Lava Tumuli Gunung Batur, Daya tarik Padang Savana yang Penuh Sejarah di Bangli Bali

Lava Tumuli Gunung Batur, Daya tarik Padang Savana yang Penuh Sejarah di Bangli Bali

Diposting pada

Direktori Wisata – Lava Tumuli Gunung Batur, daya tarik padang savana yang penuh sejarah di Bangli Bali. Lava Tumuli tawarkan keelokan padang savana dengan latar belakang Gunung Abang dan Gunung Batur dan birunya Danau Batur.

Kecamatan Kintamani, Bali simpan banyak kekuatan wisata yang sayang untuk dilewati waktu bertandang ke Pulau Dewata itu. Salah satunya teritori wisata alam yang wajib didatangi oleh pelancong ialah Lava Tumuli Gunung Batur Bangli. Pada tempat ini, pelancong dimanja pemandangan alam yang hebat dan dapat memberi hati kerasan.

Lava Tumuli yang ada pas di kaki Gunung Batur adalah salah satunya wisata unggulan Kintamani. Selainnya tawarkan daya tarik alam berbentuk bongkahan batu-batuan yang terlihat unik, pelancong bisa juga nikmati keelokan Gunung Batur dan Danau Batur dari kejauhan. Untuk petualang sejati, karena itu janganlah sampai melewati lawatan ke teritori Geopark Batur ini.

Lokasi object wisata ini lumayan strategis dan askes jalan baik sekali, hingga tidak susah untuk pelancong temukannya. Saat ke arah pemandian air panas Toya Bungkah atau pura Ulun Danu Batur, maka melewati teritori wisata ini . Maka, dapat sekaligus didatangi saat diperjalanan menelusuri Kintamani. Seperti kata peribahasa, “sekali menyelam minum air.”

Daya Ambil yang Dipunyai Lava Tumuli Gunung Batur Bangli

Di tahun 2012 lalu, UNESCO memutuskan Lava Tumuli sebagai teritori Geopark atau Taman Bumi Batur karena mempunyai sejarah dan keelokan yang tidak bisa dilihat mata sebelah.

Saat memijakkan kaki di teritori ini, karena itu panorama berbentuk padang rumput berbatu dengan background Gunung Batur akan terpajang cantik di muka mata. Berikut ini ialah daya tarik serta pesona Lava Tumuli secara lengkap:

* Pemandangan Gunung Batur, Gunung Abang, dan Danau Batur

Lava Tumuli Gunung Batur adalah tujuan yang pas untuk didatangi saat liburan ke Bali. Tempatnya yang ada pas di kaki Gunung Batur membuat pengunjung bisa nikmati beragam pemandangan berlainan cuma di satu tempat. Di atas Lava Tumuli, pelancong bisa mencicip keagungan Gunung Batur dan Gunung Abang yang membubung tinggi.

Dan pada segi lainnya, terbentang Danau Batur yang terlihat menarik dalam bebatan air warna biru dengan bukit-bukit hijau ada berada di belakangnya. Tidaklah aneh jika pelancong yang dulu pernah habiskan waktu pada tempat ini sering merasakan rindu dan ingin balik lagi.

* Mempunyai Nilai Bersejarah Tinggi

Lava Tumuli seakan jadi saksi bisu sekalian bukti sejarah dahsyatnya letusan Gunung Batur. Di teritori ini pelancong terhidang panorama berbentuk kelompok lava padat yang sudah mengeras hingga jadi bongkahan bebatuan hitam dan membuat bukit-bukit elips. Sepintas, batu-batuan yang tercipta dari lava itu terlihat seperti warisan jaman prasejarah.

* Udara Sejuk

Karena ada di daratan tinggi, karena itu udara di Lava Tumuli Gunung Batur benar-benar sejuk dan fresh, bahkan juga di siang hari saat matahari sedang berkilau terik. Udara alami itu pasti sanggup jadi healing untuk pikiran, hingga merasa semakin tenang, damai, dan berbahagia. Lumrah bila tempat ini selalu didatangi oleh pelancong yang ingin refreshing.

* Unik dan Estetik

Bentangan batu-batuan hitam memiliki ukuran besar dengan rumput-rumputan liar yang tumbuh subur di selang batu-batuan menjadi daya magnet tertentu untuk Lava Tumuli. Peristiwa alam yang tercipta dengan cara alamiah ini mendatangkan kesan-kesan unik, liar, tetapi estetik. Hingga sanggup mengunggah keinginan pelancong agar selekasnya ambil photo dari beragam angle berlainan.

Baca juga : Alas Harum Bali, Daya tarik Alam Eksotik Yang Hijau di Gianyar

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Lava Tumuli Gunung Batur

Ada beberapa hal hebat yang dapat dilaksanakan waktu bertandang ke Lava Tumuli. Dimulai dari nikmati keelokan ilalang yang tumbuh disekitaran batu-batuan hitam, sampai terlihat seperti padang savana. Sampai melepaskan hoby photografi dengan hunting beberapa foto kece. Berikut daftar kegiatan bagus yang wajib dicoba waktu ada di sini, salah satunya:

✦ Nikmati Sunrise atau Sunset

Untuk pemburu matahari keluar dan terbenam, karena itu dapat bertandang ke Lava Tumuli saat pagi atau petang hari. Saat cuaca ceria, tempat ini akan menyuguhkan peristiwa sunrise dan sunset yang hebat. Pelancong yang tiba dari jarak jauh tentu tidak sedih.

✦ Nikmati Keelokan Alam

Di Lava Tumuli Gunung Batur, pelancong bisa nikmati keelokan ciptaan Tuhan yang tidak ada duanya. Tempat berharga sejarah ini menyajikan pemandangan alam yang mempesona. Rumput-rumputan hijau yang bersatu dengan batu-batuan lava hitam memiliki ukuran besar, Gunung Abang dan Danau Batur yang berdiri gagah, dan Danau Batur yang jernih di bawah sana.

✦ Memburu Photo Instagramable

Salah satunya kesan-kesan yang biasanya dirasa pelancong saat ada di Lava Tumuli Gunung Batur ialah jika tempat ini mempunyai panorama alam kece dan pantas untuk dibeber. Oleh karena itu, Lava Tumuli selalu menjadi target tempat memburu photo keren. Bahkan juga, seringkali pelancong yang lakukan sesion photo prewedding di sini.

Hal itu sebetulnya cukup lumrah, ingat ada beberapa spot bagus yang dapat menjadi opsi, sama dalam savana dengan latar belakang dua gunung. Sampai berfoto dengan background Danau Batur yang magic.

✦ Eksplore Alam Liar

Saat ada di Lava Tumuli, pelancong akan rasakan kesan seakan lagi ada di alam liar . Maka, jangan menyia-nyiakan waktu cuma untuk diam diri. Selekasnya telusuri padang savana ala-ala Bali ini sampai senang. Apalagi, ada beberapa hal yang memikat buat jadi perhatian pada tempat ini, termasuk bebatuan dari lava mengeras dengan bentuk beragam macam.

Baca juga : Bali Elephant Camp, Wisata Pembelajaran Favorite untuk Berlibur Keluarga di Badung Bali

Harga Ticket Masuk dan Jam Operasional Lava Tumuli Gunung Batur Bangli

Walaupun Lava Tumuli Gunung Batur menjadi satu diantara tempat wisata terpopuler di Bali. Namun, untuk masuk teritori ini pengunjung tidak dikenai ongkos sepeser juga. Dalam kata lain, bebas untuk masuk dan keluar lokasi wisata  dengan gratis. Seharusnya masih tetap menjaga kebersihan dan jangan buang sampah asal-asalan karena bisa mengotori lokasi.

Disamping itu, di Lava Tumuli pun tidak ada tempat parkir khusus, hingga pelancong harus memarkirkan kendaraan di pinggir jalan. Oleh karenanya, pastikan kendaraan ditempatkan di posisi yang pas agar semakin aman dan tidak mengusik pengendara atau pengunjung lain.

Baca juga : Gumuk Pasir Parangkusumo, Object Wisata Alam Hits dan Modern di Jogja

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Lava Tumuli Gunung Batur

Lava Tumuli berada di Dusun Songan, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali. Tempatnya relatif dekat sama tempat wisata terkenal lain, seperti Desa Wisata Penglipuran dan Air Terjun Desa Kuning. Karena akses jalannya telah baik sekali, karena itu bisa didatangi memakai beragam tipe kendaraan motor, dimulai dari sepeda motor sampai bis.

Bila pergi dari pusat Kota Denpasar, karena itu jalur ke arah lokasi memerlukan waktu pintas sekitaran 1 jam 51 menit dalam jarak 63.6 Km lewat Jl. Nusantara. Sepanjang perjalanan ke arah lokasi, pelancong dapat sekalian mengunjungi object wisata yang lain sama arah, seperti Pura Besakih. Saksikan google maps.

Sarana yang Ada di Teritori Wisata Lava Tumuli Gunung Batur Bangli

Walaupun akses jalan telah bagus, tetapi sarana pada tempat ini masih terbatas. Tetapi, pelancong dapat temukan tempat beristirahat, rumah makan, toilet umum, sampai pemondokan disekitaran tempat wisata ini, hingga tidak butuh merasa cemas bila memerlukan suatu hal.sebuah hal.

Baca juga : Rimba Pinus Kragilan, Tujuan Wisata Alam Hits dan Modern di Magelang

Lava Tumuli Gunung Batur mempunyai pesona serta daya tarik yang tidak dipunyai wisata alam lain di Bali, hingga benar-benar direferensikan untuk didatangi saat berlibur di Pulau Dewata. Selainnya tempatnya lumayan strategis, untuk masuk Lava Tumuli pelancong pun tidak perlu bayar ongkos retribusi.[]