Coban Rais, Air Terjun yang Melawan dan Mempesona di Batu

Coban Rais, Air Terjun yang Melawan dan Mempesona di Batu

Diposting pada

Direktori Wisata – Coban Rais, air terjun yang melawan dan mempesona di Batu. Coban Rais sebuah air terjun yang tempatnya masih juga dalam satu lokasi dengan Batu Flower Garden dan Bumi Perkemahan Coban Rais, Jawa Timur.

Coban Rais tempatnya yang berada di teritori kaki wilayah Gunung Panderman membuat wisata ini bukan hanya jadi wilayah dengan panorama alam yang hebat tapi juga udara yang fresh.

Air terjun dengan kecuraman 90 derajat dan ketinggian lebih kurang 20 mtr. ini bukan hanya pas sebagai lokasi berpose saja, tetapi mempunyai beberapa pilihan aktivitas yang lain tidak kalah bagus yang bisa dicoba bersama keluarga atau orang paling dekat Anda waktu liburan.

Lokasinya yang vital di Kota Batu membuat tujuan wisata Caban Rais ini lumayan ramai didatangi pengunjung baik di saat berlibur atau di beberapa hari biasa. Dengan situasinya yang demikian sunyi dan gemericik air yang bersatu bagus dengan alam sudah pasti jadi daya magnet khusus tempat ini.

Daya Ambil yang Dipunyai Wisata Coban Rais Batu

✦ Melalui Sungai-Sungai Kecil yang Tidak Kalah Cantik

Untuk ke arah lokasi air terjun, pelancong harus menyebrangi sejumlah sungai kecil dulu. Sungai-sungai ini nanti akan menyambung dengan sungai yang dibikin oleh saluran air dari Air Terjun Coban Rais. Anda bisa menyaksikan ikan-ikan kecil yang berenang riang disekitaran sungai saat Anda menyeberang.

Bukan hanya sungai-sungai kecil itu yang mempunyai saluran air yang jernih, Air Terjun ini mempunyai air warna kehijauan yang demikian jernih.

✦ Panorama Bukit-bukit yang Beri kesegaran

Ada di wilayah bukit-bukit Kota Batu membuat Coban Rais di kelilingi oleh rimba hijau lebat. Jumlahnya pohon-pohonan dalam rimba sudah pasti mempersejuk sekitar lingkungan dan membuat perlindungan pengunjung dari panasnya panas matahari. Bukan hanya rimba yang hijau, air terjun sebagai konsentrasi khusus tujuan wisata ini pun demikian mencolok dengan keelokannya.

Pelancong tidak butuh cemas dengan pencemaran udara atau pencemaran suara, lingkungan wisata ini mempunyai udara yang demikian fresh dan Anda tidak dengar keributan kendaraan yang berakhir lalang karena lokasinya yang ada jauh dalam rimba. Anda cuma akan dengar ciutan hewan kecil dalam rimba yang bersatu dengan suara saluran air di tempat wisata Batu.

✦ Spot yang Cocok untuk Berpose

Coban Rais populer satu diantaranya karena keelokan panoramanya yang hebat. Hal tersebut yang mengundang banyak pelancong bersama-sama tiba bertandang ke air terjun ini sehari-harinya.

Lingkungannya yang mempunyai panorama cantik, alamnya yang asri dan dirawat baik oleh warga, dan keelokan air terjun dan refleksi bias airnya yang bak kemilau berlian pada siang hari membuat object wisata ini jadi lokasi yang cocok untuk mendokumentasikan peristiwa berlibur Anda.

✦ Dekat Dengan Sarana Wisata Lain

Lokasi Air Terjun yang lumayan dekat dengan sejumlah sarana wisata lain di lingkungan wisata Coban Rais membuat tempat ini pas untuk Anda yang ingin liburan cuma di satu tempat saja. Dengan adanya banyak opsi sarana wisata Anda tidak pakai repot beralih ke arah tempat wisata lain.

Sesudah Anda senang bertandang ke air terjun Coban Rais yang mempesona ini, Anda dapat segera ganti pakaian di tempat wisata lain dan secara langsung nikmati spot sarana itu.

✦ Tempat untuk Kemping

Tempat wisata ini bukan hanya mempunyai air terjun yang hebat, tapi juga mempunyai lokasi bumi perkemahan. Untuk pelancong yang ingin kemping sambil nikmati alam dan dekat sama lokasi air terjun, Anda bisa bertandang dan bermalam di bumi perkemahan ini.

✦ Pas agar Pelancong Memiliki jiwa Petualang

Untuk pelancong yang suka dengan aktivitas yang terkait dengan penjelajahan di alam bebas, tempat ini pasti jadi opsi yang cocok. Air Terjun Coban Rais yang ada dalam rimba dan mempunyai jarak menempuh yang lumayan jauh akan membuat Anda merasa kan rasanya berpetualang di alam sepanjang satu jam.

Baca juga : Coban Talun, Tujuan Wisata Air Terjun Favorite di Batu Malang

Kegiatan yang Menarik Dilaksanakan di Wisata Coban Rais

* Dekatkan Diri Dengan Alam

Lokasi air terjun yang jauh dari keramaian kota membuat tempat ini jadi demikian sunyi. Pelancong cuma dapat dengar gemuruh air mengucur dari air terjun dan suara cicitan burung dalam rimba. Rasakan hal itu sambil duduk dan pejamkan mata di tepi air terjun akan membuat Anda merasakan tenang dan makin dekat sama alam tersebut.

* Menaiki Gunung

Pelancong dapat rasakan pengalaman 1 jam menaiki gunung saat tempuh perjalanan ke tempat air terjun ada. Lokasinya yang ada jauh dalam rimba dan melalui sungai dan jalan setapak yang berkelok akan membuat Anda terpikir pada hal menarik Anda saat menaiki gunung.

Tidak itu saja, aktivitas ini bisa juga dilaksanakan oleh Anda yang ingin mengirit pengeluaran saat liburan. Dibanding tiba ke tempat air terjun dengan memakai ojek, sudah pasti jalan bersama kelompok akan berasa lebih asyik serta lebih ramah kantong Anda.

* Nikmati Panorama Alam

Untuk Anda pencinta wisata alam, liburan di Coban Rais adalah opsi yang pas. Dengan alam yang hijau dan air terjun yang membubung tinggi di tengah-tengahnya, Anda akan menyaksikan pemandangan alam yang hebat cantik. Anda dapat duduk dan santai di atas batu-batuan di tepi air terjun sambil melihat cantiknya recikan air terjun.

* Bermain Air

Walau air terjun ini mempunyai debet air yang lumayan besar dan deras, untungnya sisi bawah air terjun tidak begitu dalam. Ini membuat pelancong yang ingin coba berenang atau bermain air disekitaran air terjun bisa bermain-main dengan sepuasnya tanpa perlu merasa takut.

Tetapi bila ingin berbasah-kuyup di sini Anda perlu ingat pengurus tidak sediakan tempat ganti pakaian atau toilet umum disekitaran tempat air terjun atau dalam tempat rimba . Maka Anda harus menanti untuk sampai di dekat pintu masuk bila ingin ganti pakaian.

* Kemping

Untuk Anda yang ingin kemping di lokasi wisata Coban Rais, Anda tidak butuh cemas karena dekat air terjun mempunyai bumi perkemahan yang cukup terkenal. Dengan mengambil kantong sejumlah Rp 10.000,- Anda telah bisa masuk tempat Bumi Perkemahan. Sementara untuk penyewaan perlengkapan kemping ongkosnya dimulai dari Rp 50.000,-.

* Berpose di Coban Rais

Spot wisata Coban Rais yang lestari dan demikian hijau benar-benar cocok untuk tempat berpose bersama keluarga. Dengan penerangan yang alami dari alam dan refleksi air yang jernih yang terpancar di dinding-dinding sekitaran air terjun, Anda akan memperoleh sebuah foto pemandangan hebat yang hendak sangat sayang bila Anda terlewat demikian saja.

* Jalan-Jalan Kulineran

Untuk pengunjung yang jemu bila cuma berekreasi saja dan ingin nikmati panorama alam dengan melahap makanan sedap, Anda tidak butuh cemas. Coban ini mempunyai beragam spot kulineran yang memikat disekitaran tempat wisata itu, sudah pasti pada harga dapat dijangkau dan rasa yang sedap.

* Bermain Off-Road

Teritori rekreasi sediakan ATV untuk beberapa pengunjung yang ingin menelusuri tempat off road dengan kendaraan khusus. Dengan ongkos sewa Rp 45.000,- pengunjung bisa pinjam ATV dan berkeliling-keliling tempat rimba yang berbatu secara nyaman.

* Bermain Paralayang

Untuk beberapa pencinta olahraga di atas ketinggian, bermain paralayang bisa jadi opsi berlibur Anda. Cukup bayar Rp 50.000,- saja pelancong bisa beraktivitas paragliding dengan hebat dan aman sambil nikmati panorama alam Coban Rais yang bisa disaksikan di atas.

Baca juga : Coban Rondo, Sejuknya Air Terjun Eksotik di Batu Malang

Harga Ticket Masuk Wisata Coban Rais Batu

Wilayah wisata ini membuka tiap hari Senin sampai Minggu dari jam 08.00 sampai 17.00 waktu di tempat. Rekreasi air ini termasuk mempunyai ongkos masuk yang relatif murah sebagai salah satunya tempat wisata terkenal di Kota Batu.

Pelancong cuma diambil ongkos ticket masuk sejumlah Rp 10.000,- per-orang untuk masuk lokasi wisata Coban Rais. Dan untuk ongkos parkirnya sejumlah Rp 2.500,- untuk kendaraan memiliki roda dua, sedangkan kendaraan beroda 4 sejumlah Rp10.000,-.

Untuk nikmati cantiknya wisata air terjun ini pengunjung tidak diambil ongkos apapun itu dan perlu mempersiapkan tenaga karena lokasinya yang lumayan jauh. Atau Anda dapat ambil alternative lain dengan memakai transportasi ojek yang terdapat disekitaran lokasi dengan ongkos sekitaran Rp40.000,- untuk sekali menempuh.

Pengunjung yang ingin nikmati object wisata lain, dianjurkan mempersiapkan uang berlebihan. Hal itu karena ongkos ticket masuk yang dibayar pada bagian awalnya barusan belum termasuk ongkos masuk ke dalam tiap sarana yang terdapat disitu. Ongkos masuk sarana rekreasi disekitaran air terjun bervariatif dari Rp10.000,- sampai Rp 50.000,-.

Baca juga : Air Terjun Yeh Hoo, Air Terjun Menarik dengan Budaya dan Adat Subak di Tabanan

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Wisata Coban Rais

Wilayah wisata Coban Rais ada di Dusun Oro-oro Ombo, persisnya di Desa Dresel, Kecamatan Batu, Kota Batu, Propinsi Jawa Timur. Untuk ke arah lokasi, dari Kota Batu, Malang, tidak butuh takut salah jalan karena jumlahnya panduan dan medan perjalanannya yang telah beraspal.

Anda tinggal ambil jalan ke Kota Batu. Selanjutnya terus meng ikuti instruksi dari papan panduan jalan yang terdapat disekitaran. Perjalanan yang di menempuh itu sekitaran 7 km, atau memerlukan waktu lebih kurang 1 jam. Saksikan google maps.

Saat datang di lokasi wisata dan memarkirkan kendaraan, Anda harus jalan lebih kurang 40 menit dengan melalui jalanan setapak, lembah dan sungai kecil untuk bertandang ke arah tempat rekreasi air terjun ada.

Baca juga : Taman Berkampung, Tempat Hebat Usai Minggu di Tarakan

Sarana yang Ada di Wisata Coban Rais Batu

Pengurus tempat wisata Coban Rais sediakan sarana yang lumayan komplet untuk pendukung kenyamanan pengunjung. Dimulai dari tempat parkir, penyewaan camera, spot berpose, tempat kemping, tempat untuk menitipkan barang, spot kulineran, tempat penyewaan kendaraan atau tempat ojek lokal, dan ada banyak yang lain pada harga dapat dijangkau.

Anda pun tidak butuh cemas karena lokasi wisata ini cukup hanya dengan pusat oleh-olehan dan pemondokan-penginapan ciri khas lokal di Kota Batu.

Baca juga : Kuala Kencana, Kota Kekinian di tengah Rimba Mimika Papua

Walau populer dengan keelokan air terjunnya, karena keuletan warga lokal saat ini banyak sarana wisata yang lain bisa juga Anda datangi sesudah bertandang ke tempat Air Terjun Coban Rais. Tempatnya yang cantik dan alamnya yang memesona bisa jadi opsi khusus Anda untuk liburan bila Anda tiba ke Kota Batu.[]