Benteng Fort de Kock, Benteng Monumental Warisan Belanda di Bukittinggi

Benteng Fort de Kock, Benteng Monumental Warisan Belanda di Bukittinggi

Diposting pada

Direktori Wisata – Benteng Fort de Kock, benteng monumental warisan Belanda di Bukittinggi. Indonesia mempunyai banyak tujuan wisata bangunan monumental yang menarik dan unik untuk Anda datangi, dan buat untuk ketahui sejarahnya. Satu diantaranya yakni Benteng Fort de Kock di Kota Bukittinggi.

Benteng yang ini adalah salah satunya bangunan warisan Belanda di Sumatra Barat. Benteng ini sekarang menjadi satu diantara tujuan wisata monumental yang ramai didatangi.

Awalannya benteng ini namanya Sterreschans yang mempunyai makna benteng perlindungan, selanjutnya diganti jadi Fort de Kock sesuai nama Baron Hendrick Merkus de Kock, yang di saat itu memegang sebagai Komandan De Roepoen dan wakil Gubernur Jenderal Pemerintah Hindia Belanda. Benteng yang dibuat di tahun 1825 itu, dipakai sebagai benteng pertahanan pada lawan.

Benteng monumental ini dibuat oleh Kapten Beaur dengan tinggi 20 mtr., mempunyai warna putih dan hijau, ditambahkan meriam kecil setiap sudutnya. Semenjak dibuat, benteng ini alami perbaikan pada 2002 dan berbeda nama jadi Taman Burung Tropis dan Taman Kota Bukittinggi.

Daya Ambil Wisata yang Dipunyai Benteng Fort de Kock Bukittinggi

Apa saja sich daya magnet tempat wisata ini? Tentu saja tiap object wisata mempunyai saya Ambil tertentu. Dan ini sejumlah pembahasan yang dapat jadi argumen untuk bertandang di object wisata ini.

✦ Benteng Fort de Kock dengan Wisata Yang lain

Kehadiran Benteng Fort de Kock lumayan strategis yaitu ada di teritori Taman Marga Satwa dan Budaya Kinantan atau yang kerap disebutkan Kebun Binatang Bukittinggi, memberi beberapa pilihan selingan untuk pengunjung. Benteng ini ada dekat sama Museum Tradisi Baanjuang dan kebun binatang Bukittinggi.

Tidak itu saja, di sini ada beberapa object photo yang instagramable untuk beberapa golongan milenial. Posisi yang vital ini membuat pengunjung gampang untuk bertandang ke object wisata ini. Bahkan juga Anda dapat berkeliling-keliling secara jalan kaki, sambil nikmati panorama dan situasi alam.

✦ Situasi yang Alami, Sejuk dan Asri

Waktu bertandang, beberapa pengunjung akan disuguhi situasi yang asri dan sejuk. Dibarengi dengan panorama yang cantik Ngarai Sianok, gunung Singgalang, gunung Pasaman, dan Kota Bukittinggi di atas jembatan Limpapeh.

✦ Belajar Mengenai Sejarah

Di sini beberapa pengunjung bisa berekreasi sekalian mengenali sejarah mengenai berdirinya benteng itu, sebagai bukti mengenai rakusnya dan arogannya beberapa penjajah. Bila kalian adalah pencinta sejarah Indonesia, karena itu tempat ini referensi seterusnya yang wajib didatangi.

Saksikan secara langsung keadaan Benteng Fort de Kock dan rasakan perjuangan pahlawan kita Imam Bonjol untuk menantang penjajah . Maka selainnya wisata, di sini akan menambahkan wacana pengunjung.

✦ Mempunyai Banyak Sarana

Di situ, beberapa pengunjung akan dihidangkan beragam jenis sarana yang memikat. Seperti Playgrond yang disiapkan untuk beberapa anak kecil dan sepeda menggantung yang mengetes adrenalin beberapa pengunjung.

Dengan memakai sepeda menggantung itu karena itu pengunjung bisa menyaksikan luasnya alam yang terpajang riil di muka mata . Maka, tentu saja bagus sekali bila ke sini dan nikmati beragam sarana yang ada.

Baca juga : Ngarai Sianok, Lembah Elok Dikitari Tebing Terjal di Sumatera Barat

Kegiatan Wisata yang Menarik Dilaksanakan di Benteng Fort de Kock

* Berkunjung Taman Burung Tropis

Saat masuk tempat benteng, beberapa pengunjung akan disongsong beragam jenis burung yang ada dalam sangkar-sangkar besar. Sejumlah burung yang terdapat disitu yaitu burung kakak tua, burung nuri, dan burung jalak yang bisa dicicipi.

Kicauan burung disitu akan menambahkan situasi alami waktu masuk tempat benteng. Beragam burung kelihatan terurus, baik pada makanannya dan kebersihan sangkarnya . Maka jangan memikat buat jadi wisata keluarga, kan?

* Berkunjung Kebun Binatang

Lokasi Benteng Fort de Kock tetap berderet dengan sejumlah object wisata yang lain. Dari Benteng pengunjung bisa memakai akses jembatan menggantung Limapeh sebagai akses ke arah tempat kebun binatang dan rumah tradisi.

Kebun binatang Bukittinggi adalah kebun binatang paling tua di Indonesia. Sejumlah koleksi binatang disitu adalah yang terkomplet di Pulau Sumatra. Bertandang disitu tawarkan pengetahuan, nilai sejarah dan panorama cantik Bukittinggi.

* Sarana Sepeda Menggantung

Untuk menganakemaskan beberapa pelancong yang tiba, dan untuk tingkatkan service dan sarana wisata, Pemerintahan Kota Bukittinggi, Sumatra Barat menambah sarana baru, yaitu sepeda menggantung yang sedikit memicu adrenalin.

Sepeda menggantung yang lewat di atas taman tingkatkan daya Ambil tertentu untuk beberapa pelancong yang bertandang. Tidak butuh cemas untuk coba sarana yang ini, karena faktor keselamatan masih tetap jadi fokus utama khusus dan sudah disiapkan perlengkapan komplet khusus untuk jaga keselamatan pengunjung.

* Tunggangi Kuda dan Gajah

Hal yang lain bisa dicicipi yakni tunggangi kuda dan gajah. Kuda dan gajah yang tampil terurus bisa temani pengunjung melingkari taman disekitaran benteng.

Sarana ini cuma ada untuk beberapa anak yang hendak didampingi secara langsung oleh pemandu khusus . Maka, tidak butuh takut sebab ada pemandu yang siap temani. Untuk nikmati sarana ini tentu saja Anda harus mempersiapkan bujet tertentu.

* Rekreasi Bersama Keluarga

Benteng Fort de Kock populer dengan udara yang sejuk dan banyak memiliki ojek rekreasi yang bisa hilangkan capek. Situasi yang teduh pas untuk beberapa pengunjung yang ingin lakukan rekreasi bersama keluarga. Seringkali pengunjung yang tiba ke wisata sejarah ini secara dengan bekalkan alas sebagai alas duduk.

Selainnya bisa nikmati Situasi alami yang sejuk dan bercakap-cakap dengan keluarga, beberapa pengunjung bisa dengar kicauan burung. Ada playground yang bisa jadi selingan tertentu untuk beberapa anak. Dalam playground ada sebuah istana yang berisi perosotan, ayunan, dan jungkat jungkit yang siap disajikan beberapa anak.

* Museum Rumah Tradisi Baanjuang

Sesudah senang menyaksikan beragam jenis hewan, beberapa pengunjung bisa berkunjung Museum Rumah Tradisi Baanjuang. Sebuah bangunan tempat tinggal tradisionil yang mempunyai anjuan kanan dan kiri, dengan style Rumah Gadang Bagonjong Gajag Maharam.

Tujuan dibangunnya museum ini untuk tempat konservasi warisan sejarah dan kebudayaan Minangkabau. Dalam museum, beberapa pengunjung bisa sewa baju pengantin Minang di pelaminan. Ada banyak koleksi seperti binatang yang diawetkan, numismatika, barisan etnografika dan lain-lain.

* Berpose Riang

Hal yang ini, seperti tidak bisa dilalaikan setiap orang untuk mendokumentasikan event yang menggembirakan supaya masih tetap teringat. Beberapa pengunjung bisa berpose dengan menunjukkan panorama yang cantik dan luas.

Karena banyak spot photo yang unik dan instagramable . Maka, tidak butuh cemas untuk pengunjung yang cari spot photo yang memikat.

Baca juga : Lobang Jepang, Tujuan Wisata yang Penuh Nilai Sejarah di Bukittinggi

Harga Ticket Masuk Wisata Benteng Fort de Kock Bukittingi

Agar dapat nikmati rekreasi di benteng ini, pelancong diharuskan bayar ongkos ticket masuk. Agar pelancong beberapa anak ongkos masuknya Rp 10.000, untuk dewasa Rp 15.000, dan agar pelancong luar negeri Rp 20.000. Harga ticket itu belum termasuk ongkos parkir kendaraan untuk Anda yang bawa kendaraan.

Harga ticket bisa berbeda setiap saat khususnya saat musim berlibur. Selainnya untuk berekreasi, rupanya tempat taman bisa dicarter untuk beberapa acara penting pada harga yang termasuk murah, yaitu sekitaran 2 juta-an. Jam operasional tempat wisata ini diawali jam 09.30 sampai 17.30 dan khusus hari jum’at liburan.

Baca juga : Jam Gadang, Menara Jam Icon Kebanggaan Kota Bukittinggi

Alamat Wisata dan Jalur Ke arah Lokasi Benteng Fort de Kock

Bila ingin bertandang ke Benteng Fort de Kock, Anda dapat tiba ke Bukittinggi, Sumatra Barat. Lokasi persisnya ada di jl. Yos Sudarso. Langkah ke arah object wisata ini gampang. Anda bisa memakai kendaraan individu dan bis atau transportasi umum.

Bila anda ingin memakai kendaraan individu, anda bisa sewa pada tempat persewaan yang menyebar di wilayah Bukittinggi, pada harga yang dapat dijangkau dan pengemudi yang sangat ramah. Untuk angkutan bis, perjalanan anda bisa diawali dari SMAN 3 Bukittinggi, dengan ambil bis jalur Pasar Bawah – Simpang Aur. Lantas, anda akan melalui sekitar 7 penghentian saat sebelum turun di RSUD Dr. Achmad Mochtar.

Baca juga : Explore the Natural Beauty of Taman Nasional Taman Negara

Selanjutnya anda bisa jalan kaki sepanjang 200 mtr., karena itu anda akan temukan titik tempat wisata itu. Perkiraan ongkos yang dikeluarkan untuk bis di antara 4 sampai 6 ribu rupiah, dan memerlukan lebih kurang 32 menit untuk sampai di titik lokasi. Cukup dapat dijangkau dan tidak susah untuk dilakukan. Saksikan google maps.

Sarana Wisata yang Ada di Teritori Benteng Fort de Kock Bukittinggi

Selainnya sejumlah object wisata yang dihidangkan, ada banyak sarana yang sudah ada untuk beberapa pengunjung. Salah satunya yakni bangku taman yang sangat nyaman untuk rasakan kesejukan udara. Dan janganlah lupa untuk nikmati masakan unik dan beragam jenis kulineran yang ada tidak jauh dari lokasi benteng.

Disiapkan juga Masjid untuk umat Muslim untuk melaksanakan ibadah. Dan ada toko sebagai oleh-olehan yang tawarkan beragam jenis camilan dan souvenir sebagai cindera mata yang bisa dijadikan oleh-oleh . Maka, saat sebelum pulang, Anda dapat bawa oleh-olehan untuk keluarga yang terdapat di dalam rumah.

Baca juga : Osaka Castle Park: Taman Kota yang Menyimpan Sejarah dan Keindahan Osaka

Nach, itulah sedikit deskripsi mengenai Benteng Fort de Kock di Bukittinggi, benteng yang memikat dan wajib dieksplor daya tariknya. Dan dokumentasikan event spesial waktu bertandang di lokasi itu. Yok, Langsung masukan saja pada daftar tujuan wisata yang hendak didatangi di Kota Bukittinggi. Selamat nikmati hari liburan yang sudah ditunggu.[]