Danau Raja Rengat, Pemandangan Alam Eksotik Penuh Mistik di Indragiri Hilir

Danau Raja Rengat, Pemandangan Alam Eksotik Penuh Mistik di Indragiri Hilir

Diposting pada

Direktori Wisata – Danau Raja Rengat, pemandangan alam eksotik penuh mistik di Indragiri Hilir. Mengulas mengenai tujuan wisata alam di Riau memang menarik. Selainnya wisata alam berbentuk bukit-bukit, ada yang memikat didatangi, yakni Danau Raja Rengat.

Danau Raja Rengat, Pemandangan Alam Eksotik Penuh Mistik di Indragiri Hilir

Sesuai namanya, object wisata ini kali berbentuk danau dengan semua kekhasan nya. Lokasinya yang ada di tengah kota membuat selalu ramai didatangi, khususnya oleh pemuda.

Bisa disebutkan jika object wisata berbentuk danau ini adalah icon dari kabupaten Indragiri Hilir. Situasinya yang asri dan dikitari pohon-pohonan membuat udara disekelilingnya demikian sejuk, belum juga air danau yang dingin dan beri kesegaran. Di sejumlah titik, danau elok ini dihias bunga teratai.

Object wisata ini tidak demikian luas bila dibanding wisata danau yang lain, cuma dengan diameter sekitaran 200 mtr.. Memiliki bentuk bundar tidak rata dengan bangunan miniatur kerajaan Indragiri di tengah-tengahnya. Tiruan itu dipastikan serupa dengan aslinya oleh pemerintahan di tempat yang diperlengkapi dua patung singa jantan sebagai penjaganya.

Daya Ambil Wisata yang Dipunyai Danau Raja Rengat Indragiri Riau

https://www.direktori-wisata.com/danau-raja-rengat-pemandangan-alam-eksotik-penuh-mistik-di-indragiri-hilir/(buka di tab baru)

Walaupun kecil, kenyataannya Danau Raja Rengat banyak didatangi pelancong dari beragam wilayah. Ini karena ada daya magnet yang tidak dimiliki object wisata yang lain. Menariknya, daya magnet yang diartikan tidak cuma dari keelokan alamnya, walaupun sebetulnya adalah object wisata alam. Dibanding ingin tahu, berikut sejumlah daya magnet yang diartikan.

✦ Tidak Diketahui Kedalamannya

Tidak Diketahui Kedalamannya

Daya magnet selanjutnya cukup unik, yaitu tidak ada yang ketahui dengan tentu berapakah kedalaman danau mistik ini. Pemerintahan di tempat belum lakukan pengukur berapakah titik yang memiliki kedalaman optimal. Dahulunya pernah dilaksanakan, tetapi proses disetop saat sebelum memperoleh kedalaman tentunya.

✦ Keelokan Danau Raja Rengat

Keelokan Danau Raja Rengat

Dari memiliki bentuk yang bundar tidak teratur, rupanya danau ini kelihatan eksotik. Dari sisi danau tumbuh subuh pohon-pohonan teduh hingga kelihatan hijau yang asri. Beberapa supremasi oleh pohon akasia yang gampang tumbuh di tepi jalan. Di sejumlah titik dibuat tempat duduk untuk pengunjung yang ingin santai.

Jumlahnya hilir mudik kendaran bermotor seolah tidak dapat tutupi kesegaran dan keasrian object wisata cantik ini. Airnya warna hijau dan jernih, tidak dari refleksi pohon di sebelahnya, tetapi memang pada pokoknya warna hijau. Bertandang ke lokasi wisata ini lebih bagus di sore atau pagi hari untuk memperoleh situasi lebih sejuk.

✦ Lambang Peradaban Kerajaan Indragiri

Lambang Peradaban Kerajaan Indragiri

Diberi nama Danau Raja Rengat pasti ada argumennya. Kabarnya danau ini dipakai untuk tempat bersih diri untuk putri dan anggota kerajaan Indragiri pada periodenya. Memang lumayan berargumen karena situasi asri dan sejuknya air danau. Untuk tersebut dibuat tiruan kerajaan Indragiri di tengah-tengah danau itu.

✦ Volume Airnya Selalu Masih tetap

Volume Airnya Selalu Masih tetap

Sungai atau danau yang anda jumpai pasti alami pasang kering air, bergantung dari musimnya. Menariknya, danau yang dipakai sebagai object wisata ini mempunyai volume atau debet air permanen. Walaupun musim hujan dengan turunnya hujan deras, air danau sebelumnya tidak pernah naik meluber ke jalanan.

Demikian juga saat musim kemarau, Danau Raja Rengat sebelumnya tidak pernah kering airnya atau kekeringan. Peristiwa ini tentu saja tidak biasa, tetapi ada yang menjelaskan karena faktor terowong yang melingkari danau. Meskipun begitu, peristiwa ini sanggup jadi daya magnet untuk pelancong yang bertandang.

✦ Narasi Mistik yang Dipercayai Masyarakat

Narasi Mistik yang Dipercayai Masyarakat

Ada yang memikat bila mengulas danau ini dalam soal mistik. Sejarah yang sampai sekarang ini dipercayai terciptanya danau elok ini ialah dari syarat Raja ke calon tunangannya. Diceritakan bila dahulu ada pemuda namanya Usman yang ingin menyunting putri Raja namanya Putri Bunga Wangi.

Raja memberi persyaratan untuk membikin sebuah sungai dan istananya dalam kurun waktu tadi malam. Pasti bukanlah hal yang muda dan tidak mungkin dilaksanakan. namun rupanya pemuda itu sukses penuhi syarat dari raja. Sayang, raja ingkar pada janjinya dan tidak memberikan restu jalinan mereka berdua.

Sampai pada akhirannya, ke-2  pasangan itu menceburkan diri ke sungai dan berubah jadi buaya putih. Sampai sekarang ini, banyak masyarakat yang akui menyaksikan kemunculan buaya putih di Danau Raja Rengat. Tetapi bukan sembarangan orang yang dapat menyaksikannya, cuma mereka yang sudah diinginkan berjumpa.

Baca juga : Istana Siak Sri Indrapura, Warisan Sejarah Kerajaan Melayu Islam di Riau

Kegiatan Wisata yang Menarik Dilaksanakan di Danau Raja Rengat Indragiri

Kegiatan Wisata yang Menarik Dilaksanakan di Danau Raja Rengat Indragiri

Walaupun berbentuk danau, tidak berarti tidak ada kegiatan menarik yang dapat dilaksanakan. Pengunjung yang tiba ke danau elok ini pasti beraktivitas menarik menurutnya. Untuk anda yang ingin tahu dan belum memiliki gagasan apapun itu, berikut mungkin sejumlah kegiatan yang dapat dilaksanakan.

* Memburu Spot Photo Elok

Memburu Spot Photo Elok

Kegiatan selanjutnya ialah memburu spot photo elok dengan panorama khusus Danau Raja Rengat. Kegiatan ini jadi wajib untuk anda yang ingin mendokumentasikan peristiwa saat berlibur. Apalagi panorama alamnya memberikan dukungan untuk kegiatan photo selfie atau dengan keluarga. Untuk contoh ialah tiruan istana yang sudah disebut barusan, balai yang tempatnya tidak jauh dari tiruan kerajaan itu.

Hasil photo makin memikat saat air danau benar-benar tenang hingga seperti terlihat bentang aspal. Pohon yang terdapat disekitaran danau jadikan background photo lebih cantik. Walaupun tidak ada spot khusus, tetapi spot liar cukup memberikan kepuasan untuk hasilkan photo yang pantas dipublikasi di sosial media.

* Santai Nikmati Keelokan Danau Raja Rengat

Santai Nikmati Keelokan Danau Raja Rengat

Untuk aktivitas yang pertama, anda dapat santai sekalian nikmati panorama alam danau dan sekelilingnya. Berdiameter 200 mtr., anda dapat menyaksikan keelokan dari seberang danau. Janganlah lupa menyaksikan antiknya bangunan tiruan dari kerajaan Indragiri. Walaupun tempatnya di tengah-tengah danau, tetapi tempatnya lebih ke pinggir.

* Wisata Kulineran

Wisata Kulineran

Disekitaran lokasi Danau Raja Rengat ada banyak warung yang pas untuk wisata kulineran. Anda dapat beraktivitas ini sekalian nikmati keelokan dan angin segar yang berada di lokasi. Tipe makanan yang diketemukan umum, seperti bakso, mi ayam, dan camilan kekinian.

Untuk minumannya ada juga, beberapa berbentuk es. Namun anda dapat pesan kopi bila memang dibutuhkan. Harga cukup dapat dijangkau dan standard harga di sejumlah object wisata pada tempat lain. Kegiatan semacam ini pas dilaksanakan sesudah anda senang bermain atau berkeliling-keliling danau. Bila tidak, anda dapat melakukan saat sebelum pulang tinggalkan lokasi.

* Naiki Sarana Air

Naiki Sarana Air

Pengendalian Danau Raja Rengat dapat disebutkan lumayan baik bila disaksikan dari sarana permainan yang disiapkan. Pengunjung yang tiba bukan hanya dapat melihat cantiknya danau, tetapi berhubungan secara langsung dengan memakai sejumlah kendaraan air yang ada. Ada sebuah perahu punya masyarakat yang dapat dinaiki untuk melingkari danau.

Perahu itu telah diubah khusus untuk pengunjung yang ingin memperoleh kenyamanan lebih. Modifikasi yang sudah dilakukan salah satunya dengan memberi atap agar penumpang tidak kepanasan. Disamping itu masih tetap ada transportasi sebagai favorite beberapa anak, yakni perahu bebek.

Baca juga : Gunung Jempol Waterboom, Object Wisata Air Favorite di Singkawang

Harga Ticket Masuk Object Wisata Danau Raja Rengat Indragiri Riau

Harga Ticket Masuk Object Wisata Danau Raja Rengat Indragiri Riau

Danau Raja Rengat sudah diatur baik oleh pemerintahan di tempat ditolong masyarakat sekitaran. Saat sebelum masuk daerah pariwisata, ada gerbang masuk yang dipakai sebagai pembelian ticket. Murah tentu saja, cuma memerlukan harga ticket masuk sejumlah 3.000 rupiah untuk satu pengunjung.

Pada harga murah itu, anda dapat nikmati panorama cantik dan daya tarik yang diberi. Ongkos yang lain dibutuhkan untuk parkir kendaraan. Seperti object wisata umumnya, parkir motor dikenai biaya 2.000 rupiah, dan mobil 5.000 rupiah. Untuk pengunjung yang ingin nikmati sarana atau permainan air, siapkan juga beberapa uang.

Baca juga : Kampung Arab Al Munawar, Object Wisata Religius yang Penuh Nilai Sejarah di Palembang

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Wisata Danau Raja Rengat Indragiri
Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Wisata Danau Raja Rengat Indragiri

Awalnya sudah disebutkan jika Danau Raja Rengat ada di pusat kota, persisnya di Danau Raja, Daerah Dagang, Kecamatan Retak, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. Lokasinya vital, yakni ada di pusat perkotaan Retak hingga sangat mudah temukannya. Lebih-lebih lagi bila Rengat sendiri adalah ibu-kota dari kabupaten Indragiri Hilir.

Baca juga : Lapangan Puputan Badung, Object Wisata di Denpasar

Memang lumayan jauh bila anda ke arah lokasi dari Pekanbaru yang memerlukan waktu sekitaran empat jam. Dengan argumen tersebut object wisata ini banyak didatangi pelancong lokal dan mereka yang dari sekitaran kecamatan Rengat. Untuk pengunjung yang tiba dari jarak jauh, perjalanan anda tidak percuma karena akan terbayarkan saat datang di lokasi. Saksikan google maps.

Sarana yang Ada di Teritori Wisata Danau Raja Rengat Indragiri Riau
Sarana yang Ada di Teritori Wisata Danau Raja Rengat Indragiri Riau

Karena object wisata elok ini telah diatur baik dan mengharuskan pengunjungnya untuk bayar ongkos retribusi, maknanya beragam sarana penting dapat anda peroleh. Untuk sarana yang biasa dan wajib berada di Danau Raja Rengat ialah toilet dengan keadaan lumayan baik walaupun dipakai untuk umum.

Sarana lain yakni Masjid yang tidak jauh dari lokasi danau. Tempat parkir pasti anda peroleh karena adalah sarana yang wajib ada di beberapa object wisata. Warung untuk wisata kulineran yang sudah disebut adalah salah satunya sarana penting yang dapat anda gunakan. Sarana lain yaitu sarana atau permainan air yang hebat dan membuat pengunjung kerasan.

Baca juga : Pantai Tanjung Pinggir Batam, Pantai Pasir Cokelat Pemandangan Alam Mempesona

Dari keterangan berkenaan daya magnet dan kegiatan yang memikat dilaksanakan saat berkunjung Danau Raja Rengat, tidak tutup kemungkinan makin jadikan ingin tahu. Saat sebelum bertandang, pastikan penyiapan yang sudah dilakukan telah masak, baik secara fisik atau kendaraan yang hendak digunakan.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *