Air Terjun Ngungun Saok, Air Terjun Alami dengan Pemandangan Mempesona di Padang

Air Terjun Ngungun Saok, Air Terjun Alami dengan Pemandangan Mempesona di Padang

Diposting pada

Direktori Wisata – Air Terjun Ngungun Saok, air terjun alami dengan pemandangan mempesona di Padang. Pariwisata di Indonesia termasuk maju hingga negara ini jadi tujuan wisata favorite pelancong lokal atau luar negeri untuk habiskan berlibur.

Ide tempat wisatanya juga berbagai ragam hingga pelancong sebelumnya tidak pernah merasa jemu saat liburan di Indonesia. Satu diantaranya ialah Air Terjun Ngungun Saok yang berada di teritori Padang Sumatera Barat.

Sedikit pelancong yang mengenali nama tempat wisata ini. Hingga pelancong yang hoby mengeksploitasi alam benar-benar direferensikan untuk mendatanginya. Tempat wisata berbentuk air terjun itu mempunyai pemandangan alam yang eksotik dan watakistiknya berlainan sama air terjun yang berada di wilayah yang lain hingga mempunyai daya magnet tertentu.

Karena lokasinya terselinap, karena itu keelokan alam Ngungun Saok betul-betul tetap terbangun kelestariannya karena sedikit tersentuh tangan manusia. Agar dapat sampai di lokasi ini pelancong harus lewat perjuangan extra karena jalanannya belum semulus perjalanan ke air terjun yang lain telah terkenal.

Daya Ambil yang Dipunyai Wisata Air Terjun Ngungun Saok Padang

✦ Asal Saran Nama yang Menarik

Air terjun yang memiliki keserupaan sama air terjun Lembah Anai yang berada di Kabupaten Tanah Datar, Sumbar ini mempunyai nama yang didengar unik. Salah satunya hidden paradise di Sumatera Barat ini mempunyai nama ‘Ngungun Saok’ di mana arti Ngungun bermakna hembusan air, sedangkan itu Saok bermakna tertutup di tempat wisata Padang ini.

Namanya sesuai akses ke arah air terjun di mana pelancong harus jalan dengan menantang arus air yang terdapat dibalik daya tarik celah-celah tebing. Saat menuruni tebing dengan kemiringan nyaris 80 derajat celcius, pelancong akan rasakan hembusan suara yang ada dari air terjun itu.

Lokasinya berada di teritori air dingin namanya Lubuk Minturun. Beberapa warga Padang kenal bernama teritori itu. Namun, memang air terjun ini lokasinya terselinap hingga keasriannya tetap terbangun. Ketenarannya makin bertambah sesudah di-publish di akun-akun media sosial.

Dapat diambil kesimpulan, Ngungun Saok adalah bahasa Padang yang dipakai oleh warga Lubuk Minturun di tempat. Arti nama air terjun itu yaitu suara air yang berdesing dibalik batu-batuan. Pemberian namanya pas dengan deskripsi topography air terjun yang seakan terselinap dibalik setumpukan batu-batuan padas besar.

✦ Pemandangan Alam yang Menganakemaskan Mata

Pemandangan alam yang disuguhi di teritori air terjun ini ialah berbentuk kolam seperti telaga hijau yang dikitari oleh beberapa tebing. Bila umumnya suara air terjun benar-benar keras karena debet airnya besar, karena itu air terjun ini menyajikan situasi yang tidak sama. Debet airnya kecil hingga suara air terjunnya tidak ada demikian keras.

Air Terjun Ngungun Saok dengan ketinggian 14 mtr. itu betul-betul menyajikan pemandangan alam eksotik di mana pelancong akan melihat sungai jernih yang dapat dipakai untuk pemandian alam, pemandangan rimba yang lebat, sampai lajur trackking ke arah lokasi yang masih belum bisa dilalui kendaraan.

Menariknya, teritori air terjun ini termasuk salah satunya daerah pelestarian dari rimba lindung Bukit Barisan yang berada di Sumatera Barat. Karena itu, tiap pelancong yang bertandang tidak dibolehkan mengeksplorasi satwa dan SDA yang terdapat disitu tanpa ijin.

Pelancong yang hoby berpetualang benar-benar pas tiba ke Ngunguk Rusak karena kesannya sama dengan saat berpetualang di tengah-tengah teritori alam liar. Bila pelancong ingin melihat air terjun dari lebih dekat, dapat naik ke jejeran batu-batuan granit sisi atas yang terdapat di pinggir air terjun.

✦ Kolam Alami Warna Hijau Toska

Daya magnet khusus yang dijajakan Air Terjun Ngungun Saok ialah kehadiran kolam alami yang mempunyai warna hijau toska pada bagian hulu dan hilir. Ke-2  kolam itu tercipta karena gerusan sungai yang terjadi dari saat ke saat dan cengkungan air jadi tercipta karena kejadian gerusan sungai.

Kolam alami berisi air sungai dengan warna hijau toska yang jernih. Keadaan airnya jarang-jarang sekali kotor bahkan juga saat musim hujan sekalinya. Hingga pemandangan kolam alami yang berada di Ngungun Saok terlihat seperti telaga hijau yang bisa digunakan oleh pelancong untuk merendam, berenang dan bermain air.

Asal mula sumber air yang berada di sungai itu ialah dari barisan pegunungan yang lokasinya menghampar di teritori daratan tinggi namanya Lubuk Minturun. Tidak butuh takut berkaitan debet air sungainya karena pada tempat wisata ini debet airnya termasuk cukup tenang. Karena itu, pelancong merasakan aman waktu bermain air.

Kedalaman kolam alami capai dua mtr. hingga pelancong harus waspada saat berenang di kolam itu. Kehadiran kolam alami bagus sekali di mata pelancong pencinta photografi. Karena itu, pelancong yang ingin hunting photo dengan spot rekreasi alam yang unik dapat bertandang ke arah tempat rekreasi ini.

Baca juga : Kawah Putih Tinggi Raja, Wisata Alam Yang Unik dan Cantik

Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Wisata Air Terjun Ngungun Saok

* Berenang atau Bermain Air di Kolam Alami

Ngungun Saok memiliki kolam alami yang warna hijau toska. Airnya demikian jernih hingga pelancong dapat bermain air, berenang bahkan juga merendam di kolam alami itu. Berlainan sama air terjun yang lain, air terjun yang berada di teritori Padang ini tetap jerni bahkan juga saat musim hujan.

* Treking Telusuri Rimba Lebat

Berekreasi ke Ngungun Saok akan latih adrenalin pelancong karena akses jalan ke arah air terjun harus melalui rimba yang lebat. Lajur yang dilewati dimulai dari tempat rekreasi Air Terjun Pancuran 7 sampai air terjun ini ialah lajur track yang termasuk melawan. Bahkan juga, lajurnya tidak dapat dilalui mobil jeep.

* Hunting Photo

Aktivitas wajib yang sudah dilakukan pelancong saat bertandang ke air terjun ini ialah hunting photo. Walau lajur treking ke arah lokasi melawan, tetapi sesampainya di teritori air terjun, rasa capek seakan pupus demikian saja. Pemandangan alamnya betul-betul eksotik hingga sayang bila dilewati untuk berpose disitu.

Baca juga : Air Terjun Pelaruga, Surga Terselinap di Langkat Dengan Daya tarik Kolam Kekal

Alamat, Jalur Lokasi dan Ticket Masuk Wisata Air Terjun Ngungun Saok

Lokasi air terjun ada di teritori Sumatera Barat persisnya Kota Padang. Pelancong yang ingin ke arah lokasi air terjun yang berada di Kecamatan Koto Tangah, Lubuk Minturun ini dianjurkan untuk memakai kendaraan beroda 2 karena aksesnya susah. Jalur yang dapat dilewati ialah jalan Kota Padang-Bukittinggi. Lantas tujukan kendaraan ke Lubuk Minturun.

Jalanan beraspal cuma 1/2 perjalanan. Sementara bekasnya beberapa adalah jalanan berbatu, bertanah merah, dan berlumpur. Dari lokasi pusat perkotaan Padang, lokasi air terjun berada di arah selatan. Jaraknya ialah sekitaran 23 km ke Lubuk Minturun. Kendaraan dapat diparkir di tempat parkir yang sudah disiapkan.

Seterusnya pelancong harus menuruni tebing yang kemiringannya 80 derajat celcius supaya dapat sampai ke Ngungun Saok. Jarak dari tempat parkir ke arah air terjun tidak demikian jauh. Tetapi, medan yang dilalui termasuk susah dan melawan. Medannya berbentuk rimba lebat, tebing licin, dan jalanan yang banyak pacet hingga harus waspada supaya tidak tergelincir.

Bila pelancong ingin berpose atau mandi di bawah air terjun, harus seberangi sungai dengan memakai seutas tali yang disiapkan faksi pengurus. Saluran sungai dan batu-batuan yang terdapat pada bagian hilir serupa sama air terjun Lebah Anai. Saksikan google maps.

Untuk nikmati keelokan pemandangan alam air terjun yang diatur warga dusun Lubuk Minturun ini, pelancong harus bayar ongkos parkir Rp 3.000. Lantas untuk biaya masuknya ialah Rp 10.000 per-orang saat weekday dan akhir pekan. Tempat rekreasi ini dibuka untuk umum tiap hari Senin s/d Minggu start pukul 09.00 sampai 18.00 WIB.

Baca juga : Daerah Lembanna, Melihat Keelokan Rimba Pinus yang Mengagumkan di Gowa

Sarana yang Ada di Teritori Wisata Air Terjun Ngungun Saok Padang

Untuk sarana yang terdapat disitu, dapat disebut masih kurang. Karena lokasi air terjun Ngungun Saok yang terselinap dan susah dicapai. Hingga pelancong seharusnya memakai sepeda motor ke arah ke sana.

Pelancong tidak temukan warung makan, toilet, kamar tukar, dan sarana yang lain. Cuma tersedia tempat parkir dan seutas tali yang dapat dipakai untuk seberangi sungai saat ke arah air terjun elok ini.

Tidak ada ojek mobil jeep atau motor trail di teritori air terjun hingga pelancong dapat ke arah air terjun memakai kendaraan sepeda motor punya sendiri asal keadaan kendaraannya betul-betul sempurna.

Baca juga : Pantai Payung Batam, Spot Favorite Nikmati Pemandangan Laut

Air Terjun Ngungun Saok termasuk salah satunya tempat wisata yang pas didatangi bersama beberapa teman. Pelancong yang tidak sukai dengan lajur treking menaiki dan turun kurang pas bertandang ke sana.[]