Curug Panjang, Daya tarik Air Terjun Eksotik Yang Cantik di Bogor

Curug Panjang, Daya tarik Air Terjun Eksotik Yang Cantik di Bogor

Diposting pada

Direktori Wisata – Curug Panjang, daya tarik air terjun eksotik yang cantik di Bogor. Rekreasi, berekreasi, wisata, apapun itu namanya, berkunjung air terjun sebagai salah satunya yang jangan dilewati. Sama seperti yang berada di Bogor, ada sebuah air terjun yang dikenali nama Curug Panjang.

Curug Panjang, Daya tarik Air Terjun Eksotik Yang Cantik di Bogor

Dengan bahasa lokal, Curug sebagai panggilan lain dari air terjun. Pemandangan alam cantik dibarengi udara sejuk jadi argumen tertentu jumlahnya pengunjung yang berkunjung.

Kemungkinan anda ingin tahu mengapa ada nama ‘Panjang’ yang dipakai, bukanlah ‘Tinggi’. Sama seperti yang dijumpai, diberi nama air terjun sebab ada keadaan di mana air turun di atas ke bawah membuat sektor vertikal.

Berikut tempat kekhasan dari salah satunya Curug yang berada di Bogor karena tidak berwujud vertikal, tetapi miring membuat lerengan. Dari terlalu jauh seperti terlihat seluncur yang berada di kolam renang. Tetapi ini kali bukan lembut sisi dasarnya, tetapi batu-batuan dengan kontur ciri khas pegunungan.

Selainnya dari memiliki bentuk, Curug dengan panjang sekitaran 20 mtr. ini sama dengan air terjun lain secara umum dalam soal panorama yang lain ada disekelilingnya. Pohon-pohonan teduh, bebatuan kecil dan besar dengan bentuk tidak rata, dan ada kolam yang disebut penampungan air dari curug saat sebelum disalurkan ke sungai.

Lokasi curug yang masih tetap ada di lereng Gunung Paseban menjadikan tidak gampang dicapai. Dalam pengertian ada usaha extra agar dapat sampai di lokasi dan nikmati keelokan alam yang dihidangkan.

Daya Ambil Curug Panjang Bogor

Daya Ambil Curug Panjang Bogor

Harus dipahami, air terjun ini ada di ketinggian 1.389 Mdpl dengan udara ciri khas pegunungan yang sejuk dan dingin. Untuk anda yang tidak terlatih dengan cuaca dingin, sebaiknya menggunakan jaket dan bawa pakaian mengganti lebih satu.

Kadang-kadang bila anda kagum dengan keelokan yang dihidangkan, cuaca dingin kemungkinan tidak demikian berasa. Apa lagi bila daya magnet Curug Panjang bisa membuat siapa pun kagum, walaupun anda awalnya kerap berkunjung wisata air terjun di tempat lain.

– Keelokan Curug Panjang

Daya magnet khusus tentu saja dari keelokan air terjun tersebut. Tidak cuma dari bentuk curug berbentuk lereng dengan panjang sekitaran 20 mtr., tetapi keseluruhannya. Ucapkanlah pohon-pohonan yang terdapat disekitaran lokasi wisata, bukan tinggi atau besar, tetapi rimbun seakan tidak ikhlas jika seseorang nikmati keelokannya. Bebatuan tebing yang berada di lokasi itu ikut menambahkan keelokannya dengan membuat lingkaran seperti membuat perlindungan air kolam supaya tidak mengucur ke arah tempat lain.

Kolam itu memiliki diameter sekitaran 20m dengan warna air super jernih. Siapa saja yang menyaksikan kejernihan air dengan warna hijau tosca itu, ditegaskan ingin menyentuh dan nikmati kesegarannya secara berenang atau sekedar bermain air. Sungai Cirangrang memberi kontributor khusus untuk saluran air di Curug yang masih tetap termasuk dalam teritori Pucuk ini.

– Panorama Alam Asri

Diperjalanan, banyak ditemui pohon-pohonan ciri khas rimba yang membubung tinggi. Disamping itu ada juga tanaman perdu tahu tipe rumput yang bergoyang karena tiupan angin. Tak lupa batu-batuan ciri khas pegunungan yang menegur setiap anda menyaksikannya. Saat dekati lokasi rekreasi, perkebunan dan sawah hijau siap menunggu. Bila anda untung, warna kuning padi yang siap panen dapat anda cicipi dengan keelokannya tertentu.

Sebentar saat sebelum datang di lokasi, anda dapat dengar suara gemercik air yang jatuh di atas kolam. Walaupun tidak tinggi, cuma sekitaran 4 mtr., tetapi nyanyian air masih tetap kedengar dari terlalu jauh. Ini karena ada gesekan di antara air dan batu yang berada di lokasi itu. Disamping itu, arus air yang cukup deras membuat lagu yang idah dan bisa didengarkan siapa pun.

– Serangkaian Curug

Sungai Cirangrang bukan hanya mengairi Curug Panjang, tetapi curug yang lain tempatnya tidak begitu jauh. Salah satunya ialah Curug Naga dan Curug Cibulao dengan daya tariknya tertentu. Tempat Curug Naga lebih dekat dibanding curug satunya, akan namun tetap dapat dijangkau jalan kaki melalui jalan cukup susah dengan keadaan yang tidak begitu baik.

Baca juga : Curug Ngumpet, Daya tarik Air Terjun Eksotik yang Super Jernih di Bogor

Dengan begitu, anda bukan hanya nikmati keelokan satu curug, tetapi beberapa curug di lokasi yang masih sama. Ini sudah pasti jadi daya magnet tertentu untuk pelancong. Apa lagi bila tujuan lokasi khusus sedang ramai didatangi, anda dapat berpindah beberapa waktu ke arah tempat lain dengan keelokan dan daya tarik yang tidak berbeda jauh.

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan Curug Panjang

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan Curug Panjang

Kurang komplet bila tidak lakukan aktivitas saat bertandang ke lokasi rekreasi, termasuk saat di air terjun. Banyak kegiatan menarik di Curug Panjang yang dapat dilakukan, seperti dalam lokasi wisata berbentuk air terjun di tempat lain. Perbedaannya, ada rintangan tertentu saat melakukan di sini. Belum mempunyai gagasan berkenaan aktivitas yang memikat? Berikut referensi yang dapat kami beri.

* Berenang di Curug Panjang

Siapakah yang tidak tertarik dengan keelokan air yang dihidangkan pada curug itu. Saat itu juga datang di lokasi dan menyaksikan kejernihan airnya, ditegaskan anda ingin selekasnya berenang atau sekedar bermain air. Untuk yang masih belum pakar berenang, atau sedang dalam tahapan belajar, seharusnya tidak ke arah kolam yang dekat sama air terjun. kedalaman yang berada di sana sekitaran 7 mtr..

Disamping itu, arus yang ada pula cukup deras dan dapat menenggelamkan siapa pun yang ada di dekatnya. Memakai pelampung sebagai langkah pintar untuk jaga keselamatan. Tidak boleh cemas bila anda tidak bawa sendiri dari rumah, faksi pengurus telah mempersiapkannya dan dapat anda sewa pada harga 15.000 rupiah. Untuk yang takut atau mungkin tidak tertarik sama kegiatan berenang, bermain air di pinggiran kolam lumayan menarik dilaksanakan.

* Cliff Jumping

Kolam yang jadi tempat berenang itu dikitari batu-batuan tinggi yang dapat disebutkan tebing. Untuk anda yang ingin mengetes nyali dan memicu adrenalin, silakan lompat di atas tebing itu ke arah kolam. Kegiatan ini dikenali cliff jumping, tetapi tanpa memakai tali sebagai pengaman tentu saja.

Namun harus waspada melakukan, baik saat naik ke atas tebing atau melonjak di kolam. Masalahnya bebatuan sebagai injakan yang berada di sana sudah pasti licin dan setiap saat bisa membuat tergelincir. Saat lompat ke kolam, pastikanlah anda tidak ada di bawah pergerakan air langsung sebab bisa saja terikut arus ke bawah dan berpengaruh fatal.

* Camping Ground

Pasti ada argumen tertentu mengapa Curug Panjang dibuka selama waktu sepanjang 24 jam. Satu diantaranya sebagai tempat camping yang tempatnya tidak jauh dari lokasi curug ada. Tidak butuh bawa perlengkapan camping sendiri, faksi pengurus telah menyiapkannya untuk anda yang ingin menginap. Sudah pasti tidak gratis, ada ongkos yang perlu dipersiapkan sejumlah 420.000 rupiah.

Ukuran tenda itu lumayan besar dan dapat dipakai sekitaran enam orang didalamnya. Harga di atas tidak cuma untuk tenda, tetapi komplet dengan sleeping bag, matras, dan perlengkapan masak. Dengan begitu, anda dapat nikmati keelokan alam pada malam hari dengan iringan musik alam dari hewan malam dan suara pohon tertiup angin tidak ada kedinginan.

* Kesan Treking

Untuk pencinta alam atau yang suka akan penjelajahan, perjalanan ke arah lokasi menjadi kegiatan menarik di Curug Panjang. Jalanan yang jauh dari kata bagus dan mulus menghias tiap ayunan cara. Apa lagi turunan dan tanjakan yang pasti ada dan harus dikalahkan cuma jalan kaki. Namun semua akan terbayarkan saat itu juga anda datang di lokasi dengan pemandangan alam rimba bersatu pegunungan yang membuat air terjun.

Baca juga : Curug Ciomas, Air Terjun Elok dengan Batu Tebing Eksotik di Bogor

Begitupun saat anda berpindah ke air terjun tetangga, seperti Curug Naga dan Curug Cibulao. Perjalanannya cukup mencekam sekalian menyenangkan. Bagaimana tidak, anda harus telusuri saluran sungai agar dapat sampai ke lokasi ke-2  curug elok itu. Bebatuan licin jadi penghambat khusus yang memungkinkannya anda tergelincir bila tidak waspada. Sebetulnya ada treking lain dengan telusuri jalan setapak, tetapi pasti kurang memikat dibanding trek pertama barusan.

Harga Ticket Masuk Curug Panjang Bogor

Harga Ticket Masuk Curug Panjang Bogor

Sesampai di lokasi, anda tidak langsung bisa nikmati keelokan alam yang dihidangkan air terjun itu, tetapi harus beli ticket untuk masuk. Adapun harga ticket masuk Curug Panjang dipisah jadi dua kelompok, yaitu agar pelancong lokal sejumlah 10.000 rupiah, dan pelancong asing dengan harga 50.000 rupiah. Harga ticket itu belum termasuk parkir kendaraan, di mana untuk beroda 2 dikenai biaya 3.000 rupiah, dan untuk mobil 10.000 rupiah.

Tidak ada batas dalam soal jam operasional hingga anda dapat tiba kapan pun sepanjang 7 hari 24 jam. Meskipun begitu, ada baiknya kalau berkunjung lokasi rekreasi yang bisa jadi kegiatan hebat ini di hari aktif. Bukan tanpa argumen, pada hari tersebut sepi pengunjung hingga anda dapat senang bermain air dan nikmati daya tarik yang disuguhi.

Baca juga : Puncak Pass Resor, Daya tarik Alam Eksotik dengan Bentangan Kebun Teh di Bogor

Alamat dan Jalur Lokasi Curug Panjang
Alamat dan Jalur Lokasi Curug Panjang

Bila ada pertanyaan, di mana alamat Curug Panjang? Jawabnya di Jl. Curug Panjang, Dusun Citamiang, Kecamatan Megamendung, Bogor, Jawa Barat. Ketahui alamat saat sebelum bertandang ke lokasi tentu saja bawa faedah tertentu. Anda dapat cari titik lokasi yang pas memakai kontribusi Google Map. Namun hal itu tidak dapat dihandalkan seutuhnya bila tidak ketahui jalur lokasi yang diartikan.

Agar dapat sampai ke lokasi, ada banyak jalur yang umum dilewati, bergantung dari arah mana anda tiba. Dasar intinya yaitu harus melalui Jl. Raya Bogor Pucuk dan lewat pertigaan Megamendung. Teruskan perjalanan sampai berjumpa Unilever Learning Center, selanjutnya belok ke kanan dan melalui Mega Pelatihan Center. Saat masuk teritori rimba pinus, maknanya lokasi curug telah dekat. Sayang, papan panduan yang berada di sana masih tidak cukup hingga anda harus kerap menanyakan pada masyarakat di tempat.

Baca juga :

Sarana yang Ada di Curug Panjang Bogor
Sarana yang Ada di Curug Panjang Boogor

Pemerintahan dan masyarakat di tempat mengurus secara baik lokasi wisata yang sarat dengan dogma ini. Sarana yang ada di Curug Panjang lumayan komplet, baik saat di lokasi parkir atau di lokasi air terjun khusus. Yang ada di luar spot khusus, tempat parkir, masjid, dan warung makan ialah sarana yang bisa anda gunakan.

Saat di lokasi curug, anda dapat memakai sarana ruangan mengganti dan toilet yang dipisah di antara lelaki dan wanita. Sarana lain seperti camping dan pas persewaan pelampung dijumpai saat anda ada di lokasi air terjun. keseluruhannya, sarana yang ada cukup oke dan pantas jadi arah khusus untuk isi berlibur.

Berekreasi nikmati keelokan alam memang pantas dilaksanakan untuk isi berlibur sesudah berjibaku dengan tugas setiap hari. Tetapi hal yang perlu jadi perhatian yaitu keselamatan, apa lagi bila lokasi yang didatangi berbentuk air terjun, seperti Curug Panjang. Disamping itu, keadaan kesehatan harus juga jadi perhatian sebelum serta sepanjang lakukan perjalanan.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *