Daerah Caping, Mengenali Daerah Berbasiskan Budaya Kearifan Lokal di Pontianak

Daerah Caping, Mengenali Daerah Berbasiskan Budaya Kearifan Lokal di Pontianak

Diposting pada

Direktori Wisata – Daerah Caping, mengenali daerah berbasiskan budaya kearifan lokal di Pontianak. Daerah Caping dapat menjadi tujuan wisata budaya waktu bertandang ke Pontianak, sebab bisa rasakan ruangan terapung dan pasar apung. Berikut deretan daya magnetnya.

Caping ialah nama alias dari topi petani sebagai keunikan dari sektor pertanian di Indonesia. Negara agraris ini banyak memiliki tempat pertanian hingga tidaklah aneh bila di salah satunya wilayahnya ada wisata Daerah Caping.

Tetapi, caping rupanya tidak cuma dipakai oleh petani di sawah tetapi beberapa nelayan sering memakainya. Misalnya saja di wilayah Pontianak yang mempunyai sentral pembikinan caping. Bahkan juga, untuk lokasinya sendiri dekat sama perairan bukan pertanian.

Makin ingin tahu tidak dengan bagaimana wisata desa caping yang telah diumumkan di atas? Bila iya, karena itu jangan terlewat ulasan yang hendak diberi berikut ini.

Daya Ambil yang Dipunyai Wisata Daerah Caping Pontianak

Sebetulnya disaksikan dari Namanya saja telah banyak menarik perhatian Pelancong. Dengan Namanya yang telah menarik tetap terdapat daya magnet tertentu yang hendak diulas, yakni:

* Daerah Berbasiskan Budaya Kearifan Lokal

Banyak budaya-budaya di sini yang tidak sama seperti umumnya budaya di perkotaan. Oleh karenanya, daerah menarik ini sering dijadikan sentra budaya kearifan lokal yang tetap kental dengan budaya warga sekitaran.

Beberapa Pelancong yang tiba ke sini dapat menyaksikan banyak budaya yang tetap dilestarikan. Misalnya saja seperti pembikinan caping tradisionil, kegiatan pasar apung, ruangan terapung, dan yang lain pada tempat wisata Pontianak ini.

* Ruangan Terapung

Daerah unik ini ada di dekat sungai Kapuas hingga tidaklah aneh bila banyak kegiatan yang sudah dilakukan di atas perahu atau sungai. Mungkin yang hendak lebih dekat didengarkan ialah pasar apung.

Tidak ketinggalan dari nama itu karena itu Daerah Caping ini sediakan ruangan terapung yang dapat dipakai untuk melakukan beragam jenis kegiatan dari warga. Oleh karenanya, saat Pelancong berkunjung tempat wisata unik ini dapat rasakan pasar apung.

* Masyarakat Pembikin Caping

Daya magnet pertama dari wisata baru ini ialah jumlahnya masyarakat yang mempunyai karier sebagai pembikin caping. Oleh karenanya, nama daerah ini ialah Caping sesuai mata pencarian dari masyarakat yang bekerja di situ.

Ini adalah salah satunya budaya baru yang dapat dilaksanakan hingga dapat membuat Indonesia kaya budaya. Tidaklah aneh bila caping yang dibikin oleh perajin daerah ini mempunyai kualitas yang baik dan unik berlainan dengan caping-caping yang lain.

* Wisata Kulineran Apung

Daerah wisata mengagumkan ini semakin lebih menarik bila ada kulineran apung. Untuk kulineran termasuk pada makan saprahan yang terapung. Akan menggembirakan bila bertandang ke arah tempat wisata unik dengan peluang-kesempatan bagus yang didapat.

Baca juga : Rumah Tradisi Melayu Pontianak, Belajar Berkenaan Budaya dan Rumah Tradisi Melayu

Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Wisata Daerah Caping

Apa aktivitas hebat yang bisa dilaksanakan? Sudah pasti akan membuat siapa pun yang bertandang ke tempat wisata jadi lebih suka dan berenergik seperti lakukan beberapa hal berikut ini:

✦ Mengayuh Sampan di Daerah Caping

Sampan yang dipakai untuk melakukan aktivitas di sungai Daerah Caping ini adalah sampan yang menarik. Karena Pelancong bisa juga mengayuh sampan sendiri dan tentu saja harus bayar untuk sewa sampan itu.

Dengan mengayuh sampan sudah pasti dapat segera beraktivitas di ruangan terapung atau pasar apung. Pelancong harus terus waspada pada waktu mengayuh sampan yang dipakai.

✦ Memakai Kano di Sungai

Saat ingin memakai kano di tepian Sungai Kapuas, karena itu dapat sewanya lebih dulu. Untuk menantinya dapat dilaksanakan di pelabuhan kecil tempat penyewaan kano itu. Pasti untuk kano ini akan memberi peluang yang terkesan.

Pelancong yang jauh dari Pontianak akan rindukan kegiatan hebat waktu bermain kano di sungai. Nach, kegiatan hebat ini dapat dilaksanakan siapa pun dan ramai-ramai bersama beberapa teman.

✦ Telusuri Sungai dari Dataran

Jalan-jalan nikmati keasrian dan kealamian dari wisata daerah yang dekat sama sungai Kapuas memang bisa sangat terasa menyenangkan. Bahkan juga Pelancong dapat secara gampang mendokumentasikan peristiwa dengan ambil video atau gambar kan?

Selanjutnya bisa menjadi kenangan tertentu dan sebagai peristiwa yang tidak akan terlupakan. Dengan demikian, waktu jalan-jalan dapat melepas capek dan dapat melakukan aktivitas lebih bagus .

✦ Memancing dan Menjaring Ikan

Kegiatan hebat yang lain yang dapat dilaksanakan oleh Pelancong ialah memancing dan menjaring ikan. Memang kedengar benar-benar menjemukan jauh cuma memancing yang habiskan begitu banyak waktu. Namun, sebetulnya waktu yang bagus untuk beraktivitas ini ialah pagi hari.

Oleh karenanya, kegiatan memancing dan menjaring ikan akan pas dipakai untuk Pelancong yang menginap di tempat rekreasi unik ini. Tidak butuh cemas karena telah disiapkan homestay yang siap dipakai untuk bermalam.

✦ Perpustakaan dan Atraksi Budaya

Pada beberapa acara tertentu tentu ada atraksi budaya yang dapat dilihat oleh Pelancong. Banyak budaya yang dapat diperkenalkan oleh warga ke Pelancong. Misalnya saja seperti upacara tradisi, tarian wilayah, dan ada banyak yang lain.

Disamping itu, di wilayah perkampungan ini ada perpustakaan yang dapat dijadikan tujuan. Memang untuk bukunya tidak komplet seperti perpustakaan kota tetapi akan  lebih dari cukup buat mengenali tempat rekreasi perkampungan unik ini.

✦ Wisata Kulineran

Janganlah lupa selalu untuk mencicip makanan ciri khas yang ada di Daerah Caping. Menariknya, sekarang ini telah ada sekitaran 16 golongan masyarakat yang belajar dan beroperasi pada sektor kulineran ini. Pasti untuk anggotanya telah banyak lebih dari 50 orang.

50 orang itu akan membuat beragam jenis menu saprahan yang sedap dan mengunggah hasrat. Bahkan juga saat lakukan rekreasi kulineran dapat di ruangan terapung atau pasar apung hingga lebih terkesan.

Baca juga : Tanjung Isuy, Wisata dan Budaya Kutai Barat

Alamat, Jalur Lokasi dan Ticket Masuk Wisata Daerah Caping

Daerah budaya ini bisa didatangi pada alamat Gang Mendawai 1, Bansir Laut, Kecamatan Pontianak Tenggara, Pontianak, Kalimantan Barat. Dibuka sehari-harinya dan s/d 24 jam jam operasional. Bahkan juga saat masuk ke rekreasi ini tidak dikenai HTM.

Nach, untuk jalur yang dapat dilalui sebetulnya benar-benar gampang karena aksesnya tidak jauh dari pusat perkotaan. Bila ada di tengah kota karena itu dapat lewat Jl. Tanjung Pura lantas langsung ke arah Jl. Imam Bonjol sampai ke Gang Busri di Bansir Laut, lantas tinggal teruskan ke tempat rekreasi daerah budaya.

Baca juga : Taman Budaya Sendawar, Tempat Wisata di Kutai Barat

Bila disaksikan dari jarak yang dilakukan lumayan dekat yakni sekitar 3,6 km saja dan dapat dilakukan waktu 8 – 10 menit dari pusat perkotaan. Apa sangsi dengan jalur yang diberi? Karena itu dapat memakai service Google Maps dan masukan keyword Caping Village, click Go.

Sarana Wisata yang Ada di Daerah Caping Pontianak

Perubahan dari daerah budaya camping ini lumayan cepat hingga sarana yang diberi lumayan banyak. Untuk beberapa pengunjung sarana yang disiapkan akan membuat kenyamanan dan merasakan tidak jemu walau lama-lama di tempat rekreasi yang unik, dengan sejumlah sarana yakni:

– Tempat parkir luas

– Rumah Gagasan

– Rumah Inovatif

– Warung makan dengan makanan ciri khas

– Perpustakaan

– Homestay

– Pusat oleh-olehan

– Kano di sungai

– Toilet umum

– Masjid

Baca juga : Melrimba Garden, Taman Wisata Hits dan Modern di Bogor

Dengan perubahan yang dipunyai oleh Daerah Caping ini, diharap menjadi tujuan rekreasi unggulan pada waktu bertandang ke Pontianak. Disamping itu, sekarang ini pemerintah melakukan aktualisasi yang lebih bagus secara bekerjasama bersama banyak faksi untuk perubahan rekreasi.[]