Curug Ciburial, Daya tarik Air Terjun Cantik yang Super Jernih di Bogor

Curug Ciburial, Daya tarik Air Terjun Cantik yang Super Jernih di Bogor

Diposting pada

Curug Ciburial, daya tarik air terjun cantik yang super jernih di Bogor. Dengar kata curug pasti yang berada di pemikiran Anda ialah nuansa air terjun yang memesona. Ya, panggilan curug memang mempunyai makna sebuah air terjun memiliki ukuran kecil yang tidak begitu tinggi. Seperti curug yang berada di Sentul, Kota Bogor yaitu Curug Ciburial.

Curug Ciburial, Daya tarik Air Terjun Cantik yang Super Jernih di Bogor

Kota Bogor memang mempunyai beberapa tempat wisata terkenal. Dimulai dari Taman Safari, Kebun Raya Bogor, Taman Bunga Nusantara, Pucuk, sampai ke air terjunnya. Tetapi, wisata Curug Ciburial sangat menarik dengan beberapa wisata itu. Daya tarik panoramanya yang menarik dan situasi yang asri membuat Anda berasa damai.

Curug yang tempatnya terselinap di tengah-tengah belantara rimba ini mempunyai daya magnet yang penting untuk didatangi. Walaupun sedikit disentuh oleh beberapa pelancong, tapi sarana dan daya magnet yang disuguhi sangat mengundang perhatian beberapa traveller.

Daya Ambil yang Dipunyai Curug Ciburial Bogor

Daya Ambil yang Dipunyai Curug Ciburial Bogor

✦ Berada di tengah Rimba Belantara

Ya, kehadiran sebuah curug memang sama dengan wilayah ketinggian di rimba belantara. Seperti Curug Ciburial ini.

Walaupun berada di tengah-tengah rimba belantara yang jauh dari keramaian, daya tarik curug yang cantik ini jadi tujuan agar pelancong nikmati teritori wisata Bogor.

Saat menginjakkan kaki di lokasi rekreasi yang cantik ini, ditanggung rasa capek Anda lenyap telah terbayar oleh situasi yang menggembirakan. Ditambah lagi bebatan suara gemericik air yang mengucur membuat hati sangat terasa damai.

✦ Situasi Alam Masih Asri

Jumlahnya pohon-pohonan yang teduh dan suara ciutan burung membuat situasi curug berasa makin alami. Disamping itu, Anda pun bisa mengisap udara selekasnya sepuas hati tanpa takut akan pencemaran seperti pada kegiatan rutin sehari-harinya Anda.

Nach, bila Anda inginkan situasi berlibur yang menentramkan jauh dari keramaian dan pencemaran kota, karena itu Ciburial ialah tempat wisata yang akurat.

✦ Panorama yang Memesona

Curug ini mempunyai pemandangan keelokan alam yang tidak pernah kalah dengan deretan rekreasi terkenal yang lain. Disebelah kiri kanan saluran air terjun terhampar tebing batu-batuan yang lebih tinggi membubung. Pohon-pohonan yang rimbun membuat situasi berasa lebih mempersejuk wisata alam.

Tidak itu saja, di dekat Curug Ciburial yang cantik ini Anda bisa menemui ada curug mini dengan panorama air kolamnya yang jernih. Pada tempat ini dapat Anda tonton panorama tebing serupa Benteng Takeshi.

✦ Mempunyai Spot Photo yang Hits

Bukan hanya tawarkan panorama yang mengagumkan untuk dilihat, tapi juga ada spot photo terhits jadikan daya magnet tertentu untuk pelancong. Landscape saluran air terjun yang mengucur cepat sebagai salah satunya spot photo yang banyak dicari oleh beberapa pelancong di teritori curug Bogor.

Anda bisa pilih spot photo terhits untuk diupload ke media sosial individu supaya orang yang lain menyaksikannya terpana akan panoramanya. Berikut salah satunya langkah untuk turut mempromokan tempat wisata ke mata dunia terutama beberapa pencinta alam.

✦ Nikmati Saluran Air Terjun

Air yang mengucur dari ketinggian curug cukup deras yang seakan memotong batu-batuan disebelah kanan kirinya. Saluran air itu selanjutnya bergabung jadi satu pada kolam pada bagian bawah Curug Ciburial.

Anda dapat rasakan secara langsung dinginnya air dari recikan saluran air terjun. Nuansa dinginnya air akan membuat Anda kerasan lama-lama di rekreasi curug yang kece ini.

✦ Mempunyai Warna Air yang Jernih Bersih

Berikut salah satunya sebagai daya magnet untuk beberapa pelancong terutama pencinta alam. Cari sebuah tempat wisata yang tenang dan memiliki nuansa alami. Termasuk saat temukan air yang bersih, jernih, dan sangat terasa fresh seperti mandi memakai air es.

Jernihnya air yang mengucur mengundang daya pikat buat Anda supaya menikmatinya seperti berenang atau sekadar mencelupkan kaki ke kolam. Bertandang ke curug tanpa basah terserang air seperti mengolah tanpa ada garam. Tersebut pernyataan yang pas untuk beberapa pelancong.

Baca juga : Curug Ciomas, Air Terjun Elok dengan Batu Tebing Eksotik di Bogor

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Curug Ciburial

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Curug Ciburial

1. Nikmati Keelokan Curug

Selainnya panoramanya yang kece, Anda pun bisa melihat secara langsung saluran air terjun yang berketinggian lebih kurang 5 mtr.. Pada siang hari, permukaan air kolam akan berikan sinar yang kemilau.

Adapun panorama mempesona sesudah hujan turun yang dihias oleh sedikit cahaya matahari. Anda akan menyaksikan seperti ada pelangi yang tergantung di atas saluran air terjun. Warna pelangi ini disebabkan karena ada pembiasan beberapa titik air oleh cahaya matahari.

2. Berenang di Kolam Saluran Air Terjun

Saluran dari Curug Ciburial ini benar-benar jernih dan beri kesegaran. Bahkan juga karena terlampau jernih dan bersih, permukaan air yang tertampung di kolam terlihat warna hijau kebiruan.

Salah satunya panduan supaya Anda bisa nikmati kesegaran air di kolam, seharusnya Anda bertandang ke lokasi rekreasi ketika musim kemarau. Pada musim ini, debet air tidak banyak hingga Anda tidak merasakan takut untuk bermain air atau berenang.

Tetapi, bila Anda cuma mempunyai waktu berlibur saat musim hujan tidak berarti jadi penghambat untuk menggagalkan. Debet air yang banyak bisa Anda tangani dengan bawa atau sewa pelampung untuk berenang. Rekreasi curug cantik ini sediakan jasa sewa pelampung yang relatif murah.

3. Photo Bersama-sama di Curug Ciburial

Berikut salah satunya peristiwa yang banyak dicari oleh beberapa pelancong. Selainnya mempunyai tujuan nikmati keelokan alam yang asri, Anda pun bisa lakukan aktivitas berpose bersama kelompok.

Ada banyak spot photo yang hits untuk jadi latar belakang. Umumnya beberapa pelancong akan ambil gambar dengan landscape beberapa tebing batu-batuan disebelah kiri kanan air terjun. Ada yang lebih menyenangi ambil panorama secara langsung saluran air terjun dari ketinggian. Semuanya bergantung diri Anda sendiri ya.

4. Nikmati Camilan di Warung

Rasanya tidak komplet bila sesudah melakukan aktivitas di air tanpa nikmati hidangan enteng yang ada di warung sekitaran curug. Umumnya sesudah Anda sepanjang hari bermain air baik berenang atau diving di kolam saluran air terjun akan berasa lapar. Karena itu, Anda bisa pesan kulineran di beberapa warung tradisionil ini.

Anda bisa pesan olahan siap makan seperti mie instant, gorengan, kopi, susu, teh, wedang jahe, dan ada banyak yang lain. Anda tidak butuh cemas berkenaan harga yang dibanderol oleh pedagang. Harga bermacam kulineran di warung sekitaran curug tidak demikian mahal sama seperti yang ada di sejumlah lokasi rekreasi yang lain.

5. Telusuri Perjalanan ke Lokasi

Kegiatan trackking ke arah lokasi Curug Ciburial ini sangat mengasyikan. Medan ke arah lokasi curug cukup melawan adrenalin. Terutama bila Anda bertandang di saat musim penghujan. Medannya licin dan curam. Oleh karena itu, Anda agar lebih waspada. Pakailah peralatan terutama sepatu yang nyaman dan aman.

Sepanjang perjalanan ke arah lokasi, Anda akan disuguhi oleh panorama yang mengagumkan disebelah kiri kanan. Pohon-pohonan yang teduh dan udara yang dirasa fresh membuat perjalanan Anda berasa tidak meletihkan.

6. Lakukan Kegiatan Diving

Aktivitas menyelam atau diving umumnya dilaksanakan di lautan. Tetapi, tidak ada kelirunya bila Anda ingin nikmati nuansa yang beda yaitu memakai spot dasar kolam yang jernih di Curug Ciburial.

Untuk lakukan diving di air yang tenang seperti kolam di curug yang cantik ini tidak butuh memakai peralatan yang berlebihan. Anda dapat menyelam hanya memakai kacamata renang karena kadang-kadang Anda dapat munculkan kepala Anda ke atas permukaan air untuk bernafas.

Selainnya untuk nikmati keelokan bawah kolam, diving yang Anda kerjakan bisa dipakai berpenampilan untuk memperoleh hasil photo terbaik. Seperti sedang kegiatan diving di lautan terlepas. Gambar yang kece bergantung pada si photografer untuk pilih stylenya.

Baca juga : Curug Mariuk, Daya tarik Air Terjun Eksotik Yang Menarik di Bogor

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Curug Ciburial

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Curug Ciburial

Curug Ciburial beralamat di Dusun Karang tengah, Kecamatan babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Jalur perjalanan dari Sentul, Bogor lebih kurang sepanjang 1 jam perjalanan.

Adapun bila Anda pergi dari Ibu-kota Jakarta. Waktu yang diperlukan untuk sampai ke lokasi lebih kurang 2 jam perjalanan. Jarak di antara Jakarta dan Bogor teritori Ciberial lebih kurang sepanjang 60 km.

Perjalanan Anda tidak usai di tempat parkir saja. Anda harus bersiap-sedia meneruskan perjalanan ke lokasi curug secara jalan kaki lebih kurang sepanjang 1 jam. Ini ingat karena tempat curug yang ada di tengah rimba kota Bogor. Saksikan google maps.

Anda bisa juga ke arah lokasi memakai kendaraan bermotor tril yang dikontrakkan oleh faksi pengurus rekreasi.

Harga Ticket Masuk dan Jam Operasional Curug Ciburial Bogor

Harga Ticket Masuk dan Jam Operasional Curug Ciburial Bogor

Ongkos yang ditanggung ke pengunjung untuk nikmati pemandangan alam yang terhidang di Curug Ciburial terbilang sangatlah dapat dijangkau. Pengunjung harus keluarkan dana sejumlah Rp 20.000 per-orang. Penentuan harga ini cukup standard dan dapat dijangkau di kelompok pelancong.

Tetapi, supaya lebih memperoleh informasi yang terang, lebih bagus Anda kontak staf pengurus rekreasi curug karena harga bisa berbeda setiap saat.

Baca juga : Curug Leuwi Asih, Wisata Air Terjun Cantik Yang Eksotik di Bogor

Sarana yang Ada di Teritori Wisata Curug Ciburial Bogor
Sarana yang Ada di Teritori Wisata Curug Ciburial Bogor

1. Penitipan Helm

Selainnya keamanan tempat parkir, Anda pun bisa amankan helm lewat jasa penitipan helm. Anda cukup bayar Rp 3.000 untuk memberikan keyakinan kondisi helm Anda baik saja.

Tentu saja sarana ini membuat Anda merasakan semakin tenang untuk nikmati situasi wisata. Tanpa takut kehilangan helm ketika akan pulang ke arah rumah.

2. Tempat Parkir

Wisata Curug Ciburial mempunyai tempat parkir yang lega dan aman. Bila Anda bawa kendaraan individu, silakan untuk memarkirkan kendaraan Anda secara rapi. Adapun biaya parkir yang diputuskan di tempat curu Bogor sejumlah Rp 5.000.

3. Toilet

Lokasi Curug Ciburial yang ada di tengah rimba belantara tidak berarti tidak ada sarana umum berbentuk toilet.

Kehadiran sarana ini sangat penting untuk pelancong yang bertandang. Bukan hanya dapat dipakai untuk membuang air, tapi juga bisa dipakai untuk tempat mengganti atau mandi sesudah berbasahan bermain air.

Tersedianya air yang berada di toilet juga mencukupi. Airnya jernih, fresh, dan tentu tidak kekurangan.

4. Warung

Sekitar rekreasi curug ada banyak warung yang jual bermacam jenis jajan dan minuman. Di saat liburan panjang atau akhir minggu, beberapa warung ini akan ramai didatangi oleh pelancong. Anda bisa nikmati bermacam jajan enteng dan minuman yang dipasarkan oleh pedagang.

Baca juga : Curug Ngumpet, Daya tarik Air Terjun Eksotik yang Super Jernih di Bogor

Demikian beberapa pembahasan mengenai Curug Ciburial yang ada di Sentul, Bogor. Panoramanya yang memesona dengan bebatan nuansa alam yang alami jadikan tempat ini pas untuk liburan di wisata Bogor.[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *