Taman Budaya Sendawar, Tempat Wisata Favorite Berlibur Keluarga di Kutai Barat

Taman Budaya Sendawar, Tempat Wisata di Kutai Barat

Diposting pada

Direktori Wisata – Taman Budaya Sendawar, tempat wisata favorite berlibur keluarga di Kutai Barat. Saat bertandang ke Kabupaten Kutai Barat, Anda bisa temukan bermacam rekreaso yang memikat buat didatangi.

Taman Budaya Sendawar, Tempat Wisata Favorite Berlibur Keluarga di Kutai Barat

Salah satunya wisata bagus yang berada di Kabupaten Kutai Barat dan tentu saja demikian terkenal dilapisan pelancong ialah Taman Budaya Sendawar (TBS).

Wisata budaya yang disahkan oleh pemerintahan di tempat ini dibuka semenjak 5 November 2012 dan banyak memancing ketertarikan warga lokal atau pelancong di luar Kabupaten Kutai Barat untuk tiba Bertandang. Ditambah, di hari minggu seperti sabtu dan minggu, rekreasi budaya ciri khas suku kutai ini demikian ramai didatangi oleh beberapa pelancong.

Daya magnet yang Dipunyai Taman Budaya Sendawar Kutai Barat

Daya magnet yang Dipunyai Taman Budaya Sendawar Kutai Barat

✦ Atraksi Tari Tradisionil 6 Etnis

Hal yang memikat saat Anda tiba ke Taman Budaya Sendawar di hari sabtu ialah Anda bisa menyaksikan perlihatkan tari tradisionil dari 6 etnis yang diadakan di sini. Aktivitas menarik ini teratur diadakan oleh faksi pengurus di hari sabtu malam.

✦ Spot Photo yang Unik dan Menarik

Saat Anda bertandang di sini, Anda bisa temukan bermacam spot bagus yang bisa dijumpai di sini. Apa lagi di dalam rumah lamin yang mempunyai ornamen bangunan ciri khas dari 6 etnis yang membuat tempat ini demikian memikat buat dijadikan object photo.

✦ Keelokan Rumah Lamin Beragam Budaya

Pasti sebagai daya magnet saat bertandang ke wisata budaya yang elok ini ialah keelokan dari bangunan tempat tinggal lamin (Lo’u) atau rumah panjang sebagai representasi dari 6 suku yang berada di Kutai Barat, yakni Etnis Melayu (Banjar, Kutai, dan lain beberapaya), Suku Dayak Benuaq, Dayak Bahau, Dayak Kenyah, Dayak Aoheng, dan Dayak Tunjung. Bangunan ini demikian cantik karena mempunyai ornamen ornamentt dari tiap-tiap suku.

Baca juga : Tanjung Isuy, Mengintip Pesona Wisata dan Budaya Kutai Barat

Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Taman Budaya Sendawar

Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Taman Budaya Sendawar

Beberapa pelancong bisa lakukan hal menarik di Taman Budaya Sendawar. Kegiatan yang bisa dilaksanakan di sini diantaranya:

* Tempat Santai

Saat Anda bertandang di hari minggu seperti hari sabtu atau minggu, wisata budaya yang cantik ini demikian ramai didatangi oleh beberapa pelancong. Selainnya menyaksikan pelancong pelajari mengenai budaya dari Suku Kutai, di sini Anda bisa temukan pengunjung mulai yang sekedar hanya santai atau beraktivitas olahraga seperti jogging atau jalan rileks atau sekedar hanya jalanan saja bersama dengan keluarga, rekan, atau pasangan. Di sini mempunyai situasi yang sejuk dan lapangan yang luas hingga bisa dipakai untuk beraktivitas olahraga.

* Mook Manaar Bulant

Mook Manaar Bulant adalah pentas khusus yang terdapat diwisata budaya elok ini dan mempunyai tempat yang lumayan luas. Umumnya, pentas ini dipakai ketika berada acara perayaan besar yang diselenggarakan di Taman Budaya Sendawar. Acara perayaan itu ibarat saat ada konser dari aktris Ibu Kota, panggung tarian tradisionil, sampai perayaan ulang tahun Kutai Barat biasa diselenggarakan di sini.

* Museum Etnografi

Selainnya menyaksikan keelokan dari bangunan Lamin yang terdapat di sini, faksi pengurus ajak beberapa pelancong untuk mengenali semakin banyak mengenai budaya tradisionil warga Kutai melalui Museum Etnografi. Bangunan museum ini lumayan luas, pelancong dapat berkeliling-keliling sambil menyaksikan ornamen Suku Dayak dan pelajari beberapa benda unik warisan budaya yang perlu dilestarikan, beberapa benda pusaka ini menyengaja ditempatkan pada tiap pojok bangunan dan tetap terurus dengan baik sekali oleh faksi pengurus.

Selainnya berkeliling-keliling dan pelajari mengenai benda pusaka warisan budaya warga Kutai, di sini beberapa pelancong dibolehkan dan dikasih peluang untuk menanyakan saat sedang jelajahi museum. Karena ada museum ini, faksi pengurus mengharap bisa menggerakkan kemauan warga terutama beberapa angkatan muda untuk menambahkan wacana mereka mengenai sejarah budaya tradisionil Kutai Barat secara bertandang ke museum.

Baca juga : Wisata Tebing Lonceng, Melihat Keelokan Pemandangan Kota Samarinda di Ketinggian

Harga Ticket Masuk dan Jam Membuka Wisata Taman Budaya Sendawar Kutai Barat

Harga Ticket Masuk dan Jam Membuka Wisata Taman Budaya Sendawar Kutai Barat

Tapi, untuk museum ini cuma dibuka di hari biasa yakni Senin sampai Jumat. Untuk hari senin sampai kamis, museum ini dibuka start pukul 08.00 – 16.00 WITA. Sementara, untuk hari Jumat dibuka start pukul 08.00 – 12.00 WITA. Saat berkunjung museum ini, beberapa pelancong tidak dikenai ongkos agar dapat masuk ke museum.

Hal yang memikat saat Anda bertandang ke wisata hits yang berada di Kabupaten Kutai Barat ini, Anda tidak dikenai biaya tarif untuk masuk. Beberapa pelancong dapat dengan bebas nikmati semua sarana yang terdapat, belajar mengenai budaya tradisionil warga Kutai, dan nikmati pemandangan ke cantikaan yang terhidang di sini dengan gratis.

Baca juga : Bukit Steling, Nikmati Panorama Kota Samarinda dari Ketinggian

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Taman Budaya Sendawar
Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Taman Budaya Sendawar

Hal yang memikat saat Anda bertandang ke rekreasi hits yang berada di Kabupaten Kutai Barat ini, Anda tidak dikenai biaya tarif untuk masuk. Beberapa pelancong dapat dengan bebas nikmati semua sarana yang terdapat, belajar mengenai budaya tradisionil warga Kutai, dan nikmati pemandangan ke cantikaan yang terhidang di sini dengan gratis.

Rekreasi budaya yang cantik ini membuka tiap hari dengan jam operasional membuka yang diawali jam 08.00 pagi sampai jam 06.00 sore untuk saat tutupnya.

Rekreasi budaya terkenal yang berada di Kabupaten Kutai Barat ini berada di propinsi Kalimantan Timur, Indonesia. Persisnya di Jl. Sendawar Raya, Barong Tongkok, Kutai Barat, Kabupaten Kutai Barat, Kalimantan Timur. Rekreasi budaya tradisionil ciri khas Kutai Barat ini ada didekat Kantor Bupati Kutai Barat dan Kantor DPRD Kabupaten Kutai Barat, Polres Kutai Barat, Lapangan terbang Melalan, dan Stadion Swalas Gunaaq.

Jalur jalan yang dilalui bisa dilewati gampang oleh kendaraan individu seperti motor dan mobil karena jalannya yang baik. Bila, Anda masih bimbang dengan jalur tentu dari lokasi rekreasi budaya yang hits ini, Anda dapat meng ikuti jalur dari Google Maps yang bisa di akses lewat handphone punya Anda.

Sarana yang Ada di Teritori Wisata Taman Budaya Sendawar Kutai Barat
Sarana yang Ada di Teritori Wisata Taman Budaya Sendawar Kutai Barat

Hal yang memikat saat Anda bertandang ke wisata hits yang berada di Kabupaten Kutai Barat ini, Anda tidak dikenai biaya tarif untuk masuk. Beberapa pelancong dapat dengan bebas nikmati semua sarana yang terdapat, belajar mengenai budaya tradisionil warga Kutai, dan nikmati pemandangan ke cantikaan yang terhidang di sini dengan gratis.

Wisata budaya yang cantik ini membuka tiap hari dengan jam operasional membuka yang diawali jam 08.00 pagi sampai jam 06.00 sore untuk saat tutupnya.

Pasti untuk mendukung kenyamanan dari beberapa pelancong yang bertandang diperlukan sarana yang ideal. Sarana yang ada dan bisa dipakai oleh pelancong di Taman Budaya Sendawar, diantaranya:

* Toko Suvenir

Faksi pengurus sediakan sebuah tempat untuk beberapa pelancong yang ingin beli suvenir ciri khas Suku Dayak, di sini terdapat bermacam suvenir yang bisa Anda tentukan sebagai kenangan atau oleh-olehan untuk keluarga Anda yang di rumah.

* Tempat Parkir yang Luas

Faksi pengurus sediakan tempat parkir yang lega yang bisa dipakai oleh beberapa pelancong untuk memarkirkan kendaraan individu mereka baik motor atau mobil secara bebas. Bahkan juga, saat Anda melakukan lawatan sekolah atau lembaga ke rekreasi budaya elok ini memakai bis, bis juga bisa juga diparkir di sini. Disamping itu, faksi pengurus melepaskan ongkos parkir untuk beberapa pelancong yang bertandang.

* Warung Makan

Pasti, sesudah asyik berkeliling-keliling nikmati bermacam keelokan dan pelajari budaya tradisionil Suku Dayak, tentu Anda akan merasa capek dan lapar. Anda tidak butuh cemas karena di tempat ini ada sebuah warung makan yang berjejer di bawah kolong bangunan tempat tinggal lamin. Di sini Anda bisa nikmati bermacam makanan dimulai dari cemilan sampai makanan berat, bahkan juga Anda pun bisa coba makanan ciri khas dari Kabupaten Kutai Barat di sini harga yang dapat dijangkau di kantong dan tentu saja mempunyai rasa yang nikmat.

Baca juga : Wana Wisata Api-Api, Melihat Daya tarik Alam Mengagumkan di Penajam Paser Utara

Taman Budaya Sendawar adalah wisata budaya ciri khas Suku Dayak yang demikian memikat buat Anda datangi bersama dengan keluarga, famili, atau rekan Anda. Selainnya bisa menyaksikan keelokan bangunan lamin yang mempunyai ornamen ciri khas suku dayak, di sini pelancong dapat belajar mengenai budaya suku Kutai.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *