Benteng Martello, Wisata Benteng Monumental Unik di Kepulauan Seribu

Benteng Martello, Wisata Benteng Monumental Unik di Kepulauan Seribu

Diposting pada

Direktori Wisata – Benteng Martello, wisata benteng monumental yang unik di Kepulauan Seribu. Putuskan mencari kerja di Ibu Kota Jakarta tidak berarti selanjutnya mengambil alih waktu berlibur Anda.

Banyak teritori wisata menarik dan unik yang dapat ditelusuri tanpa perlu pergi jauh ke luar wilayah. Bila kebingungan cari kegiatan berlibur anak karena itu Anda dapat memilih untuk tiba ke Kepulauan Seribu yang simpan banyak cerita cerita hebat.

Salah satunya hal yang dapat diketemukan di Kepulauan Seribu yakni berbentuk Benteng Martello yang dahulunya dijadikan wilayah pertahanan oleh penjajahan Belanda. Benteng monumental ini dapat diketemukan di sejumlah tempat salah satunya berada di Pulau Pramuka, Pulau Bidadari dan yang terpopuler di Pulau Kelor. Anda dapat tiba dan melihat keelokannya langsung.

Wisata Sejarah Benteng Martello Kepulauan Seribu

Sama seperti yang diketahui jika peranan dari sebuah bangunan benteng yakni dijadikan tempat pertahanan militer. Hal ini dilaksanakan oleh tentara militer Belanda untuk menepis dan mengawasi gempuran dari lawan. Benteng pertahanan ini bukan hanya dibangun pada satu titik saja. Bangunan benteng yang pertama kalinya dibuat oleh Belanda ada di Pulau Kelor.

Pulau Kelor sebelumnya dikatakan sebagai pulau Kerkhof atau dapat disimpulkan sebagai Tempat Penyemayaman. Dibuatnya benteng di Pulau Kelor ini didasari keperluan pertahanan untuk menantang gempuran dari Portugis. Benteng ini bukan hanya dijadikan pertahanan tapi juga digunakan sebagai menara pengawas oleh Belanda.

Mekanisme pertahanan yang diaplikasikan di saat itu yakni namanya Nieuwe Hollandse Waterlinie yang tetap berusaha diperkembangkan. Menyaksikan dari tersisa bangunannya, Anda dapat menyaksikan jika ada lubang besar yang terdapat di sejumlah segi. Kemungkinan lubang lubang itu jadi tempat untuk tembakkan meriam sebagai bentuk gempuran.

Baca juga : Pantai Malalayang, Tujuan Wisata Pantai Favorite di Kota Manado

Daya Ambil yang Dipunyai Wisata Benteng Martello

  • Style Arsitektur Bangunan

Sama seperti yang disebut awalnya jika kehadiran Benteng ini dijadikan pertahanan dan menara pengawas. Karena itu, tidaklah aneh bila Anda dapat temukan 4 lubang jendela yang ke arah Pulau Untung Jawa ke arah Banten, Pulau Rambut, Teluk Jakarta dan Pulau Onrust untuk mengawasi kondisi dan memperhitungkan gempuran.

Pengunjung dikasih peluang agar dapat menyaksikan bagaimana isi pada Benteng pertahanan ini. Selainnya manfaatkan batu bata merah, bangunan benteng Belanda ini manfaatkan engsel besi yang terpasangkan pada Jendela sisi barat. Tiap jendela yang berada di Bangunan sejarah ini tentu saja mempunyai argumen dan tujuan tertentu untuk jaga keamanan.

  • Dengan bahan Khusus Batu Bata Merah

Kekhasan yang dapat disaksikan saat melihat keelokan dari Benteng Belanda ini yakni berbentuk material dasar pembikinannya yang berapakah batu bata merah. Bahan material itu diatur rapi hingga kemudian tercipta sesuatu benteng pertahanan yang hebat. Batu bata itu dapat disebutkan benar-benar kuat dan tidak gampang ringkih karena tetap sisa sampai sekarang ini.

Walaupun dikenali benar-benar istimewa dan kuat di saat itu, tetapi benteng pertahanan ini tidak dapat menaklukkan kemampuan alam. Pasalnya di tahun 1883 ataupun waktu terjadi tsunami dan gempa karena letusan gunung krakatau, bangunan ini alami kerusakan yang cukup kronis. Sesudah peristiwa itu pada akhirnya benteng Martello dijadikan teritori riset sejarah.

  • Tiang Fondasi Berwujud Persegi

Bila umumnya Anda temukan sebuah tiang fondasi yang berwujud lingkaran, tetapi di sini sedikit berlainan karena tiangnya mempunyai bentuk persegi. Hal itu bisa jadi dilatar belakang dengan material yang dipakai yakni batu bata merah dengan bentuk segi panjang. Dengan demikian karena itu tiang semakin lebih gampang dibikin bentuk persegi.

Selainnya tiang fondasi, ada tersisa sisa tangga yang dapat diketemukan pada bagian timur tiang. Tangga itu akan arahkan Anda pada tempat untuk bersembunyi untuk beberapa penjajahan Belanda. Di awal keputusannya, benteng Belanda ini ada pas di tengah-tengah pulau. Tetapi seiring waktu berjalan dan akibatnya karena terkikisnya air laut membuat ada di pinggir pantai.

Baca juga : Pantai Duta Wisata, Pantai Cantik dengan Pemandangan Alam Mempesona di Lampung

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Wisata Benteng Martello

✦ Mendokumentasikan Peristiwa

Kegiatan liburan tentu saja tidak komplet bila tidak ada photo yang diupload ke sosial media. Karena itu, untuk memperlihatkan peristiwa liburan Anda karena itu dapat pilih berpose di muka spot menarik dan unik yang berada di Pulau Kelor. Anda dapat jadikan tersisa bangunan benteng sebagai latar photo terbaik atau manfaatkan latar belakang lucu yang lain.

✦ Berkunjung Benteng Yang lain

Selainnya temukan Benteng Martello atau benteng pertahanan Belanda di Pulau Kelor, Anda bisa juga temukannya di sejumlah pulau lain seperti Pulau Bidadari. Tempat dari pulau ini tidak demikian jauh dari Pulau Kelor. Dengan demikian karena itu Anda dapat tiba bertandang dan memperbandingkan kualitas dan style arsitektur dari benteng yang berada di ke-2  lokasi.

✦ Nikmati Panorama Pantai di Sekitaran Benteng Martello

Hal yang mustahil terlewati oleh mata yakni Anda dapat melihat bentangan pantai yang luas. Ini tentu saja menjadi satu diantara kegiatan kunci yang membuat teritori monumental ini kelihatan makin memikat. Banyak point plus yang dapat didapat saat memilih untuk berekreasi dan pelajari sejarah di teritori Pulau Kelor.

Baca juga : Pantai Romantis, Wisata Bahari yang Eksotik dan Romantis di Serdang Bedagai

Alamat, Jalur Lokasi dan Ticket Masuk Wisata Benteng Martello

Benteng Belanda ini sebetulnya bukan hanya dapat diketemukan pada satu titik. Tetapi teritori benteng paling tua yang dapat didatangi yakni ada di Pulau Kelor, Kepulauan Seribu. Agar dapat datang ke lokasi karena itu Anda dapat naik speedboat sepanjang 1 jam perjalanan dari Teluk Jakarta. Perjalanan akan berasa singkat karena takjub dengan keelokan alam yang hebat.

Agar dapat menyaksikan keelokan benteng pertahanan ini langsung, Anda perlu keluarkan dana Rp 5.000 per-orang. Ongkos ticket yang diaplikasikan memang termasuk lumayan dapat dijangkau, tetapi agar dapat sampai ke pulau Kelor dibutuhkan ongkos sewa speedboat yang cukup fantastik . Maka Anda perlu tetap mempersiapkan ongkos liburan yang ideal. Saksikan google maps.

Sarana yang Ada di Teritori Wisata Benteng Martello Kepulauan Seribu

Bicara mengenai sarana yang berada di Benteng monumental ini sebetulnya tidak butuh dicemaskan. Walaupun sudah dikukuhkan sebagai tujuan monumental yang cukup tua, tetapi sarana yang disiapkan masih sangat komplet. Dapat disebutkan jika sarana yang disiapkan tetap tidak berbeda jauh dengan semua pulau yang berada di Kepulauan Seribu.

Pertama, tentu saja Anda akan temukan sebuah pelabuhan untuk tempat bertambat. Selanjutnya, ada villa yang disiapkan untuk pengunjung bila ingin habiskan waktu sepanjang sekian hari di pulau monumental ini. Jalur atau sarana jalan ke arah teritori monumental disiapkan untuk mempermudah pengunjung temukan tujuan tujuan.

Sarana umum yang pantas untuk dihargai yakni kehadiran toilet yang bersih dan terurus. Ini tentu saja jadi point plus tertentu untuk kenyamanan pengunjung. Masjid disiapkan untuk pengunjung yang ingin melaksanakan ibadah. Museum artefak yang ada di samping Benteng Martello jadi sarana tambahan paling berharga.

Baca juga : Heha Ocean View, Tujuan Wisata Hits di Pinggir Pantai Gunung Kidul

Berkunjung teritori wisata Kepulauan Seribu ini sebetulnya sanggup memberi pengalaman berlainan di mana Anda dapat pelajari dan menyaksikan dengan segera beragam warisan sejarah. Karena pulaunya yang tidak begitu ramai membuat Anda terasanya sedang liburan di pulau individu. Merasai serunya dan kebahagiaan liburan di teritori wisata Jakarta ini.[]