Eduwisata Setren Opak, Mengenali Eduwisata dengan Empat Ide Unik di Bantul

Eduwisata Setren Opak, Mengenali Eduwisata dengan Empat Ide Unik di Bantul

Diposting pada

Eduwisata Setren Opak, mengenali eduwisata dengan 4 ide unik di Bantul. Berlibur ke Wilayah Spesial Yogyakarta jangan cuma habiskan waktu di tengah-tengah kota saja. Anda dapat coba bermain ke Kabupaten Bantul yang ada di samping selatan Jogja untuk temukan wisata menarik.

Eduwisata Setren Opak, Mengenali Eduwisata dengan Empat Ide Unik di Bantul

Namanya Eduwisata Setren Opak, bantaran Sungai Opak selebar 1,3 hektar yang disihir jadi taman rekreasi. Komune Setren (teritori tepi sungai) Opak ditolong oleh masyarakat sekitaran untuk membuat taman rekreasi itu.

Gagasannya asal dari misi visi Yogyakarta yang ingin menyambut era Samudera dengan pendayagunaan sungai. Sampai di tahun 2018, eduwisata ini juga disahkan oleh GKR Mangkubumi.

Apa yang memikat pada rekreasi Sentren Opak Bantul ini ? Cari info yok!

Daya Ambil yang Dipunyai Eduwisata Setren Opak Bantul

Daya Ambil yang Dipunyai Eduwisata Setren Opak Bantul

✦ Asrinya Sungai Opak

Asrinya Sungai Opak di Eduwisata Setren Opak jadi daya magnet tertentu untuk beberapa pengunjung. Jangan pikirkan sungai yang kotor dan banyak sampah, karena sungai ini demikian terbangun kebersihannya. Komune Setren Opak awalnya telah bekerjasama dengan The treker untuk bersihkan sungai.

Ada beberapa kapal waktu itu dikeluarkan untuk bersihkan Sungai Opak. Hasilnya ? Sama seperti yang anda ketahui saat ini, tidak ada satu juga sampah kelihatan dan membuat situasi di sini berasa makin asri. Menariknya, kapal kapal yang dipakai itu sekarang ini dikontrakkan untuk pengunjung yang ingin susur sungai.

✦ Kesenian Wilayah

Tidaklah aneh bila dusun disekitaran Sungai Opak dikatakan sebagai desa wisata. Pasalnya masyarakat di tempat melestarikan kesenian wilayah secara baik. Yang mana sanggahr Bintang Kidul digandeng untuk mendatangkan atraksi kesenian yang memikat di Setren Opak. Bintang Kidul sendiri telah lumayan lama membangun beberapa anak di bagian tarian, sinetron, pantomime, sampai les bahasa Inggris.

Jadi waktu bertandang ke Eduwisata di Bantul ini, beberapa pengunjung bukan hanya bisa nikmati daya tarik pemandangan alam semata-mata. Tetapi bisa juga melihat pergelaran seni seperti tari tradisionil, wayang, dan lain-lain. Bila tiba di saat yang pas, anda bahkan juga bisa menyaksikan upacara adat yang sudah dilakukan oleh warga sekitaran.

✦ Eduwisata dengan Empat Ide

Eduwisata yang digagas oleh komune Setren ini mengangkat empat ide yakni pembelajaran, dusun wisata, lingkungan, dan ekonomi. Mendidik beberapa pengunjung mengenai beragam pengetahuan berkaitan sungai, di sini anda akan dimanja panorama alam yang menggembirakan.

Lokasinya berada di tempat rimba bambu, dan faksi pengurus memilih untuk tidak menebang pohon pohon bambu itu. Ini pasti memberikan dukungan konservasi lingkungan, karena ada pohon bambu sekalian bermanfaat sebagai mengantisipasi banjir. Saat ini Setren Opak Jogja jadi eduwisata yang mengisap banyak perhatian, sampai sanggup tingkatkan ekonomi masyarakat di tempat.

Baca juga : Wisata Alam Kalibiru, Spot Photo Kece dengan View Alam yang Mempesona di Kulon Progo

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan Eduwisata Setren Opak

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan Eduwisata Setren Opak

* Melihat Atraksi Seni di Eduwisata Setren Opak

Selainnya nikmati keelokan sungai dan asrinya perdesaan, anda akan disuguhi tontonan menarik berbentuk pergelaran seni. Masyarakat sekitaran memang sering melangsungkan pertunjukan seni tradisionil seperti tari sampai wayang. Menariknya, beberapa anak banyak diikutsertakan dalam performa itu di wisata Bantul.

Pasti ini benar-benar mengagumkan, terlihat bagaimana warga jaga secara baik budayanya. Yang mana sekarang ini sudah jarang-jarang tempat wisata berbasiskan seni budaya semacam itu. Kalaulah ada, sedikit beberapa anak yang diikutsertakan dalam project itu. Hingga bagus sekali saat menyaksikan pergelaran seni yang berada di Eduwisata Setren Opak ini.

* Memancing

Untuk anda yang hoby mancing, bisa bawa alat pancing kesini dan memberikan kepuasan hoby yang dipunyai. Telah disiapkan spot khusus untuk beberapa pemicu agar tidak terusik oleh pelancong lainnya. Bukan hanya memancing, anda pun bisa nikmati sarana yang lain tidak kalah hebat seperti outbound.

* Wisata Susur Sungai

Aktivitas susur sungai di Eduwisata Setren Opak pasti jangan dilewati. Dapat disebut jika ini ialah aktivitas khusus yang paling mengundang perhatian pelancong. Di teritori wisata telah ada perahu yang bisa dicarter untuk telusuri Sungai Opak. Biasanya satu perahu dapat berisi sampai 12 orang dewasa atau sekitaran 20 anak, menjadi yang tiba bersama kelompok tidak butuh cemas.

Perahu ini nanti akan bawa pengunjung berkeliling-keliling menelusuri cantiknya Sungai Opak. Disekitaran terlihat pohon-pohonan bambu sebagai keunikan wilayah itu. Membuat situasi perdesaan makin kental dan sangat terasa asri.

* Wisata Kulineran

Senang bermain dan mencoba beragam sarana yang berada di lokasi, saat ini waktunya isi perut. Di lokasi telah ada jejeran warung yang tawarkan makanan tradisionil sampai kekinian. Dimulai dari soto, bakso, sosis, cilok, dan ada banyak yang lain. Pada minggu kliwon, umumnya ada menu khusus seperti bubuk kelor, tiwul, dan lain lain yang dapat anda cicip.

Baca juga : Wisata Alam Watu Lawang, Nikmati Pemandangan Cantik dari Ketinggian di Bantul

Harga Ticket Masuk dan Jam Operasional di Eduwisata Setren Opak Bantul

Harga Ticket Masuk dan Jam Operasional di Eduwisata Setren Opak Bantul

Masuk ke dalam teritori Eduwisata Setren Opak Jogja cuma membutuhkan ongkos sekitaran Rp. 3.000 saja per-orang, ditambahkan biaya parkir sejumlah Rp. 2.000 untuk sepeda motor dan Rp. 5.000 untuk mobil. Murah sekali bukan ? Dengan uang tidaklah sampai Rp. 10.000 saja bisa liburan, tidaklah aneh bila banyak masyarakat Bantul yang bertandang kr=e wisata Yogyakarta diakhir minggu.

Tetapi biaya masuk itu tentu saja belum meliputi ongkos ongkos lain seperti sewa perahu jika anda ingin rekreasi susur sungai, dan lain-lain. Tetapi tidak butuh cemas karena harga termasuk juga benar-benar dapat dijangkau. Untuk nikmati semuanya, pastikanlah anda tiba di jam operasinya yakni start pukul 08.00 sampai 17.00 WIB tiap hari.

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Eduwisata Setren Opak
Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Eduwisata Setren Opak

Setren Opak ada di Karangploso, Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, Wilayah Spesial Yogyakarta. Jarak yang perlu dilalui dari pusat Kota Jogja yakni sekitaran 16 km, atau memerlukan waktu lebih kurang 30 menit perjalanan. Dari pusat perkotaan, anda dapat arahkan kendaraan ke Jalan Wonosari.

Nanti anda akan melalui Kids Fun, disini lempeng saja sampai jumpa dengan perempatan lampu merah. Di situ belok ke kanan ke selatan dan ikutinya jalan sekitaran 500 mtr. sampai jumpa dengan gapura papan Pondok Pesantren. Disini anda bisa temukan papan panduan ke arah tempat rekreasi, menjadi dapat segera meng ikutinya.Saksikan google maps.

Sarana yang Ada di Teritori Wisata Setren Opak Bantul
Sarana yang Ada di Teritori Wisata Setren Opak Bantul

Eduwisata Setren Opak diatur baik oleh warga di tempat. Di mana wisata alam elok ini bukan hanya dibikin bersih dari sampah, tetapi diperlengkapi beragam jenis sarana sampai jadi taman rekreasi yang memikat.

Ada sarana sewa perahu untuk pengunjung yang ingin telusuri keelokan Sungai Opak, beberapa spot selfie yang memikat, tempat parkir luas, toilet, masjid, dan jejeran warung makan dengan kulineran tradisionil sampai kekinian.

Untuk anda yang bawa beberapa anak, di sini juga disiapkan taman bermain anak yang ditanggung tidak membuat anda jemu. Sekalian temani anak bermain, anda akan dimanja hidangan live music. Belum juga pentas kesenian yang tampilkan beragam selingan menarik.

Baca juga : Taman Senja Ngelo, Spot Favorite untuk Santai Bersama Keluarga di Bantul

Berlibur ke Eduwisata Setren Opak Jogja membuat anda bisa mendapatkan pengalaman wisata yang tidak sama. Tidak cuma bermain dan refreshing hilangkan capek, di sini anda pun bisa menambahkan wacana berkenaan sungai. Atraksi kesenian wilayah dan kulineran adatonalnya mengangkat kearifan lokal, suatu hal yang kemungkinan tidak dapat anda dapatkan pada tempat lain.[]

2 komentar

  1. Wow, superb blog structure! How lengthy have you been running a blog for?
    you made running a blog look easy. The overall
    glance of your site is great, as smartly as the content material!

  2. Wow, awesome blog structure! How long have you ever been blogging for?
    you made blogging glance easy. The overall glance of
    your web site is magnificent, as well as the content material!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *