Ngarai Sianok, Lembah Elok Dikitari Tebing Terjal di Sumatera Barat

Ngarai Sianok, Lembah Elok Dikitari Tebing Terjal di Sumatera Barat

Diposting pada

Direktori Wisata – Ngarai Sianok, lembah elok dikitari tebing terjal di Sumatera Barat. Ngarai Sianok adalah lembah terjal atau jurang dengan panorama benar-benar cantik ada di tepian Bukittinggi dan Agam, Sumatera Barat. Rentang alam yang tercipta karena gerakan lurus Sumatera dan memikat buat dieksplor daya tariknya.

Di Indonesia rupanya ada sebuah ngarai yang tampilkan keelokan bentang alam nusantara. Sebuah lembah elok dengan semua pemandangan cantiknya ada di wilayah utara Pulau Sumatera. Tempat itu demikian mempesona sampai membuat pantas untuk didokumentasikan lewat uang kertas sah Indonesia, yakni Rupiah, pada pecahan 2000 pada bagian belakangnya.

Tujuan bagus yang tidak kalah secara beragam tempat sama yang berada di luar negeri itu namanya Ngarai Sianok. Secara administratif, tempat itu termasuk sisi dari Kota Bukittinggi, Propinsi Sumatera Barat. Menyaksikannya dari beberapa gambar yang tersebar di Internet saja akan membuat kagum semuanya orang. Apalagi, bila mempunyai peluang untuk langsung menghampirinya pasti benar-benar hebat.

Lokasinya ada tidak begitu jauh dari pusat keramaian. Hal itu menambahkan ketertarikan beberapa orang untuk menghampirinya. Beragam hal dapat didapat oleh warga yang tiba ke situ. Bukan hanya pemandangan alamnya saja, tetapi luasnya tempat Ngarai Sianok membuat pengunjung bisa dengan bebas lakukan berbagai kegiatan yang hebat dan membuat pengalaman yang tidak terlewatkan.

Daya Ambil Wisata yang Dipunyai Ngarai Sianok

✦ Bukti dari Pembangunan Pulau Sumatera

Banyak pakar geologi yang memiliki pendapat jika lembah yang diselipin oleh bukit-bukit ini adalah bentuk cantik dari patahan lurus pada zaman dulu. Dua lurus yang berada di sana berubah sama-sama bertolak-belakang hingga nampaklah dataran rendah yang terdapat pada bagian tengahnya. Seiring waktu berjalan, lembah itu berkembang jadi lokasi yang memesona dan demikian cantik.

✦ Lokasi yang Pas Lakukan Beragam Aktivitas Menarik

Walaupun ada di salah satunya tujuan alam yang tidak habis membuat kagum, tempat ini bisa juga dipakai untuk lakukan beragam jenis kegiatan. Bukan hanya jalan-jalan buat menelusuri tempat disekelilingnya saja atau berpotret riang mendokumentasikan situasi di situ, beberapa pengunjung yang tiba ke situ bisa juga lakukan aktivitas lebih dari pada tersebut.

Beragam jenis olahraga dapat diterapkan setiap pojok ngarai itu. Berikut salah satunya kegiatan favorite untuk warga sekitaran untuk habiskan waktu pada akhir minggu. Medannya yang termasuk berlebihan, pantas dicoba menjadi lokasi naik sepeda gunung.

✦ Panorama Bagus Bukit-bukit

Berkunjung tempat itu karena itu beberapa pelancong akan dihidangkan sebuah panorama bagus yang tampilkan formasi bukit-bukit yang berdiri dengan rapi. Saat pertama kalinya memijakkan kaki di situ, tentu pengunjung akan ternganga dengan daya tarik alamnya. Bentukan dari ngarai itu memanjang namun berliku pada sisi bagian kanan dan kirinya.

Hal tersebut yang membuat penampilannya jadi makin unik dan spesial. Panoramanya bertambah bagus berulang-kali lipat ketika menyaksikannya dari sebuah ketinggian. Ada beberapa titik pada bukit-bukit yang berada di sana, hingga hal itu bukan suatu hal yang susah dilaksanakan untuk beberapa pelancong. Berikut salah satunya daya pikat paling tepat dari tempat itu untuk menarik wisatawan tiba ke situ.

Di Teritori Ngarai Sianok ada sebuah sungai yang mengucur seakan menambahkan kelebihan dari tempat itu. Tidak jauh dari lokasinya, ada sebuah taman yang cocok untuk lakukan penilaian ke object itu. Tempat itu namanya Taman Pemandangan. Sama dengan namanya, tempat ini menyuguhkan pemandangan yang benar-benar elok dan membuat hati dan pikiran jadi fresh kembali.

✦ Sisi Bagus Bukit Barisan

Di Pulau Sumatera, ada sesuatu dataran yang mencolok ke atas dan berdiri berderet membuat sesuatu barisan. Itu adalah serangkaian pegunungan barisan yang membuat pulau yang ini. Dalam ngarai yang cantik itu, pegunungan barisan bisa disaksikan bagus dan tentu saja ini menambahkan kekhasan tertentu dari tempat itu.

Disamping itu, sebetulnya bukit-bukit yang berada di sana adalah salah satunya dari beberapa daratan tinggi yang berada di pegunungan barisan. Tetapi kelihatan demikian berlainan dan unik karena lembah ini memberi pemikiran lain dari serangkaian bentang alam itu.

✦ Vegetasi Hijau yang Menghiasnya

Performa ngarai cantik itu jadi makin cantik karena pada permukaan atasnya banyak beragam jenis tanaman hingga membuat performanya makin bagus. Sejumlah titik yang berada di lembah itu, baik di bagian yang jauh ke atau di dekat permukaan, dijumpai vegetasi alami yang menghias.

Hal tersebut yang menjadikan sebagai salah satunya surga terselinap nusantara yang pantas untuk menjadi satu diantara tujuan rekreasi. Disamping itu, dengan kehadiran beragam jenis varietas beberapa tumbuhan itu membuat jadi titik yang makin cantik sebagai background foto photo yang diambil.

✦ Rentangannya yang Panjang

Bila diukur, object wisata alam itu menghampar sepanjang lebih dari 10 km. Demikian panjangnya, tempat itu seakan tidak mempunyai ujung khususnya karena beragam bukit-bukit yang merintangi pandangan beberapa pengunjung pada ujung dari tempat ini. Di atas bukit-bukit, ngarai itu memiliki kedalaman yang cukup jauh ke bawah.

Ngarai Sianok dikitari oleh tanah-tanah yang membubung tinggi ke atas. Dari permukaan sisi bawahnya, bukit yang membubung itu mempunyai ketinggian lebih kurang 100 mtr.. Angka itu terkadang membuat takut pengunjung yang mempunyai phobia pada ketinggian. Tetapi, semua itu akan terbayar lunas dengan yang menunggu untuk dilihat di tempat wisata Bukittinggi ini.

Baca juga : Jam Gadang, Menara Jam Icon Kebanggaan Kota Bukittinggi

Kegiatan Wisata yang Menarik Dilaksanakan di Ngarai Sianok

* Berkunjung ke Tangkai atau Sungai

Pada lembah sisi tengahnya, ada sebuah sungai yang mempunyai air yang bersih. Penuh oleh pengunjung bermain airnya yang fresh. Salurannya sebetulnya tidak deras, tetapi bila musim penghujan debitnya jadi naik dan arusnya juga dapat digunakan untuk bermain arung jeram.

* Menelusuri Tiap Pojok Lembah

Ini adalah suatu hal yang pasti tidak membuat pengunjung jemu. Beberapa hal dapat diketemukan atau dicicipi oleh pelancong hingga penelusuran pada tiap spotnya jadi pengalaman cantik sebuah wisata.

* Berpose Riang di Ngarai Sianok

Berkunjung tujuan cantik itu tidak senang jika tidak lakukan aktivitas itu. Beberapa pengunjung dapat memfoto tempat sekitaran ngarai di beberapa titik. Panorama yang terhidang pasti membuat gambar hasil bidikan individu jadi makin cantik dan pantas menjadi satu diantara upload pada sosial media individu.

Bukan hanya pada lembah atau bukit-bukit didalamnya saja, taman yang berada di dekat sana menyajikan pemandangan eksotik seperti namanya. Di situ dibikin beberapa titik photo khusus untuk percantik hasil bidikan dan sebagai gelaran seru-seruan saja yang bisa diambil di wisata Bukittinggi ini.

* Bertandang ke Sejumlah Spot Unik

Spot pertama yang jelas diketahui oleh wisatawan yang berada di Ngarai Sianok yakni Taman yang ada di sisi atas bukit-bukit di situ. Di situ ada sarana yang komplet hingga pengunjung tidak kesusahan saat beraktivitas untuk nikmati alam di situ.

Bahkan juga, sebuah pengalaman makan tidak terlewatkan dapat dilaksanakan karena tersedia tempat makan yang menyuguhkan menu khusus yang sedap. Disamping itu, ada bagian lain dari lokasi yang kelihatannya cantik ini. Teritori itu rupanya simpan sebuah bukti sejarah, yakni goa yang dibuat pada zaman wargaan Jepang di Indonesia.

Goa itu sebenarnya ialah sebuah bunker yang tercipta dari lorong yang memanjang sepanjang beratus-ratus mtr.. Tempat mendidik ini dapat dijangkau gratis karena termasuk ticket yang telah dibayarkan.

Baca juga : Lobang Jepang, Tujuan Wisata yang Penuh Nilai Sejarah di Bukittinggi

Harga Ticket Masuk Wisata Lembah Sianok

Untuk mendapat akses menelusuri teritori ini, karena itu pengunjung harus keluarkan beberapa ongkos untuk beli ticket masuknya. Karena teritori ini tidak bisa disangsikan kembali keindahannya, jadi tidak cuma warga yang dari dalam negeri yang bertandang. Ada pula wisatawan asing yang tertarik ada di sana.

Tersebut penyebabnya ada ketidaksamaan harga di antara pelancong lokal dan asing. Supaya bisa melalui salah satunya dari 3 pintu masuk yang ada, karena itu orang Indonesia yang berekreasi ke situ perlu keluarkan kantong sejumlah Rp 15.000 untuk orang dewasa, dan Rp 10.000 untuk beberapa anak.

Dalam pada itu, pengunjung asing harus keluarkan dana sebesar Rp 25.000 untuk semua umur yang akan ke situ. Tempat wisata ini bisa mulai dicicipi semenjak jam 8 pagi dan usai pada pukul 5 sore. Untuk pelancong yang akan menginap disekitaran sana, ada banyak pemondokan atau losmen dan homestay kecil yang bisa dipakai.

Baca juga : Istana Siak Sri Indrapura, Warisan Sejarah Kerajaan Melayu Islam di Riau

Alamat Wisata dan Jalur Ke arah Lokasi Ngarai Sianok

Lembah yang fantastis itu ada di dekat teritori Bukittinggi, tanah Minangkabau. Secara terinci, tempat ini berada di Kabupaten Agam yang berada di Propinsi Sumatera Barat secara administratif. Lokasinya tertaut lebih kurang 1 km jauhnya pada segi barat daya Kabupaten yang terkenal dari propinsi itu, yaitu Bukittingi.

Waktu yang perlu dilakukan oleh pengunjung yang barusan naiki pesawat, yakni sekitaran lebih dari dua jam dari Lapangan terbang Minangkabau. Tapi, tidak butuh resah karena umumnya perjalanannya tidak melewati tiga jam lama waktunya. Dari tempat itu, pelancong dapat menggunakan beragam tipe model transportasi. Bila ingin ringkas, karena itu dapat sewa mobil atau kendaraan yang lain.

Langkah mencapainya dari teritori Padang yakni dengan ke arah Padang Panjang lebih dulu. Kemudian, ikutinya panduan jalan yang ke arah pada Panyalaian lantas beralih ke teritori Koto Baru. Setelah itu, pastikan perjalanan itu melalui tempat namanya Amor selanjutnya Cingkariang. Apabila sudah, karena itu pelancong akan datang di lokasi Padang Luar.

Baca juga : Geylang Serai, Pilihan Liburan yang Baru Pada Saat di Singapura

Ikuti jalanan yang ke arah pada lokasi namanya Jambu Air sampai ke arah Bukittinggi. Apabila sudah ada di sana, karena itu bukan kasus yang susah untuk capai Ngarai Sianok. Semua lajur ke arah tempat itu memang seharusnya melalui Bukittinggi lebih dulu, meskipun secara tehnis ngarai ini tidak jadi sisi dari kabupaten tersebut. Saksikan google maps.

Sarana Wisata yang Ada di Ngarai Sianok

Lembah terjal yang cantik ini tawarkan beragam hal yang dapat dicicipi oleh pengunjung. Bila merasa lapar, karena itu dapat singgah ke restaurant yang berada di sana. Beragam menu masakan, khususnya ciri khas suku Mingangkabau, dapat diminta.

Ada pula tempat parkir yang ideal bila ke situ menggunakan kendaraan yang digerakkan dengan individu. Ada juga pemondokan dan toko yang jual berbagai ragam cenderamata unik.

Baca juga : Sunrise Point Cukul, Spot Terbaik Nikmati Pemandangan Matahari Keluar di Bandung

Wisata alam di situ akan memberi sentuhan spesial sebuah pengalaman liburan khususnya di wilayah Bukittinggi, tanah Andalas. Dengan selengkapnya sarana di situ, pengunjung juga pun tidak perlu cemas akan hal apapun itu saat berekreasi di lokasi yang menakjubkan itu. Ngarai Sianok ialah tujuan wajib saat memilih untuk liburan di wilayah Sumatera Barat.[]