Pantai Pelangi, Spot Favorite Nikmati Pemandangan Sunset di Bantul

Pantai Pelangi, Spot Favorite Nikmati Pemandangan Sunset di Bantul

Diposting pada

Pantai Pelangi, spot favorite nikmati pemandangan sunset di Bantul. Pantai Selatan Yogyakarta dikenali pemandangan alamnya yang hebat. Di kabupaten Gunung Kidul, pelancong akan temukan jejeran pantai pasir putih yang cantik.

Dan di kabupaten Bantul, pengunjung mempunyai daftar pantai terkenal di Yogyakarta yang telah mempunyai nama di ajang nasional. Ada satu pantai kembali yang pantas diperhitungkan sebagai arah, Pantai Pelangi namanya.

Apa Anda dapat menyaksikan pelangi di pantai ini? Jawabnya tidak. Nama Pantai Pelangi di Bantul dipakai karena ada beberapa ornament wisata berwarna-warna bak sebuah pelangi yang cantik. Dan sudah pasti, pemandangan alam jadi hidangan khusus yang mengundang perhatian pelancong.

Daya Ambil Wisata Pantai Pelangi Bantul

✦ Golden Sunset

Bukan rahasia kembali jika teritori pantai di Bantul dikenali untuk tempat terbaik untuk nikmati keelokan matahari yang tenggelam di saat senja. Baik pantai Parangkusumo atau Parangtritis juga kerap dikerubut pengunjung yang ingin memperoleh photo golden sunset yang spesial.

Sayang, dua pantai itu selalu penuh pengunjung hingga diperlukan peruntungan agar dapat berfoto di tempat yang sepi saat lagi ada di pantai Parangkusumo atau Parangtritis.

Bila ingin nikmati Golden Sunset yang khusyu, coba tiba dan menikmatinya dari Pantai Pelangi. Ingat cuma sedikit ada pengunjung yang tiba, pelancong dapat menyaksikan keelokan matahari tenggelam dengan tenang. Bahkan juga dapat disebutkan tidak ada pengunjung yang hendak merintangi Anda untuk berfoto dengan latar sunset yang menarik. Situasi sore hari yang sangat nyaman, tenang, dan cantik semakin terasa bila Anda menikmatinya dari Teritori pantai.

Jadi tidaklah aneh bila banyak pelancong yang cenderung lebih memilih tiba ke Pantai Pelangi untuk nikmati sunses yang sepi.

✦ Pantai Cantik Pesisir Selatan

Sama seperti yang telah dijumpai warga umum jika teritori pantai selatan kota Yogyakarta dikenali mempunyai pemandangan alam yang mengagumkan. Tidak kecuali barisan pantai di pesisir kabupaten Bantul. Walau tidak mempunyai pasir putih seperti beberapa pantai di kabupaten Gunung Kidul, tetapi pantai di kabupaten Bantul masih tetap mempunyai daya tariknya tertentu.

Di Pantai Pelangi pelancong dapat nikmati keelokan alam berbentuk pantai dengan pasir hitam. Teritori pantai dikenal juga mempunyai ombak yang tenang walau kadang-kadang cukup garang karena karena air pasang.

Pemandangan pantai kelihatan lebih cantik karena ada barisan pohon cemara laut yang tumbuh lebat di tempat pantai. Pelancong juga dapat menelusuri teritori pantai atau sekadar santai di bawah pohon cemara yang teduh.

Di sini pelancong dapat nikmati perbekalan yang dibawa sambil santai nikmati angin semilir. Bukan hanya itu saja, teritori Pantai Pelangi jadi tempat bertumpu kapal punya beberapa nelayan. Pelancong kerap memakai kapal itu sebagai spot photo.

Tiba ke pantai hits di Bantul akan buka menolong menurunkan stress. Ini termasuk pantai yang sepi pengunjung hingga pelancong bisa liburan dengan tenang. Berlainan dengan pantai disekelilingnya, Pantai Pelangi cuma ramai didatangi saat akhir minggu atau hari liburan datang . Maka bila Anda ingin bertandang dan nikmati kesan mempunyai pantai individu, hadirlah ke lokasi pantai ini.

✦ Lorong Cemara

Pada intinya, Pantai Pelangi adalah hasil pemekaran dari pantai Parangtritis dan pantai Parangkusumo yang sejauh ini jadi tujuan khusus pelancong dari segala penjuru Indonesia. Dua pantai itu dikenali mempunyai reputasi yang setingkat dengan tempat wisata iconic di Indonesia. Baik Parangkusumo atau Parangtritis dikenali karena nuansa mistik dan nilai keramat yang dipercayai oleh warga sekitaran.

Namun, pantai ini tawarkan suatu hal yang beda. Walau berdekatan dengan pantai Parangkusumo dan pantai Parangtritis, Pantai Pelangi mempunyai aura berlibur tropis yang cerah.

Bahkan juga saat sebelum sampai ke lokawisata, pengunjung akan melalui sebuah jalan yang beratap ranting pohon cemara yang bergandengan bak sebuah kanopi alam. Warga di tempat mengatakan dengan Lorong Cemara. Sepanjangjalan Pantai Parangkusumo memang banyak pohon cemara tipe cemara laut dengan ranting yang menebar, bukan meruncing.

Ini membuat salah satu akses jalan ke lokasi panttai dihias pohon cemara yang seperti terlihat sebuah lorong. Bahkan juga saat sebelum tiba, banyak pelancong yang meluangkan diri untuk stop dan nikmati ademnya situasi di bawah Lorong Cemara.

Makin lama, Lorong Cemara menjadi satu diantara spot favorite untuk pengunjung yang tiba ke Pantai Pelangi Bantul. Pada hari biasa saat sepi pengunjung, kita dapat berfoto di tengah-tengah jalan yang sepi dengan atap ranting pohon cemara yang bersatu seperti terowong alam. Bila pandai saat mainkan posisi camera, bukan mustahil Anda akan memperoleh hasil photo yang hebat.

Baca juga : Heha Ocean View, Tujuan Wisata Hits di Pinggir Pantai Gunung Kidul

Macam Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Pantai Pelangi

– Melepaskan Anak Penyu

Di Pantai Pelangi ada sebuah pelestarian penyu yang diatur dengan swadaya oleh warga sekitaran. Pelestarian penyu dilaksanakan pertama kalinya oleh masyarakat yang namanya Sarwidi. Dia kumpulkan telur-telur penyu yang bersarang disekitaran pantai dan menyimpan dalam suatu rumah yang khusus dipakai untuk menetaskan dan menjaga anak penyu atau tukik. Di sini pelancong dapat belajar mengenai transisi hidup penyu dan menyaksikan kegiatan anak penyu.

Bahkan juga di saat tertentu, pengunjung dapat menyaksikan acara pelepasan anak penyu dari pinggir pantai. Karena ada pelestarian penyu di Pantai Pelangi, sekarang pelancong mempunyai pilihan lain bila ingin tempat wisata mendidik yang hendak memberikan info baru ke putra-putri mereka. Bila untung, pengunjung bisa juga menyaksikan telur penyu yang menetas.

– Berkunjung Tempat Wisata Sekitaran

Ada di lokasi yang vital, pengunjung dapat nikmati bermacam lokawisata tanpa perlu tempuh perjalanan jauh melingkari kota Yogyakarta. Pantai Pelangi berdekatan dengan 2 pantai legendaris, Parangkusumo dan Parangtritis. Bukan hanya itu saja, pelancong bisa juga tiba ke Gumuk Pasir yang dikenali sebagai gurun pasirnya masyarakat Jogja. Tidak ketinggal juga Pantai Cemara Sewu yang populer karena keelokan formasi pohon cemara cantik di pinggir laut.

Bahkan juga saat telah senang berkunjung tempat wisata di sekitarya, pelancong dapat tiba ke Pasar Ikan Depok yang dikenali karena mempunyai bermacam tipe ikan fresh yang dipasarkan harga dapat dijangkau di rekreas Bantul ini.

Pasar Depok jadi tujuan yang pas untuk pengunjung yang ingin cari oleh-olehan saat sebelum akhiri perjalanan berlibur di Pantai Pelangi. Dalam kata lain, tiba ke pantai ini malah memberi Anda kebebasan untuk selalu mengeksploitasi tempat wisata yang bersisihan dengan pantai yang berada di Yogyakarta.

– Wisata Kulineran

Teritori disekitaran jl. Pantai Parangkusumo dikenali sebagai surga wisata kulineran. Pasalnya ada beberapa warung makan punya masyarakat sekitaran yang menawarkan bermacam tipe makanan. Seafood adalah menu yang terpopuler dan ternikmat bila dikonsumsi secara langsung di pinggir pantai. Berkunjung pantai elok ini sambil mencicip bermacam kulineran sedap pasti memberi pengalaman yang susah untuk dilalaikan.

Baca juga : Pasar Kebon Empring, Wisata Alam Favorite dan Hidangan Kulineran Tradisionil di Bantul

Harga Ticket Masuk Pantai Pelangi Bantul

Harga ticket masuk ke dalam Pantai Pelangi cuma Rp 3.000,- dengan biaya parkir Rp 2.000,- untuk kendaraan beroda 2 dan Rp 5.000,- untuk kendaraan roda tiga. Pengurus menyilahkan pengunjung tiba kapan pun karena Teritori pantai sebelumnya tidak pernah tutup.

Tetapi kami merekomendasikan untuk pelancong untuk tiba start pukul 06.00 dan tinggalkan tempat pantai saat sebelum jam 19.00 WIB untuk keselamatan dan keamanan. Selainnya karena benar-benar sepi, ombak laut pada malam hari lebih beresiko karena dipengaruhi oleh air pasang. Warung masyarakat sekitaran mulai tutup sesudah jam 21.00 WIB.

Alamat dan Langkah Ke arah Lokasi Pantai Pelangi

Lokasi Pantai Pelangi ada di jalan Pantai Parangkusumo, kecamatan Kretek, Bantul Yogyakarta. Lokasinya berdekatan dengan Pantai Cemara Sewu, Pantai Barchan, dan Pantai Parangkusumo dan Pantai Parangtritis yang semua ada disebelah timur.

Baca juga : Taman Senja Ngelo, Spot Favorite untuk Santai Bersama Keluarga di Bantul

Agar dapat tiba ke lokasi pantai, pelancong dapat ke arah jalan Parangtritis dari pusat perkotaan Yogyakarta. Seterusnya pengunjung perlu meng ikuti panduan jalan yang hendak secara langsung arahkan ke jalan Pantai Parangkusumo. Atau saksikan google maps.

Sarana Pendukung di Pantai Pelangi Bantul

Pantai elok inisebenarnya telah dibuka untuk umum semenjak tahun 2009 lalu. Namun namanya terbenam karena kalah terkenal dari Pantai Parangtritis dan Pantai Parangkusumo. Untung saja pengurus lakukan pembaruan dengan menambah sarana yang memberikan dukungan pengunjung.

Sekarang ada tempat parkir yang lega dan bersisihan dengan pantai. Toilet dan kamar mandi juga diperlengkapi akses air bersih. Warung punya masyarakat siap juga melayani pengunjung dengan bermacam minuman dan makanan enteng yang dipasarkan harga dapat dijangkau.

Pengurus juga menambahkan beberapa dekor yang dikasih beragam warna seperti pelangi. Salah satunya spot favorite pengunjung ialah tulisan “Pantai Pelangi” memiliki ukuran besar di pinggir jalan. Banyak pelancong yang berkunjung sesaat dan berpose di muka tulisan iconic itu.

Baca juga : Wisata Alam Watu Lawang, Nikmati Pemandangan Cantik dari Ketinggian di Bantul

Saat Anda mempunyai gagasan untuk tiba ke pantai Parangkusumo atau Parangtritis, jangan malu untuk singgah ke Pantai Pelangi Bantul untuk menyaksikan keelokan alam sekalian mengenali lebih dekat pelestarian penyu.[]