Air Terjun Pengempu, Wisata Air Terjun Eksotik di Tabanan Bali

Air Terjun Pengempu, Wisata Air Terjun Eksotik di Tabanan Bali

Diposting pada

Direktori Wisata – Air Terjun Pengempu, wisata air terjun eksotik di Tabanan Bali. Air Terjun Pengempu memanglah tidak terlampau populer bila dibanding object wisata yang lain di Tabanan Bali.

Tapi tidak berarti tidak ada keelokan alam yang bisa dilihat di sini. Sama seperti sama air terjun umumnya, daya magnet intinya ialah dari daya tarik alam yang dihidangkan, baik dari air terjun tersebut atau pemandangan disekelilingnya.

Sama seperti yang diketahui bersama, Bali adalah salah satunya pulau yang memiliki pantai. Ada beberapa ratus pantai yang bisa anda tentukan sesuai watakistiknya masing-masing. Walau pada intinya keelokannya masih sama, tapi semua mempunyai ciri-ciri kas yang sekalian jadi daya magnetnya.

Tidak berarti tidak ada object wisata lain yang dapat dijumpai di Pulau Dewata ini. Dari kelompok selainnya wisata bahari ada juga, contohnya gua, sarana permainan, budaya, sejarah, serta pembelajaran. Dengan kontur alam yang berbukit, Bali banyak memiliki air terjun dengan semua keelokan dan daya tariknya.

Daya Ambil yang Dipunyai Wisata Air Terjun Pengempu Tabanan

Argumen mengapa object wisata didatangi pelancong tentu saja dari daya magnet yang dipunyai, demikian pula dengan Air Terjun Pengempu. Bila anda sebelumnya pernah kesini, mungkin ada kemauan untuk balik lagi karena kagum dengan keelokan alam yang dihidangkan di wisata Tabanan ini.

✦ Akses Jalan yang Nyaman

Walau Air Terjun Pengempu lokasinya ada di dasar jurang, tetapi untuk akses jalannya telah baik sekali. Object wisata ini diatur dengan swadaya oleh masyarakat sekitaran, cukup baik pada pengendaliannya. Ini dapat disaksikan dari ada tangga yang dibuat dari beton, menjadi tidak butuh takut jatuh saat menuruni jurang.

Masyarakat memberikan pegangan di sepanjang anak tangga itu yang dibuat dari besi. Sepanjang ke arah lokasi, sepanjangnya jalan dekati wisata baik, lebar dan beberapa beraspal. Meskipun begitu, ada banyak titik yang belum dapat dijangkau pengendalian karena terbatasinya ongkos.

✦ Keelokan Air Terjun Pengempu

Keelokan air terjun di Tabanan ini jangan dilihat mata sebelah. Walaupun banyak object wisata yang dulu pernah anda datangi, bertandang kesini tentu tidak merasakan jemu. Tinggi air terjun sekitaran 20 mtr., cukup untuk hasilkan recikan air yang ampu membasahi pelancong disekelilingnya.

Debet airnya tidak begitu deras, bahkan juga akan makin kering bila musim kemarau. Ini menjadi satu diantara keunggulannya, di mana batu tebing untuk tempat mengucur air kelihatan demikian eksotik. Alamnya masih demikian asri, pohon teduh nyaris tutupi semua lokasi intinya. Kelihatannya ini karena belum juga beberapa pengunjung yang tiba.

Sepanjang perjalanan ke arah lokasi, keelokan Air Terjun Pengempu telah bisa dirasa. Kerapatan pohon yang berada di rimba jadi peneduh alami, anda juga tidak kepanasan sepanjang perjalanan. Walau rapatnya pohon ini tutupi pandangan, tetapi tetap ada jalan setapak yang aman untuk dilewati di wisata Tabanan ini.

✦ Kolam Jernih

Air Terjun Pengempu mempunyai kolam sebagai daya magnet selanjutnya. Sebagian besar air terjun yang berada di Indonesia mempunyai kolam, perannya untuk tempat memuat air sesaat. Di sini, kolamnya tidak besar, tetapi untuk airnya cukup bersih hingga cukup banyak pengunjung yang ingin rasakan kesegarannya.

Di saat tertentu sangat terasa dingin, seharusnya memakai pakaian tebal atau jaket. Bentuk kolam yang berada di air terjun ini nyaris bulat karena sesuaikan dengan batu tebing yang melingkari. Beberapa dasarnya berbentuk pasir dan batu-batuan kecil hingga masih tetap jernih walau dipakai untuk bermain air.

✦ Eksotisme Tebing

Daya magnet setelah itu dari tebing batu raksasa yang mengapit nya. Terlihat demikian eksotik, tersebut kesan-kesan saat pertama kalinya anda menyaksikannya. Bebatuan ini seakan melingkari dan membuat perlindungan keelokan air terjun. Dari terlalu jauh serupa dengan ceruk yang memiliki ukuran lumayan besar, saluran air samar-samar kelihatan.

Lokasinya ada di dekat dasar jurang, sedikit menakutkan memang. Tetapi siapa kira bila banyak pelancong yang malah merasa ditantang untuk mendatanginya. Permukaan tebing dipenuhi dengan vegetasi hijau, beberapa berbentuk tanaman rambat. Akar daro pohon yang berada di atasnya kadang-kadang kelihatan tembus batu tebing yang eksotik.

Baca juga : Air Terjun Yeh Hoo, Air Terjun Menarik dengan Budaya dan Adat Subak di Tabanan

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Wisata Air Terjun Pengempu

Air Terjun Pengempu memanglah tidak menetapkan harga khusus untuk yang ingin nikmati semua daya tariknya. Tidak berarti tidak ada sesuatu hal bagus yang bisa dilaksanakan saat di lokasi. Seperti air terjun umumnya, kegiatan yang bisa dilaksanakan di sini pun tidak berbeda jauh di salah satunya wisata Bali ini.

* Nikmati Daya tarik Alam Cantik

Kegiatan menarik di Air Terjun Pengempu yang bisa dilaksanakan selanjutnya ialah nikmati daya tariknya. Sudah pasti, karena sangat sayang bila anda melewati cantiknya panorama alam yang berada di lokasi. Baik air terjun elok ini, eksotisme batu tebing, vegetasi hijau, semua ditanggung pas untuk kegiatan healing.

* Cari Object Photo Elok

Jika nikmati daya tariknya saja tidaklah cukup, silakan mendokumentasikan peristiwa dengan video atau foto. Kegiatan ini tentunya menarik, terutama untuk yang hoby photografi. Sebagian besar titik lokasi pas jadi background photo. Hasil akan lebih bagus bila anda jadikan air terjun sekalian batu tebing yang melingkari sebagai latar.

* Mandi di Kolam Air Terjun Pengempu

Melupakan sesaat berkenaan perjalanan ke arah lokasi, silakan konsentrasi pada kegiatan yang bisa dilaksanakan. Pertama ialah mandi di kolam air yang jernih, siapa pun tentu tertarik untun selekasnya membasahi diri. Bila mandi dan bermain air saja belum senang, silakan berenang. Kolam di sini benar-benar tenang, sesuai debet air yang mengucur.

Akan tetapi, untuk kedalamannya tidak dikenali tentu. Oleh karena itu, upayakan anda waspada saat berenang. Untuk yang tidak dapat berenang, bermain air di pinggir kolam kelihatannya telah cukup buat rasakan kesegaran airnya. Ada saatnya air kolam kering atau kotor, silakan ke arah saluran Tukat Yet Peneh yang berada di bawah air terjun.

Baca juga : Air Terjun Leke-Leke, Daya tarik Air Terjun Eksotik Yang Cantik di Tabanan

Harga Ticket Masuk Wisata Air Terjun Pengempu Tabanan

Sesudah anda datang di titik itu, silakan ikutinya arah panduan yang menyengaja dibikin masyarakat di tempat. Sesampai di lokasi, mencari parkir yang sangat nyaman di sepanjangnya jalan yang disiapkan masyarakat. Memanglah tidak terlampau luas, tetapi cukup buat memuat sejumlah kendaraan sekalian.

Berkunjung object wisata ini tidak memerlukan ongkos untuk ticket masuk. Tapi bila anda ingin bantuan, silakan masukan beberapa uang pada kotak yang disiapkan. Untuk retribusi parkir juga begitu, ada kotak khusus yang disiapkan masyarakat untuk yang ingin menyisihkan kelebihan rejekinya.

Baca juga : Air Terjun Singsing Buleleng, Datangkan Wisata Alam Cantik yang Beri kesegaran

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Wisata Air Terjun Pengempu

Jika anda tertarik berkunjung Air Terjun Pengempu, silakan tiba ke Jalan Seribupati, Cau Belayu, Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali. Memang secara administratif lokasinya di Tabanan, tetapi anda dapat mengaksesnya dari Badung karena lumayan dekat.

Dari Alun-alun Tabanan sendiri memiliki jarak sekitaran 16 km, anda dapat menempuhnya sepanjang 30 menit lewat Jalan Celagi. Seterusnya anda dapat melanjutkan perjalanan ke arah Jalan Tunjuk, lantas ke Jalan Wisnu. Pakai dasar khusus Pasar Tradisionil Marga agar lebih gampang.

Baca juga : Air Terjun Ngungun Saok, Air Terjun Alami dengan Pemandangan Mempesona di Padang

Sesudah anda datang di Balai Banjar Beng Marga, silakan belik kiri, selanjutnya 200 mtr. kembali belok ke kanan. Teruskan perjalanan dengan melalui Jalan Kekeran Manikgunung, Jalan Pandu, dan Jalan Raya Denpasar. Air Terjun Pengempu tidak jauh dari Dusun Rekreasi Cau Belayu, cuma memiliki jarak sekitaran 300 mtr.. Saksikan google maps.

Sarana yang Ada di Teritori Wisata Air Terjun Pengempu Tabanan

Sesudah anda datang di titik itu, silakan ikutinya arah panduan yang menyengaja dibikin masyarakat di tempat. Sesampai di lokasi, mencari parkir yang sangat nyaman di sepanjangnya jalan yang disiapkan masyarakat. Memanglah tidak terlampau luas, tetapi cukup buat memuat sejumlah kendaraan sekalian.

Berkunjung object wisata ini tidak memerlukan ongkos untuk ticket masuk. Tapi bila anda ingin bantuan, silakan masukan beberapa uang pada kotak yang disiapkan. Untuk retribusi parkir juga begitu, ada kotak khusus yang disiapkan masyarakat untuk yang ingin menyisihkan kelebihan rejekinya.

Sempat disentil jika Air Terjun Pengempu diatur dengan swadaya oleh masyarakat sekitaran. Ini memengaruhi ada sarana yang berada di lokasi, maknanya tidak banyak. Tapi untuk sarana pendukung seperti toilet dan tempat parkir telah ada. Disamping itu, ada pula warung kecil yang sediakan minuman dan makanan.

Baca juga : Daya tarik Danau Biru, Surga Terselinap yang Menghipnotis di Lombok tengah

Untuk wisatawan, berkunjung Bali tidak pernah menjemukan. Banyak object wisata yang dijumpai semua keunggulannya. Salah satunya misalnya telah kita ulas ini kali, yaitu Air Terjun Pengempu. Walau singkat, tetapi kelihatannya telah lebih dari cukup buat memberi deskripsi sepintas saat sebelum anda bertandang.[]