Savana Tegal Panjang, Daya tarik Padang Savana yang Mempesona di Bandung

Savana Tegal Panjang, Daya tarik Padang Savana yang Mempesona di Bandung

Diposting pada

Direktori Wisata – Savana Tegal Panjang, daya tarik padang savana yang mempesona di Bandung. Savana Tegal Panjang adalah salah satunya object wisata yang sekarang ini mulai hits.

Bukan tanpa argumen, tentunya karena banyak memiliki keelokan yang tidak dipunyai object wisata yang lain.

Sebetulnya ini kali bukan tempat wisata, tetapi lebih ke cagar alam yang diproteksi oleh pemerintahan di tempat.

Sama sesuai namanya, tempat ini adalah bentangan padang rumput yang luas. Sepanjang mata melihat kelihatan warna hijau yang mempersejuk mata.

Bertandang kesini ditanggung tidak membuat jemu karena banyak kegiatan hebat yang bisa dilaksanakan. Disamping itu, udaranya sejuk, nyaris tidak ada pencemaran dari asap pabrik dan kendaraan motor.

Harus dipahami, savanna ini ada di Bandung, persisnya di Kecamatan Kertasari. Tentunya banyak yang ketahui jika Bandung adalah kabupaten yang mempunyai banyak tujuan wisata.

Cuaca yang sejuk makin jadikan teritori ini lebih banyak dicintai wisatawan dari beragam pelosok nusantara.

Daya Ambil yang Dipunyai Savana Tegal Panjang Bandung

Walau bukan termasuk salah satunya object wisata sah, kenyataannya Savana Tegal Panjang banyak memiliki daya magnet yang tidak bisa diremehkan. Daya magnet berikut yang membuat argumen banyak pelancong yang bertandang. Dimulai dari koleksi satwa didalamnya, kesejukan udara, sampai panorama alam yang mengagumkan.

1. Koleksi Satwa Savana Tegal Panjang

Daya magnet yang pertama yakni dari jumlahnya satwa liar yang berada didalam rimba lindung ini. Beberapa berbentuk burung yang diproteksi, seperti elang jawa yang nyaris musnah dan harimau. Disamping itu, ada pula babi rimba yang kadangkala cuma kedengar suaranya dari jarak jauh. Di saat tertentu kerap kelihatan kambing rimba dengan kekhasan tanduknya.

Satwa liar yang ada di Savana Tegal Panjang beberapa diproteksi, menjadi pengunjung jangan menghancurkan atau lakukan pemburuan liar. Karena beberapa ada yang termasuk hewan buas, menjadi dianjurkan masih tetap berhati-hati. Pada tempat ini dibolehkan membangun tenda dan kemping, namun masih tetap harus jaga keselamatan diri karena banyak binatang buas.

2. Situasi Alami yang Asri

Savana Tegal Panjang ada jauh dari perkotaan, dapat disebutkan lokasinya dekat sama perdesaan. Ini menjadikan sebagai salah satunya lokasi yang asri dan berkesan alami. Nyaris tiap titik lokasinya tak pernah tersentuh oleh tangan usil manusia. Udaranya sejuk, dingin, dan situasinya benar-benar asri.

Menariknya, ada sungai kecil yang terdapat di tengah-tengah padang rumput ini. Sungai itu jadikan situasi makin asri, pas dipakai sebagai media healing. Dari jarak dekat kedengar cukup terang suara merdu saluran sungai yang terhambat oleh batu-batuan kecil. Selainnya mata yang dimanja oleh daya tariknya, pemikiran juga makin jernih dan jauh dari depresi.

3. Keelokan Alam Mengagumkan

Tidak bisa di sangkal jika daya magnet khusus object wisata di Bandung ini yakni keelokan alamnya yang demikian memesona. Savana yang bermakna padang rumput luas benar-benar terang kelihatan di sini. Bukan sembarangan rumput tentu saja, tetapi rumput teki atau alang-alang yang ukuran capai pinggang orang dewasa.

Keelokan Savana Tegal Panjang kelihatan dari beragam pojok. Misalkan dari terlalu jauh yang serupa lembah dengan kontur ciri khas berundak nya. Ini karena ketidaksamaan warna rumput yang kelihatan karena bias dari cahaya matahari. Selainnya hijau, di satu segi kelihatan warna kekuningan yang cukup cantik dan tak pernah jemu menganakemaskan mata.

Baca juga : Dago Dream Park, Tempat Wisata Keluarga Modern di Bandung

Cukup banyak pelancong yang menyamai keelokannya dengan padang rumput yang berada di Eropa. Kemungkinan anda pun akan memiliki pendapat sama sesudah berkunjung dan memperhatikan semuanya yang berada di lokasi. Walau ada asumsi lain, tetapi minimal tidak dapat hilangkan daya tarik cantiknya yang tidak biasa.

Kegiatan yang Menarik di Savana Tegal Panjang

Dari susahnya pendakian yang perlu dilaksanakan, tidak seluruhnya pelancong dapat berkunjung Savana Tegal Panjang. Beberapa pengunjung asal dari mahasiswa dan pencinta alam. Arah dan kegiatannya berbagai macam, ada yang ingin lakukan riset atau sekadar ingin nikmati keelokan alam yang memesona.

1. Nikmati Panorama Alam

Setelah itu nikmati panorama alam, termasuk kegiatan yang jangan dilewati. Bahkan juga dapat disebutkan jika arah khusus pelancong tiba bertandang ke Savana Tegal Panjang untuk nikmati daya tariknya. Panorama hijau dan asri makin komplet karena ada sungai kecil yang mengucur di tengah-tengah padang rumput.

2. Kemping atau Camping

Kemping atau camping adalah kegiatan wajib saat berkunjung tempat wisata eksotik di Bandung ini. Masalahnya anda mustahil lakukan perjalanan menaiki dan secara langsung turun cuma dalam sehari. Disamping itu, kurang komplet rasa-rasanya bila anda belum melihat daya tarik matahari keluar yang demikian cantik.

3. Treking Ke arah Lokasi

Kegiatan pertama kali yang jangan ditinggal karena bagus sekali ialah treking ke arah lokasi. Aktivitas ini dipandang bagus sekali karena sepanjang lakukan perjalanan, keelokan alam selalu temani. Bentangan luas sawah dan perkebunan masyarakat benar-benar terang kelihatan, demikian cantik dan mempersejuk mata.

4. Memburu Spot Photo

Object wisata ini tidak mempunyai spot khusus untuk kegiatan photografi. Tetapi karena keelokannya bisa dilihat di seluruh penjuru, karena itu maknanya sebagian besar titik lokasi pas jadi object photo. Anda perlu tentukan background yang cocok, apa ingin ambil padang rumput, bukit-bukit, atau sungai.

Baca juga : Orchid Forest Lembang, Tujuan Ekowisata Paling Hits di Bandung

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Savana Tegal Panjang

Jika anda tertarik berkunjung Savana Tegal Panjang, silakan ke arah Dusun Neglawangi, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Di sanalah object wisata hits ini ada. Untuk mencapainya dapat memakai tipe kendaraan apa, namun masih tetap dianjurkan memakai kendaraan individu.

Tetapi yang terang, anda harus melanjutkan perjalanan menaiki pada jalan kaki setelah tiba di perdesaan. Tidak ada akses jalan ke arah lokasi wisata, yang terdapat cuma jalan setapak. Lumayan jauh , minimal perlu waktu 6 jam untuk datang di lokasi. Perjalanan makin susah karena kontur ciri khas pegunungan yang menaiki selalu temani perjalanan anda.

Awalnya, anda harus ke arah Dusun Neglawangi lebih dulu untuk berkunjung Savana Tegal Panjang. Jarak dusun ini dari pusat Bandung sekitaran 65 km yang bisa dilakukan waktu 3 jam berkendaraan mobil atau motor. Jalur yang paling dianjurkan ialah ke arah Ciparay, lalu ambil jalan yang ke arah ke Kolam Renang Tirta Raya.

Teruskan perjalanan ke arah Jalan Raya Pacet, selanjutnya ke Jalan Raya Cibeureum. Kemudian, anda tinggal arahkan kendaraan ke Tugu Dusun Tarumajaya. Perjalanan diteruskan sampai ke Kantor Dusun Neglawangi, disini anda harus parkir kendaraan dan meneruskan perjalanan ke arah tempat wisata arah. Saksikan google maps.

Walaupun benar-benar jauh, tetapi sepanjang perjalanan kaki ke arah Savana Tegal Panjang benar-benar menggembirakan. Ini karena sepanjang perjalanan selalu didampingi keelokan alam. Misalkan saja perkebunan teh yang anda jumpai saat awalnya menaiki. Kemudian ke arah ke rimba yang semakin lebih rapat, panorama hijau dan situasi teduh cukup berasa.

Baca juga : Sarae Hills, Panorama Cantik dan Situasi Alam Asri di Bandung Barat

Harus tahu, anda tidak membutuhkan ongkos apapun itu sepanjang ada di sini. Masalahnya object wisata yang tidak sah ini gratis dan tidak mengambil ongkos apapun itu. Namun anda perlu mengurusi SIMAKSI sebagai persyaratan khusus pendakian. Disamping itu, ada pula ongkos parkir yang umumnya memiliki sifat suka-rela.

Sarana yang Ada di Teritori Wisata Savana Tegal Panjang Bandung

Oleh karena Savana Tegal Panjang bukan tempat wisata sah, menjadi sedikit sarana yang bisa dijumpai. Di lokasi khusus tidak ada sarana apapun itu yang bisa anda pakai. Beberapa sarana cuma dijumpai di dusun tempat anda mulai menaiki. Itu tidak banyak, cuma tempat parkir dan warung simpel.

Baca juga : Gunung Tangkuban Perahu, Daya tarik Tiga Kawah Sejarah di Bandung

Tersebut yang bisa kami berikan berkenaan object wisata hits di Bandung yang mempunyai keelokan alam mengagumkan. Walau kurang sarana, tidak berarti tempat ini tidak pas didatangi. Sama seperti dengan berkunjung pegunungan dan bukit-bukit yang lain, berkunjung Savana Tegal Panjang diharap bawa bekal yang cukup.[]