sekali menonton. Anda akan dikasih kacamata 4D agar bisa melihat kualitas film yang menganakemaskan mata.

  • Menyaksikan Prambanan Jazz Festival

Festival musik berprestise ini sudah pasti telah diketahui oleh beberapa warga di Indonesia. Saat moment ini diselenggarakan karena itu Anda akan menyaksikan sebuah atraksi musik jazz dari musisi-musisi jazz terkenal Indonesia atau luar negeri. Perlihatkan ini benar-benar populer dan beberapa orang yang menunggunya tiap tahun.

Di saat acara ini di selenggarakan karena itu Anda bisa melihat perlihatkan music sepanjang sekian hari. Umumnya acaranya akan diselenggarakan sepanjang 2 sampai tiga hari. Disamping itu, Anda pun bisa nikmati stand-stand jajan yang terdapat sepanjang acara ini berjalan. Acara ini umumnya diadakan dimulai dari siang sampai malam hari.

  • Memberikan Makan Rusa

Salah satunya hal yang cukup unik pada tempat wisata ini ialah rusa. Langka sekali temukan hewan khususnya rusa di lokasi yang dikenali banyak memiliki sejarah seperti pada candi ini. Faksi pengurus tawarkan ke pengunjung agar bisa memberikan makan rusa itu. Cukup bayar Rp 2.000,00 Anda bisa memberikan makan rusa itu.

Baca juga : Tebing Breksi Jogja, Sisa Tambang yang Disihir Jadi Object Wisata

Harga Ticket Masuk dan Jam Operasional Wisata Candi Prambanan Yogyakarta

Faksi pengurus tempat wisata ini berlakukan biaya untuk masuk ke arah tempat wisata ini. Harga mahal. Untuk pelancong Indonesia akan dikenai biaya sekitaran Rp 50.000. Dan untuk wisatawan asing akan dikenai biaya sekitaran Rp 400.000 atau 25 USD.

Anda pun perlu bayar di sejumlah sarana umum yang disiapkan. Satu diantaranya ialah parkir bila Anda bawa kendaraan individu. Biaya parkir untuk kendaraan beroda 2 sekitaran Rp 3.000,00 dan kendaraan beroda 4 sekitaran Rp 10.000,00. Tingkat keamanannya cukup terjaga hingga Anda tidak butuh merasa cemas.

Baca juga : Desa Wisata Grogol, Menyaksikan Lebih Dekat Daya tarik Tradisi dan Budaya Lokal Sleman

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Wisata Candi Prambanan

Tempat wisata ini gampang untuk diketemukan. Lokasinya sendiri tidak jauh dari jalan raya Jogja – Solo. Kendaraan beroda 2 atau beroda 4 dapat Anda pakai untuk ke arah lokasi itu. Tempat lokasi wisata ini ada di Dusun Bokoharjo, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Memerlukan waktu sekitaran 15 menit untuk ke arah tempat wisata itu.

Bila Anda ke arah candi ini memakai bis karena itu triknya tidak terlampau susah. Anda bisa memakai bis dengan jalur perjalanan Jogja – Solo. Bis itu akan melalui Candi Prambanan hingga Anda bisa minta untuk turun di candi itu jika sudah datang.

Jika Anda di luar kota dan memakai pesawat karena itu pakailah pesawat yang hendak turun di Lapangan terbang Adi Sumarmo Solo. Sesampai di Lapangan terbang itu karena itu Anda bisa memakai taksi untuk ke arah lokasi candi ini. Saksikan google maps.

Bila memakai kendaraan individu karena itu berangkatlah dari pusat perkotaan Jogja supaya lebih gampang. Anda bisa segera ke arah jalan raya Jogja – Solo. Berkendaralah ke arah timur sampai temukan trafik light. Selanjutnya beloklah ke kiri dan Anda akan temukan candi itu.

Baca juga : Puncak Segoro, Tempat Terbaik untuk Photo dan Nikmati Pemandangan Sunset di Gunung Kidul

Sarana yang Ada di Teritori Wisata Candi Prambanan Yogyakarta

Sarana yang sudah disiapkan oleh faksi pengurus pada tempat wisata ini telah lumayan komplet. Ada banyak sarana umum yang bisa Anda dapatkan seperti masjid, food court, gazebo, toilet, tempat parkir yang lega, golf cart, dan sebagainya. Anda pun bisa manfaatkan jasa guide jika tidak mengenali dengan wilayah ini.

Kualitas dan servis dari tempat wisata Candi Prambanan ini cukup baik. Faksi pengurus dan pemerintah di tempat telah menyiapkan semua sesuatunya secara baik supaya tempat wisata ini bisa memberi servis yang optimal ke beberapa pelancong ingat bukan hanya pelancong lokal yang bertandang.

Baca juga : Taman Sari Jogja, Daya tarik Keelokan Istana Air dan Dogma yang Membaluti

Informasi-informasi di atas bisa Anda untuk jadikan referensi atau rekomendasi jika ingin liburan ke candi paling indah ini. Benar-benar menggembirakan berlibur di lokasi yang banyak memiliki sejarah semacam ini. Karena itu, Anda harus bertandang ke arah tempat monumental ini. Bermain sekalian belajar dalam Candi Prambanan ialah pilihan terbaik untuk berlibur keluarga.[]