Kawah Putih Tinggi Raja, Wisata Alam Yang Unik dan Cantik

Kawah Putih Tinggi Raja, Wisata Alam Yang Unik dan Cantik

Diposting pada

Direktori Wisata – Kawah Putih Tinggi Raja, wisata alam yang unik dan cantik. Kawah Putih Tinggi Raja, adalah salah-satu wisata kebanggan warga Medan. Kawah Putih Tinggi Raja ialah object wisata bertopik alam yang telah berusia beberapa ratus tahun.

Ada di tempat Cagar Alam Dolok Tinggi Raja, sudah pasti untuk orang yang tidak pernah ke tempat itu tidak meyangka jika didalamnya ada daya tarik panorama kawah yang hebat.

Di situ beberapa pelancong akan melihat keelokan kolam – kolam air panas yang warna biru kehijau-hijauan di tengah-tengah salju panas.

Salju kok panas? Tidakkah salju itu semestinya dingin? Rileks gaes, istilah salju panas untuk memvisualisasikan keelokan kolam air panas yang berada di Kawah Tinggi Raja yang dikitari oleh bebatuan kapur seakan-akan seperti bentangan salju.

Berikut pembahasan Kawah Putih Dolok Tinggi Raja secara lengkap, buat anda yang mencari lokasi wisata alam yang anti bermainstream.

Sejarah Kawah Putih Tinggi Raja

Kawah Putih Tinggi Raja tercipta dari panas bumi yang memiliki kandungan belerang, selanjutnya membuat bukit kapur putih dengan sumber air panas bersuhu 90 derajat celcius.

Di lain sisi kawah, beberapa traveller bisa nikmati sungai yang airnya hangat. Karena beberapa airnya asal dari mata air Kawah Putih.

Dolok Tinggi Raja ialah sebuah teritori cagar alam yang mempunyai luas beberapa ratus hektar, di mana didalamnya ada lokasi Kawah Putih Tinggi Raja.

Beberapa orang memiliki pendapat jika lokasi wisata yang ada di tengah rimba pohon, sekalian sebagai cagar alam menjadi kendala dikenalinya object wisata kawah ini.

Pada kenyataannya, lokasi Kawah Putih Tinggi Raja ialah daya pikat khusus beberapa pelancong. Kehadiran di tengah-tengah rimba jadi heboh tertentu untuk beberapa traveller.

Penelusuran atau penjelajahan jadi tambahan daya tarik, dan akhirnya penelusuran dihidangkan pemandangan panorama kawah putih jadi pucuk kepuasan berekreasi ke Kawah Putih Tinggi Raja.

Seperti surga yang terselinap, lokasi kawah yang ada dalam rimba pohon jadi penjaga orisinalitas sejarah, kemurnian alam, dan saksi kehadiran sepanjang beberapa ratus tahun.

Lokasi kawah, bukan sebuah kendala, tetapi jadi daya tawar khusus untuk datangkan beberapa pelancong.

Karena ada di tempat cagar alam, karena itu sebenarnya beberapa pengunjung harus berlaku ramah pada alam sekitaran.

Kehadiran Kawah Putih Tinggi Raja di tempat cagar alam beberapa ratus hektar seakan jadi panggilan Tuhan ke manusia untuk selalu jaga, dan sanggup berharmoni di antara manusia dengan alam.

Lumrah pada akhirannya bila Kawah Putih Tinggi Raja dikatakan sebagai eksotisme alam beberapa ratus tahun yang perawan. Sudah pasti satu diantaranya karena lokasinya.

Baca juga : Danau Siombak, Tujuan Wisata Danau yang Hits di Kota Medan

Macam Spot Wisata Kawah Putih Tinggi Raja

Ada beberapa macam spot wisata yang dapat didatangi di tempat Dolok Tinggi Raja, salah satunya :

✦ Sungai Bah Balaklak Danau Lapparan

Di sungai ini populer dengan spot air terjun, dan beberapa tempat sungai Bah Balaklak berair hangat.

Danau Lapparan berada 2 km samping barat Kawah Putih. Kehadiranya di tengah-tengah rimba belukar jadi penyempurna keelokan danau ini. Air Danau Lapparan bersuhu hangat karena mempunyai kiriman air Panas Kawah Putih.

Luar biasanya kembali, walaupun airnya hangat beberapa macam ikan dapat hidup didalamnya. Benar-benar jadi peristiwa alam yang susah dilukiskan.

Kawah Putih

Tempat kawah putih jadi salah – satu tujuan khusus beberapa pelancong. Sudah pasti merujuk ke nama tempat wisata Kawah Putih Tinggi raja.

Tempat kawah putih mempunyai panorama alam yang baik, dan benar-benar pas untuk mereka yang selfie di tempat itu.

✦ Cagar Alam

Sudah pasti yang pertama ialah tempat cagar alam beberapa ratus hektar, berwujud rimba pohon. Keberagaman hayati dan serta kekuatan alam yang lain yang alami bisa disaksikan langsung oleh beberapa pelancong.

Cagar alam ini adalah cagar alam yang tetap mempunyai tanaman yang telah memiliki predikat sangat jarang atau nyaris musnah.

Di tahun 2003 LIPI temukan minimal ada sekitaran 70 tipe Anggrek yang tumbuh di tempat cagar alam Dolok Tinggi Raja.

Seperti diketahui bersama, kehadiran Anggrek sekarang jadi langka dan nyaris musnah.

Harus dipahami tempat yang dengan status cagar alam jangan dimasuki sembarangan orang, terkecuali bermaksud yang sudah ditata pada hukum yang berjalan. Satu diantaranya untuk keperluan penelitian.

Baca juga : Rumah Pohon Habitat, Pemandangan Alam Langkat yang Mengagumkan

Dogma Kawah Putih Tinggi Raja

Keelokan alam yang terhidang disekitaran Kawah Putih Tinggi Raja, rupanya simpan sejumlah dogma yaitu:

– Untuk beberapa pelancong terutama yang non-muslim, seharusnya jangan bawa makanan yang memiliki kandungan daging babi. Karena warga di tempat yakin hal itu akan datangkan hujan di teritori tersebut.

– Ada rutinitas unik dari beberapa pengunjung yang tiba ke Kawah Putih Tinggi Raja, yakni rebus telur mentah di kubangan air panas kawah. Bila telur itu menyusut saat direbus, karena itu beberapa pengunjung jangan terkejut, karena dogma yang tersebar jika telur itu diambil oleh “penunggu” Kawah Putih Tinggi Raja.

Baca juga : Bukit Sibea-Bea, Nikmati Segi Lain Keelokan Danau Toba di Samosir

Lokasi Kawah Putih Tinggi Raja

Lokasi dan alamat Kawah Putih Tinggi Raja ada di Dusun Dolok Marawa, Kecamatan Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Propinsi Sumatera Utara.

Jalan Ke arah Kawah Tinggi Raja

Jarak dari Kota Medan ke arah Kawah Putih ialah 90 km, karena itu waktu yang diperlukan untuk sampai di lokasi rekreasi 3-4 jam perjalanan.

Akses jalan yang dilewati kendaraan motor belum terlampau baik, apalagi bila musim penghujan datang. Hingga saat musim penghujan jarak dari Kota Medan ke Kawah Putih Tinggi Raja dapat sampai 5 jam perjalanan.

Ada tiga jalur yang umum dilewati oleh beberapa pelancong untuk sampai ke tempat Kawah Putih Tinggi Raja. Salah satunya :

✦ Medan-Lubuk Pakam-Galang-Banun Purba-Dolok Tinggi Raja

✦ Medan-Lubuk Pakam-Galang-Dolok Tinggi Raja

✦ Masihul-Nagori Dolok-Dolok Tinggi Raja

Lajur ke arah tempat wisata Kawah Putih Tinggi Raja bisa dilewati oleh motor atau mobil. Keadaan jalan ke arah Tinggi Raja sekarang masih banyak yang rusak, hingga hati-hatilah waktu berkendaraan. Saksikan google maps.

Ticket Masuk Kawah Putih Tinggi Raja

Ticket masuk Kawah Putih Tinggi Raja sejumlah Rp. 5.000,- per-orang

Baca juga : Air Terjun Pelaruga, Surga Terselinap di Langkat Dengan Daya tarik Kolam Kekal

Jam Membuka Kawah Putih Tinggi Raja

Jam membuka Kawah Putih Tinggi Raja tiap hari Senin sampai Minggu, beroperasional start pukul 09 pagi sampai 05 sore.

Status Object Wisata Kawah Putih Tinggi Raja

Wisata Kawah Putih Tinggi Raja adalah salah satunya object wisata bertopik alam dan monumental.

Di tahun 1916 dan 1918 teritori Cagar Alam Dolok Tinggi Raja awalannya diputuskan sebagai teritori rimba lindung. Penentuan status itu hasil persetujuan raja – raja di Simalungun.

Karena demikian jumlahnya keberagaman hayati dan ekosistem yang berada di teritori rimba lindung itu, karena itu di tanggal 18 April 1924 status rimba lindung dipertingkat jadi cagar alam.

Merujuk ke UU Nomor 5 Tahun 1990 mengenai Pelestarian sumberdaya Alam hayati dan Ekosistemnya. Dan PP Nomor 28 Tahun 2011 mengenai Pengendalian Teritori Suaka Alam dan Teritori Konservasi Alam.

Karena itu zone yang dengan status cagar alam jangan dimasuki sembarangan orang terkecuali satu diantaranya atas dasar tujuan penelitian. Begitu juga dengan status Cagar Alam Dolok Tinggi Raja.

Tetapi semenjak tahun 1980 teritori ini kerap dikunjungi oleh beberapa orang bermaksud berekreasi bahkan juga jadi spot pengambilan foto prewedding.

Menyaksikan kekuatan wisata yang demikian besar, Pemerintahan Kabupaten Simalungun yang mengikutsertakan team Kebun Raya Bogor Instansi Pengetahuan Pengetahuan Indonesia (LIPI) lakukan riset dengan hasilnya riset mengatakan Kawah Putih Tinggi Raja pantas dijadikan object wisata.

Bak gayung bersambut, saran Pemerintahan Kabupaten Simalungun disepakati oleh-oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Baca juga : Desa Wisata Meat, Cicipi Kesan Berlibur ala-ala New Zealand di Dekat Danau Toba

Di tanggal 18 September 2018 dikeluarkan surat keputusan yang mengatakan beberapa Teritori Cagar Alam Dolok Tinggi Raja jadi Taman Wisata Alam.

Dengan begitu untuk beberapa pelancong yang akan tiba ke teritori ini tidak butuh sangsi. Karena tempat tertentu telah diputuskan sebagai object wisata alam. Dan satu diantaranya Kawah Putih Tinggi Raja.[]