Tugu Australia, Mengenali Lambang Pertarungan Menantang Jepang di Balikpapan

Tugu Australia, Mengenali Lambang Pertarungan Menantang Jepang di Balikpapan

Diposting pada

Direktori Wisata – Tugu Australia, mengenali lambang pertarungan menantang Jepang di Balikpapan. Tugu Australia ialah monumen monumental di Balikpapan yang dibuat di tahun 1945. yang jadi tujuan wisata warga.

Tugu Australia jadi monumen monumental untuk warga Balikpapan semenjak dibuat di tahun 1945 lantas oleh Pemerintahan Australia. Monumen ini mempunyai tujuan untuk kenang kembali jasa tentara Australia yang telah berperang menantang pasukan Jepang dalam pertarungan Balikpapan di bulan Juli tahun 1945. Tempat tugu ini di muka Lapangan Merdeka Balikpapan.

Dalam tugu monumental ini tercatat beberapa nama pasukan Australia dan Selandia Baru yang turut dalam usaha amankan daerah Balikpapan dari gempuran pasukan Jepang. Semenjak tahun 1942, Jepang sukses menempati banyak daerah di Indonesia termasuk Balikpapan. Argumen Jepang masuk daerah Balikpapan ialah simpanan minyak bumi dan kotanya benar-benar vital.

Disamping itu, Jepang memerlukan cadangan minyak bumi yang bermanfaat untuk keperluan perang menantang sekutu saat Perang Dunia II berjalan. Selanjutnya di bulan Mei 1945, pasukan Australia mengirim kontribusi berbentuk Pasukan Amfibi dengan kemampuan kombinasi dari tentara darat, laut, dan udara hingga Jepang tidak sanggup kuasai wilayah Balikpapan.

Daya Ambil yang Dipunyai Tugu Australia Balikpapan

Bangunan tugu monumental ini tentunya benar-benar kental dengan kejadian saat Perang Dunia II berjalan. Saat perang itu, Indonesia memperoleh efeknya karena Pasukan Jepang berusaha mengambil kekuasaan di Indonesia. Dibalik cerita itu, terdapat daya magnet dari Tugu Australia yang monumental ini untuk pelancong yang bertandang ke Balikpapan.

* Lambang Pertarungan Menantang Jepang

Tentu saja dengan kerja sama dengan yang telah terikat secara baik, rasa kebersama-samaan juga ada hingga sama-sama menolong saat menantang gempuran Jepang. Australia bersama Selandia Baru sama-sama tukar pengalaman di bagian budaya, pendidikan, dan ekonomi dengan Indonesia. Dengan demikian, mereka turut mengirim pasukan kontribusi untuk menantang Jepang.

Pertarungan ini berjalan cukup seru dan beberapa korban berguguran, hingga dibuatlah Tugu Australia untuk kenang kembali jasa tentara Australia yang turut menolong pertarungan Indonesia dengan Jepang. Selanjutnya tugu monumental ini bisa mengingati bangsa Indonesia akan kebaikan hati dari Australia dan Selandia Baru pada periode Perang Dunia II.

* Plakat Monumental

Tugu Australia adalah plakat monumental yang mencatatkan sejuta masa lalu untuk Indonesia atau Australia. Semenjak Perang Dunia II, Indonesia dan Australia telah tingkatkan transisi di bagian ekonomi, budaya dan pendidikan. Tentu saja ini semakin menambah jalinan ke-2  negara lebih kuat dan sama-sama menolong saat kesulitan.

Dalam plakat yang ada pada tugu, ada pengakuan memilukan yang ada pada tulisan paragraf tugu itu. Isi pada plakat itu ialah ke-2  negara telah hidup dengan damai dan tenang dan masyarakatnya selalu ingat apa pun itu yang telah dipertaruhkan oleh pahlawan sebelumnya untuk meraih tujuan Indonesia merdeka.

* Lukisan Pedang dengan Cat Warna Hitam

Di bagian pucuk tugu, ada lukisan pedang warna hitam dengan cat putih disekitaran dindingnya telah terkelupas. Tentunya terlihat memilukan dan tidak terurus, tetapi memiliki kandungan arti monumental dan pantas untuk didalami. Lukisan pedang ini mengingati jika beberapa orang yang ada di Monumen Salib Pengorbanan.

Di mana monumen itu ialah serdadu persemakmuran Pasukan Inggris sebagai korban Perang Dunia. Ada tugu semacam ini mempunyai tujuan untuk kenang kembali jasa dan kebaikan tentara Australia-Persemakmuran Inggris yang luruh saat menolong Indonesia untuk menjaga daerah Balikpapan dari rampasan Jepang.

Baca juga : Pantai Kilang Mandiri, Spot Terbaik Nikmati Pemandangan Sunset di Balikpapan

Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Tugu Australia

Walaupun kelihatan simpel karena terbagi dalam tugu saja, tetapi pelancong bisa beraktivitas berguna saat ada di tempat wisata Balikpapan ini. Lebih-lebih lagi bila bawa beberapa anak sekolah karena itu benar-benar pas sebagai media pembelajaran sejarah yang akurat.

✦ Bertandang ke Lapangan Merdeka

Berada benar-benar dekat sama Lapangan Merdeka membuat akses darimanakah saja ke arah tugu sangat gampang. Beragam jenis kulineran dan hal menarik yang lain dapat didapat berkunjung Lapangan Merdeka ini . Maka, sesudah capek telusuri tugu, pelancong bisa melepaskan capek di Lapangan Merdeka dengan nikmati beragam jenis sajian.

Pahami Sejarah Perang Dunia II

Saat ada di tempat Tugu Australia, nanti akan terlihat sedikit keterangan mengenai kejadian yang terjadi sepanjang Perang Dunia II. Dimulai dari ambil kekuasaan atas Indonesia yang dipunyai Belanda tetapi pada akhirannya diambil oleh Jepang. Diteruskan dengan keterangan bagaimana bekerja sama di antara Indonesia dan Australia yang pada akhirnya terikat secara baik.

Kekejaman Pemerintah Jepang pada jaman Perang Dunia II benar-benar sadis hingga beberapa pahlawan sebelumnya berusaha untuk melepaskan ikatan Indonesia dari kekuasaan Jepang. Karena ada kontribusi dari faksi Australia, karena itu posisi Jepang di Balikpapan bisa dicegat walaupun pada akhirannya makan banyak korban.

✦ Spot Photo Anti Bermainstream di Tugu Australia

Pada jaman saat ini tentunya banyak pelancong yang bertandang ke arah tempat wisata dengan keelokan alam dan sarana permainan menarik. Namun, kesan-kesan itu tidak didapat waktu bertandang ke wisata Tugu Australia. Masalahnya wisata hits ini cuma tampilkan tugu yang memotong jalan raya dengan ide sejarah yang kuat.

Tentu saja tugu ini jadi spot photo yang tidak biasa dan berlainan dari tempat wisata yang lain. Hal ini jadi daya magnet tertentu untuk pelancong karena jarang belakangan ini diketemukan tempat wisata yang memiliki kandungan nilai sejarah dan nasionalisme semacam ini.

Baca juga : Pantai Seraya, Tempat Terbaik Melihat Keelokan Sunset di Balikpapan

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Tugu Australia

Tugu Australia berada di pusat Kota Balikpapan, Kalimantan Timur ataupun lebih persisnya di Jalan Jenderal Sudirman dan benar-benar dekat Lapangan Merdeka dan Rumah Sakit Umum Pertamina. Ada pas di pusat perkotaan membuat akses ke arah tugu monumental ini makin gampang untuk dicapai. Untuk warga yang ingin tahu, bisa berkunjung pusat perkotaan lebih dulu.

Jika sangsi dan tidak memahami dengan jalurnya, karena itu pelancong bisa memakai Google Maps untuk ketahui lajur terbaik yang dapat dijangkau dan gampang dilewati. Perjalanan yang dilakukan bisa memakai kendaraan umum maupun kendaraan individu, hingga tidak merepotkan untuk pengunjung yang ingin menyaksikan tugu dengan arti yang lebih tinggi ini.

Transportasi umum yang bisa dipakai supaya sampai pada tempat tugu ialah angkot dengan lajur tujuan ke Lapangan Merdeka. Bila berasal di luar Pulau Kalimantan, karena itu bisa pergi dari Lapangan terbang Sepinggan, selanjutnya naiki angkot dengan tujuan Terminal Damai. Seterusnya tentukan angkot bernomor 6. Biaya angkot itu murah yakni dimulai dari Rp3.000 saja.

Karena berada di persilangan jalan dan jadi icon Kota Balikpapan, untuk menyaksikan tugu ini tidak butuh dikenai ongkos masuk. Cukup secara stop di sekitaran jalan atau tempat parkir khusus, karena itu pelancong dapat segera masuk ke dalam tempat tugu. Janganlah lupa untuk memerhatikan arus lalu lintas karena tugu betul-betul berada di pelintasan jalan. Saksikan google maps.

Pastikan kendaraan yang diparkirkan aman pada tempatnya karena telah ada tempat parkir khusus disekitaran Lapangan Merdeka. Disamping itu, supaya berlibur berasa tenang saat ada di Tugu Australia, benar-benar dianjurkan untuk bertandang saat tidak banyak pengunjung seperti pada luar waktu liburan atau beberapa hari biasa.

Baca juga : Rimba Pinus Bulu Tanah, Spot Camping Hebat dengan View Alam yang Mempesona di Bone

Sarana Wisata yang Ada di Tugu Australia Balikpapan

Sarana wisata yang berada di tempat Tugu Australia tidak banyak karena berada di tengah-tengah pelintasan jalan. Tetapi, jangan cemas karena ada tempat parkir disekitaran Lapangan Merdeka atau di dekat lokasi tugu. Waktu ada di sana akan secara langsung ditujukan oleh petugas lapangan di mana tempat tempat parkir kendaraan.

Baca juga : Taman Siring Kandilo, Taman Menarik di Paser

Memiliki ide wisata yang tidak sama, Tugu Australia menyuguhkan topik wisata sejarah yang tidak sama dan mendidik siswa dan orangtua. Disamping itu, bisa tingkatkan rasa nasionalisme pada perjuangan beberapa pahlawan sebelumnya untuk perjuangkan kemerdekaan Indonesia.[]