Pulau Bawean, Object Wisata Bahari yang Memesona dan Keelokan Alam Terselinap di Samping Utara Gresik

Pulau Bawean, Object Wisata Bahari yang Memesona dan Keelokan Alam Terselinap di Samping Utara Gresik

Diposting pada

Direktori Wisata – Pulau Bawean, object wisata bahari yang memesona dan keelokan alam terselinap di samping utara Gresik. Bawean ialah sebuah pulau yang berada pulau Jawa.

Pulau Bawean, Object Wisata Bahari yang Memesona dan Keelokan Alam Terselinap di Samping Utara Gresik

Jaraknya sekitaran 135 km samping utara Kabupaten Gresik. Secara administratif, pulau Bawean termasuk di dalam daerah Kabupaten Gresik, Jawa Timur.

Pulau Bawean terdiri dari dua kecamatan, yakni Kecamatan Sangjapura dan Kecamatan Tambak. Jumlah warganya sekitaran 107.000 jiwa dengan sebagian besar suku Bawean dan beberapa kombinasi suku lain dari Jawa, Madura, Kalimantan dan Sumatera.

Bahasa yang kerap dipakai di pulai ini ialah bahasa Bawean yang serupa dalam bahasa Madura. Mata pencarian khusus warga di pulau ini sebagian besar petani dan nelayan.

Pulau Bawean dapat disebutkan sebagai wisata terselinap dari Gresik. Salah satunya teritori wisata yang memikat buat didatangi. Pulau ini populer akan pemandangan dan kekayaan alamnya yang cantik, unik dan mengagumkan.

Pulau ini adalah lokasi untuk berlibur terbaik sekalian icon rekreasi di Gresik. Tawarkan daya tarik bahari yang tidak kalah dari beberapa pulau rekreasi yang lain. Ada beberapa tempat wisata yang dapat anda datangi di pulau Bawean ini.

Dimulai dari pantai berpasir putih, danau di tengah-tengah pulau, rusa Bawean yang sangat jarang sampai kulineran ciri khas Bawean. Panorama alam mengagumkan secara bermacam aktivitas hebat dan menarik jadikan pulau Bawean ini demikian spesial.

Ada Apa di Pulau Bawean Greasik

Ada Apa di Pulau Bawean Greasik

Pulau Bawean populer dengan kekayaan alamnya yang cantik, unik dan mengagumkan. Ada beberapa beberapa tempat wisata yang dapat anda datangi waktu bertandang ke pulau ini.

Pulau Bawean mempunyai pemandangan alam yang mengagumkan dan alami. Di pulau ini lebih banyak beberapa tempat yang tawarkan panorama cantik dan alami. Seperti pantai berpasir putih, air terjun, penangkaran rusa, ekowisata mangrove, danau sampai kulineran ciri khas Bawean.

Jam Membuka Pulau Bawean Greasik

Jam Membuka Pulau Bawean Greasik

Pulau Bawean membuka tiap hari 24 jam. Tetapi tidak dengan fasilitas transportasi penyeberangannya. Kapal penyeberangan ke arah pulau ini beberapa mulai bekerja dari jam 09.00 WIB. Dan cuma berada di beberapa hari tertentu, demikian dengan pesawat.

Maka bila anda akan bertandang ke Rekreasi Pulau Bawean, perlu targetkan agenda pemberangkatan dengan masak supaya bisa tiba sama sesuai agenda yang terdapat..

Baca juga : Wisata Telaga Ngipik, Tempat Refreshing dengan Pemandangan Alam yang Cantik di Gresik

Alamat Pulau Bawean

Alamat Pulau Bawean

Secara administratif, pulau ini termasuk ke daerah Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Saksikan google maps.

Harga Ticket Masuk ke dalam Pualu Bawean

Harga Ticket Masuk ke dalam Pualu Bawean

Harga ticket masuk Pulau Bawean Gresik rupanya benar-benar ramah kantong atau cuma-cuma. Tetapi, pengunjung harus beli ticket kapal atau pesawat untuk seberang ke Pulau Bawean. Harga ticket bervariatif bergantung tipe transportasi yang ditumpangi.

Jalur ke Pulau Bawean

Jalur ke Pulau Bawean

Untuk ke arah Pulau Bawean Gresik, ada lajur udara dan lajur laut. Lajur udara bisa ambil pemberangkatan dari Kota Surabaya atau Kabupaten Sumenep, Madura. Sementara untuk lajur laut, pelancong bisa lewat Dermaga Gresik dan Paciran, Kebupaten Lamongan.

Transportasi ke Pualau Bawean Gresik
Transportasi ke Pualau Bawean Gresik

Ada tiga kapal yang layani penyebrangan ke Pulau Bawean. Yakni Kilat Bahari, Natuna Kilat, dan Gili Iyang. Ke-3  kapal itu mempunyai waktu pemberangkatan yang beda. Bergantung hari dan jam dengan ongkos yang beda.

– Lajur Laut

Kilat Bahari

Lajur Laut

Kilat Bahari dan Natuna Kilat adalah fasilitas transportasi ke arah pulau Bawean dengan perjalanan 3 jam. Kilat Bahari layani jalur penyeberangan Gresik-Bawean pada Kamis dan Minggu, jam 09.00 WIB. Pada harga ticket seperti berikut :

✦> VIP Rp.220.000,-

✦> Eksekutif Rp.170.000,-

Kapal ini layani jalur penyeberangan Bawean-Gresik pada Senin dan Sabtu, jam 09.00 WIB. Pada harga ticket seperti berikut :

✦> VIP Rp.215.000,-

✦> Eksekutif Rp. 165.000,-

Baca juga : Wisata Syifa, Keelokan Alam Rimba Mangrove Hijau yang Sejuk dan Cantik di Gresik

– Natuna Kilat

Natuna Kilat

Sama dengan Kilat Bahari, Natuna Kilat layani jalur Gresik-Bawean dan Bawean Gresik. Tetapi berlainan hari dengan Kilat Bahari.

Jalur penyeberangan Gresik-Bawean dilaksanakan tiap Senin dan Rabu jam 09.00 WIB. Sementara jalur Bawean Gresik tiap Selasa dan Kamis jam 09.00 WIB. Pada harga ticket seperti berikut :

✦> VIP Rp.162.5000,-

✦> Eksekutif Rp. 146.000,-

Baca juga : Pantai Kilang Mandiri, Spot Terbaik Nikmati Pemandangan Sunset di Balikpapan

– Gili Iyang

Gili Iyang

Gili Iyang adalah fasilitas transportasi laut ke arah pulau Bawean dengan perjalanan sekitaran 8 jam. Gili Iyang tidak cuma layani jalur penyeberangan Gresik-Bawean saja. Kapal ini layani jalur penyeberangan Paciran-Bawean.

Agenda pemberangkatannya nyaris tiap hari terkecuali Kamis jam 08.00 WIB, 09.00 WIB, dan 21.00 WIB. Pada harga ticket seperti berikut :

✦> Ticket dewasa Rp.76.000,-

✦> Ticket dewasa + sepeda motor Rp.95.000,-

✦> Ticket beberapa anak Rp.50.000,-

Baca juga : Pantai Seraya, Tempat Terbaik Melihat Keelokan Sunset di Balikpapan

– Lajur Udara

Lajur Udara

Pelancong bisa juga memakai pesawat dari Susi Air yang sediakan lajur penerbangan Surabaya Bawean dan Sumenep Bawean.

✦> Susi Air Surabaya Bawean Rp. 455.750,-

✦> Susi Air Sumenep Bawean Rp. 403.610,-

(Harga tersebut dapat berbeda setiap saat).

Baca juga : Pantai Batu Hoda, Wisata Bahari dengan Keelokan Alam Mempesona di Samosir

Bawean Island Dan Penangkaran Rusa Di Gresik
Bawean Island Dan Penangkaran Rusa Di Gresik

Bawean Island adalah pusat dari wisata Bawean. Pulau ini adalah pulau cantik yang berada di tengah pulau Jawa. Pulau ini dipanggil sebagai pulau Putri, karena warga lelaki dari Bawean ini lebih banyak jadi perantau. Hal itu mengakibatkan beberapa warga Bawean ialah wanita.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *