Bukit Trunyan, Spot Favorite untuk Nikmati Sunset dan Sunrise di Bangli

Bukit Trunyan, Spot Favorite untuk Nikmati Sunset dan Sunrise di Bangli

Diposting pada

Direktori Wisata – Bukit Trunyan, spot favorite untuk nikmati sunset dan sunrise di Bangli. Bukit Trunyan ialah tujuan wisata alam yang berada di Bangli, Bali dan sering disebutkan bernama Pucuk Indrakila.

Sekarang ini Bukit Trunyan itu adalah salah satunya lokasi yang benar-benar hits untuk dikunjungi. Anda yang menyukai dengan pemandangan alam, karena itu penting untuk tiba langsung ke bukit itu.

Kelebihan yang ada di bukit-bukit ini tidak kalah secara berbagai ragam tujuan alam lain di Pulau Dewata. Di situ ada juga sajian pemandangan Gunung Batur dan Gunung Abang sebagai bonus double agar pelancong. Sudah pasti dapat pelancong untuk jadikan pengalaman rekreasi yang tidak akan terlupakan.

Meskipun orang yang tiba ke Bukit Trunyan ini banyaknya sedikit, tetapi tidak dapat juga disebutkan sedikit. Tiap hari ada selalu saja pelancong yang beraktivitas menaiki ke bukit ini. Hal yang terpenting saat berekreasi ke bukit ini ialah menaati semua larangan yang sudah diputuskan oleh masyarakat di tempat.

Daya Ambil yang Dipunyai Wisata Bukit Trunyan Bangli

✦ Bersisihan dengan Tiga Gunung

Banyak yang tertarik sama Bukit Trunyan tidak cuma karena ada di ketinggian saja, tetapi karena ada panorama cantik dari 3 gunung. Tiga pegunungan yang ada di dekat bukit itu secara sekalian ialah Gunung Abang, Gunung Agung, dan Gunung Rinjani.

Ke-3  gunung ini juga menyajikan kecantikan dan keunikannya tertentu. Anda pun bisa menyaksikan panorama pegunungan itu di atas bukit.

✦ Ada Dua Lajur Untuk Pendakian

Sekarang ini di lokasi wisata itu terdapat dua lajur atau start poin agar pelancong pakai supaya sampai ke pucuk bukit. Sudah pasti dari 2 lajur itu memiliki lokasi yang cukup jauh berbeda jika disaksikan dari tempatnya masing-masing.

Start poin yang pertama yaitu menaiki dari Dusun Trunyan dengan lewat lokasi Pura Pencering Dunia yang terdapat disebelah Timur. Kemudian, menaiki dengan memerlukan waktu lebih kurang 3 jam. Lajur ini jadi start poin yang terpopuler jika dibandingkan lajur lain.

Start poin yang seterusnya yakni dari Dusun TIM yang berada di Tianyar. Lajur itu sedikit diputuskan oleh pelancong karena lokasinya yang lumayan jauh dengan tempat wisata yang ada di Bali Barat, Bali tengah, dan Bali Selatan.

✦ Lokasinya Ada Pada Ketinggian

Bukit Trunyan ini mempunyai ketinggian yang cukup spesial, yakni 1800 mdpl. Tentu saja perihal ini pula sebagai argumen kenapa banyak pendaki cukup kecapekan.

Lokasinya yang berada pada ketinggian ini juga membuat semua pelancong bisa melihat cantiknya pemandangan alam yang mengagumkan di situ. Dengan demikian, tubuh yang capek karena pendakian juga dapat segera lenyap karena ditukar oleh rasa suka.

Baca juga : Lava Tumuli Gunung Batur, Daya tarik Padang Savana yang Penuh Sejarah di Bangli Bali

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Wisata Bukit Trunyan

* Nikmati Keelokan Sunrise atau Sunset

Pemandangan sunrise yang terhidang di Bukit Trunyan itu tidak kalah mempesona dengan tempat yang lain. Agar dapat melihat hidangan pemandangan yang cantik itu, pelancong harus siap bangun lebih pagi yaitu range jam 2 pagi dan secara langsung ke arah pucuk bukit. Pelancong dapat datang di pucuk pada pukul 5 pagi dan disongsong sunrise.

Tidak cuma sunrise, keelokan panorama sunset disuguhi demikian hebat. Anda dapat melihat matahari terbenam dengan warna jingga dengan jelas. Peristiwa seperti itu tentunya jangan terlewati.

* Berpose

Fotoan yang dapat dibuat ketika berada di Bukit Trunyan tentunya benar-benar instagramable. Anda dapat lakukan selfie diperlengkapi background pemandangan hijau . Maka, bawa camera supaya ketika akan ke arah tempat ini. Ditanggung tempat wisata alam itu bisa menjadi surga untuk orang yang suka dengan dunia photografi.

* Camping di Ketinggian

Aktivitas yang tentu saja dilaksanakan oleh pelancong di Bukit Trunyan yakni camping untuk nikmati nuansa malam yang cantik pada ketinggian. Bukit yang populer di Pulau Bali itu telah menyiapkan spot camping yang sangat nyaman dengan pemandangan bukit yang hijau dan mempesona.

Sekarang ini tempat camping yang berada di sana memang diatur dan dijaga baik. Ini dapat ditunjukkan tersedianya sarana camping yang mencukupi. Lakukan aktivitas ini lebih bagus jika dilaksanakan bersama beberapa orang. Dengan demikian, situasi tidak sepi dan malah hebat.

Baca juga : Alas Harum Bali, Daya tarik Alam Eksotik Yang Hijau di Gianyar

Harga Ticket Masuk Object Wisata Bukit Trunyan Bangli

Tidak ada ongkos masuk ke dalam Bukit Trunyan, tapi sebagai gantinya akan diterapkan beberapa paket untuk menaiki bukit. Pertama ialah paket reguler, yang mana pelancong akan mendapatkan sarana berbentuk perlengkapan menaiki yang komplet dengan pemandunya. Harga yang perlu dibayar untuk paket itu ialah 125 sampai 400 ribu.

Ke-2  ialah paket reguler , tetapi ada penambahan sarana yakni makan pagi. Harga dari paket ke-2  itu ialah 200 sampai 550 ribu. Ada beberapa pilihan yang dapat pelancong tentukan supaya dapat sampai di lokasi persewaan alat menaiki.

Pertama yaitu dengan memakai jasa jemput di hotel, tetapi ada ongkos tambahannya. Selanjutnya, pilihan ke-2  yaitu dengan secara langsung saja tiba sendiri ke lokasi persewaannya. Anda dapat pilih pilihan yang tepat.

Baca juga : Taman Dedari, Object Wisata Hits dengan Keelokan Patung Bidadari di Ubud Bali

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Bukit Trunyan

Agar dapat berekreasi ke Bukit Trunyan, karena itu Anda harus ketahui alamatnya lebih dulu. Bukit itu ada di Pulau Bali atau persisnya di Dusun Kintamani, Kebupaten Bangli. Bila pelancong ingin menaiki ke pucuk bukit itu, karena itu betapa lebi baik manfaatkan jasa pendakian yang ada di Bali.

Akses perjalanan untuk tiba ke bukit yang menarik ini tidak begitu merepotkan. Untuk pelancong yang ingin mengirit ongkos wisatanya, karena itu mengemudikan mobil sewaan atau mobil individu jadi pilihan yang terbaik.

Bila lakukan perjalanan wisata sendiri, Anda dapat lewat jalur dari Kintamani saja. Perjalanan itu akan memerlukan waktu 1 jam lebih 23 menit.

Untuk akses nama jalanan yang perlu Anda lewati yakni Jalan Pemali, lantas Jalan Serongga, lantas Jalan Songan, lantas Jalan Penyorongan, lantas Jalan Prrah Yeh Panes, lantas Jalan Ulun Danu, lantas Jalan Pinggan Songan, lantas Jalan Bantas, Jalan Bubung Cerai, dan yang paling akhir Jalan Raya Caldera Tolong.

Baca juga : Bukit Putung, Pemandangan Alam yang Penuh Nilai Sejarah di Karangasem

Jika sudah datang di lokasi rekreasi, pelancong tetap diwajibkan menaiki ke pucuk bukit dan itu meletihkan. Jika Anda alami persoalan berkenaan jalur ke arah Bukit Trunyan, karena itu dapat memakai Google Maps.

Sarana yang Ada di Teritori Wisata Bukit Trunyan Bangli

Bukit Trunyan sediakan sarana rekreasi yang tidak begitu komplet, namun tetap bisa disebutkan cukup. Hal tersebut karena sarana yang termasuk penting seperti toilet umum masih tidak ada. Hingga, banyak dari pelancong yang kebingungan saat akan membuang air di teritori itu.

Selainnya tidak ada toilet umum, sarana penting yang lain yang masih belum ada yakni warung makan. Karena itu, pelancong benar-benar dianjurkan untuk menyiapkan perbekalan makanannya sendiri jika akan berekreasi ke bukit ini. Sementara, sarana yang bisa Anda temui di teritori ini ialah tempat parkir kendaraan yang termasuk luas.

Sarana yang lain yang dapat pelancong dapatkan saat ada di atas bukit elok itu ialah tempat untuk sewa perlengkapan menaiki. Dengan demikian, pelancong yang lupa bawa atau tidak memiliki alat menaiki tidak butuh cemas. Tetapi, sudah pasti pelancong perlu menyiapkan uang yang lebih.

Baca juga : Desa Jatiluwih Bali, Wisata Air Terjun Sampai Sawah Terasering yang Mengagumkan

Demikian keterangan terkomplet berkenaan Bukit Trunyan yang disebut tujuan alam unggulan di Pulau Dewata. Saat lakukan wisata di situ, Anda harus terus waspada dan hargai semua ketentuan yang terdapat di atas bukit itu. Dengan demikian, kegiatan wisata di situ akan jalan dengan lancar dan menggembirakan.[]