Puncak Suroloyo, Daya tarik Alam Eksotik Berbalut Kabut di Kulon Progo

Puncak Suroloyo, Daya tarik Alam Eksotik Berbalut Kabut di Kulon Progo

Diposting pada

Puncak Suroloyo, daya tarik alam eksotik berbalut kabut di Kulon Progo. Nikmati keelokan alam adalah salah satunya aktivitas yang disukai, ditambah nikmati alam dari puncak ketinggian.

Nikmati keelokan alam dari puncak ketinggian adalah aktivitas wisata alam yang disukai di Indonesia, ditambah Indonesia banyak memiliki dataran tinggi dan pegunungan.

Bila masyarakat wilayah Jakarta mempunyai puncak di Bogor, dan masyarakat bandung mempunyai Lembang, Yogyakarta juga tidak kalah. Tidak terhitung berapakah jumlah dataran tinggi yang terdapat dimulai dari pegunungan, bukit-bukit, gunung dan lembah terbentang luas. Cukup banyak teritori yang sudah sukses jadi lokasi rekreasi alam karena mempunyai keelokan pemandangan yang tidak ada duanya.

Satu diantaranya ialah Pegunungan Menoreh yang ada di tepian Yogyakarta dan Jawa tengah, mempunyai tujuan wisata alam terkenal namanya Puncak Suroloyo. Panorama yang kita peroleh saat bertandang ke wisata alam ini tidak bermain-main karena pemandangan lembah, keelokan candi Borobudur dan beberapa gunung dengan panorama yang mengagumkan.

Daya Ambil yang Dipunyai Puncak Suroloyo Kulon Progo

✦ Serangkaian Gunung

Puncak Suroloyo adalah salah satunya pucuk paling tinggi yang berada di Bukit-bukit Menoreh, wisata alam ini menyuguhkan keelokan daya tarik alam yang hebat dan tidak ada duanya. Bila cuaca sedang ceria dan tidak berawan, Anda bisa menyaksikan panorama beberapa gunung seperti Gunung Merapi, Gunung Sumbing, dan Gunung Sindoro.

Keelokan pemandangan alam yang terhidang dari serangkaian gunung ini akan makin cantik bila Anda menyaksikannya pada sore atau pagi hari, yakni saat matahari keluar dan matahari tenggelam. Pada waktu itu, warna langit melengkapi pemandangan keelokan yang bisa membuat Anda kagum saat menyaksikan.

✦ 290 Anak Tangga

Untuk ke arah puncak penggunungan, aktivitas ini akan selalu melawan siapa pun. Pada wisata alam ini, rintangan yang terdapat ialah berbentuk barisan anak tangga vertikal, tangga ini harus dilewati oleh beberapa pelancong yang ingin capai pucuk. Jumlah anak tangga juga tidak tanggung tanggung karena sampai capai 300 buah.

Untuk mengaksesnya, Anak tangga ini dapat Anda akses dimulai dari tempat parkir. Karena itu, tidaklah heran bila Anda akan temukan banyak gerai dan warung pada tempat ini. Bila Anda belum makan pagi atau berasa lapar Anda dapat berkunjung lebih dulu apabila berasa capek, lebih bagus istirahat saat sebelum Anda meneruskan perjalanan.

✦ Pemandangan Alam Puncak Suroloyo

Sama seperti yang kita mengetahui jika wisata alam ini ada di ketinggian sekitaran 1000 mdpl di atas permukaan laut hingga ini membuat beberapa pelancong bisa nikmati panorama Kota Kulon Progo dan Kota Magelang saat cuaca di puncak sedang pada kondisi ceria. Disamping itu, hal yang memikat ialah beberapa pelancong bisa menyaksikan keelokan candi borobudur disini.

✦ Patung Punokawan

Saat Anda sudah tiba diparkirkanan puncak suroloyo, Anda akan temukan hal kekhasan di sini yakni ada Patung Punokawan. Patung ini terbagi dalam Semar dan ke-3  anaknya yang namanya Gareng, Petruk, dan Bagong. Bila Anda ingin ambil photo dengan patung ini dibolehkan.

✦ Patung Bathara Guru

Saat Anda ada di atas puncak, Anda pun bisa temukan patung Bathara Guru yang menghadap ke dataran luas sambil naiki lembu. Patung ini adalah deskripsi dari Dewa Siwa dalam agama Hindu.

✦ Tiga Buah Pendopo

Saat Anda telah ada di tempat Wisata Alam Puncak Suroloyo, Anda akan temukan 3 buah pendopo yang ada di lokasi yang tidak sama. 3 buah pendopo ini dapat Anda gunakan sebagai gardu pandang. Lokasi peletakan 3 buah pendopo ini diawali dari pendopo yang paling bawah yakni Pendopo Suroloyo, selanjutnya naik ke atas ada Pendopo Sariloyo, dan Pendopo yang paling akhir ialah Pendopo Pertapaan Kaendaran yang ada tertinggi.

✦ Kabut yang Menganakemaskan Mata

Ada kabut jadikan daya magnet tertentu yang diberi oleh wisata alam ini. Karena ada kabut Anda dapat rasakan seperti sedang ada di negeri di awan. Disamping itu, Anda akan menyaksikan keelokan kabut yang menyelimutinya panorama yang terhampar sepanjang tempat puncak.

Baca juga : Wisata Alam Kalibiru, Spot Photo Kece dengan View Alam yang Mempesona di Kulon Progo

Aktivitas yang Menarik Dilaksanakan di Wisata Alam Puncak Suroloyo

Pasti saat Anda bertandang ke wisata alam, pasti beberapa hal dan kegiatan bagus yang bisa Anda kerjakan. Begitupun saat Anda tiba ke Puncak Suroloyo. Hal menarik yang dapat Anda kerjakan salah satunya ialah:

* Kemping

Selainnya mempunyai panorama warna langit yang cantik saat matahari keluar dan tenggelam, keelokan langit malam yang terhidang di Puncak Suroloyo pun tidak kalah cantik. Bahkan juga, faksi pengurus wisata alam ini juga sediakan sarana kemping bila Anda memilih untuk ingin kemping di sini.

* Healing

Tentu saja pilih tujuan wisata alam satu diantaranya ialah karena ingin menjauhi situasi ketegangan hingar-bingar kota yang membuat pusing. Wisata alam memberi daya tarik keelokan panorama alam yang demikian eksotik dan tetap mempunyai udara yang bersih hingga situasi itu bisa membuat Anda merasa kan ketenangan jiwa.

* Berfoto-Foto

Sama seperti yang Anda kenali dan telah diterangkan di atas, wisata alam ini populer akan keelokan pemandangan alam yang tidak ada duanya. Anda dapat mendokumentasikan tiap peristiwa ini dengan ambil photo. Ada banyak sekali spot photo yang dapat diambil di sini.

* Kopi Suroloyo

Saat ada di atas puncak, Anda dapat nikmati kopi yang diproses sendiri oleh petani lokal sambil santai nikmati pemandangan alam yang menganakemaskan mata.

* Nikmati Sunset dan Sunrise

Saat Anda tiba bertandang ke pucuk bukit ini pastikan Anda tidak melalui peristiwa untuk nikmati sunset dan sunrise. Panorama warna langit saat matahari keluar dan tenggelam benar-benar cantik dan eksotik. Akan sayang jika Anda sampai melalui peristiwa cantik ini.

Baca juga : Pasar Kebon Empring, Wisata Alam Favorite dan Hidangan Kulineran Tradisionil di Bantul

Sarana Wisata Alam yang Ada Puncak Suroloyo Kulon Progo

Saat Anda bertandang ke Puncak Suroloyo, Anda dapat temukan beragam daya magnet dan lakukan bermacam kegiatan di wisata alam yang terkenal di Jogja ini. Untuk mendukung itu semua, sudah pasti diperlukan sarana yang ideal dan membuat beberapa pelancong terasa nyaman saat bertandang.

Tujuan wisata alam terkenal ini diperlengkapi beragam sarana pendukung yang ideal dan lumayan komplet, beberapa pelancong yang bertandang bisa menggunakan sarana yang sudah disiapkan. Sarana yang disiapkan seperti berikut:

– Warung Makan

Bila Anda merasakan perlu isi kantong tengah setelah nikmati situasi keelokan alam di puncak suroloyo, jangan cemas telah banyak tersedia warung makan yang jual bermacam makanan pada harga dapat dijangkau. Anda dapat pilih makanan yang Anda harapkan sambil istirahat.

– Villa dan Homestay

Pucuk Suroloyo adalah salah satunya tujuan wisata alam terkenal yang penting untuk didatangi saat Anda liburan ke Yogyakarta. Rekreasi alam ini memberi pemandangan yang demikian cantik dan membuat demikian terkenal dilapisan warga bukan hanya dilapisan pelancong lokal tapi pelancong dari mancanegarapun banyak yang bertandang ke sini.

Menyaksikan ketertarikan pengunjung yang demikian tinggi, dibuatlah Villa dan Home Stay di teritori rekreasi. Hingga beberapa pelancong yang bertandang tidak butuh kebingungan pikirkan mengenai pemondokan karena disekitaran tujuan alam ini banyak Villa dan Home Stay yang bekerja.

– Toilet/MCK

Kehadiran kamar mandi sudah pasti jadi hal yang penting untuk beberapa pelancong yang bertandang. Bila sarana ini tidak disiapkan sudah pasti akan menyusahkan. Tetapi, Anda tidak butuh cemas karena faksi pengurus tempat wisata ini sudah sediakan toilet umum. Salah satunya sarana penting yang wajib ada tentu saja ialah kehadiran toilet.

– Tempat Sholat

Sama seperti yang kita mengetahui jika sebagian besar warga Indonesia beragama muslim. Terdapatnya tempat beribadah seperti masjid jadi penting. Saat Anda liburan ke pucuk ini, Anda tidak butuh cemas di mana Anda akan menjalankan beribadah karena di Puncak Suroloyo Kulon disiapkan tempat melaksanakan ibadah untuk beberapa pelancong yang beragama muslim hingga beberapa pengunjung dapat nikmati wisata alam ini secara nyaman.

– Tempat Parkir

Biasanya pengunjung yang tiba ke pucuk bukit ini tentu bawa kendaraan individu, baik itu kendaraan memiliki roda dua atau memiliki roda empat. Anda tidak butuh cemas pikirkan di mana Anda akan memarkirkan kendaraan karena faksi pengurus sudah sediakan tempat parkir yang lega untuk tempatkan kendaraan pengunjung pada bagian bawah bukit. Pengadaan tempat parkir ini mempunyai tujuan supaya kendaraan dapat teratur secara rapi dan masih tetap aman saat pengunjung nikmati keelokan alam di puncak.

Baca juga : Wisata Alam Watu Lawang, Nikmati Pemandangan Cantik dari Ketinggian di Bantul

Alamat dan Jalur Ke arah Lokasi Wisata Alam Puncak Suroloyo

Lokasi Puncak Suroloyo persisnya ada di Desa Keceme, Dusun Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Propinsi Wilayah Spesial Yogyakarta. Rekreasi alam ini mempunyai ketinggian sekitaran 1.000 mtr. di permukaan laut (mdpl).

Puncak Suroloyo berada di ujung bentangan Pegunungan Menoreh yang batasi Propinsi Jawa tengah dan Wilayah Spesial Yogyakarta, persisnya di Kabupaten Kulon Progo dengan Magelang. Bila dilalui dari pusat Kota Yogyakarta, jarak menempuh ke arah tempat ini ialah sekitaran 33 km. Jarak itu dapat Anda menempuh dalam kurun waktu 1,5 s/d 2 jam, karena kelak Anda harus melalui medan pegunungan.

Untuk bertandang ke tempat ini, beberapa pelancong yang bertandang bisa pilih jalur yang mana ingin dilewati, karena terdapat dua jalur. Jalur pertama yang dapat dilalui yakni Jalan Godean – Sentolo – Kalibawang. Jalur ke-2  ialah Jalan Magelang – Pasar Muntilan – Kalibawang. Akses jalan di jalur ini mulus namun jalan cukup naik dan cukup sempit untuk ukuran mobil. Saksikan google maps.

Harga Ticket Masuk Wisata Alam Puncak Suroloyo Kulon Progo

Untuk Harga ticket masuk Puncak Suroloyo, Anda cuma akan dikenai biaya sejumlah Rp 5.000 saja per-orang. Bila Anda bawa kendaraan saat tiba ke arah tempat ini, untuk pemakai kendaraan beroda 2 cuma akan dikenai biaya sejumlah Rp 2.000 dan untuk pengunjung yang bawa kendaraan beroda 4 cuma akan dikenai biaya sejumlah Rp 5.000.

Disamping itu, wisata alam ini bisa juga di akses dengan memakai ojek. Namun, harga yang dijajakan lumayan mahal, Anda harus mengambil kantong sejumlah Rp 50.000. Tetapi, Bila Anda memiliki dana lebih, Anda dapat coba alternative yang dijajakan.

Tujuan alam hits di Yogyakarta ini berlakukan ticket masuk ke beberapa pelancong yang bertandang. Tetapi, Anda tidak butuh cemas karena harga ticket yang dijajakan benar-benar dapat dijangkau. Ticket ini berlaku untuk semua pengunjung yang tiba baik agar pelancong lokal atau dari luar negeri. Tapi, tidak ada ketidaksamaan harga agar pelancong lokal dan luar negeri, harga ticket masih sama.

Baca juga : Bukit Kapur Sekapuk SETIGI Gresik, Wisata Instagramable dengan Panorama Alam Eksotik

Tersebut banyak hal menarik sekitar Puncak Suroloyo yang ada dalam teritori bukit-bukit Menoreh. Saat pilih pucuk bukit ini arah usai minggu, karena itu Anda perlu tenaga esktra supaya bisa nikmati lebih jauh pemandangan alam yang terhidang.[]