Saung Angklung Udjo, Belajar Budaya Sunda di Bandung

Saung Angklung Udjo, Belajar Budaya Sunda di Bandung

Diposting pada

Saung Angklung Udjo, belajar budaya Sunda di Bandung. Saung Angklung Udjo sebagai arah wisata budaya sekalian pembelajaran komplet berkenaan budaya Sunda.

Disebutkan sebagai wisata budaya dan pembelajaran karena pada tempat ini ada tempat atraksi, workshop alat musik dari bambu, dan pusat kerajinan bambu. Saung Udjo dibangun di tahun 1966.

Atraksi di saung angklung yang berada di Kota Bandung ini tak terbatas akan pergelaran seni saja tetapi memperlihatkan beberapa produk alat musik tradisionil dari bambu. Misalkan alat musik angklung, calung, arumba yang dapat dibeli oleh beberapa konsumen.

Untuk Anda yang mempunyai hoby mengenai konservasi budaya wilayah terutama Sunda pasti wisata ini jadi lokasi yang wajib didatangi. Selain itu, Anda bisa juga menyaksikan seni pertujukan di luar wilayah bahkan juga di luar negeri.

Daya Ambil yang Dipunyai Saung Angklung Udjo Bandung

* Design Interior dari Bambu

Kekhasan dari Saung Angklung ini ialah design interior yang semakin lebih banyak memakai bambu. Panorama ini tak lagi sekadar memberi panorama yang beda, tapi juga mempunyai nilai keeksotisan.

Nuansa tradisionil akan makin kedengar saat ada suara gemericing alunan angklung. Hal seperti ini membuat tiap pelancong yang tiba akan berasa semakin tenang dan nyaman.

* Atraksi Wayang Golek

Wayang golek sebagai budaya ciri khas Sunda yang dimainkan oleh boneka kayu diperlengkapi bajunya. Atraksi wayang golek umumnya dijadikan pembuka acara di beberapa hari tertentu.

Atraksi wayang golek bukan hanya selingan. Ada pesan kepribadian yang bisa diambil oleh pemirsa. Waktu atau durasi waktu atraksi umumnya sekitaran 20 menit yang selanjutnya akan diisi acara selanjutnya.

* Atraksi Tari Kedok

Atraksi tari kedok jadi rutinitas yang wajib ada tiap hari di Saung Angklung Udjo. Tari kedok bermakna ada seorang pembawa informasi dari Majapahit yang bekerja menyelidik kasus di kerajaan Blambangan. Penari kedok seakan menyaru memakai kedok waktu bawa informasi itu.

* Upacara Helaran

Helaran sebagai upacara yang diselenggarakan dalam acara khitanan dan upacara panen padi. Helaran ialah pertunjukan tradisi Sunda yang memiliki sifat melipur pengunjung. Pesan yang terdapat di dalam atraksi ini sebagai pernyataan rasa sukur atas nikmat yang Tuhan beri.

Nuansa dari atraksi helaran ialah rasa senang dan semangat hingga musik yang menemani mempunyai nuansa berbahagia. Tarian berbahagia yang disertai lagu ciri khas wilayah di tempat umumnya dipentaskan oleh beberapa anak.

* Permainan Angklung Orkestra

Atraksi angklung orkestra dimainkan dengan bersama yang diimbangi tarian Jawa. Tipe lagu yang ditampilkan alat musik tradisionil berbentuk angklung ialah lagu Twinkle Little Star, lagu balonku, dan beberapa lagu wilayah lainnya.

Baca juga : Lawangwangi Creative Ruang, Daya tarik Galeri Seni Kontemporer di Bandung

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Saung Angklung Udjo

– Nikmati Kulineran Sunda

Di saat Anda berekreasi ke Saung Angklung Udjo tidak butuh berasa kuatir akan kelaparan. Anda pun tidak butuh repot bawa perbekalan makanan yang berat. Di wisata ini telah ada sarana restaurant dengan kulinerannya ciri khas Sunda.

Salah satunya restaurant yang bisa Anda jumpai ialah Dapoer Angklung. Anda bisa pilih bermacam jenis menu dimulai dari nasi timbal, nasi liwet, nasi bakar, gurame bakar, cah kangkung dan ada banyak yang lain. Pasti tidak terlepas dengan lahapan ala-ala Sunda.

Disamping itu, Anda bisa juga pesan makanan seperti batagor dan siomay Bandung. Harga yang dibanderol juga standard tidak begitu mahal.

– Nikmati Atraksi Angklung

Sama sesuai namanya saung angklung, karena itu Anda bisa juga nikmati atraksi permainan angkulng. Tipe atraksi yang diadakan beragam macam. Ada pertunjukan angklung untuk yang baru memulai, masal, angklung tipe orkestra, sampai permainan arumba.

Tidak sekedar hanya menyaksikan atraksi angklung. Di akhir acara, pelancong akan dibawa aktif yaitu menari bersama-sama. Terutama pengunjung yang duduk di kursi pendidikan akan rasakan pengalaman yang baru.

– Menyaksikan Training Angklung

Selainnya dapat nikmati atraksi angklung, Anda bisa juga belajar mengenai proses pembikinan angklung. Anda akan dibantu dengan seorang pemandu rekreasi yang mengenalkan cara membuat dan mainkan angklung.

Ya, sama sesuai namanya wisata budaya dan pembelajaran karena itu Anda bisa juga sekalian menyelam minum air. Maknanya selainnya berekreasi untuk hilangkan kepenatan bisa juga memperoleh pengetahuan dan belajar. Tentu saja selainnya terhibur menambahkan pengetahuan yang bertambah luas.

– Bermain Angklung Bersama

Selainnya menyaksikan atraksi angklung orkestra, Anda pun bisa mainkan angklung dengan bersama-sama dengan pemain aslinya. Tiap pengunjung yang tertarik bermain angklung akan dipinjamkan angklung dan dikasih instruksi langkah memainkan.

Saat sebelum mainkan bersama, pengunjung akan dikasih peluang langkah membunyikan angklung yang akurat. Sesudah semua dapat, karena itu dirijen akan memberi aba-aba seperti menggoyahkan angklung sesuai code yang diberi. Berikut fasilitas pembelajaran untuk menyukai kesenian wilayah terutama Sunda.

– Turut Menari Bersama

Pengunjung di Saung Angklung Udjo bisa menari bersama penari yang lakukan atraksi. Beberapa penari akan memberi contoh pergerakan-gerakannya supaya bisa di ikuti oleh pengunjung.

Aktivitas menari bersama penari dan pengunjung ini mempunyai tujuan supaya pemirsa lebih mengenali budaya Sunda. Budaya yang perlu dilestarikan dan terus dijaga oleh angkatan penerus.

– Menyanyi Bersama

Selainnya melihat beragam atraksi, pengunjung bisa juga menyanyi bersama beberapa pemain angklung. Lagu yang dinyanyikan ialah lagu wilayah ciri khas Jawa Barat. Hal seperti ini bisa jadi pembelajaran dan langkah menyukai budaya di tempat.

– Berfoto-Foto

Saung Udjo memberi beragam spot photo yang baik. Pengunjung bisa nikmati sekitar lingkungan sekalian berpose bersama keluarga atau famili. Nuansa pohon bambu yang diimbangi gemercik daun-daun tertiup angin membuat pengunjung sepeti di situasi perdesaan.

Baca juga : Lawangwangi Creative Ruang, Daya tarik Galeri Seni Kontemporer di Bandung

Untuk Anda yang suka mendokumentasikan peristiwa tertentu waktu berekreasi, pasti ini sayang untuk dilewati. Anda dapat berpose setiap spot yang ada di lingkungan saung.

– Belanja Souvenir

Bukan hanya menyuguhkan wisata budaya dan pembelajaran, tapi juga buka beberapa toko souvenir. Sesudah usai nikmati wisata sekarang pengunjung bisa beli beberapa rupa-rupa di toko souvenir.

Anda bebas cari oleh-oleh untuk orang tercinta. Tipe pernak pernik yang ada ukuran bermacam dimulai dari ukuran kecil sampai pada yang memiliki ukuran besar. Ada tipe angklung ukuran besar, kendang, kujang, gambang, dan gantungan kunci.

Beberapa cindera mata seperti sandal, kaos, gelang, tas, topi, dan banyak yang lain. Semua komplet ada di toko souvenir Saung Udjo.

– Menimati Keelokan Situasi Alam

Ide alam yang hijau dengan situasi tradisionil dari pergelaran seni menyengaja dipadankan di rekreasi Saung Angklung Udjo. Ke-2  ide itu menyengaja dibuat supaya pelancong tidak merasakan jemu menyaksikan konsentrasi satu tipe nuansa rekreasi saja.

Alunan musik tradisionil berbentuk angklung dan pertunjukan pentas yang sedikit terbuka membuat situasi makin alami. Seakan pengunjung dibawa ke sesuatu wilayah tradisionil yang kental akan budaya Sunda.

Harga Ticket Masuk Tempat Kesenian Saung Angklung Udjo Bandung

Biaya yang diputuskan agar dapat masuk ke dalam Saung Angklung Udjo tidak mahal. Harga standard sesuai tujuan yang didapat pelancong. Untuk pengunjung dewasa asal dari Indonesia (WNI) diputuskan biaya Rp 60.000 per-orang. Adapun untuk pengunjung dewasa WNA diputuskan biaya Rp 100.000 per-orang.

Bila pengunjung masih duduk sebagai siswa WNI akan dibanderol harga Rp 40. 000 per-orang. Agar pelancong siswa WNA dibanderol harga Rp 60. 000 per-orang. Jika ada beberapa anak di bawah umur 3 tahun, karena itu ongkos yang diputuskan ialah Gratis (tidak berbayar).

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Saung Angklung Udjo

Wisata budaya dan pembelajaran ini beralamat di Jalan Padasuka yang dengan nomor 118 persisnya berada di Dusun Pasir layung, Kecamatan Cibeunying Kidul, Kota Bandung Barat, Jawa Barat. Untuk capai lokasi Saung Angklung Udjo tidak memerlukan waktu yang lama.

Bila Anda pergi dari Kota Jakarta pilih arah Cipularang, naik lewat Jembatan Pasopati, selanjutnya ikutinya panduan arah pada papan. Mengambil arah Cicaheum. Saat sebelum sampai ke terminal Cicaheum lebih kurang 100 mtr., Anda bisa membaca papan petunjuk arah untuk ke arah lokasi.

Baca juga : Peta Park, Taman Wisata Favorite untuk Berlibur di Bandung

Jika Anda ingin memakai layanan transportasi umum, karena itu dari Surapati tentukan jalur Cicaheum-Ciroyom angkutan nomor 06. Anda meminta stop di perempatan Padasuka. Kemudian, Anda dapat meneruskan perjalanan ke arah lokasi pada jalan kaki karena jaraknya cuma sekitaran 500 mtr..Saksikan google maps.

Sarana yang Ada di Teritori Saung Angklung Udjo

1. Restaurant Ciri khas Sunda

Restaurant yang ada di Saung Udjo pasti sama dengan kulineran ciri khas Sunda. Nach, untuk Anda yang di luar kota Bandung tidak ada kelirunya bila ingin coba kepuasan kulineran ciri khas Sunda.

Anda dapat pilih beragam tipe minuman, makanan, sampai camilan ciri khas Sunda. Oleh karenanya, Anda tidak butuh cemas kelaparan ya bila berekreasi ke saung yang mempunyai keunikan angklung ini.

2. Toko Souvenir

Pengunjung bisa beli bermacam souvenir untuk oleh-oleh di toko souvenir sekitaran Saung Angklung udjo. Toko souvenir sediakan pembelian dalam partai besar. Karena itu, Anda tidak butuh berasa cemas bila ingin beli souvenir yang diharapkan.

3. Pemondokan

Untuk Anda yang ingin menginap di Saung Udjo, kelak akan ditujukan oleh team guest guide. Anda tidak butuh jauh menginap untuk meneruskan perjalanan di esok harinya.

4. Taman

Taman yang ada di sekitar tempat wisata lumayan luas. Anda dapat nikmati udara yang sejuk dan nuansa yang alami. Anda dapat menyaksikan sekitar daerah taman sekalian jalan-jalan atau nikmati makanan ringan yang Anda membeli. Janganlah lupa masih tetap menjaga kebersihan dengan tidak buang sampah asal-asalan.

5. Masjid

Tempat melaksanakan ibadah untuk sholat atau masjid ada di lingkungan Saung Angklung Udjo . Maka, saat waktu melaksanakan ibadah sudah datang pengunjung tidak pakai repot agar selekasnya melakukan kewajibannya.

6. Toilet

Kehadiran toilet pada tempat umum telah jadi keperluan primer yang diperlukan pengunjung. Toilet di Saung ini termasuk bersih sebab ada jasa cleaning servis yang bersihkan dengan teratur.

7. Tempat Parkir

Tempat parkir yang lega dan aman juga ada di lingkungan wisata ini. Untuk pengunjung yang bawa kendaraan individu atau kendaraan besar dan kelompok tidak butuh cemas tidak memperoleh tempat parkir.

Baca juga : Forest Walk, Wisata Alam dengan Situasi Rimba yang Sejuk di Bandung

Tersebut hal yang terkait dengan Saung Angklung Udjo. Bila Anda mempunyai gagasan liburan atau kreasi rekreasi yang bertopik budaya dan pembelajaran disini referensi tempat yang akurat. Selekasnya mengatur agenda dan kontak faksi berkaitan ya supaya tidak kekurangan ticket masuk.[]