Taman Nasional Bunaken, Pemandangan Alam Bawah Laut yang Mengagumkan di Manado

Taman Nasional Bunaken, Pemandangan Alam Bawah Laut yang Mengagumkan di Manado

Diposting pada

Direktori Wisata – Taman Nasional Bunaken, pemandangan alam bawah laut yang mengagumkan di Manado. Taman Nasional Bunaken ialah taman laut yang eksotik berada di Manado, Sulawesi Utara. Taman ini ada di Segitiga Terumbu Karang, dan jadi rumah untuk 390 spesies terumbu karang dan beragam spesies ikan.

Sejauh ini bicara berkenaan keelokan wisata alam Indonesia sudah bukanlah hal baru kembali. Khususnya karena tempat Indonesia yang memberikan keuntungan dengan semua daya tarik keelokan yang dipunyainya.

Tidak cuma keadaan dataran seperti gunung, air terjun, tempat wisata taman sampai gua warisan di jaman penjajahan tapi juga keadaan bawah laut yang membius. Cukup banyak beberapa pulau di Indonesia yang demikian terbangun dan tawarkan keelokan bawah laut untuk dieksplor.

Salah satunya tipe wisata di Manado yang populer ialah wisata bahari. Hal tersebut karena jumlah sumber daya lautnya yang berlimpah hingga bisa digunakan sebagai tempat wisata. Misalkan seperti Taman Nasional Bunaken yang disebut taman laut dengan keunggulan daya tarik alamnya tidak ada tara. Tempatnya ada di daerah Sulawesi Utara dan masih alami.

Daya tarik Bawah Laut Taman Nasional Bunaken

Bunaken adalah taman nasional yang sudah dipilih oleh Menteri Kehutanan pada tahun 1991 sebagai tempat wisata. Mempunyai lokasi sebagai perwakilan dari ekosistem perairan tropis Indonesia. Terbagi dalam ekosistem rimba bakau, padang lamun sampai terumbu karang dan ekosistem dataran atau pesisir.

Pulau Bunaken ini kaya flora dan fauna di mana mempunyai 13 genera atau genus karang hidup dengan supremasi tipe terumbu karang pinggir dan terumbu karang penghambat. Ada sekitaran 91 tipe ikan yang hidup di perairan ini. Misalkan saja seperti ikan kuda gusumi, lolosi ekor kuning sampai ila gasi.

Mereka yang tiba nikmati rekreasi bawah laut pun tidak cuma dari pelancong lokal saja tetapi di luar negeri atau pelancong luar negeri. Satu kali lagi menunjukkan jika pariwisata di Indonesia memang mempunyai daya magnet dunia.

Di taman nasional ini banyak aktivitas wisata bahari yang dapat dilaksanakan pengunjung. Dimulai dari diving, snorkeling, berjemur dan berenang. Ada pula diving ceter yang beranama Dragonet dan sebelumnya pernah jadi sekretariat acara Sail Bunaken.

Tempatnya ada di Pantai Kalase, persisnya di tepi kota Manado. Sail Bunaken sendiri pecahkan rekor MURI dengan lebih dari 2000 penyelam yang ikut serta meng ikuti upacara bendera di bawah laut.

Sementara dari pemilik Dagonet Diving Center sendiri mengaryakan pelatih selam yang telah bersertifikat SDI atau Scuba Diving International. Dragonet sendiri tawarkan pelajaran menyelam untuk yang baru memulai.

Misalkan saja pengunjung atau penyelam pemula belajar beberapa dasar menyelam sepanjang 15 meenit dan akan dibawa dengan setahap sampai 45 menit di keddalaman sampai 6 mtr.. Kontribusi dari Diving Center ini pasti mempermudah pengunjung nikmati keelokan wisata alam bawah laut dari Taman Laut Bunaken.

Taman Laut Bunaken ini ada di daerah Kota Manado. Sementara di samping utara taman nasional, ada Pulau Bunaken, Montehage, Manado Tua, Nain Kecil, Siladen dan beberapa daerah pesisir Tanjung Pisok.

Baca juga : Pulau Libuo, Pulau Eksotik dengan Daya tarik Bawah Lautnya di Pohuwato

Sejarah Singkat Taman Laut Bunaken

Tidak komplet rasanya tidak mengenali sejumlah kecil dari Taman Nasional Bunaken yaitu sejarahnya. Keelokan yang dipunyai Taman Laut Bunaken ini tidak langsung diketemukan demikian saja. Tapi taman ini dahulunya jadi wilayah yang terasing. Karena di saat itu tetap dalam saat orde baru yang masih belum begitu banyak waktu untuk berlibur. Cuma ada banyak orang yang menelusuri untuk betul-betul menyaksikan keelokan Indonesia.

Nampaklah beberapa penyelam yang berusaha untuk mempelajari keelokan dari Pulau Bunaken. Tapi, beberapa penyelam pun tidak segera mulus menyelam demikian saja tetapi mereka mendapatkan instruksi dari beberapa nelayan. Masyarakat sekitaran terutama nelayan mengimbau tidak untuk menyelam dalam laut sebab ada arwah jahat yang menempatinya.

Ini tetap bersambung sampai tahun 1970-an karena populer dengan elemen magic dan dogma mengenai arwah dan hantu, ada nelayan yang wafat karena menyelam. Peristiwa ini makin disambungkan ada kemampuan magic dalam laut. Tetapi, dari beberapa penyelam yang ingin mempelajari tidak undur atau stop mengeksplor keelokan di bawah lautnya.

Mereka menyelam lagi dan temukan yang disebutkan surga bawah laut. Beberapa penyelam memberikan narasi ke pemerintahan di tempat. Dari sini koordinir dilaksanakan dan tercipta Taman Nasional Bunaken yang sampai sekarang ini tetap jadi surga dunia untuk beberapa pengunjung yang tiba darimanakah saja.

Baca juga : Pantai Malalayang, Tujuan Wisata Pantai Favorite di Kota Manado

Daya Ambil yang Dipunyai Taman Laut Taman Nasional Bunaken

Kenapa Bunaken disebutkan surga dunia? Tidak lain karena penyelam bisa temukan sekitaran 20 spot diving, dan 12 spot salah satunya dapat diketemukan di Pulau Bunaken sendiri. Bahkan juga kekhasan dari penyelaman yang terdapat di sini adalah jarak pandang yang dapat capai 20 mtr.. Ada keadaan ini memperlihatkan jika air demikian jernih.

Ketika-saat tertentu, jarak pandang teritori ini bisa capai kurang 35 mtr.. Disamping itu, ada pula dinding karang raksasa yang tercipta meliuk dan vertical. Peranan dari ada dinding ini untuk makanan ikan-ikan kecil yang berada di laut.

Beberapa pengunjung dapat menyaksikan keelokan yang hebat. Bahkan juga semua titik penyelaman di dunia beritanya dapat kalah dari yang berada di teritori ini. Oleh karena itu banyak pula beberapa pelancong luar negeri yang tiba untuk menunjukkan bagaimana daya tarik yang ditawari oleh Taman Laut Bunaken ini.

Ada satu perihal kembali yang dirasa oleh tiap pelancong luar negeri. Masyarakat atau warga Indonesia populer dengan keramahannya. Warga populer murah senyuman dan beberapa daari mereka memang pintar untuk menggunakan bahasa Inggris khususnya agar pelancong luar negeri yang tiba ke Taman Laut Bunaken.

Beberapa nelayan yang umum mengantarkan pelancong yang ingin menyelam pintar beberapa bahasa. Mereka belajar supaya bisa memberikan servis terbaik dan membuat pengunjung merasa nyaman dan kerasan.

Baca juga : Kawasan Megamas Manado, Tempat Bersantai Favorit Warga

Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Taman Nasional Bunaken

Jika Anda merencanakan berlibur ke Kepulauan Bunaken karena itu bawalah kawan-kawan dan keluarga besar untuk bermain bersama-sama. Karena lumayan banyak kegiatan hebat yang bisa dilaksanakan di sini. Baca keterangan lebih detilnya di bawah ini.

✦ Island Hopping

Island Hopping ialah kegiatan berkunjung beberapa pulau dalam seperjalanan, umumnya memakai kapal atau perahu kecil. Di Taman Nasional Bunaken, Anda bisa lakukan aktivitas jelajahi pulau kecil, seperti Pulau Siladen, Pulau Nain dan Pulau Manado Tua.

Saat sebelum beraktivitas island hopping, pastikan untuk ketahui kondisi cuaca dan keadaan laut sekitaran, dan mengenal pertanda bahaya seperti arus laut yang kuat dan keadaan gelombang tinggi.

✦ Bermain Sekalian Belajar

Untuk beberapa remaja atau beberapa anak yang duduk di sekolah, jadikan Taman Nasional Bunaken sebagai tujuan studi tur ialah opsi yang akurat. Mengapa begitu? Karena selainnya nikmati keelokan alam dan bermain air, beberapa pelajar bisa juga belajar berkenaan biota, ekosistem, sampai rentang alam di Pulau Bunaken.

Bahkan juga ada program penanaman pohon mangrove yang bisa dilihat triknya hingga bisa jadi pengalaman bagus untuk beberapa anak. Disamping itu, ada pula transplantasi karang yang tidak kalah hebat untuk disaksikan. Mengajak adik atau saudara supaya menambahkan wacana pengetahuan lebih dalam mengenai laut.

✦ Melihat Pertunjukan Lumba-Lumba

Ada komunitas asli untuk lumba-lumba di Laut Bunaken. Sewa perahu untuk menyaksikan satwa laut itu dari jarak dekat. Bila untung, Anda bisa menyaksikan lumba-lumba melakukan pertunjukan seperti melonjak. Tujukan perahu ke tengahnya laut hingga kehadiran satwa itu bisa dicapai.

Dokumentasikan peristiwa sebagai kenangan sudah liburan di Bunaken. Berfotolah dengan background laut jernih bersama kelompok lumba-lumba yang bermain.

✦ Snorkeling di Taman Laut Bunaken

Anda bisa nikmati keelokan terumbu karang dan kehidupan laut disekitaran Pulau Bunaken dengan lakukan snorkeling. Ada beberapa lokasi yang baik untuk snorkeling disekitaran pulau, seperti Lekuan 1, Lekuan 2, dan Fukui Poin.

Untuk lakukan snorkeling, Anda cuma membutuhkan perlengkapan dasar seperti snorkel, kacamata renang, dan fin. Pastikan untuk jaga kebersihan lingkungan perairan dan tidak menghancurkan terumbu karang atau mengusik kehidupan laut di pulau eksotik ini.

✦ Kegiatan Diving

Taman Nasional Bunaken mempunyai keberagaman hayati laut yang tinggi sekali dan jadi tujuan diving populer di dunia. Anda bisa temukan beragam tipe ikan, koral, dan biota laut yang lain yang cantik dan unik.

Jika ingin mengeksplor cantiknya bawah laut Bunaken, Anda perlu ditemani dengan seorang pemandu yang mempunyai sertifikat diving. Dengan demikian keamanan Anda dapat terjaga, dan telusuri bawah laut optimal secara berkeliling-keliling ke spot paling indah.

✦ Berjemur dan Santai di Pantai

Berjemur dan santai adalah kegiatan yang bisa dilaksanakan di pantai Pulau Bunaken. Di sini, Anda bisa nikmati keelokan pantai yang bersih dan tenang, dan nikmati kehangatan cahaya matahari dan embusan angin laut.

Pastikan untuk bawa peralatan yang dibutuhkan, seperti handuk, payung pantai, dan tirai surya membuat perlindungan kulit dari cahaya matahari yang terlalu berlebih. Disamping itu, Anda pun harus jaga kebersihan pantai dengan tidak buang sampah asal-asalan.

✦ Memperhatikan Matahari Tenggelam

Telah jadi hal yang wajar untuk menyaksikan senja pada sore hari saat matahari akan tenggelam. Panorama dari ufuk barak yang kelihatan menarik akan memajankan mata. Nantikan sampai bias sinar orange mulai menebar membal di atas laut. Anda tentu berdecak takjub saat menyaksikannya. Apa lagi ditemani bersama orang tersayang.

✦ Nikmati Kulineran Lokal Bunaken

Disekitaran Taman Nasional Bunaken ada beberapa warung makanan yang menyuguhkan kulineran lokal. Anda bisa mencicip beragam sajian seafood dan makanan ciri khas Sulawesi Utara yang populer sedap.

Beberapa sajian seafood yang perlu dicoba diantaranya ikan bakar, cumi-cumi goreng / bakar, maupun kerang hijau. Disamping itu, Anda dapat coba ayam rica-rica dan bubur manado (tinutuan) yang populer dengan cita-rasanya.

Atau Anda dapat coba kue ciri khas Manado, yakni Klappertaart. Kue berbahan dasar kelapa yang umumnya dihidangkan berbentuk tart.

Baca juga : Raja Ampat, Surga Terselinap yang Go-international di Ujung Papua

Harga Ticket Masuk Wisata Pulau Taman Nasinal Bunaken

Harga ticket masuk ke dalam Taman Nasional Bunaken tidak kuras kantong. Cukup dengan Rp 5000 saja bisa masuk tempat wisata. Tetapi akan mahal untuk wisatawan asing yang tiba pada harga Rp 150.000. sementara untuk beraktivitas snorkeling, pengunjung harus keluarkan dana Rp 150.000 untuk sewa perlengkapan selam bersama waktu satu jam.

Harga yang dikeluarkan tidak berasa berat bila pengunjung telah menyaksikan bagaimana keelokan alam yang berada di bawah laut Bunaken ini. Belum juga ada sarana dan fasilitas yang berbentuk hotel di teritori Bunaken.

Telah ada secara beragam opsi yang dapat mempermudah pengunjung untuk pilih hotel terbaik. Ada pula persewaan selam di mana pengunjung pun tidak perlu cemas untuk agunan keselamatan dan keamanannya karena diperlengkapi pelatih terbaik untuk beberapa pelancong.

Baca juga : Pulau Bawean, Object Wisata Bahari yang Memesona dan Keelokan Alam Terselinap di Samping Utara Gresik

Jalur Lokasi dan Ongkos Wisata ke Pulau Taman Nasional Bunaken

Untuk pelancong yang ingin ke Taman Nasianal Bunaken dapat naik pesawat ke arah kota Manado lebih dulu. Baru dari Lapangan terbang Internasional Sam Ratulangi, anda dapat meneruskan perjalanan ke Kota Manado memakai taksi sebagai angkutan yang tercepat.

Nanti dari Manado akan ditujukan ke arah dermaga Marina Blue Banter. Kemudian, pengunjung dapat memakai kapal untuk pergi ke Pulau Bunaken yang memerlukan waktu sekitaran 20 menit. Baru kelak anda dapat nikmati beragam keelokan yang berada di Sulawesi Utara. Saksikan google maps.

Sarana Wisata yang Ada di Teritori Taman Nasinal Bunaken

Pulau Bunaken mempunyai beberapa sarana yang bisa dipakai oleh beberapa pelancong untuk mendukung kegiatan mereka waktu liburan, misalnya:

– Resor dan Pemondokan – Di teritori pulau ada banyak resor dan pemondokan yang bisa dicarter oleh beberapa pengunjung. Beberapa tempat bermalam itu diperlengkapi sarana seperti kamar mandi dalam, pendingin udara, dan makan pagi pagi.

– Warung Makan – Disekitaran pulau ada beberapa warung makanan yang menyuguhkan kulineran lokal dan sajian seafood fresh. Anda bisa mencicip sajian ciri khas Sulawesi Utara dan nikmati kesedapan makanan yang dihidangkan di situ.

– Dive Center – Taman Nasional Bunaken populer sebagai surga untuk beberapa diver di dunia. Karena itu, ada beberapa dive center yang sediakan perlengkapan diving, dan penyuplai jasa pemandu atau latihan diving untuk beberapa pelancong.

– Pusat Penangkaran Penyu – Pulau Bunaken mempunyai penangkaran penyu yang menolong jaga kelestarian populasi penyu di wilayah itu. Anda bisa berkunjung pusat penangkaran untuk melihat penyu bertelur dan menetas.

– Transportasi Laut – Beberapa pengunjung bisa sewa kapal atau perahu untuk berkeliling-keliling atau lakukan island hopping ke sejumlah pulau kecil disekitaran Bunaken.

Daya tarik dan keelokan Taman Nasional Bunaken memanglah tidak bisa diacuhkan demikian saja. Saat sorot mata dunia berada di taman laut ini pasti sudah sepantasnya Indonesia sebagai tuan-rumah mengoptimalkan benar apa yang terhidang.

Baca juga : Pantai Cermin, Pantai Elok dengan Pelabuhan Batu yang Estetik di Serdang Bedagai

Mengeksplor secara baik dan menjaganya supaya tidak rusak karena sikap manusia atau kejadian alam. Gunakan waktu sebagus mungkin untuk membuat masa lalu tidak terlewatkan di tujuan wisata ini. Dokumentasikan banyak photo dan selfie untuk ingat jika Anda pernah tiba ke sini.[]